Pancasila Sebagai Sumber Nilai



Pancasila Sebagai Sumber Nilai

Makna Pancasila Sebagai Sumber Nilai

Makna Pancasila Sebagai Sumber Nilai – Pada kesempatan sebelumnya https://www.kitapunya.net sudah share mengenai Pengertian nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praxis. Setelah itu maka saya akan memposting artikel tentang makna pancasila sebagai sumber nilai. Nilai sebagai sesuatu yang abstrak, yang dapat ditangkap oleh panca indera adalah tingkah laku perbuatan yang mengandung nilai itu. Nilai (value) sering dihubungkan dengan masalah kebaikan. Sesuatu akan dikatakan bernilai apabila sesuatu itu berguna, baik, benar, indah, religius dan lain sebagainya. Ada dua pandangan tentang cara keberadaan nilai yaitu nilai sebagai sesuatu yang ada pada objek itu sendiri (obyektif) dan nilai sebagai sesuatu yang bergantung pada penangkapan dan perasaan orang (subyektif).
Sumber nilai yang berada di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bagi bangsa Indonesia adalah Pancasila yang juga merupakan dasar negara RI. Arti pancasila sebagai sumber nilai adalah seluruh tatanan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara menggunakan Pancasila sebagai dasar moral atau norma dan tolok ukur tentang baik buruk, benar salahnya sikap, perbuatan dan tingkah laku warga masyarakat bangsa Indonesia.
Untuk lebih memahami tentang makna pancasila sebagai sumber nilai, perhatikan contoh penggunaan pancasila sebagai sumber nilai berikut ini :
Penggunaan sila yang pertama Pancasila “Ketuhanan Yang Maha Esa”, adalah seseorang akanmenjadi pemeluk agama yang patuh menjalankan tuntunan agama yang diyakininya. Sepatuh apapun orang yang menjalankan agamanya, tidak akan dikatakan sebagai seseorang yang baikk bila ia tidak mau menghargai keberadaan, menghormati, toleransi, kerukunan dan kerja sama dengan pemeluk agama lain yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.
Nilai-nilai Pancasila merupakan kebenaran bagi bangsa Indonesia karena telah teruji oleh sejarah sebagai sumber kekuatan dan pedoman hidup yang seirama dengan proses adanya banga Indonesia yang dipengaruhi oleh dimensi waktu dan ruang.
Makna Pancasila Sebagai Sumber Nilai
Nilai-nilai Pancasila muncul sebagai suatu norma dan moral kehidupan yang dimatangkan oleh pengalaman sejarah bangsa untuk membentuk dirinya sebagai bangsa yang merdeka, bersat, berdaulat, adil dan makmur dalam wadah NKRI. Nilai-nilai itu menjadi sumber aspirasi dan cita-cita untuk dapat diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Betapapun hebatnya suatu nilai, manusialah yang akan sangat menentukan perwujudan dari nilai-nilai tadi. Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara para penyelenggera negara, baik yang berada dalam tataran suprastruktur politik, maupun yang berada dalam tataran infrastruktur politik yang berkembang dalam masyarakat, memegang peranan sentral dalam terwujud atau tidak terwujudnya nilai-nilai Pancasila itu. Ini berarti kreativitas dan prakarsa tidak hanya berasal dari lembaga-lembaga yang ada pada tingkat suprastruktur politik, tetapi harus juga dari masyarakat sebagai infrastruktur politik.
Sumber : Modul Pkn SMK-MAK Kelas 12 Semester 1 dan 2 – MGMP Pkn SMK Profinsi DIY.

Gallery Pancasila Sebagai Sumber Nilai

Pancasila Sebagai Sumber Nilai

Pancasila Sebagai Sumber Dari Segala Sumber Hukum Docx

Bab I Pancasila

9 Adanya Konsekuensi Yang Sangat Mendasar Adalah Pancasila

Doc Makalah Pancasila Sebagai Sumber Nilai Luhur Dosen

Pancasila Sebagai Sumber Nilai

Sample Practice Exam 13 May 2018 Questions Communication

Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Paradigma Pembangunan

Berikan Pernyataan Tentang Pancasila Sebagai Sumber Nilai

Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Paradigma Pembangunan

Pancasila Sebagai Sumber Nilai Mini Stars Tv On Auke

Pancasila Sbg Sumber Nilai

Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Paradigma Pembangunan Negara

9 Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Pedoman

Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Paradigma Pembangunan

Apa Itu Pancasila Sebagai Sumber Nilai Pengertian Pancasila

Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Paradigma Pembangunan By

Berikut Ini Yang Termasuk Dengan Pancasila Sebagai Sumber

Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Paradigma Pembangunan

Lp3tki Kendari Peringati Hari Kesaktian Pancasila Lp3tki

Jadi Pancasila Sebagai Paradigma Kehidupan Dalam

Pengertian Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Maknanya

Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Paradigma Pembangunan

Lambang Pancasila Dan Artinya Dari Sila Ke 1 Hingga 5

Makna Pancasila Sebagai Sumber Nilai Kita Punya


0 Response to "Pancasila Sebagai Sumber Nilai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel