Kode Icd 10 Riwayat Sectio Caesarea



Panduan Manual Verifikasi Klaim Ina Penyakit Penyakit

Kekhususan Kaidah Koding ICD O80-O84 Partus Persalinan

Kode ICD O80-O84 Partus Persalinan termasuk dalam kekhususan kaidah koding dalam bab di ICD. Kode O80-O84 partus persalinan digunakan sebagai kondisi utama jika pada kasus di mana satu-satunya informasi yang dicatat oleh dokter adalah pernyataan cara persalinan atau metode persalinan saja tanpa ada penyulit persalinan. Kode O80-O84 dapat digunakan sebagai kode tambahan (opsional / sekunder) untuk menunjukkan metode atau jenis persalinan di mana kondisi utamanya adalah penyulit persalinannya.  Contoh :   Kondisi utama : Kehamilan (Pregnancy) Kondisi lain : tidak ada Prosedur tindakan : Low forceps delivery Kode ICD : Low forceps delivery (O81.0) sebagai kondisi utama karena tidak ada informasi lain yang tersedia. Kondisi utama : Pregnancy delivered Kondisi lain : Failed trial of labour Prosedur tindakan : Caesarean section Kode ICD : failed trial of labour, unspecified (O66.4) sebagai kondisi utama.Kode caesarean section delivery, unspecified (O82.9), dapat digunakan sebagai kode tambahan opsional. Kondisi utama : Twin pregnancy delivered Kondisi lain : tidak ada Prosedur tindakan : Spontaneous delivery Kode ICD : twin pregnancy (O30.0) sebagai kondisi utama. O84.0 (Multiple delivery, all spontaneous) dapat digunakan sebagai kode tambahan opsional. Kondisi utama : Term pregnancy delivered of dead fetus, 2800 gram Kondisi lain : tidak ada Prosedur tindakan : Spontaneous delivery Kode ICD : maternal care for intrauterine death (O36.4) jika tidak ada alasan khusus atas kematian janin dapat ditentukan. Ketentuan tersebut berdasarkan ICD 10 bab Rules and guidelines for mortality and morbidity coding. Namun di dalam koding O80-O84 Partus Persalinan berkaitan dengan klaim JKN BPJS Kesehatan terdapat beberapa ketentuan yang berhubungan dengan kode O80-O84 ini, diantaranya sebagai berikut :
  • Sesuai dengan kaidah koding dalam ICD 10 kode O80-O84 digunakan sebagai diagnosis sekunder jika ada penyulit dalam persalinan, kecuali jika penyulitnya kode O42.0 dan O42.1 maka O80-O84 digunakan sebagai diagnosis utama.
        Contoh :
Diagnosis utama : Kehamilan (dilahirkan) Diagnosis sekunder : Kegagalan trial of labour Tindakan : Seksio sesar Diberi kode pada failed trial of labour, unspecified ( O66.4 ) sebagai diagnosis utama. Kode untuk caesarean section delivery, unspecified (O82.9), dapat digunakan sebagai kode diagnosis sekunder         Diagnosis utama : Ketuban Pecah Dini kurang dari 24 jam Diagnosis sekunder : - Tindakan : Seksio sesar Diberi kode caesarean section delivery, unspecified (O82.9) sebagai diagnosis utama dan Premature rupture of membranes, onset of labour within 24 hours (O42.0), dapat digunakan sebagai kode diagnosis sekunder.
  • Pasien seksio sesar dalam satu episode rawat dilakukan tindakan sterilisasi maka kode tindakan sterilisasi tidak perlu diinput ke dalam aplikasi INACBG.
  • Persalinan normal maupun tidak normal tidak diperbolehkan menginput kode high risk pregnancy ( Z35.5, Z35.6, Z35.7, dan Z35.8 ) ke dalam aplikasi INACBG.
Semoga bermangfangat.

Gallery Kode Icd 10 Riwayat Sectio Caesarea

Kode Pintar Icd 10

Laporan Hasil Penelitian Hibah Bersaing Poltekkes Kemenkes

Kode Pintar Icd 10 Along Nh Academia Edu

Koding Icd 10 Icd 9 Neww Autosaved Urinary Bladder

Koding Icd 10 Icd 9 Neww Autosaved Urinary Bladder

5 Evaluasi Keperawatan Evaluasi Keperawatan Pada An D Dengan

Analisis Sistem Informasi Indonesia Case Base Group Ina

Ketepatan Kode Icd 10 Pada Kasus Persalinan Pasien Rawat

Kode Pintar Icd 10 Bpjs Puskesmas Gondang

Analisa Indikasi Dilakukan Persalinan Sectio Caesarea Di

Karya Tulis Ilmiah Asuhan Keperawatan Pada Ibu Nifas Post

Ketepatan Kode Diagnosis Kasus Persalinan

Riwayat Hidup Nama Dr Febriyanti Eka Lukmana Ppt Download

Koding Icd 10 Icd 9 Neww Autosaved Urinary Bladder

Kode Pintar Icd 10

Protap Obsgin Rsb Asih Vnd56vxgvwlx

Doc Penting Kode Icd Syafriansyah Ryan Academia Edu

Analisis Sistem Informasi Indonesia Case Base Group Ina

Panduan Manual Verifikasi Klaim Ina Penyakit Penyakit

Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam

Pedoman Pelayanan Rekam Medis Rumah Sakit Bersalin Nabasa

Icd 10 Rhinofaringitis Akut Massillon

Riwayat Hidup Nama Dr Febriyanti Eka Lukmana Ppt Download


0 Response to "Kode Icd 10 Riwayat Sectio Caesarea"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel