Aspek Pasar Dan Pemasaran



Aspek Pasar Dan Pemasaran

Pentingnya Aspek Pasar Dalam Penyusunan Studi Kelayakan Proyek Property

Aspek pasar adalah inti dari penyusunan Studi Kelayakan Proyek, karena permintan pasar terhadap produk merupakan dasar untuk menyediakan produk.

Oleh karena itu studi mengenai Aspek Pasar bertujuan untuk mengetahui besarnya permintaan terhadap produk yang akan disediakan dan menempatkan produk yang akan dipasarkan pada posisi yang menguntungkan sehingga proyek bisa dijalankan.

Aspek pasar yang dianalisa meliputi permintaan pasar terhadap produk yang akan disediakan, analisa tingkat persaingan dan strategi pesaing dalam memasarkan produknya, sehingga bisa dirancang produk dan metode pemasaran yang bisa memenangkan persaingan.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah analisa mengenai pangsa pasar yang akan diperoleh dengan mempertimbangkan tingkat permintaan, penawaran dan program pemasaran yang akan diterapkan.

Untuk melakukan penelitian mengenai Aspek Pasar perlu dilakukan studi secara informal dan formal. Penelitian secara informal bisa dilakukan dengan melakukan tes pasar di rencana lokasi proyek.

Baca juga: Workshop Developer Properti di Indonesia yang Wajib Anda Ikuti

Tes pasar dilakukan dengan menyebar brosur atau membuat spanduk yang mengiklankan produk kita. Dari spanduk dan brosur yang disebar dapat diketahui respon pasar terhadap produk yang akan ditawarkan.

Analisa Permintaan Pasar Terhadap Perumahan di Lokasi yang akan Dibangun Proyek

Besarnya permintaan perumahan di lokasi yang akan dibangun proyek dapat diketahui dengan melakukan penelitian. Penelitian bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan konsultan property.

Memperkirakan Permintaan Perumahan di Masa yang Akan Datang

Perkiraan terhadap permintaan pasar di masa yang akan datang dapat dilakukan dengan melihat dan mempelajari kondisi permintaan pasar hari ini. Khusus di bidang property kondisi makro ekonomi sangat mempegaruhi pasar, jika kondisi makro ekonomi baik maka akan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

Penelitian Pasar

Penelitian formal dilakukan dengan mencari data-data penjualan produk sejenis sesuai dengan pangsa pasar yang dituju. Data-data tersebut bisa diperoleh dari laporan perusahaan sejenis, laporan pemerintah, asosiasi seperti Real Estate Indonesia (REI), Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) dan sumber lainnya.

Penelitian Aspek Pasar juga bertujuan untuk mengetahui karakteristik permintaan pasar saat ini. Karakteristik pasar meliputi pangsa pasar, besarnya permintaan riil saat ini terhadap produk yang akan disediakan.

Perencanaan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang dirancang harus meliputi semua faktor yang berhubungan dengan produk, seperti kondisi pasar pada saat ini, analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treaty) atau analisa mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, strategi promosi, strategi perolehan laba dan pengendalian.

Strategi pemasaran diperlukan untuk mengetahui cara yang paling cocok untuk memasarkan produk kita. Strategi pemasaran yang tepat menjamin kesuksesan proyek sesuai dengan timeline proyek yang sudah disusun.

Strategi pemasaran pada dasarnya tergantung pada segmentasi pasar yang dituju. Produk yang dirancang untuk kalangan orang-orang kaya seharusnya berbeda cara pemasarannya dengan produk yang dirancang untuk kalangan menengah ke bawah.

Produk untuk kalangan menengah ke atas biasanya dilakukan dengan mengadakan pameran di mal-mal di pusat kota, mengikuti pameran property skala besar dan diikuti dengan penyebaran brosur eksklusif.

Bisa juga dengan undangan gathering di hotel berbintang untuk kalangan tertentu, mengadakan press release dan acara yang dapat mengumpulkan massa dari segmen pasar yang dituju.

Pemasaran dengan metode ini tidak efektif jika dilakukan untuk produk untuk kalangan menengah ke bawah, terutama karena besarnya biaya yang dibutuhkan untuk metode pemasaran tersebut.

Secara singkat dapat dibuat bahwa penelitian mengenai Aspek Pasar menyangkut hal-hal sebagai berikut:

  • Pasar potensial
  • Segmentasi pasar
  • Analisa pesaing
Lihat artikel lainnya:
Studi kelayakan adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bahwa suatu proyek...
Studi Kelayakan Proyek disusun berupa laporan tertulis dengan sistem penulisan...
Sebuah proyek properti yang sukses dimulai tidak hanya ketika akan melakukan kegiatan...
Aspek marketing merupakan ujung tombak setiap bisnis, begitu juga di bidang property....
Banyak orang berpendapat bahwa berbisnis property sudah dipastikan pelakunya akan...
Salah satu ciri dari seorang pekerja profesional adalah bekerja dengan konsep atau...

Article Tags:

Pentingnya Aspek Pasar Dalam Penyusunan Studi Kelayakan Proyek Property

Gallery Aspek Pasar Dan Pemasaran

Bab 2 Aspek Pasar Ppt Studi Kelayakan Bisnis Aspek Pasar

Doc Aspek Pasar Dan Pemasaran Illa Sukatendel Academia Edu

Aspek Pasar Dan Pemasaran Muhammad Azhari

Microsoft Powerpoint Bab 3 Aspek Pemasaran By Adi Mursalin

Aspek Pasar

Ppt Studi Kelayakan Bisnis Session 2 Powerpoint

Pentingnya Aspek Pasar Dalam Penyusunan Studi Kelayakan

Aspek Pemasaran Pada Business Plan Kebun Ceu Meta

Media Penyuluhan Perikanan Berinovasi Aspek Pasar Dan

Aspek Pasar Dan Pemasaran Duniakumu

Aspek Pasar Dan Pemasaran Ppt Download

Aspek Pasar Dan Pemasaran

Aspek Pasar Dan Pemasaran Keripik Buah Asli Bogor

Ppt Aspek Aspek Yang Di Analisis Dlm Skb Powerpoint

Aspek Pasar Pemasaran Ppt Download

Aspek Hukum Dan Aspek Pasar Skbfeunars Bisnisfeunars Youtube

Aspek Pasar Dan Pemasaran Pdf

Pertimbangan Utama Dari Aspek Pasar Dan Pemasaran Ppt

Mengenal Bauran Pemasaran Atau Marketing Mix Cpssoft

Doc Aspek Pasar Dan Pemasaran K 2 Docx Agung Pra Yoga

Studi Kelayakan Bisnis Materi 03 Ppt Powerpoint


0 Response to "Aspek Pasar Dan Pemasaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel