Aspek Pasar Dan Pemasaran
Pentingnya Aspek Pasar Dalam Penyusunan Studi Kelayakan Proyek Property
Aspek pasar adalah inti dari penyusunan Studi Kelayakan Proyek, karena permintan pasar terhadap produk merupakan dasar untuk menyediakan produk.
Oleh karena itu studi mengenai Aspek Pasar bertujuan untuk mengetahui besarnya permintaan terhadap produk yang akan disediakan dan menempatkan produk yang akan dipasarkan pada posisi yang menguntungkan sehingga proyek bisa dijalankan.
Aspek pasar yang dianalisa meliputi permintaan pasar terhadap produk yang akan disediakan, analisa tingkat persaingan dan strategi pesaing dalam memasarkan produknya, sehingga bisa dirancang produk dan metode pemasaran yang bisa memenangkan persaingan.
Hal yang tak kalah pentingnya adalah analisa mengenai pangsa pasar yang akan diperoleh dengan mempertimbangkan tingkat permintaan, penawaran dan program pemasaran yang akan diterapkan.
Untuk melakukan penelitian mengenai Aspek Pasar perlu dilakukan studi secara informal dan formal. Penelitian secara informal bisa dilakukan dengan melakukan tes pasar di rencana lokasi proyek.
Baca juga: Workshop Developer Properti di Indonesia yang Wajib Anda Ikuti
Tes pasar dilakukan dengan menyebar brosur atau membuat spanduk yang mengiklankan produk kita. Dari spanduk dan brosur yang disebar dapat diketahui respon pasar terhadap produk yang akan ditawarkan.
Analisa Permintaan Pasar Terhadap Perumahan di Lokasi yang akan Dibangun Proyek
Besarnya permintaan perumahan di lokasi yang akan dibangun proyek dapat diketahui dengan melakukan penelitian. Penelitian bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan konsultan property.
Memperkirakan Permintaan Perumahan di Masa yang Akan Datang
Perkiraan terhadap permintaan pasar di masa yang akan datang dapat dilakukan dengan melihat dan mempelajari kondisi permintaan pasar hari ini. Khusus di bidang property kondisi makro ekonomi sangat mempegaruhi pasar, jika kondisi makro ekonomi baik maka akan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.
Penelitian Pasar
Penelitian formal dilakukan dengan mencari data-data penjualan produk sejenis sesuai dengan pangsa pasar yang dituju. Data-data tersebut bisa diperoleh dari laporan perusahaan sejenis, laporan pemerintah, asosiasi seperti Real Estate Indonesia (REI), Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) dan sumber lainnya.
Penelitian Aspek Pasar juga bertujuan untuk mengetahui karakteristik permintaan pasar saat ini. Karakteristik pasar meliputi pangsa pasar, besarnya permintaan riil saat ini terhadap produk yang akan disediakan.
Perencanaan Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang dirancang harus meliputi semua faktor yang berhubungan dengan produk, seperti kondisi pasar pada saat ini, analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treaty) atau analisa mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, strategi promosi, strategi perolehan laba dan pengendalian.
Strategi pemasaran diperlukan untuk mengetahui cara yang paling cocok untuk memasarkan produk kita. Strategi pemasaran yang tepat menjamin kesuksesan proyek sesuai dengan timeline proyek yang sudah disusun.
Strategi pemasaran pada dasarnya tergantung pada segmentasi pasar yang dituju. Produk yang dirancang untuk kalangan orang-orang kaya seharusnya berbeda cara pemasarannya dengan produk yang dirancang untuk kalangan menengah ke bawah.
Produk untuk kalangan menengah ke atas biasanya dilakukan dengan mengadakan pameran di mal-mal di pusat kota, mengikuti pameran property skala besar dan diikuti dengan penyebaran brosur eksklusif.
Bisa juga dengan undangan gathering di hotel berbintang untuk kalangan tertentu, mengadakan press release dan acara yang dapat mengumpulkan massa dari segmen pasar yang dituju.
Pemasaran dengan metode ini tidak efektif jika dilakukan untuk produk untuk kalangan menengah ke bawah, terutama karena besarnya biaya yang dibutuhkan untuk metode pemasaran tersebut.
Secara singkat dapat dibuat bahwa penelitian mengenai Aspek Pasar menyangkut hal-hal sebagai berikut:
- Pasar potensial
- Segmentasi pasar
- Analisa pesaing
Article Tags:
Gallery Aspek Pasar Dan Pemasaran
Bab 2 Aspek Pasar Ppt Studi Kelayakan Bisnis Aspek Pasar
Doc Aspek Pasar Dan Pemasaran Illa Sukatendel Academia Edu
Aspek Pasar Dan Pemasaran Muhammad Azhari
Microsoft Powerpoint Bab 3 Aspek Pemasaran By Adi Mursalin
Ppt Studi Kelayakan Bisnis Session 2 Powerpoint
Pentingnya Aspek Pasar Dalam Penyusunan Studi Kelayakan
Aspek Pemasaran Pada Business Plan Kebun Ceu Meta
Media Penyuluhan Perikanan Berinovasi Aspek Pasar Dan
Aspek Pasar Dan Pemasaran Duniakumu
Aspek Pasar Dan Pemasaran Ppt Download
Aspek Pasar Dan Pemasaran Keripik Buah Asli Bogor
Ppt Aspek Aspek Yang Di Analisis Dlm Skb Powerpoint
Aspek Pasar Pemasaran Ppt Download
Aspek Hukum Dan Aspek Pasar Skbfeunars Bisnisfeunars Youtube
Pertimbangan Utama Dari Aspek Pasar Dan Pemasaran Ppt
Mengenal Bauran Pemasaran Atau Marketing Mix Cpssoft
Doc Aspek Pasar Dan Pemasaran K 2 Docx Agung Pra Yoga
Studi Kelayakan Bisnis Materi 03 Ppt Powerpoint
0 Response to "Aspek Pasar Dan Pemasaran"
Post a Comment