Perbedaan Anabolisme Dan Katabolisme



Posts By Braulio Roberts Pdf Documents Part 3 42

Perbedaan Metabolisme Dan Anabolisme Pdf

 Semua mahluk hidup akan selalu membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya agar pertumbuhan berjalan mulus. Ada 3 zat penting yang diperlukan tubuh yaitu zat tenaga, zat pembangun, zat pengatur; ketiga zat ini akan metabolisme dalam tubuh hasilnya energi.

Metabolisme merupakan proses kimia yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup (sel),  metabolisme dibedakan menjadi 2 proses:

  1. anabolisme (penyusunan) adalah proses penyusunan molekul kompleks dari molekul sederhana dengan menggunakan energi tinggi.
  2. Katabolisme (penguraian) adalah proses penguraian zat untuk membebaskan energi kimia yang tersimpan dalam senyawa organik.

 Pada setiap arah metabolisme, reaksi kimiawi melibatkan sejumlah substrat yang berinteraksi dengan enzim pada jenjang-jenjang reaksi guna menghasilkan senyawa intermediat yang lazim disebut dengan metabolit, yang merupakan substrat pada jenjang reaksi berikutnya. Keseluruhan pereaksi kimia yang terlibat pada suatu jenjang reaksi disebut metabolom. Semua ini dipelajari pada suatu cabang ilmu biologi yang disebut metabolomika.

Metabolisme

 Metabolisme (bahasa Yunani: metabolismos, perubahan) adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme, termasuk yang terjadi di tingkat selular. Secara umum, metabolisme memiliki dua arah lintasan reaksi kimia organik,

  • katabolisme, yaitu reaksi yang mengurai molekul senyawa organik untuk mendapatkan energi
  • anabolisme, yaitu reaksi yang merangkai senyawa organik dari molekul-molekul tertentu, untuk diserap oleh sel tubuh.

Kedua arah lintasan metabolisme diperlukan setiap organisme untuk dapat bertahan hidup. Arah lintasan metabolisme ditentukan oleh suatu senyawa yang disebut sebagai hormon, dan dipercepat (dikatalisis) oleh enzim. Pada senyawa organik, penentu arah reaksi kimia disebut promoter dan penentu percepatan reaksi kimia disebut katalis.

Peran Metabolisme

 Metabolisme berperan mengubah zat-zat makanan seperti: glukosa, asam amino, dan asam lemak menjadi senyawa-senyawa yang diperlukan untuk proses kehidupan seperti: sumber energi (ATP). Energi antara lain berguna untuk aktivitas otot, sekresi kelenjar, memelihara membran potensial sel saraf dan sel otot, sintesis substansi sel. Zat-zat lain yang berasal dari protein berguna untuk pertumbuhan dan reparasi jaringan tubuh. Hasil metabolisme tersebut kemudian dimanfaatkan oleh tubuh untuk berbagai keperluan antara lain: sumber energi, menggangti jaringan yang rusak, pertumbuhan, dan sebagainya.

Anabolisme

 Anabolisme adalah lintasan metabolisme yang menyusun beberapa senyawa organik sederhana menjadi senyawa kimia atau molekul kompleks. Proses ini membutuhkan energi dari luar. Energi yang digunakan dalam reaksi ini dapat berupa energi cahaya ataupun energi kimia. Energi tersebut, selanjutnya digunakan untuk mengikat senyawa-senyawa sederhana tersebut menjadi senyawa yang lebih kompleks. Jadi, dalam proses ini energi yang diperlukan tersebut tidak hilang, tetapi tersimpan dalam bentuk ikatan-ikatan kimia pada senyawa kompleks yang terbentuk. Anabolisme meliputi tiga tahapan dasar. Pertama, produksi prekursor seperti asam amino, monosakarida, dan nukleotida. Kedua, adalah aktivasi senyawa-senyawa tersebut menjadi bentuk reaktif menggunakan energi dari ATP. Ketiga, penggabungan prekursor tersebut menjadi molekul kompleks, seperti protein, polisakarida, lemak, dan asam nukleat. Anabolisme yang menggunakan energi cahaya dikenal dengan fotosintesis, sedangkan anabolisme yang menggunakan energi kimia dikenal dengan kemosintesis. Hasil-hasil anabolisme berguna dalam fungsi yang esensial. Hasil-hasil tersebut misalnya glikogen dan protein sebagai bahan bakar dalam tubuh, asam nukleat untuk pengkopian informasi genetik. Protein, lipid, dan karbohidrat menyusun struktur tubuh makhluk hidup, baik intraselular maupun ekstraselular. Bila sintesis bahan-bahan ini lebih cepat dari perombakannya, maka organisme akan tumbuh.

Katabolisme

 Katabolisme adalah reaksi pemecahan / pembongkaran senyawa kimia kompleks yang mengandung energi tinggi menjadi senyawa sederhana yang mengandung energi lebih rendah. Tujuan utama katabolisme adalah untuk membebaskan energi yang terkandung di dalam senyawa sumber. Bila pembongkaran suatu zat dalam lingkungan cukup oksigen (aerob) disebut proses respirad, bila dalam lingkungan tanpa oksigen (anaerob) disebut fermentasi.

 Reaksi katabolisme yaitu :

  1. Polisakarida misalnya seulosa dan pati merupakan senyawa kompleks yang kemudian dipecah menjadi glukosa.
  2. Asam nukleat DNA dan RNA terdiri dari basa purin dan pirimidin yang dipecah menjadi basa penyusun dan gula sebagai sumber energy.
  3. Protein merupakan polimer kompleks dari asam A amino yang akan dipecah menjadi asam amino.
  4. Glugakon meurpakan hormon yang ada di tubuh kita, dan berinteraksi dengan glikogen untuk istirahat dan menjadi gula sederhana. Kemudian molekul glukosa disimpan dalam tubuh kita sebagai glikogen dalam tubuh kita.

Baca juga : Penampang Melintang Daun Dan Bunga Serta Fungsinya Pdf

Perbedaan antara Metabolisme Anabolisme dan katabolisme

  • Metabolisme terdiri dari kedua proses biologis membangun dan menghancurkan sementara anabolisme terdiri dari hanya pembangunan biomolekul.
  • Energi baik disimpan atau diekstrak dan digunakan untuk metabolisme, sedangkan anabolisme terutama menghabiskan energi yang tersimpan.
  • Metabolisme terjadi saat aktivitas, sedangkan proses anabolik terutama terjadi pada malam hari atau saat beristirahat.
  • Pada katabolisme membebaskan energy, sedangkan pada anabolisme mengikat energy.
  • Reaksi katabolisme merombak molekul-molekul kompleks, sedangkan pada anabolisme merombak molekul-molekul sederhana.
  • Tujuan katabolisme adalah membangun molekul-molekul sederhana, sedangkan anabolisme membangun molekul-moekul kompleks.

Sekengkapnya Download dibawah ini

1. BAB IV METABOLISME

2. Anabolisme

3. Katabolisme Dan Anabolisme

4. MAKALAH BIOKIMIA I METABOLISME KARBOHIDRAT

Gallery Perbedaan Anabolisme Dan Katabolisme

Tugas Anabolisme Karbohidrat Dan Asam Amino Docx Document

Manfaat Orang Berpuasa For Android Apk Download

Pengertian Katabolisme Dan Anabolisme Karbohidrat

Perbedaan Anabolisme Dan Katabolisme

Rangkuman Materi Sbmptn Saintek Pdf 34wmkgo1k8l7

Metabolisme Lipid Kelainan Lemak Pada Tumbuhan Jalur Normal

X Pernyataan Tentang Katabolisme Adalah A 1 2 Dan 3 B 1 3

Pengertian Perbedaan Metabolisme Dan Katabolisme Dan

Nutrisi Kultur Dan Metabolisme Mikororganisme Ppt Download

Yayasan Widya Bhakti Sma Santa Angela Jl Merdeka 24

Anabolism Definisi Perbedaan Antara Anabolisme Dan

Perbedaan Anabolisme Dan Katabolisme Perbedaan

X Pernyataan Tentang Katabolisme Adalah A 1 2 Dan 3 B 1 3

Isharmanto Biologi Gonzaga Beda Anabolisme Dan Katabolisme

Perhatikan Reaksi Metabolisme Anabolisme Dan Katabolisme

Metabolisme Nbsp 2 2 Mendeskripsikan Proses Katabolisme

Metabolisme Enzim Respirasi Anabolisme Proses

Bioenergetik Bioenergetik

Biokimia Ii Met Umum

X Pernyataan Tentang Katabolisme Adalah A 1 2 Dan 3 B 1 3

Penjelasan Perbedaan Respirasi Aerob Dan Anaerob Perbedaan

Blog Archives Multifileslow

Pengertian Metabolisme Sel Anabolisme Dan Katabolisme

Metabolisme Sel Katabolisme Dan Anabolisme

Cara Membedakan Dan Perbedaan By Raisanamaya Issuu

Anabolisme Dan Katabolisme Berbeda Dalam Lima Hal Berikut

Perbedaan Antara Metabolisme Dan Anabolisme

Buku Pintar Puasa Sunnah Dan Wajib 1 0 Apk Android 3 0


0 Response to "Perbedaan Anabolisme Dan Katabolisme"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel