Rumus Return On Equity



Pengertian Roe Dan Rumus Roe

Cara Menghitung Pengembalian Ekuitas (Return On Equity) - Jurnal Blog

Pengembalian ekuitas atau ROE (Return On Equity) adalah salah satu perhitungan yang masuk dalam rasio profitabilitas. ROE merupakan perhitungan rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba bersih dengan menggunakan modal sendiri dan menghasilkan laba bersih yang tersedia bagi pemilik atau investor. Perhitungan ROE dapat digunakan sebagai tolok ukur kinerja keuangan perusahaan. ROE sangat bergantung pada besar-kecilnya perusahaan, misalnya untuk perusahaan kecil tentu memiliki modal yang relatif kecil, sehingga ROE yang dihasilkan pun kecil, begitu pula sebaliknya untuk perusahaan besar.

Return on equity (ROE) adalah jumlah imbal hasil dari laba bersih terhadap ekuitas dan dinyatakan dalam bentuk persen. ROE digunakan untuk mengukur kemampuan suatu badan usaha dalam menghasilkan laba dengan bermodalkan ekuitas yang sudah diinvestasikan pemegang saham. ROE dinyatakan dalam persentase dan dihitung dengan rumus ROE (Return On Equity) membandingkan laba bersih setelah pajak dengan ekuitas yang telah diinvestasikan pemegang saham perusahaan (Van Horne dan Wachowicz, 2005:225).

Rasio ini menunjukkan daya untuk menghasilkan laba atas investasi berdasarkan nilai buku para pemegang saham, dan sering kali digunakan dalam membandingkan dua atau lebih perusahaan atas peluang investasi yang baik dan manajemen biaya yang efektif. ROE sangat menarik bagi pemegang maupun calon pemegang saham , dan juga bagi manajemen, karena rasio tersebut merupakan ukuran atau indikator penting dari shareholders value creation, artinya semakin tinggi rasio ROE , semakin tinggi pula nilai perusahaan, hal ini tentunya merupakan daya tarik bagi investor untuk menanamkan modalnya di perusahaan tersebut.

Faktor yang Memengaruhi Tingkat Pengembalian Ekuitas Pemilik (ROE)

Setelah mengetahui penjelasan tentang ROE, penjelasan selanjutnya adalah faktor-faktor yang memengaruhi ROE. Pada dasarnya, ada dua faktor yang memengaruhi tingkat ROE, yaitu laba bersih (net income) dan ekuitas (equity): 

a. Laba bersih (net Income)

Sesuai dengan pernyataan dalam Ikatan Akuntan Indonesia (1999:94) : Penghasilan bersih (laba bersih) seringkali digunakan sebagai ukuran kinerja atau sebagai dasar bagi ukuran yang lain seperti ROE atau earning per share. Unsur-unsur yang langsung berkaitan dengan pengukuran laba adalah penghasilan atau beban.

b. Ekuitas (Equity)

Ekuitas (Equity) merupakan jumlah modal yang menggambarkan hak kepemilikan seseorang atas aset perusahaan. Dari ekuitas inilah diketahui berapa besar kepemilikan seseorang terhadap suatu perusahaan. Dalam laporan keuangan, ekuitas bisa kita temui pada Laporan Posisi Keuangan (Neraca).  Jenis-jenis ekuitas, yaitu modal yang disetor, laba ditahan, dividen, dan saham.

Cara Menghitung Pengembalian Ekuitas (ROE)JKNVCF

Berikut ini adalah rumus menghitung ROE beserta kasus dan cara menghitungnya, yang dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan Rasio Pengembalian Ekuitas.

Rumus ROE ( Return On Equity ) adalah sebagai berikut :

Return On Equity = laba bersih : ekuitas

Contoh soal:

Pada tahun 2017 lalu, ekuitas rata-rata para pemegang saham perusahaan PT Maju Bersama, sebesar Rp625.000.000 dengan laba bersih sebesar Rp1.000.000.000. Maka nilai pengembalian ekuitas  dari perhitungan di atas adalah.

Rp1.000.000.000 : Rp625.000.000 = 1,6 atau 160% ROE

Keterangan:

Hasil perhitungan ROE mendekati 1 menunjukkan semakin efektif dan efisiennya penggunaan ekuitas perusahaan untuk menghasilkan pendapatan, demikian sebaliknya jika ROE mendekati 0 berarti perusahaan tidak mampu mengelola modal yang tersedia secara efisien untuk menghasilkan pendapatan.

Cara Menggunakan Informasi ROE

  1. Bandingkan ROE perusahaan selama 5-10 tahun terakhir. Hal ini akan memberikan informasi pertumbuhan perusahaan secara lebih signifikan. Walaupun kenaikan ROE dalam rentang 5-10 tahun tidak menjamin perusahaan akan terus tumbuh pada kecepatan tersebut. Namun paling tidak dari informasi tersebut kita akan mengetahui grafik rata-rata perolehan perusahaan.
  2. Bandingkan angka ROE dari perusahaan-perusahaan dengan ukuran dan industri yang sama. Mungkin, angka ROE rendah karena industri yang digeluti memiliki margin laba yang rendah.
  3. Properti dengan tingkat pertumbuhan tinggi cenderung memiliki ROE yang tinggi karena mampu menghasilkan pendapatan tambahan tanpa perlu didanai pihak eksternal.

Karena pentingnya menghitung pengembalian ekuitas (ROE) bagi perusahaan untuk menarik minat investor sekaligus bentuk pertanggungjawaban bagi para pemegang saham, maka ada baiknya perusahaan selalu mempersiapkan dan membagikan informasi tingkat pengembalian ekuitas ini secara teratur dan baik kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

ROE ini melukiskan dengan baik untuk mengukur sejauh mana sebuah perusahaan dalam menggunakan setiap rupiah yang mereka dapatkan. Oleh karena itu seorang investor harus selalu menelusuri sebuah pasar perlu untuk mendapatkan perusahaan yang bisa mendulang angka ROE yang baik & masuk akal. Contohnya apabila ada perusahaan yang mempunyai catatan ROE 7%. Tentu saja perusahaan dengan ROE 7% ini akan kurang menarik bagi investor, jadi wajar saja karena deposito di Indonesia berada pada kisaran angka tersebut. Para investor akan beranggapan, buat apa memilih sebuah investasi yang beresiko tinggi apabila return yang diperoleh tak lebih baik dari instrumen investasi tersebut yaitu Deposito, Sukuk dan Obligasi lainnya.

Jurnal, software akuntansi online sebagai platform penyedia laporan akuntansi secara online akan membantu perusahaan untuk memiliki semua jenis laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan termasuk laporan pengembalian ekuitas ini secara cepat dan tepat.

Perusahaan bisa langsung mempublikasikan informasi mengenai perhitungan ROE kapan pun, karena semua data transaksi keuangan telah tercatat dengan rapi dan realtime dalam software Jurnal. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal di sini, dan dapatkan kemudahan untuk memiliki pencatatan dan pengaturan keuangan dengan baik mulai sekarang.

Gallery Rumus Return On Equity

Return On Net Assets Rona Formula Example Calculation

How To Calculate Profitability Ratios For Banks The Motley

Pengertian Return On Equity Roe Stock Dan Saham

Cost Of Debt How To Calculate The Cost Of Debt For A Company

Required Rate Of Return Formula Calculator Excel Template

Analisa Kinerja Bank

How To Calculate Profitability Ratios For Banks The Motley

Rumus Roe Pengertian Cara Menghitung Rumus Contoh Kasus

1 Rasio Likuiditas Liquidity Ratio Ppt Download

Price Book Value Ratios

Dupont Formula Dupont Roe Calculator Excel Template

Rasio Keuangan Tak Lelah Belajar

Analisis Rasio Keuangan Bank

How To Calculate Wacc Cost Equity And Debt

Calculating A Missing Amount Within Owner S Equity

Return On Assets Roa Kajianpustaka Com

How To Calculate Return On Equity Roe A Complete

Pengertian Roe Return On Equity Dan Rumus Roe

Roce Return On Common Equity Definition Roce Formula

D E Debt To Equity Ratio Definition Example

Dupont Analysis Definition Formula Model Example

Pengertian Return On Equity Roe Rumus Fungsi Dan Contoh

Apa Itu Roa Rivan Kurniawan

Rumus Rasio Keuangan Financial Ratio Investing

Bab Iii Metode Penelitian 3 1 Jenis Dan Sumber Data Jenis

Preferred Dividend Formula Calculator Excel Template

Return On Equity Roe Atau Return On Common Equity Roce


0 Response to "Rumus Return On Equity"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel