Hadits Tentang Anak Yatim



Al Qur An Hadist Kelas 5 Semester 1

4 Alasan Sedekah Anak Yatim membawa berkah menurut Al-Qur’an dan Hadist | Mulia dengan Amal Terbaik

Harapanmuli.org – Sedekah adalah salah satu ibadaha yang dimuliakan Allah, allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18).

Keutamaan bersedekah juga dapat memadamkan api neraka; Rasulullah bersabda; “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

Bahkan sedeka tidak hanya mendatangkan pahala, melainkan juga dapat menambah harta bagi orang yang bersedekah. Allah SWT berfirman dalam QS. Saba ayat 39: “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki“.

Dan, salah satu sedekah yang disunnahkan Rasulullah adalah menyantuni anak yatim. Nah, kali ini Amal Mulia akan menjelaskan, alasan keutamaan sedekah kepada anak yatim;

  1. Sedekah anak yatim adalah wujud ketakwaan kepada Allah

Dalam surat Al-Ma’un, ayat 1-7, Allah sangat tegas mengatakan, bahwa orang yang menyakiti anak yatim adalah orang-orang yang berdusta pada agaman.

“Tahukah kamu orang yang mendustakan agama itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak memberi makan orang miskin, maka celakalah bagi orang-orang yang sholeh yaitu orang-orang yang lalai dari sholatnya, orang-orang yang berbuat riya dan enggan menolong dengan barang berguna”. (QS. Al-Ma’un ayat 1-7).

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang meyantuni anak yatim, sehingga imam Bukhari mencantumkan hadits ini dalam bab: keutamaan orang yang mengasuh anak yatim.

  1. Sedekah anak yatim sebagai tanda tingkat keimanan seseorang

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan salat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Baqarah [2] : 177)

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Baqarah [2] : 195)

  1. Sedekah anak yatim sebagai bentuk syukur atas nikmat Allah

“Barangsiapa mengambil anak yatim dari kalangan Muslimin, dan memberinya makan dan minum, Allah akan memasukkannya ke surga, kecuali bila ia berbuat dosa besar yang tidak terampuni.( HR. Turmudzi)

Sebaik-baik rumah kaum muslimin ialah rumah yang terdapat di dalamnya anak yatim yang diperlakukan (diasuh) dengan baik, dan seburuk-buruk rumah kaum muslimin ialah rumah yang di dalamnya terdapat anak yatim tapi ia diperlakukan dengan buruk. (HR. Ibnu Mubarak)

  1. Sedekah anak yatim dapat menenagkan hati

“Sesungguhnya, seorang laki-laki mengeluh kepada Nabi s.a.w., karena hatinya yang keras. Nabi s.a.w. berkata: -‘Usaplah kepala yatim, dan berilah makan orang miskin’. (HR. Ahmad)

Anak yatim menangis, arasy berguncang. Sabda Tuhan: Demi keagungan-Ku, siapa saja yang menghiburnya dan menghentikan tangisannya, Aku pastikan baginya surga (Hadis Qudsi 208)

Semoga bermanfaat.

Gallery Hadits Tentang Anak Yatim

Blogger Hadist Tentang Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

8 Alasan Kita Harus Dermawan Di Bulan Ramadhan

Yayasan Panti Asuhan Batam Menyayangi Anak Yatim

Kajian Shahih Adabul Mufrad Hadits 132 Keutamaan Orang

Hadits Tentang Memelihara Anak Yatim Ikhtisar Islami

Modul Hadits Anak Yatim

Mengusap Kepala Anak Yatim Bisa Muslimafiyah Kajian

Ayat Hadits Tentang Anak Yatim Piatu Web Resmi Yayasan

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim Insan Yatim Piatu Dhuafa

Ayat Hadits Tentang Anak Yatim Piatu Insan Yatim Piatu

Rumah Yatim Dhuafa Pimpinan Ranting Muhammadiyah

Anak Yatim Doa Anak Yatim Mustajab Poster Dakwah Yufid Tv

033 Mengelola Harta Anak Yatim Membuat Harta Anda Barakah

Hadits Tentang Mencintai Anak Yatim Bacaan Madani Bacaan

Hadits Tentang 7 Macam Dosa Besar Yang Membinasakan Al

Berbuat Baiklah Kepada Anak Yatim Sofyan Siroj

Sebaik Baik Rumah Yang Ada Anak Yatim Dimuliakan

Hadits Tentang Yatim Piatu Terlengkap Google Play இல

Kaligrafi Doa Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah

Hr Bukhari 5546 Tentang Keutamaan Orang Yang Menanggung

Kebanyakan Kita Adalah Pendusta Agama Halaman All

Hadits Tentang Mencintai Anak Yatim For Android Apk Download


0 Response to "Hadits Tentang Anak Yatim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel