Cara Membuat Halaman Skripsi Atas Bawah



Cara Membuat Ukuran Margin Skripsi 4 4 3 3 Elevenia Blog

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Untuk Skripsi

Dalam membuat tugas kuliah/sekolah seperti makalah, proposal, atau skripsi tentu sobat Kelar Nugas harus mencantumkan nomer halaman atau page number disetiap halamannya.
Aturan penulisan nomor halaman sih berbeda-beda, tergantung kebijakan instansi masing-masing. Namun pada umumnya nomor halaman sebelum BAB I adalah angka romawi (i, ii, iii, iv, dst) dan posisinya berada di bagian bawah tengah halaman semua. Mulai dari BAB I sampai BAB VI nomor halaman menggunakan angka biasa (1,2,3,4,dst) namun terdapat aturan khusus dalam penempatannya. Jika di suatu halaman terdapat judul bab (misal BAB I PENDAHULUAN atau BAB II KAJIAN PUSTAKA), nomor halaman posisinya berada pada bagian bawah tengah halaman, sedangkan jika tidak ada judul babnya posisnya berada di kanan atas halaman.
Itu artinya kita harus membuat format page number yang berbeda-beda untuk satu dokumen penuh. Bagaimana cara membuatnya? Sebenarnya ada dua acara untuk membuat nomor halaman, bisa secara manual, bisa juga secara otomatis. Untuk cara manual, kita harus mengetik halaman satu persatu secara manual. Iya kalau halamannya cuma 15, kalau ada ratusan, terus ada yang keselip satu, kan pegel nda… ngulang lagi.
Nah untuk mencegah pegel-pegel tersebut kita bisa menggunakan cara yang otomatis, cek it out:
1.      Langkah pertama kita harus membagi section-section dokumen. Caranya letakkan kursor di depan BAB I, klik layout, pilih Breaks, lalu pilih next page. Ulangi langkah ini untuk BAB II, BAB III, dst.
2.      Saatnya membuat nomor halamannya. Pertama kita buat nomor halaman untuk yang sebelum BAB I dulu alias yang berformat romawi, disini saya memberi contoh dari kata pengantar.
Pindahkan kursor ke depan tulisan “KATA PENGANTAR”, klik Insert pilih page number, pilih Format Page Numbers, dan pada kotak number format pilih yang format romawi.
3.      Karena untuk nomor halaman romawi letaknya di bawah. Klik page number lagi, pilih Bottom of Page, dan pilih yang tengah.
4.      Sekarang kita menuju ke BAB I. klik di depan BAB I, klik Insert pilih page number, pilih Format Page Numbers, dan pada kotak number format pilih yang format nomor biasa (1,2,3) dan jangan lupa klik start at: 1, klik OK.
5.      Jika sudah, dobel klik nomor halaman satu, centang different first page, pilih page number, pilih bottom of page.
6.      Sekarang kita lihat halaman 2, halamannya masih di bawah kan, untuk mengubah posisinya ke kanan atas dobel klik nomor halaman 2, pilih page number pilih top of page.
7.      Sekarang nomor halaman di halaman 2 kalian akan ada dua; diatas dan bawah. Dobel klik nomor yang bawah tinggal delete dah beres :D
8.      Gan Awal BAB II kok ikutan di kanan atas, harusnya kan di bawah tengah? Gampang,, tinggal klik nomor halamannya, terus centang different first page, otomatis halamannya akan pindah ke bawah.
Jika ada kesalahan dalam membuat section break silahkan (baca: Cara Menghapus Halaman Kosong Akibat Salah Page Break). Demikian Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Untuk Skripsi dari Kelar Nugas. Jika ada pertanyaan bisa ditanyakan melalui kolom komentar.
Pagi gaes, Apakah kalian pernah menemui se-onggok halaman kosong yang tidak bisa di hapus di dokumen Microsoft Word kalian? Kalau iya berarti nasib anda sama dengan teman saya :3 Beberapa waktu yang lalu ketika teman saya mengerjakan skripsi dia curcol karena ada halaman kosong yang tidak bisa di hapus, mau di delete, di backspace, di block, tetap nggak bisa hilang. Usut punya usut ternyata penyebab dari adanya halaman kosong tersebut adalah karena ada kesalahan dalam membuat section break. 

Apa sih section break itu? Section break bisa kalian temukan di menu Layout -> breaks. Fungsinya untuk memudahkan memberi nomor halaman yang berbeda (baca juga: Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Untuk Skripsi). Terus cara hapusnya gimana dong? Di menu breaksnya kan nggak ada menu delete section breaks? T.T Tenang gampang kok ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1.Langkah pertama klik home pilih show/hide paragraph. Itu tu yang lambangnya kayak huruf “P” kebalik.

2.Kalau sudah diklik, maka halama…

Selamat pagi para mahasiswa yang berbahagia?? Apakah kalian sudah bebas dari belenggu skripsi? Atau mungkin sekarang sedang amsyong untuk berjuang menyelesaikan skripsi kalian? Hemm,, memang skripsi merupakan suatu cobaan yang berat bagi sebagian kecil mahasiswa (kecil dari Hongkong -_-). Gimana nggak berat, kalau kita coba runut, pertama kita harus menemukan judul yang menarik, kalau ga menarik direject (kaya lagu dangdut), kalau judul sudah diterima kita dibuat pusing lagi gara-gara kekurangan bahan skripsi, terus kalau kita sudah semangat dan yakin skripsi kita sudah bagus, dosennya ilang entah kemana, lebih parahnya lagi kalau isi skripsi sudah fix tapi ternyata format pengetikannya kacau dan suruh ngulang dari awal, Kapan kelarnya?? -_-"

Membuat skripsi dengan Microsoft Word sesuai dengan pedoman skripsi mungkin kelihatannya merupakan sesuatu hal yang mudah, secara kita sudah merasa sangat familiar dengan yang namanya Microsoft Word. Namun nyatanya tidak semua mahasiswa tau…

Gallery Cara Membuat Halaman Skripsi Atas Bawah

Cara Membuat Nomor Halaman Di Word Modul Komputer

Cara Membuat Nomor Halaman Pertama Di Bawah Dan Halaman Berikutnya Di Atas Dengan Ms Word 2007

Cara Atur Nomor Halaman Yang Berbeda Letak Skripsi Makalah

Cara Membuat Dan Mengatur Nomor Halaman Di Microsoft Word

Cara Membuat Halaman Berbeda Di Word Format Halaman Skripsi

Mengatur Dokumen Di Pages Apple Support

Cara Membuat Halaman Di Word Bawah Dan Di Atas Dalam Satu File Skripsi Buttom And Up Page Number

Cara Membuat Letak Nomor Halaman Yang Berbeda Pada Microsoft

Cara Membuat Nomor Halaman Skripsi Berbeda Dalam 1 Dokumen Word

Cara Membuat Nomor Halaman Tugas Akhir Skripsi Tesis

Cara Membuat Makalah Dengan Struktur Yang Baik Dan Benar

Mengatur Margin Atas Bawah Kiri Dan Kanan

Cara Mudah Membuat Nomor Halaman Atas Bawah Dalam Pengetikan Skripsi Word 2010

Cara Membuat Halaman Berbeda Di Word Format Halaman Skripsi

Cara Membuat Halaman Berbeda Di Word Format Halaman Skripsi

Cara Membuat Nomor Halaman Tugas Akhir Skripsi Tesis

Cara Membuat Letak Nomor Halaman Yang Berbeda Pada Microsoft

Membuat Nomor Halaman Romawi Dan Angka Ms Word

Cara Membuat Letak Nomor Halaman Yang Berbeda Pada Microsoft

Cara Membuat Nomor Halaman Pertama Di Bawah Dan Halaman

Cara Membuat Nomor Halaman Tugas Akhir Skripsi Tesis

Panduan Pemula Cara Membuat Penomoran Halaman Yang Berbeda

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word Praktis Buat

Cara Membuat Halaman Berbeda Di Word Format Halaman Skripsi

Contoh Soal Pelajaran Puisi Dan Pidato Populer Contoh

Cara Mengatur Letak Nomor Halaman Di Bawah Dan Atas Di

Cara Membuat Nomor Halaman Skripsi Dan Makalah Psikolif


0 Response to "Cara Membuat Halaman Skripsi Atas Bawah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel