Bagian Lidah Dan Fungsinya



Lidah Pengertian Struktur Fungsi Papilla Dan Prosesnya

Fungsi Lidah Tidak Cuma untuk Mengecap Makanan, Ini 5 Fungsi Lainnya

Fungsi lidah yang utama adalah sebagai indera pengecap untuk membedakan macam-macam rasa makanan. Namun tahukah Anda kalau ternyata lidah menyimpan beragam fungsi lainnya? Yuk cari tahu lebih lanjut seputar organ otot yang bersemayam di dalam mulut ini.

Berkenalan dengan lidah

Lidah merupakan kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang tertutupi oleh selaput lendir yang tampak kasar. Tekstur permukaan lidah yang kasar ini datang dari tonjolan-tonjolan kecil papila. Papila adalah ujung dari saraf pengecap yang terhubung dengan saraf di otak, agar Anda bisa merasakan berbagai macam rasa pada makanan — pahit, asam, asin, manis, dan gurih.

Jumlah papilla pada setiap orang belum tentu sama. Orang yang mempunyai banyak papilla akan lebih peka terhadap kedalaman dan variasi rasa. Permukaan lidah bisa memiliki lapisan kerak putih. Ini adalah hal yang umum, meski lebih sering terjadi pada orang tua.

Bagian-bagian lidah

  • Ujung dan tepi lidah. Bagian ini meliputi lidah bagian depan (ujung) serta kanan dan kiri (tepi). Ujung dan tepi lidah bisa bergerak dengan bebas ke depan, belakang, kanan, maupun ke kiri.
  • Pangkal lidah. Bagian ini terdapat banyak sel sensorik yang mendukung fungsi lidah untuk merasakan dan menyentuh sesuatu yang masuk ke mulut.
  • Akar lidah. Bagian ini disebut juga dasar lidah, letaknya di sisi bawah lidah sehingga tidak bisa dilihat dari luar mulut. Akar atau dasar lidah tidak bisa bergerak bebas dan terhubung ke lantai mulut.

Lidah memiliki sejumlah otot dan saraf yang membantu mendeteksi dan mengirimkan sinyal rasa ke otak. Keberadaan otot-otot inilah yang membuat lidah bisa bergerak bebas ke segala arah di dalam rongga mulut.

Satu-satunya tulang yang berhubungan langsung dengan lidah adalah tulang hyoid. Tulang ini terletak di antara leher dan dagu bagian dalam. Lidah juga memiliki bagian lain yang disebut dengan frenulum. Bagian ini menghubungkan lidah dengan rongga mulut sekaligus berfungsi sebagai penyangga lidah.

Apa saja fungsi lidah?

Sebagai indera pengecap

Lidah memiliki reseptor rasa untuk merasakan makanan, minuman, atau apa pun yang masuk ke dalam mulut. Reseptor ini ditemukan di kuncup rasa. Dengan begitu, Anda bisa membedakan rasa manis, asam, asin, pahit, enak, atau tidak enak.

Membantu mengisap

Bayi menggunakan lidahnya saat mengisap air susu ibu. Lidah membantu menisap cairan yang masuk ke dalam mulut.

Membantu proses makan, mengunyah, menggiling, menelan dan mengeluarkan air liur

Lidah bisa bergerak bebas di dalam mulut sehingga lidah dapat membantu mengolah makanan dan minuman dari padat menjadi lembek agar mudah untuk ditelan. Saat mengunyah, lidah dan pipi bekerja sama untuk menggerakkan makanan antara gigi sehingga bisa dikunyah. Lidah menekan makanan yang hancur (bolus) ke langit-langit dan menggerakkan bolus ke tenggorokan, memulai proses menelan. Lalu masuk ke dalam lambung dan diolah oleh alat-alat pencernaan. Gerakan lidah ini juga merangsang keluarnya air liur.

Membantu menyentuh

Ujung lidah adalah salah satu bagian tubuh yang paling sensitif. Ujung lidah berfungsi merasakan atau mengenali makanan yang masuk serta membersihkan sisa makanan di dalam mulut.

Membantu berkomunikasi

Kemampuan gerakan lidah digunakan juga untuk berbicara. Lidah bekerja sama dengan bibir dan gigi untuk membuat suara yang keluar dari dalam tenggorokan menjadi jelas dan dipahami oleh lawan bicara.

Melindungi mulut dari kuman

Di dasar lidah, terdapat kumpulan sel-sel pelindung bernama tonsil lingual. Sel-sel ini berada di belakang rongga mulut dan bersamaan dengan tonsil palatina (amandel) dan tonsil faringeal (adenoid). Amandel terletak di kiri dan kanan rongga mulut, sedangkan adenoid terletak di dinding belakang nasofaring. Keduanya bertugas melindungi tubuh dari gangguan kuman-kuman yang bisa masuk melalui mulut.

Setelah mengenali bagian lidah dan berbagai fungsinya, akan menyadari bagaimana pentingnya menjaga kesehatan rongga mulut secara kesluruhan. Sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihan lidah demi menjaga kesehatan mulut, karena sikat gigi saja tidak cukup. Kebersihan dan kesehatan lidah akan membantu Anda menghindari diri dari ancaman berbagai macam penyakit.

Baca Juga:

Gallery Bagian Lidah Dan Fungsinya

Alat Indra Manusia Pengecap Lidah Gurukita Com

Fungsi Mulut Manusia Pengertian Fungsi Bagian Dan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rpp Kurikulum Tingkat

Gaya Remaja Bagian Lidah Dan Fungsinya

Anatomi Lidah Manusia Oleh Kelas 1a Pdf Free Download

Fungsi Lidah Manusia Dan Bagian Bagiannya Blogging Co Id

Sistem Pencernaan Manusia Ppt Download

Gambar Lidah Beserta Bagian Bagiannya Ilmu Sosial

Struktur Anatomi Fisiologi Lidah Manusia Blogging Co Id

Fungsi Lidah Bagian Bagian Beserta Gambarnya

5 Panca Indera Fisiologi Fungsi Gambar Bagian Lengkap

Fungsi Lidah Bagian Bagian Beserta Gambarnya

Pengertian Lidah Struktur Fungsi Papilla Proses Pengecap

Pengertian Panca Indera 5 Jenis Bagian Dan Fungsinya

Angsa Ternyata Punya Gigi Tambahan Di Bagian Lidah Ini

8 Warna Lidah Yang Jelaskan Kondisi Kesehatan Anda Health

4 Bagian Lidah Yang Peka Terhadap Rasa Penulis Cilik

Memahami Fungsi Dan Anatomi Sistem Pencernaan Manusia

Struktur Dan Fungsi Lidah Manusia

Penyebab Lidah Mati Rasa Yang Harus Anda Tahu Dokter Sehat

Bagian Bagian Lidah Manusia Serta Fungsinya Sebagai Indra

Lidah By Kimbo Mantul On Prezi Next

Panca Indra Pengertian Macam Fungsi Mekanisme

Berkenalan Dengan Lidah

Fungsi Lidah Tidak Cuma Untuk Mengecap Makanan Ini 5 Fungsi

Indera Pengecapan Lidah

Lidah Pengertian Struktur Fungsi Papilla Ilmu Dasar

Bagian Bagian Lidah Beserta Fungsi Dan Zat Penghasil Rasa

Zona Rasa Pada Lidah Merupakan Kesalahan Besar Dalam Sains


0 Response to "Bagian Lidah Dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel