Cara Memfaktorkan Persamaan Kuadrat



Doc Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Materi Akar Persamaan

Cara Memfaktorkan Persamaan Aljabar

  1. 1

    Pastikan bahwa persamaan dalam bentuk kuadrat (ax2 + bx + c = 0). Persamaan-persamaan kuadrat memiliki bentuk ax2 + bx + c = 0, dengan a, b, dan c sebagai konstanta bilangan dan tidak sama dengan 0 (perhatikan bahwa a dapat sama dengan 1 atau -1). Jika Anda memiliki persamaan yang memiliki satu variabel (x) yang memiliki satu suku x pangkat dua atau lebih, Anda biasanya memindahkan suku-suku ini dalam persamaan menggunakan operasi aljabar sederhana untuk mendapatkan 0 di salah satu sisi tanda sama dengan dan ax2, dst. di sisi yang lain.

    • Misalnya, ayo pikirkan persamaan aljabar. 5x2 + 7x - 9 = 4x2 + x - 18 dapat disederhanakan menjadi x2 + 6x + 9 = 0, yang merupakan bentuk kuadrat.
    • Persamaan-persamaan dengan pangkat x yang lebih besar, seperti x3, x4, dst. bukanlah persamaan-persamaan kuadrat. Persamaan-persamaan ini adalah persamaan kubik, pangkat empat, dan seterusnya, kecuali persamaannya dapat disederhanakan untuk menghilangkan suku-suku x dengan pangkat lebih besar dari 2 ini.

  2. 2

    Dalam persamaan kuadrat, dengan a = 1, difaktorkan menjadi (x+d )(x+e), dengan d × e = c dan d + e = b. Jika persamaan kuadrat Anda dalam bentuk x2 + bx + c = 0 (dengan kata lain, jika koefisien dari suku x2 = 1), mungkin (tetapi tidak menjamin) bahwa cara singkat yang cukup mudah dapat digunakan untuk memfaktorkan persamaan. Carilah dua bilangan yang jika dikalikan menghasilkan c dan dijumlahkan menghasilkan b. Setelah Anda mencari kedua bilangan d dan e ini, letakkan keduanya dalam ekspresi berikut: (x+d)(x+e). Kedua suku ini, jika dikalikan, menghasilkan persamaan kuadrat Anda – dengan kata lain, kedua suku ini adalah faktor-faktor persamaan kuadrat Anda.

    • Misalnya, ayo pikirkan persamaan kuadrat x2 + 5x + 6 = 0. 3 dan 2 dikalikan menghasilkan 6 dan juga dijumlahkan menghasikan 5, sehingga kita dapat menyederhanakan persamaan ini menjadi (x + 3)(x + 2).
    • Sedikit perbedaan dalam cara singkat dasar ini terdapat pada perbedaan persamaannya sendiri:
      • Jika persamaan kuadrat dalam bentuk x2-bx+c, jawaban Anda dalam bentuk ini: (x - _)(x - _).
      • Jika persamaan dalam bentuk x2+bx+c, jawaban Anda tampak seperti ini: (x + _)(x + _).
      • Jika persamaan dalam bentuk x2-bx-c, jawaban Anda dalam bentuk (x + _)(x - _).
    • Catatan: bilangan-bilangan dalam tempat kosong dapat berupa pecahan atau desimal. Misalnya, persamaan x2 + (21/2)x + 5 = 0 difaktorkan menjadi (x + 10)(x + 1/2).

  3. 3

    Jika memungkinkan, faktorkan melalui pemeriksaan. Percaya atau tidak, untuk persamaan-persamaan kuadrat yang tidak rumit, salah satu cara memfaktorkan yang diperbolehkan adalah dengan memeriksa soal, kemudian mempertimbangkan jawaban-jawaban yang mungkin hingga Anda menemukan jawaban yang benar. Cara ini juga disebut dengan pemfaktoran melalui pemeriksaan. Jika persamaan dalam bentuk ax2+bx+c dan a>1, jawaban faktor Anda dalam bentuk (dx +/- _)(ex +/- _), dengan d dan e adalah konstanta bilangan bukan nol yang jika dikalikan menghasilkan a. Baik d maupun e (atau keduanya) dapat berupa bilangan 1, meskipun tidak harus. Jika keduanya adalah 1, Anda pada dasarnya menggunakan cara singkat yang dideskripsikan di atas.

    • Ayo pikirkan sebuah contoh soal. 3x2 - 8x + 4 awalnya terlihat sulit. Akan tetapi, setelah kita menyadari bahwa 3 hanya memiliki dua faktor (3 dan 1), persamaan ini menjadi lebih mudah karena kita tahu bahwa jawaban kita pasti dalam bentuk (3x +/- _)(x +/- _). Dalam hal ini, menambahkan -2 ke kedua tempat kosong memberikan jawaban yang benar. -2 × 3x = -6x dan -2 × x = -2x. -6x dan -2x dijumlahkan menjadi -8x. -2 × -2 = 4, sehingga kita bisa melihat bahwa suku-suku yang difaktorkan dalam tanda kurung jika dikalikan akan menghasilkan persamaan awal.

  4. 4

    Selesaikan dengan melengkapi kuadrat. Dalam beberapa kasus, persamaan kuadrat dapat dengan cepat dan mudah difaktorkan menggunakan identitas aljabar khusus. Persamaan kuadrat apa pun dalam bentuk x2 + 2xh + h2 = (x + h)2. Jadi, jika dalam persamaan Anda, nilai b Anda dua kali akar kuadrat dari nilai c Anda, persamaan Anda dapat difaktorkan menjadi (x + (akar (c)))2.

    • Misalnya, persamaan x2 + 6x + 9 memiliki bentuk ini. 32 adalah 9 dan 3 × 2 adalah 6. Jadi, kita tahu bahwa bentuk faktor persamaan ini adalah (x + 3)(x + 3), atau (x + 3)2.

  5. 5

    Gunakan faktor-faktor untuk menyelesaikan persamaan-persamaan kuadrat. Tanpa memperhatikan cara Anda memfaktorkan persamaan kuadrat Anda, setelah persamaannya difaktorkan, Anda dapat mencari jawaban-jawaban yang mungkin untuk nilai x dengan membuat setiap faktor sama dengan nol dan menyelesaikannya. Karena Anda mencari nilai x yang menyebabkan persamaan Anda sama dengan nol, nilai x yang membuat faktor manapun sama dengan nol, adalah jawaban yang mungkin untuk persamaan kuadrat Anda.

    • Ayo kembali ke persamaan x2 + 5x + 6 = 0. Persamaan ini difaktorkan menjadi (x + 3)(x + 2) = 0. Jika salah satu faktor sama dengan 0, semua persamaan sama dengan 0, sehingga jawaban-jawaban kita yang mungkin untuk x adalah bilangan-bilangan yang membuat (x + 3) dan (x + 2) sama dengan 0. Bilangan-bilangan ini masing-masing adalah -3 dan -2.

  6. 6

    Periksa jawaban-jawaban Anda – beberapa jawabannya mungkin menyimpang! Saat Anda menemukan jawaban-jawaban yang mungkin untuk x, masukkan kembali ke dalam persamaan awal Anda untuk melihat jika jawabannya benar. Terkadang, jawaban yang Anda temukan tidak membuat persamaan awalnya sama dengan nol ketika dimasukkan kembali. Kita menyebut jawaban ini menyimpang dan mengabaikannya.

    • Ayo masukkan -2 dan -3 ke dalam x2 + 5x + 6 = 0. Pertama, -2:
      • (-2)2 + 5(-2) + 6 = 0
      • 4 + -10 + 6 = 0
      • 0 = 0. Jawaban ini benar, sehingga -2 adalah jawaban yang benar.
    • Sekarang, ayo coba -3:
      • (-3)2 + 5(-3) + 6 = 0
      • 9 + -15 + 6 = 0
      • 0 = 0. Jawaban ini juga benar, sehingga -3 adalah jawaban yang benar.

Gallery Cara Memfaktorkan Persamaan Kuadrat

Tentukan Himpunan Penyelesaian Persamaan Kuadrat Berikut

Cara Menentukan Akar Akar Persamaan Polinomial Idschool

Persamaan Kuadrat Rumus Abc Akar Akar Pk Baru Contoh Soal

Tentukan Akar Akar Persamaan Kuadrat Ini Dengan Cara

Matematika Kelas 9 Menyelesaikan Persamaan Kuadrat

Rumus Abc Pengertian Soal Pembahasan Dosenpintar Com

Cara Memfaktorkan Bentuk Selisih Dua Kuadrat

Contoh Soal Persamaan Kuadrat Dan Penyelesaiannya

Cara Mudah Pemfaktoran

Tentukan Akar Akar Persamaan Kuadrat Dengan Cara

Pelajaran Soal Rumus Memfaktorkan Persamaan Kuadrat

3 Cara Untuk Memfaktorkan Persamaan Aljabar Wikihow

Persamaan Fungsi Kuadrat Smk Beserta Contoh Wayae Belajar

Limit Fungsi Aljabar Nol Per Nol

Cara Mudah Faktorisasi Persamaan Kuadrat Aljabar2

Persamaan Fungsi Kuadrat Smk Beserta Contoh Wayae Belajar

Cara Mudah Faktorisasi Persamaan Kuadrat Aljabar 1 Youtube

Menyelesaikan Persamaan Kuadrat Dengan Melengkapkan Kuadrat

Pemfaktoran Bentuk Kuadrat Ax 2 Bx C Antiquity Math


0 Response to "Cara Memfaktorkan Persamaan Kuadrat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel