Nama Latin Lidah Buaya



10 Manfaat Lidah Buaya Super Lengkap Untuk Kesehatan Tubuhmu

10 Manfaat Lidah Buaya yang Jarang Diketahui Banyak Orang!

Lidah buaya atau biasa dikenal dengan nama latin Aloe vera merupakan tanaman yang hidup di iklim tropis dengan bentuk yang menyerupai kaktus. Lidah buaya sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman tradisional yang memiliki banyak manfaat dan khasiatnya.

Bagian-bagian dari lidah buaya yang bisa dimanfaatkan adalah gel dan lateks nya. Gel sendiri dapat kamu temukan pada bagian dalam dari daging daun lidah buaya. Sedangkan untuk lateks, dapat kamu temukan tepat dibawah kulit tanaman lidah buaya tersebut dengan warna yang agak kekuningan.

Sebagai obat, gel lidah buaya yang mempunyai warna bening seperti jeli dapat kita manfaatkan sebagai losion, salep, krim dan sebagainya.Sedangkan untuk lateks dapat diolah sebagai zat-zat kering, seperti suplemen. Tetapi ada juga obat yang menggunakan gel dan lateks secara bersamaan.

Selain diolah untuk obat, lidah buaya juga bisa dipergunakan dalam bentuk alami. Biasanya para wanita menggunakan tanaman berkhasiat ini untuk merawat rambut dan kulit.

Manfaat Lidah Buaya 

Untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai manfaat lidah buaya. yaps, kamu dapat langsung simak informasinya dibawah ini!

1. Mempercepat Penyembuhan Luka di Kulit

Terdapat kandungan senyawa pada lidah buaya yang dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit yang disebut dengan senyawa glukomanan dan gliberelin. Senyawa inilah yang dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan juga pembentukan kolagen di area sekitar luka sehingga jaringan baru dapat tumbuh lebih cepat untuk menutup luka.

Tidak hanya itu, senyawa aktif ini juga dapat mencegah kematian sel yang terjadi pada daerah sekitar luka sehingga mengurangi munculnya bekas luka.

Cara penggunaan lidah buaya pada luka:

  • Cuci terlebih dahulu luka hingga bersih.
  • Setelah itu pastikan pendarahan pada luka sudah berhenti.
  • Apabila luka sayatan masih berdarah, kamu dapat menghentikan pendarahannya dengan menggunakan kasa.
  • Setelah pendarahan benar-benar berhenti, oleskan gel lidah buaya pada bagian luka secara merata pada luka.

Perlu dan wajib diingat bahwa penanganan luka terbuka harus selalu dalam keadaan bersih/higienis. Itu juga berlaku pada lidah buaya yang akan digunakan, usahakan bersih dengan cara dicuci terlebih dahulu.

Inilah salah satu manfaat lidah buaya yang sudah terbukti khasiatnya yakni sebagai obat jerawat. Senyawa aktif yang terkandung pada lidah buaya yang bisa disebut sebagai polifenol inilah yang berguna sebagai senyawa anti bakteri.

Senyawa inilah yang dapat membantu kamu untuk Menghilangkan Jerawat pada wajah dengan mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat memicu terbentuknya jerawat.

  • Bersihkanlah terlebih dahulu wajah kamu dengan membilas menggunakan air bersih.
  • Setelah itu oleskan gel lidah buaya pada bagian wajah yang terdapat jerawat, untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan setiap pagi dan sore hari.

Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih, penggunaan gel lidah buaya sebagai obat jerawat 35 persen lebih efektif bila diikuti dengan penggunaan obat jerawat dari dokter yang sesuai dengan kulit kamu.

Baca juga: cara menghilangkan flek hitam & cara memerahkan bibir

Mungkin jarang sekali kita mengalami yang namanya sariawan akibat tergigit, terluka karena menyikat gigi yang terlalu keras, ataupun saat kita kekurangan vitamin C.

Untuk kamu yang ingin mempercepat penyembuhan luka (sariawan) dalam mulu, kamu dapat memanfaatkan lidah buaya sebagai campuran ketika berkumur ataupun langsung mengoleskan gel lidah buaya pada bagian mulut yang terluka. Kandungan vitamin C pada lidah buaya dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat.

Selain itu terdapat juga kandungan zat lupeol yang berguna sebagai antiseptik dan membantu mengurangi rasa nyeri karena luka.

Cara penggunaannya:

  • Untuk menggunakan gel lidah buaya secara langsung dapat kamu lakukan dengan cara oleskan 2-3x sehari pada bagian luka sampai benar-benar sembuh.
  • Sedangkan sebagai larutan kumur. Kamu dapat melarutkan 2 sendok makan gel lidah buaya kedalam air bersih dan gunakanlah sebagai alat kumur selama 2 menit. Lakukan cara berkumur ini 4x sehari agar luka yang kamu alami cepat sembuh.

Metode ini sudah terbukti memiliki efek penyembuhan yang sama dengan menggunakan obat kortikosteroid yang biasa dioleskan untuk menyembuhkan bagian mulut yang terluka.

4. Menghilangkan Komedo

Tidak hanya berguna untuk menghilangkan jerawat saja. Manfaat lidah buaya juga mampu membantu kamu untuk menghilangkan komedo karena kandungan hormon giberelin dan juga auksin. kandungan dari giberelin dan auksin sangat berguna untuk mengurangi peradangan pada kulit dan juga melembabkan kulit kita. Karena kandungan inilah, lidah buaya sangat berguna untuk kamu yang ingin menghilangkan komedo.

Cara penggunaannya:

  • Bersihkan terlebih dahulu wajah kamu dengan menggunakan air bersih.
  • Oleskan gel lidah buaya pada bagian wajah yang memiliki komedo.
  • Diamkan selama 10-15 menit.
  • Setelah itu bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.

Baca juga: cara meluruskan rambut & manfaat daun sirsak

Telah banyak sekali penelitian yang sudah dilakukan dan dapat membuktikan bahwa lidah buaya sangat beermanfaat besar bagi kesehatan kulit, salah satunya adalah menjaga keremajaan kulit tubuh kita. Kandungan antioksidan alami inilah yang dapat melawan radikal bebas yang berperan dalam proses penuaan dini pada kulit.

Selain itu, gel lidah buaya juga terbukti untuk meningkatkan produksi kolagen yang dapat mempertahankan elastisitas kulit sehinagga kulit tampak senantiasa terlihat segar dan kencang.

Cara penggunaannya:

  • Gunakanlah gel lidah buaya sebagai masker keseluruh tubuh termasuk wajah dan biarkan selama 20 menit.
  • Setelah 20 menit, kamu dapat membilasnya dengan menggunakan air bersih.
  • Lakukanlah perawatan ini 2x dalam seminggu untuk mendapatkan kulit yang elastis dan awet muda sesuai dambaan kamu.

6. Mengobati Penyakit Herpes

Herpes merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena infeksi Herpes Simplex Virus (HVS). Penyakit kulit ini dapat kita temui dengan ciri-ciri seperti bintik-bintik merah bergerombol yang berisikan gelembung-gelembung air pada kulit, bintik-bintik ini terasa panas dan juga gatal.

Herpes sendiri dapat muncul kembali atau kambuh-kambungan setelah sembuh apabila sistem imun pada tubuh anda menurun.

Cara penanganannya dengan lidah buaya:

  • Untuk mengobati herpes, bagian lidah buaya yang dapat digunakan adalah 0.5 persen ekstrak lidah buaya yang telah diolah dalam bentuk krim.
  • Anda dapat menemukan produk ini dengan berbagai merk di pasaran. Oleskan krim ini 3x sehari selama 5 hari sampai 2 minggu.

Perlu diketahui bahwa lama penyembuhan dari penyakit herpes sangat ditunjang oleh kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh yang baik.

Baca juga: cara memutihkan wajah & cara menghilangkan bekas jerawat

Selain sebagai penangkal Jerawat, gel lidah buaya juga mampu untuk membantu kamu dalam mengatasi jamur kulit yang membuat penampilan kita kurang enak dipandang. Salah satu kandungan dari lidah buaya dapat menghambat pertumubuhan jamur yang sering muncul sebagai panu di kulit.

  • Oleskan gel lidah buaya ke area kulit yang terinfeksi panu dan biarkan selama 10-15 menit.
  • Setelah itu bilas gel dengan menggunakan air bersih.
  • Ulangi langkah ini 2x sehari hingga panu di kulit anda menghilang.

8. Membantu Menghilangkan Plak pada Gigi

Terkadang plak gigi membuat seseorang menjadi tidak percaya diri ketika tersenyum. Salah satu penyebab dari plak gigi adalah zat yang dihasilkan oleh bakteri yang terdapat pada rongga mulut. Untuk menangani hal tersebut, Kamu dapat menggunakan lidah buaya sebagai larutan kumur.

Jangan khawatir, hal ini sudah dibuktikan dalam suatu penelitian yang menyatakan bahwa jus dari lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam rongga mulut. Tidak hanya itu saja, lidah buaya juga memiliki efektifitas yang sama dengan senyawa klorheksidin yang terdapat pada obat kumur dalam menghilangkan plak gigi sekaligus Memutihkan Gigi yang kuning.

  • Pertama potong terlebih dahulu 1 tangkai tanaman lidah buaya dan cuci bersih.
  • Selanjutkan potong tanaman lidah buaya menjadi beberapa bagian kecil.
  • Kemudian kamu dapat memasukkan kedalam blender dengan menambahkan sedikit air dan haluskan.
  • Berkumurlah dengan menggunakan jus lidah buaya selama 2-3 menit kemudian lanjutkan dengan berkumur air bersih. Lakukan metode ini secara teratur 2x sehari selam 15-30 hari.

Percayakah kamu bahwa lidah buaya mampu menurunkan berat badan? Jawabannya Bisa! begini penjelasannya, Kandungan dari lidah buaya memiliki serat yang tinggi dan dapat membantu mengikat lemak dan melancarkan sistem pencernaan sehingga proses penyerapan pada nutrisi berjalan dengan baik dan dapat mencegah adanya penimbunan lemak. Konsumsi 147 mg gel lidah buaya 2x sehari selama 8 minggu secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: cara menghilangkan bau mulut & cara menghilangkan ketombe

Dalam penelitian, menyebutkan bahwa lidah buaya dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh kita. Hal ini dapat membantu dalam pengobatan diabetes.

Konsumsi ekstrak lidah buaya 1x sehari untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Tetapi, perlu diketahui dan diingat bahwa lidah buaya hanya membantu mengontrol diabetes, bukan sebagai terapi pengganti obat diabetes yang diberikan oleh dokter.

Sekian beberapa informasi yang dapat BebasJerawat.info berikan mengenai Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga wawasan kamu tentang tanaman lidah biaya semakin banyak dan tahu. Apabila informasi ini sangat berguna jangan lupa untuk dibagikan atau di share ya!

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Manfaat Lidah Buaya

Gallery Nama Latin Lidah Buaya

Lidah Buaya Amerika

14 Khasiat Manfaat Pengecap Buaya Untuk Kesehatan Idnews Co Id

Manfaat Lidah Buaya Aloe Vera Kompasiana Com

Naresh Heath Tip Of The Day Aloevera

4 Cara Merawat Lidah Buaya Yang Tepat Dan Mudah

25 Manfaat Lidah Buaya Aloe Vera Bagi Kesehatan Dan

Manfaat Masker Lidah Buaya Untuk Kecantikan Portal Wanita Muda

5 Jenis Dan 13 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Update 2018

Smknrjphits Hash Tags Deskgram

Bioaktif Lidah Buaya Bisa Jadi Alternatif Antibiotik Untuk

Manfaat Daun Lidah Buaya Dan Cara Penggunaanya Needa News

Lidah Buaya Memiliki Banyak Manfaatnya Dari Mulai Kesehatan

Ciri Khusus Lidah Buaya Kandungan Dan Manfaatnya Bagi

Manfaat Kaktus Dan Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Nama Latin Manfaat Tanaman Lidah Buaya Latinus

5 Manfaat Daun Lidah Buaya Aloe Vera Untuk Wajah Berminyak

Cara Tepat Merawat Lidah Buaya Majalahasri Com

Dikenal Banyak Manfaat Ternyata Lidah Buaya Punya Efek

Lidah Buaya Biodiversity Warriors

Tanamanherbal Instagram Posts Gramha Net

Apa Saja Manfaat Dan Khasiat Yang Dimiliki Oleh Lidah Buaya

Cara Menanam Lidah Buaya Merawat Jenis Panen Cepat Besar

Melihat Budidaya Tanaman Lidah Buaya Di Uptd Agribisnis

Nama Latin Lidah Buaya

Info Kesehatan Manfaat Lidah Buaya Terbaru Info Kesehatan

30 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Lidah Buaya


0 Response to "Nama Latin Lidah Buaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel