Rumus Isaac Dan Michael



How To Do A Vlookup To The Left In Google Sheets Ben Collins

Populasi dan sampel

  1. 1. POPULASI DAN SAMPEL
  2. 2. POPULASI wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya keseluruhan unsur yang akan diteliti yang ciri-cirinya akan ditaksir (diestimasi). Ciri-ciri populasi disebut parameter. kumpulan objek penelitian, bisa berupa kumpulan orang (individu, kelompok, komunitas, masyarakat, dll); benda (jumlah gedung/bangunan, tempat, dll). Sekumpulan orang atau objek yang memiliki kesamaan dalam satu atau beberapa hal dan yang membentuk masalah pokok dalam suatu riset khusus. Populasi yang akan diteliti harus didefinisikan dengan jelas sebelum penelitian dilakukan.
  3. 3. SAMPEL• Sampel: bagian dari populasi yang dapat mewakili seluruh populasi• Sampel: sebagian unsur populasi yang dijadikan objek penelitian.• Sampel: miniatur (mikrokosmos) populasi• Sampel yang memiliki ciri karakteristik yang sama atau relatif sama dengan ciri karakteristik populasinya disebut sampel representatif.• Ciri karakteristik sampel disebut statistik
  4. 4. ALUR PEMIKIRAN POPULASI DAN SAMPEL SAMPEL POPULASI TEMUAN
  5. 5. MENGAPA SAMPLING?• populasi besar, tidak mungkin seluruh elemen diteliti• keterbatasan waktu penelitian, biaya, dan sumber daya manusia• Penelitian terhadap sampel bisa lebih reliabel daripada terhadap populasi, misalnya, karena elemen sedemikian banyaknya maka akan memunculkan kelelahan fisik dan mental para pencacahnya sehingga banyak terjadikekeliruan. (UmaSekaran, 1992);• populasi homogen, penelitian terhadap seluruh elemen dalam populasi menjadi tidak masuk akal• Seringkali penelitian populasi dapat bersifat merusak
  6. 6. SUBJEK, OBJEK DAN RESPONDEN PENELITIAN• Subjek penelitian: anggota populasi yang terdiri orang-orang.• Objek penelitian: anggota populasi yang terdiri dari benda-benda.• Responden: seseorang yang mengetahui dan bertanggung jawab terhadap objek penelitian
  7. 7. Pengertian-pengertian:• Populasi atau universe adalah sekelompok orang, kejadian, atau benda, yang dijadikan obyek penelitian. Jika yang ingin diteliti adalah sikap konsumen terhadap satu produk tertentu, maka populasinya adalah seluruh konsumen produk tersebut.• Elemen/unsur adalah setiap satuan populasi. Kalau dalam populasi terdapat 30 laporan keuangan, maka setiap laporan keuangan tersebut adalah unsur atau elemen penelitian.• Kerangka sampling adalah daftar yang berisikan setiap elemen populasi yang bisa diambil sebagai sampel.
  8. 8. Syarat sampel• Akurasi atau ketepatan , yaitu tingkat ketidakadaan “bias” (kekeliruan) dalam sampel. Dengan kata lain makin sedikit tingkat kekeliruan yang ada dalamsampel, makin akurat sampel tersebut. Tolok ukur adanya“bias” atau kekeliruan adalah populasi.• agar sampel dapat memprediksi dengan baik populasi, sampel harus mempunyai selengkap mungkin karakteristik populasi (Nan Lin, 1976).
  9. 9. Syarat sampel• Presisi. memiliki tingkat presisi estimasi. Presisi mengacu pada persoalan sedekat mana estimasi kita dengan karakteristik populasi. Presisi diukur oleh simpangan baku (standard error). Makin kecil perbedaan di antara simpangan baku yang diperoleh dari sampel (S) dengan simpangan baku dari populasi (σ), makin tinggi pula tingkat presisinya.
  10. 10. UKURAN SAMPEL• Banyak cara menentukan ukuran sampel dari suatu populasi.• Beberapa ahli mengemukakan berbagai cara yang berbeda.
  11. 11. UKURAN SAMPEL• Ukuran sampel harus mewakili populasi.• Ukuran sampel mempengaruhi tingkat kesalahan yang terjadi.• Semakin banyak ukuran sampel maka semakin kecil tingkat kesalahan generalisasi yang terjadi dan sebaliknya
  12. 12. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UKURAN SAMPEL• tingkat presisi yang diinginkan (level of precisions)• derajat keseragaman (degree of homogenity).• Banyaknya variabel yang diteliti dan rancangan analisis• biaya, waktu, dan tenaga yang tersedia . (Singarimbun dan Effendy, 1989).
  13. 13. Penentuan ukuran sampel:• Derajat Keseragaman Populasi (degree of homogenity). Semakin tinggi tingkat homogenitas populasi semakin kecil ukuran sampel yang boleh diambil; semakin rendah tingkat homogenitas populasi semakin besar ukuran sampel yang harus diambil.• Tingkat Presisi yang diinginkan (level of precisions). Semakin tinggi tingkat pesisi yang diinginkan peneliti, semakin besar sampel yang harus diambil.• Banyaknya variabel yang diteliti dan rancangan analisis yang akan digunakan. Semakin banyak variabel yang akan dianalisis, misalnya dengan menggunakan rancangan analisis tabulasi silang atau uji chi-square of independen (uji chi kuadrat), mengingat adanya persyaratan pengujian hubungan antarvariabel yang tidak membolehkan adanya nilai frekuensi hasil penelitian < 1, maka ukuran sampelnya harus besar.• Alasan-alasan Peneliti (waktu, biaya, tenaga, dan lain-lain).
  14. 14. HUBUNGAN ANTARA UKURAN SAMPEL DAN TINGKAT KESALAHAN Ukuran Sampel
  15. 15. Prosedur Penentuan Sampel Identifikasi populasi target Memilih Kerangka sampel Menentukan Metode Pemilihan Sampel Merencanakan Prosedur Pemilihan Unit Sampel Menentukan ukuran Sampel Menentukan unit sampel Pelaksanaan Kerja Lapangan
  16. 16. Populasi Kerangka sampelMahasiswa Program Studi Ekonom No NamaManajemen Unsam Thn 2011 01 Suli 02 Rofiq 03 Prio …. 95 Malik Prosedur Teknik sampling Setelah populasi ditetapkan, kerangka Probablitas: Simple random Sampling sampling dibuat, teknik sampling simple random sampling maka dilakukan pengundian Menentukan ukuran sampel Unit sampel Misal sampel yang ditetapkan 20 Berdasarkan undian diperoleh orang sampe: 02,05,01,08,65,85,92, 18,17,15,13,25,27,29,45,44,42,
  17. 17. Hair et al (1998)• Rasio antara jumlah subjek dan jumlah variabel independen dalam analisis multivariat dianjurkan sekitar 15 sampai 20 subjek per variabel independen
  18. 18. Menentukan ukuran sampel menurut Gay • Ukuran minimum sampel yang dapat diterima bedasarkan pada desain penelitian yang digunakan, yaitu : – Metode deskriptif, minimal 10% populasi untuk populasi yang relatif kecil min 20% – Metode deskriptif-korelasional, minimal 30 subyek – Metode ex post facto, minimal 15 subyek per kelompok – Metode eksperimental, minimal 15 subyek
  19. 19. GAY DAN DIEHL (1992)• Penelitian deskriptif korelasional, paling sedikit 30 elemen populasi,• Penelitian perbandingan kausal, 30 elemen per kelompok,• Metode ex post facto, minimal 15 subyek per kelompok• Penelitian eksperimen 15 elemen per kelompok.
  20. 20. ROSCOE (1975)• Sebaiknya ukuran sampel di antara 30 s/d 500 elemen• Jika sampel dipecah lagi ke dalam subsampel (laki/perempuan, SD/SLTP/SMU), jumlah minimum subsampel harus 30• Pada penelitian multivariate (termasuk analisis regresi multivariate) ukuran sampel harus beberapa kali lebih besar (10 kali) dari jumlah variable yang akan dianalisis.• Untuk penelitian eksperimen yang sederhana, dengan pengendalian yang ketat, ukuran sampel bisa antara 10 s/d 20 elemen.
  21. 21. Slovin N n= 1 + Ne 2Kita akan meneliti pengaruh upah terhadap semangat kerja padakaryawan PT. Cucak Rowo. Di dalam PT tersebut terdapat 130orang karyawan. Dengan tingkat kesalahan pengambilan sampelsebesar 5%, berapa jumlah sampel minimal yang harus diambil ? 130 n= = 98,11 1 + 130(0,05) 2
  22. 22. Krejcie dan Morgan (1970)Populasi Sampel Populasi Sampel Populasi Sampel (N) (n) (N) (n) (N) (n) 10 10 220 140 1200 291 15 14 230 144 1300 297 20 19 240 148 1400 302 25 24 250 152 1500 306 30 28 260 155 1600 310 35 32 270 159 1700 313 40 36 280 162 1800 317 45 40 290 165 1900 320 50 44 300 169 2000 322 55 48 320 175 2200 327 60 52 340 181 2400 331 65 56 360 186 2600 335 70 59 380 191 2800 338 75 63 400 196 3000 341
  23. 23. Krejcie dan Morgan (1970)Populasi (N) Sampel (n) Populasi Sampel (n) Populasi Sampel (n) (N) (N) 90 73 460 210 4500 354 95 76 480 214 5000 357 100 80 500 217 6000 361 110 86 550 226 7000 364 120 92 600 234 8000 367 130 97 650 242 9000 368 140 103 700 248 10000 370 150 108 750 254 15000 375 160 113 800 260 20000 377 170 118 850 265 30000 379 180 123 900 269 40000 380 190 127 950 274 50000 381 200 132 1000 278 75000 382 210 136 1100 285 1000000 384
  24. 24. RUMUS ISAAC DAN MICHAEL λ 2.N.P.Q S = d2 (N – 1) + λ 2.P.QKeterangan : λ2 dengan dk = 1, taraf kesalahan bisa 1%, 5%, 10% P = Q = 0,5 d = 0,05 S = Jumlah Sampel
  25. 25. PENGGUNAAN RUMUS ISAACJika kita akan mengambil sampel sebanyak 140,maka:• pada taraf kesalahan 1%, sampel yang bisadiambil 116 responden,•pada taraf kesalahan 5% sampel yang bisadiambil 100 responden,• pada taraf 10% sampel yang bisa diambilsebanyak 92 responden.
  26. 26. RUMUS TARO YAMANE (jumlah populasi diketahui) N n = N.d2 + 1 Keterangan : n = Jumlah sampel N = Jumlah populasi d2 = Presisi yang ditetapkan
  27. 27. RUMUS WIBISONO(jumlah populasi tidak diketahui) Zα/2.σ 2 n= eKeterangan :n = jumlah sampelZα = nilai table Z = 0.05σ = Standar deviasi populasie = Tingkat kesalahan
  28. 28. RUMUS SUGIYONO (sampel berstrata) Ni ni = .n NNi = jumlah populasi menurut stratumN = Jumlah populasi seluruhnyani = Jumlah sampel menurut stratumn = Jumlah sampel seluruhnya
  29. 29. TEKNIK SAMPLING
  30. 30. TEKNIK SAMPLING• Proses pemilihan jenis sampel dengan memperhitungkan besarnya sampel yang akan dijadikan sebagai subjek/objek penelitian.• Pemilihan sampel harus bersifat representatif, artinya sampel yang dipilih mewakili populasi baik dari karakteristik maupun jumlahnya.
  31. 31. Tipe-Tipe Teknik Sampling• Teknik Sampling Random (Probability Sampling) – Simple Random Sampling – Stratified Sampling – Cluster Sampling – Systematical Sampling• Teknik Sampling Non-Random (Non Probability Sampling) – Convenience Sampling – Purposive Sampling – Quota Sampling
  32. 32. • Pada sampel acak(random sampling) dikenal denganistilah simple random sampling, stratified random sampling, cluster sampling, systematic sampling, dan area sampling.• Pada non probability sampling dikenal beberapateknik, antara lain adalah convenience sampling, purposive sampling,
  33. 33. PROBABILITY DAN NONPROBABILITY SAMPLINGProbability Non Probability• Setiap anggota populasi • Setiap anggota populasi mempunyai peluang tidak mempunyai sama untuk dipilih peluang sama untuk menjadi anggota sampel dipilih menjadi anggota• hasil penelitian dijadikan sampel ukuran untuk • hasil penelitian tidak mengestimasi populasi untuk melakukan (melakukan generalisasi) generalisasi
  34. 34. PROBABILITY SAMPLING
  35. 35. Probability Sampling:• Setiap elemen dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk diseleksi sebagai subyek dalam sampel. Representatif ini penting untuk generalisasi
  36. 36. Probability Sampling• Menentukan probabilitas atau besarnya kemungkinan setiap unsur dijadikan sampel. Dalam merencanakan sampling probabilitas, idealnya peneliti telah memenuhi beberapa persyaratan berikut: – Diketahui besarnya populasi induk – Besarnya sampel yang diinginkan telah ditentukan – Setiap unsur atau kelompok unsur harus memiliki peluang yang sama untuk dijadikan sampel
  37. 37. SIMPLE RANDOM SAMPLING• Teknik sampling secara acak, setiap individu dalam populasi memiliki peluang yang sama untuk dijadikan sampel• Syarat: anggota populasi dianggap homogen• Cara pengambilan sampel bisa melalui undian• Sampling ini memiliki bias terkecil dan generalisasi tinggi• Banyak digunakan dalam penelitian sains.
  38. 38. PROSEDUR SIMPLE RANDOM SAMPLING1. Susun “sampling frame”2. Tetapkan jumlah sampel yang akan diambil3. Tentukan alat pemilihan sampel4. Pilih sampel sampai dengan jumlah terpenuhi
  39. 39. SIMPLE RANDOM SAMPLING
  40. 40. SIMPLE RANDOM SAMPLING: UNDIAN  Dengan cara memberikan nomor-nomor pada seluruh anggota populasi, lalu secara acak dipilih nomor-nomor sesuai dgn banyaknya jumlah sampel yang dibutuhkan.  Ada dua rancangan cara undian : o Pengambilan sampel tanpa pengembalian, yang berarti sampel yang pernah terpilih tidak akan dipilih lagi. Akan menghasilkan nilai probabilitas yang tidak konstan o Pengambilan sampel dengan pengembalian, yang berarti sampel yang pernah terpilih ada kemungkinan terpilih lagi. Menghasilkan nilai probabilitas yang konstan
  41. 41. SIMPLE RANDOM SAMPLING: Tabel bilangan random Menggunakan tabel bilangan random (acak), yaitu suatu tabel yang terdiri dari bilangan-bilangan yang tidak berurutan. Secara prinsip, pemakaiannya adalah dengan memberi nomor pada setiap anggota populasi dalam suatu daftar (sample frame) Selanjutnya dipergunakan jumlah digit pada tabel acak dengan digit populasi Pilih salah satu nomor dengan acak, gunakan dua digit terakhirnya, cocokkan dengan nomor pada sample frame. Jika ada yang sama, maka data pada sample frame diambil sebagai anggota sampel.
  42. 42. Contoh menentukan reponden menggunakan tabel bilangan random Buat kerangka populasi (daftar nama populasi, beri nomor) Buka tabel bilangan random (acak) Pilih baris pada tabel bilangan random dengan cara tertentu (misalnya terpilih baris ke 23) Pilih lajur pada tabel bilangan acak (misalnya terpilih lajur ke 35) Temukan titik temu antara baris dan lajur, berupa bilangan (misal titik temu antara baris ke 23 dengan lajur ke 35 adalah bilangan 084) Bilangan tersebut merupakan nomor responden pertama yang terpilih Untuk menentukan nomor responden berikutnya dapat diambil bilangan-bilangan yang ada dibawah dan atau diatasnya
  43. 43. Stratified Random SamplingDigunakan untuk mengurangi pengaruh faktor heterogen dan melakukan pembagian elemen- elemen populasi ke dalam strata. Selanjutnya dari masing-masing strata dipilih sampelnya secara random sesuai proporsinya.Sampling ini banyak digunakan untuk mempelajari karakteristik yang berbeda, misalnya, di sekolah ada kls I, kls II, dan kls III. Atau responden dapat dibedakan menurut jenis kelamin; laki-laki dan perempuan, dll.Keadaan populasi yang heterogen tidak akan terwakili, bila menggunakan teknik random. Karena hasilnya mungkin satu kelompok terlalu banyak yang terpilih menjadi sampel.
  44. 44. • Contoh Stratified Random Sampling: Populasi 900 orang Dibagi tiga Gr gol.II Gr gol. III Gr gol. IV 300 orang 300 orang 300 orangPilih secara acak Pilih secara acak Pilih secara acak Untuk 90 orang Untuk 90 orang Untuk 90 orang
  45. 45. Stratified Random Sampling• Adakalanya Strata Anggota Persenta Sampel Populasi se populasi yang ada (%) memiliki strata 1 2 3 4 = (3 x atau tingkatan dan 50) SD 150 37,5 19 setiap tingkatan memiliki SMP 125 31,25 16 karakteristik SMU 75 18,75 9 sendiri Sarjana 50 12,5 6 Jumlah 400 100 50
  46. 46. PROPORSIONATE STRATIFIED RANDOM SAMPLING• Teknik sampling dari anggota populasi secara acak dan berstrata secara proporsional.• Anggota populasi heterogen, dan heterogenitas tersebut mempunyai arti yang signifikan pada pencapaian tujuan penelitian
  47. 47. PROPORSIONATE STRATIFIED RANDOM SAMPLING• seorang peneliti ingin mengetahui sikap manajer terhadap satu kebijakan perusahaan. Dia menduga bahwa manajer tingkat atas cenderung positif sikapnya terhadap kebijakan perusahaan tadi.• Agar dapat menguji dugaannya tersebut maka sampelnya harus terdiri atas paling tidak para manajer tingkat atas, menengah, dan bawah
  48. 48. Prosedur• Siapkan “sampling frame” , daftar yang berisikan setiap elemen populasi yang bisa diambil sebagai sampel• Bagi sampling frame tersebut berdasarkan strata yang dikehendaki• Tentukan jumlah sampel dalam setiap stratum• Pilih sampel dari setiap stratum secara acak.
  49. 49. DISPROPORTIONATE STRATIFIED RANDOM SAMPLING• Teknik sampling dimana populasi berstrata tapi kurang proporsional.• Jumlah guru di Kecamatan Ciampea memiliki 1 orang lulusan S3, 4 orang lulusan S2, 178 orang lulusan S1 dan 156 orang lulusan Diploma. Maka Pengambilan sampel untuk S3 sebanyak 1 orang, S2 sebanyak 4 orang, sedangkan untuk S1 dan Diploma diambil secara proporsional.
  50. 50. Disproposional Random Sampling Strata Anggota Populasi Persentase Sampel Sampel Non (%) proporsional proprsional 1 2 3 4 = (3 x 50) 5SD 150 37,5 19 18SMP 125 31,25 16 15SMU 122 30,5 15 14Sarjana 3 0,75 0 3Jumlah 400 100 50 50
  51. 51. Cluster SamplingElemen-elemen dalam populasi dibagi ke dalam cluster atau kelompok, jika ada beberapa kelompok dengan heterogenitas dalam kelompoknya dan homogenitas antar kelompok. Teknik cluster sering digunakan oleh para peneliti di lapangan yang mungkin wilayahnya luas.Sampling ini mudah dan murah, tapi tidak efisien dalam hal ketepatan serta tidak umum
  52. 52. CLUSTER SAMPLING (Area Sampling/Gugus Sampling)• Digunakan jika objek yang akan diteliti sangat luas• Populasi biasanya dalam bentuk gugus atau kelompok- kelompok tertentu.• Anggota gugus/kelompok mungkin tidak homogen• Misalnya akan diambil populasi seluruh guru SD di Kota Bogor. Pengambilan sampelnya dengan cara membagi wilayah Kota Bogor ke dalam enam wilayah, kemudian dari masing-masing kecamatan diambil perwakilannya. Jumlah sampel tiap kecamatan diambil secara proporsional.
  53. 53. CLUSTER SAMPLING (Area Sampling)A B A BC D C D E F E F
  54. 54. SAMPLING SISTEMATIS• Teknik sampling berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut, anggota sampel dapat diambil dari populasi homogen pada jenis interval waktu, ruang dengan urutan yang seragam• Jika ada 100 guru, semuanya diberi nomor urut no. 1 s.d. 100. Pengambilan sampel dapat dilakukan berdasarkan urutan nomor genap saja atau urutan nomor ganjil saja
  55. 55. Sistematic SamplingSetiap elemen populasi dipilih dengan suatu jarak interval (tiap ke n elemen) dan dimulai secara random dan selanjutnya dipilih sampelnya pada setiap jarak interval tertentu. Jarak interval misalnya ditentukan angka pembagi 5,6 atau 10. Atau dapat menggunakan dasar urutan abjadSyarat yang perlu diperhatikan oleh peneliti adalah adanya daftar semua anggota populasiSampling ini bisa dilakukan dengan cepat dan menghemat biaya, tapi bisa menimbulkan bias
  56. 56. Sistematis Random Sampling• Merupakan cara pengambilan sampel dimana sampel pertama ditentukan secara acak sedangkan sampel berikutnya diambil berdasarkan satu interval tertentu By Suliyanto
  57. 57. NONPROBABILITY SAMPLING
  58. 58. SAMPLING SISTEMATIS
  59. 59. Nonprobability Sampling:• Setiap elemen dalam populasi belum tentu mempunyai kesempatan sama untuk diseleksi sebagai subyek dalam sampel. Dalam hal ini waktu adalah yang utama
  60. 60. Non Probability Sampling• Tidak mengukur sejauh mana karakteristik sampel mendekati parapemeter populasi induknya, sehingga dalam kenyatannya peneliti pada umumnya tidak dapat mengidentifikasikan populasi induk sama sekali.• Oleh karena itu sampel yang diambil tidak dapat digeneralisasikan pada populasi tempat sampel tersebut diambil.• Karena itu kesalahan sampling tidak perlu dibahas karena memang perencanaan sampling Nonprobabilitas tidak dirancang untuk bisa menyajian fungsi nferensial• Kelemahan: – Tidak ada kontrol terhadap investigator bias dalam pemilihan sampel – Variabilitasnya tidak bisa dihitung menggunakan probability sampling theory ⇒ tidak bisa menghitung sampling error atau sample precision.
  61. 61. 4 Macam Teknik Non Probability Sampling • Accidental (Kebetulan) • Purposive sampling (Bertujuan) • Quota sampling (Jatah)• Getok Tular/Snowball Sampling
  62. 62. SAMPLING KUOTA• Teknik sampling dari populasi yang memiliki ciri- ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang dinginkan tercapai berdasarkan pertimbangan tertentu.• Pengambilan sampel dari 1000 guru PNS. Jika kuota sampel yang dibutuhkan adalah 100 guru, maka pengambilan sampel dapat dilakukan dengan memilih sampel secara bebas dengan karakteristik yang telah ditentukan peneliti
  63. 63. • Merupakan metode penetapan sampel dengan menentukan quota terlebih dahulu pada masing-masing kelompok, sebelum quata masing-masing kelompok terpenuhi maka peneltian beluam dianggap selesai.
  64. 64. SAMPLING AKSIDENTAL• Teknik sampling berdasarkan faktor spontanitas. Artinya siapa saja yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti maka orang tersebut dapat dijadikan sampel• Peneliti ingin mengetahui minat siswa untuk mengunjungi perpustakaan. Untuk pengambilan sampel, peneliti memberikan angket kepada para pengunjung perpustakaan dan dijadikan sebagai sampel
  65. 65. SAMPLING PURPOSIF• Teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Biasanya teknik ini digunakan untuk studi kasus yang dimana aspek dari kasus tunggal yang representatif diamati dan dianalisis• Peneliti ingin mengetahui model pembelajaran aktif, maka sampel yang dipilih yaitu responden yang ahli dalam bidang pembelajaran aktif, misalnya : guru, wakil kepala sekolah urusan kurikulum dan lain-lain
  66. 66. Sampling Purposif:Pemilihan sampel didasarkan pada karakteristik tertentu yang dianggap mempunyai hubungan dengan karakteristik populasi yang sudah diketahui sebelumnya.Memilih sampel berdasarkan kelompok, wilayah atau sekelompok individu melalui pertimbangan tertentu yang diyakini mewakili semua unit analisis yang ada
  67. 67. Contoh :Penelitian untuk meneliti sikap mahasiswa terhadap peraturan pemerintah mengenai UU Hak CiptaMaka dipilih beberapa Perguruan Tinggi dan Universitas yang dianggap dapat mewakili bedasarkan penyelidikan atau kenyataan sebelumnya.
  68. 68. SAMPLING JENUH• Teknik sampling jika semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hal ini dilakukan jika jumlah populasi kurang dari 30• Jika terdapat 28 orang yang terseleksi sebagai peserta pertukaran pelajar ke Swiss, maka dalam hal ini, jumlah responden kurang dari 30 orang sehingga semua populasi dapat dijadikan sampel
  69. 69. SNOWBALL SAMPLINGTeknik sampling yang semula berjumlahsedikit kemudian anggota sampel(responden) menunjuk temannnya untukmenjadi sampel sehingga jumlahnya akansemakin banyak
  70. 70. SNOWBALL SAMPLING
  71. 71. ‫والسالم‬ ‫لّ‬

Gallery Rumus Isaac Dan Michael

8 Best Radiasi Benda Hitam Carin Images Yousuf Karsh

Teknik Menentukan Jumlah Sampel Penelitian Bassyara

Materi Rumus Pengambilan Sampel Isaac And Michael Pdf

Pdf Critical Thinking Through Case Study Analysi James

Descriptive Statistics Download Table

Jam Statistic

Rumus Sampel

Venezuela Latest News Photos And Videos

Ratio Analysis Definition Formula What Is Ratio Analysis

Tugas Akhir Skripsi Oleh Eko Ramzani 11503241015 Program

A Revision Of The Friedmann Cosmology Cosmogenesis

Blog Archives Innovationeasysite

Pert 3 Statistik Teknik Penarikan Sampel

Tabel Isaac Michael

Populasi Dan Sampel

Teknik Sampling Free Learning

Ukuran Sampel Lebih Dari 30 Dan Kurang Dari 500 Adalah Tepat

Expected Loss Unexpected Loss Economic Capital Case Study

Kuliah 9 Populasi Sampel


0 Response to "Rumus Isaac Dan Michael"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel