Kultum Singkat Tentang Sedekah



Ini Manfaat Sedekah Hari Jumat

Kultum Singkat Tentang Sedekah

Kultum Singkat Tentang Sedekah . Assalamu’alaikum. Allhamdulilah Allah masih berikan kita nikmat Kesempatan untuk dapat menulis lagi, oleh karenanya pada hari ini kami mencoba sedikit membahas tentang sedekah, kamipun yakin bahwa para pembaca sekalian sudah sering membaca dan mempelajari hal ini, tapi lagi-lagi izinkanlah kami untuk berbagi Tausiyah singkat (Kultum Pendek) yang dengannya akan menambah wawasan dan pemahan akan “SEDEKAH”. Langsung saja kita bahas dalam fomat Kultum Singkat, semoga Allah subhanahu wa ta’ala meridhoi Nya.

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Kejujuran

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Allah subhanahu wa ta’ala befirman dalam surat Al-Hadid ayat 18, yang Artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik,niscaya akan dilipat gandakan (ganjarannya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Setiap manusia selalu diberikan dan dititipkan harta oleh Allah, saat harta itu Allah berikan kepada kita, bukan semata-mata Allah berikan itu hanya untuk kita, tapi ada hak orang lain didalam harta uang Allah titipkan untuk kita. Sebagian harta kita adalah milik saudara kita.

Kita hidup didunia, ada banyak kelebihan dan ada banyak kekurangan,contohnya adalah harta sebagian orang hidup dengan penuh gelimang harta,apapun yang ia butuhkan bisa terpenuhi,sedangkan beda dengan orang yang hanya hidup dengan pas-pasan,sederhana,hanya bisa mampu memenuhi kehidupan pokok pun sudah luar biasa.

Kita sebagai manusia sudah seharusnya ketika kita memiliki harta yang lebih kita sedekahkan kepada saudara kita yang kurang mampu,begitu besar ganjaran,begitu besar pahala kita saat kita bersedekah.

Kultum Singkat Tentang Sedekah Kepada Sesama

Kaum muslimin yang dimuliakan Allah subhanahu wa ta’ala

Sedekah bisa mengajarkan kepada kita apa artinya kepedulian,kepedulian kepada sesama manusia,sesama saudara seiman dan setawqa kita.

Tak perlu khawatir Allah menjanjikan surga dan pahala bagi hambanya yang mau bersedekah,yang mau memeberi sebagian hartanya dengan ikhlas,tanpa balasan apapun.

Ketika kita bersedekah dengan ikhlas tak meminta dan mengharap apapun,maka Allah akan ridho kepada kita,ketika Allah ridho kepada kita maka apa yang kita lakukan akan mendapatkan ganjarannya yaitu surga dan pahala.

Dermawannya seseorang bukan sebanyak apa dia memberi tapi seberapa ikhlas dia memberi,ketika kita memberi sebagian harta kita tidak dilandasi dengan keikhlasan lantas hanya ingin mengharapkan pujian,maka tidak ada keberkahan bagi kita,bahkan Allah pun akan murka terhadap kita.

Jangan sampai Allah murka kepada kita,sebab ketika Allah murka kepada kita,maka tak akan ada ridho lagi untuk kita.Sedekah sangat berkaitan dengan iman dan tawqa kita kepada Allah,sebab ketika kita bersedekah tak ada keikhlasan maka Allah mempertanyakan seberapa besar iman dan tawqa mu kepada-Ku.

Kultum Singkat Tentang Sedekah Dan Dalilnya

Kaum muslimin yang dimuliakan Allah subhanahu wa ta’ala

Sedekah juga bisa meningkatkan kita menjadi pribadi yang lebih peduli kepada sesama. Sedekah dapat membersihkan diri kita,amal sedekah ini sangat berkaitan dengan iman,ikhlas maka dari itu, hendaknya seseorang bersedekah dengan disertai keimanan,keikhlasan yang kuat dalam hati bahwa Allah yang akan membalas semua ikhtiar kita,menjawab do’a kita,mengabulkan harapan kita, baik itu di dunia maupun di akhirat.

Ketika kita mendapatkan masalah,maka siapa yang membantu kita hanya amal ibadah kita yang membantu kita, saat kita bersedekah dengan orang lain,malaikan mencatat kebaikan kita,maka Allah akan mempermudah dan memperlancar urusan kita.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalah surat Adz-Dzaariyat ayat 19 yang artinya

“Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang ,meminta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bagian.”

Secara tegas dijelaskan bahwa disebagian harta kita adalah milik saudara kita,walaupun memang benar yang mencari dan mengumpulkan kita,tapi terselip sebagian harta kita adalah harta orang fakir. Bagi orang-orang suka membantu,yang suka bersedekah kepada orang fakir berarti mereka telah menafkahkan sebagian hartanya. Apabila kaum muslimin yang berharta bersedia serta rela menafkahkan sebagian hartanya demi kepentingan agama Allah,niscaya tidak akan sia-sia,karena Allah maha mengetahui dan pasti kelak mendapatkan ganti yang lebih baik.

Mari kita tingkatkan keimanan dan ketawqaan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan mengeluarkan sebagian harta kita kepada saudara kita yang membutuhkan,kepada fakir,yang saat ini membutuhkan. Jelas bagi kita bahw secara tegas Allah mengaitkan ketaqwaan dengan berinfak atau bersedekah,sehingga kita sebagai muslim bisa mencontohkan dan mengajak yang lain agar bisa senantiasa bersedekah,berinfak.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

(^_^)

Allhamdulilah, selesai dulu pembahasan kita kali ini mengenai Kultum Singkat Tentang Sedekah Semoga dengan wasilah ini Allah subhanahu wa ta’ala mudahkan kita untuk selalu dan mau menutut ilmu terutama mengenai Ilmu tentang agama kita yaitu Islam dan Terima kasih sudah berkunjung (dosenmuslimah), sekali lagi semoga bermafaat dan mohon maaf bila ada tulisan yang salah. wallahualam Wassalamu‘alikum.

Baca Juga : 9 Amalan Wanita Saat Haid 

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Kerja

Pencarian Terkait:

  • kultum singkat tentang sedekah
  • https://dosenmuslimah com/2018/10/10/kultum-singkat-tentang-sedekah/
  • contoh kultum tentang sedekah
  • Kultum
  • kultum singkat dan jelas
  • kultum sinkat tentang sedekah
  • Kultum tentang sedekah
  • kultum tentang sedekah singkat padat
  • tausiyah singkat tentang sedekah

Gallery Kultum Singkat Tentang Sedekah

10 Keutamaan Sedekah Beserta Ayat Al Quran Dan Hadist

Doc Materi Ceramah Kewajiban Shalat Fardu Dina Hafizz

Contoh Ceramah Kultum Singkat Tentang Zakat Fitrah

Kultum Singkat Tentang Sedekah Wawasan Edukasi

9 Contoh Ceramah Singkat Tentang Sabar Sholat Sedekah

Sedekah Tidak Mengurangi Harta Ceramah Singkat Tentang

Ceramah Singkat Keutamaan Sedekah Bersama Ustadz Rifky Ja Far Tholib

Kultum Senin

Ceramah Terakhir Ustadz Arifin Ilham Ingatkan Sedekah

5 Contoh Teks Ceramah Kultum Singkat Dan Panjang Tentang

Ceramah Pendek Memilih Teman Ustadz Muslimah

Kultum Islami Singkat For Android Apk Download

Inilah 5 Keutamaan Sedekah Republika Online

Kultum Ramadhan Singkat Pendek Tentang Amalan Utama Di

24 Contoh Ceramah Singkat Agama Tentang Ibu Sholat Sedekah

Kultum Tentang Sedekah Latihan Soal Dan Materi Sekolah

Buku Kultum Tausiyah Terlengkap Sepanjang Tahun

Kultum Singkat Tentang Sedekah Lengkap Dengan Ayat Dan Dalilnya

Kultum Islami Singkat For Android Apk Download

Kultum Tentang Sedekah Singkat Sang Pelajar

17 Contoh Ceramah Singkat Agama Islam Terlengkap Januari 2020

Ensiklopedia Islam Serial Hadits Pendek Sedekah Tidak


0 Response to "Kultum Singkat Tentang Sedekah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel