Prinsip Kerja Motor Dc
Prinsip Kerja Motor Dc Youtube
Prinsip Kerja Motor Listrik DC
Motor listrik adalah sebuah mesin listrik yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Motor listrik pertama kali diciptakan dengan menggunakan sumber arus listrik searah atau DC (Direct Current) oleh beberapa ilmuwan seperti Englishman Peter Barlow (1822), Prussian Moritz Jacobi (1834), dan William Sturgeon (1832). Perkembangan motor listrik DC tidak dapat terlepas dari sebuah fenomena induksi elektromagnetik yang diperkenalkan oleh Michael Faraday (1831) dan terkenal dengan sebutan Hukum Faraday.
Namun justru di akhir abad 19, puluhan tahun setelah para ilmuwan memperkenalkan motor listrik, John Ambrose Fleming memperkenalkan sebuah sistem mneumonik untuk memudahkan kita memahami fenomena yang terjadi pada motor listrik dan generator listrik. Sistem mneumonik tersebut Fleming sebut dengan kaidah tangan kiri untuk motor listrik, dan kaidah tangan kanan untuk generator listrik. Kaidah ini memudahkan kita untuk menentukan arah gaya dorong, arah medan magnet, serta arah arus listrik pada sebuah sistem induksi elektromagnetik.
Gambar di atas adalah kaidah tangan kiri yang diperkenalkan oleh Fleming untuk memudahkan kita memahami fenomena induksi elektromagnetik pada motor listrik. Tirukan saja susunan jari tangan kiri Anda untuk membentuk konfigurasi seperti gambar di atas. Sekarang yang perlu kita ingat adalah dengan konfigurasi jari tangan kiri seperti ini maka jari tengah Anda menunjukkan arah arus listrik, jari telunjuk Anda menunjukkan arah medan magnet, sedangkan ibu jari Anda menunjukkan gaya dorong yang terjadi akibat fenomena induksi elektromagnetik. Arah dari ketiga parameter pada kaidah tangan kiri ini berlaku untuk semua motor listrik dan bekerja secara alami selayaknya Anda mengenal gaya gravitasi bumi maupun gaya tarik menarik antara dua kutub magnet yang berbeda.
Selanjutnya untuk lebih memahami bagaimana sebuah motor listrik dapat bekerja, mari kita perhatikan gambar skema motor listrik DC di atas. Pada skema di atas, rotor motor diskemakan dengan sebuah kawat angker penghantar listrik (armature) yang membentuk persegi panjang. Pada kedua ujung kawat angker terpasang komutator berbentuk lingkaran yang terbelah di tengahnya, komponen ini sering kita dengar dengan sebutan cincin belah. Cincin belah termasuk bagian dari rotor, sehingga ia ikut berputar dengan rotor. Sedangkan stator motor tersusun atas dua magnet dengan kutub berbeda yang saling berhadapan. Pada bagian yang kontak langsung dengan cincin belah, stator dilengkapi dengan sikat karbon yang berfungsi untuk menghubungkan arus listrik dari sumber tegangan ke kumparan rotor.
Sumber tegangan DC diilustrasikan dengan gambar baterai pada skema motor DC di atas. Masing-masing kutub baterai terhubung dengan sikat karbon, sehingga tercipta arus listrik DC dengan arah arus dari kutub positif ke negatif melewati sikat karbon, satu bagian cincin belah, kawat angker (armature), kembali ke cincin belah, sikat karbon dan ke kutub negatif baterai.
Setelah kita memahami konsep kaidah tangan kiri Fleming serta juga komponen-komponen dasar dari motor listrik, maka kita akan dengan mudah memahami bagaimana motor listrik dapat bekerja. Kita mulai dengan gambar (a) di atas, garis medan magnet mengarah ke kiri yang disimbolkan dengan garis biru dan huruf (B). Untuk arah arus listrik ditunjukkan dengan garis berwarna hitam dan huruf (I). Jika kita mencoba menggunakan kaidah tangan kiri kita pada sisi kiri kawat angker, maka akan kita dapatkan bahwa gaya dorong (F) akan mengarah ke atas. Sedangkan untuk sisi kanan kawat angker, kaidah tangan kiri akan menunjukkan bahwa gaya dorong akan mengarah ke bawah. Gaya dorong yang tegak lurus langsung terhadap kawat angker kanan dan kiri ini menghasilkan torsi yang paling besar pada rotor motor. Gaya torsi inilah yang akan memutar rotor motor.
Pada posisi rotor seperti gambar (b), masing-masing cincin belah masih terhubung dengan sikat karbon sehingga arah arus listrik tidak berubah. Dengan cara yang sama menggunakan kaidah tangan kiri, arah gaya dorong juga mengarah ke atas untuk kawat angker kiri dan ke bawah untuk kawat angker kanan. Namun besar gaya torsi yang terjadi adalah lebih kecil sebesar cos α daripada gaya F. Gaya torsi ini masih akan membuat rotor motor berputar searah jarum jam.
Torsi rotor akan menjadi nol pada saat kawat angker berposisi seperti pada gambar (c). Sesuai dengan kaidah tangan kiri, jika pada kawat angker terdapat arus listrik, maka arah gaya dorong kawat juga ke atas atau pun ke bawah. Namun karena gaya tersebut segaris dengan titik poros rotor, atau dapat pula dikatakan tegak lurus dengan arah putaran rotor, maka tidak akan timbul gaya torsi pada kawat angker. Sudut α yang sebesar 90o menjelaskan pula tidak akan timbul gaya torsi pada saat posisi kawat angker demikian, karena nilai dari cos 90o adalah nol. Nilai torsi nol ini tidak akan membuat rotor motor berhenti berputar, karena sifat kelembaman rotor maka rotor akan terus berputar selama masih ada arus listrik yang mengalir pada kawat angker.
Setelah kawat angker melewati fase tegak lurus dan membentuk sudut -α, arah arus listrik akan mengalir dengan arah yang sama seperti pada saat kawat angker bersudut +α (gambar b). Komponen komutator yang selalu ikut berputar dengan rotor dan sikat karbon yang selalu diam, menjadi komponen yang akan menjaga arah arus listrik untuk selalu tetap yakni –sesuai gambar skema– mengalir dari sisi kiri kawat angker ke kanan. Arah arus listrik yang selalu tetap di setiap setengah putaran rotor inilah yang akan membuat rotor motor listrik selalu berputar selama masih ada arus listrik yang mengalir ke kawat angker.
Gaya LorentzGaya dorong pada kawat angker motor listrik dc merupakan salah satu bentuk gaya Lorentz. Gaya Lorentz adalah gaya yang ditimbulkan oleh adanya arus listrik yang berada di dalam sebuah medan magnet. Perhitungan besar gaya Lorentz adalah sesuai dengan rumus berikut:
F = B x I x L
Dimana:F = Gaya Lorentz (Newton)
B = Medan magnet (Tesla) I = Arus listrik (Ampere) L = Panjang kawat yang dialiri listrik (Meter)Gallery Prinsip Kerja Motor Dc
Swinburne S Test On Dc Shunt Motor Z4083z4z9vlx
Cara Kerja Motor Driver Ic L293d Ide Belajar
Electrical Engineering Prinsip Kerja Motor Ac Dan Motor Dc
Motor Servo Pengertian Fungsi Dan Prinsip Kerjanya
Cara Kerja Dc Motor Distributor Gearbox Motor Supplier
Ppt Motor Dc Arus Searah Powerpoint Presentation Free
Bagaimana Cara Kerja Motor Dc Pengetahuan Zhangzhou
Prinsip Kerja Motor Stepper Mirip Dengan Motor Dc Sama Sama
Cara Kerja Sistem Pengapian Cdi Dc Teknik Otomotif Com
Dedyalfilianto This Wordpress Com Site Is The Bee S Knees
Prinsip Kerja Motor Dc Atau Cara Kerja Motor Listrik Dc
Prinsip Kerja Motor Brushless Dc Bldc Motor
Index Of Wp Content Uploads 2014 09
Prinsip Kerja Motor Brushless Dc
Pengertian Prinsip Kerja Dan Jenis Jenis Motor Dc Any Web Id
Sistem Pengendali Kecepatan Motor Dc Satu Arah Sistem
Power Window 15 Hal Pdf Document
Prinsip Kerja Motor Dc Yang Harus Kamu Ketahui Kelas Otomasi
Cara Kerja Dinamo Dc Pada Mesin Parut Kelapa Listrik Dan
Pengertian Motor Dc Dan Prinsip Kerjanya Teknik Elektronika
Prinsip Kerja Motor Dc Dan Ggl Lawan
0 Response to "Prinsip Kerja Motor Dc"
Post a Comment