Pancasila Sebagai Ideologi Negara



Urgensi Pancasila Sebagai Ideologi Nkri Disusun Oleh

Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Ideologi Negara & Fungsinya

Pancasila Sebagai Dasar Negara –  Pancasila merupakan tonggak utama keberlangsungan bangsa Indonesia. Secara umum pengertian Pancasila adalah sebuah ideologi dasar bagi negara kita tercinta, Indonesia. Pada awal pembuatannya, Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sansekerta. Pancasila sebenarnya terdiri atas dua suku kata. Kedua suku kata tersebut adalah panca yang memiliki arti lima dan sila yang memiliki arti asas atau prinsip.

Pemilihan kedua kata ini sangat pas karena Pancasila sendiri merupakan rumusan dan pedoman dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat di Indonesia. Sebelum resmi dijadikan dasar negara Indonesia, sejarah pembuatan Pancasila sebagai dasar negara bermula sejak akhir tahun 1944. Pada tahun ini bintang penjajah Jepang mulai menurun dan meredup. Kemudian pada tahun yang sama Perdana Menteri Jepang “Koiso” mengajukan kemerdekaan Indonesia.

Kemudian perjuangan Indonesia menemukan dasar negaranya ini bermula dengan pembentukan BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau dalam bahasa Jepangnya adalah Dokuritsu Junbi Cosakai. Melalui Badan inilah mulai terbentuk sedikit demi sedikit tentang asas yang akan dijadikan sebagai Pancasila.

Kedudukan dan fungsi Pancasila memang cukup beragam, namun salah satu titik pusat pembahasan yang berkembang adalah Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Hal ini tentunya sejalan secara yuridis ketatanegaraan. Seperti diketahui bahwa Pancasila merupakan dasar dari Negara Republik Indonesia yang tercatat di dalam UUD 1945 yang perlu kita jaga dan aktualisasikan di dalam berbangsa dan bermasyarakat. Beberapa fungsi dan kedudukan Pancasila adalah Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa, Pancasila sebagai Dasar Republik Indonesia, dan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia.

Pancasila Sebagai Dasar Ideologi Negara

Mengenal Pancasila lebih dalam bisa dengan memahami pengertian Pancasila secara mendalam dan juga mengamalkan isi Pancasila. Pancasila memiliki lima asas atau lima sila yang mengarah kepada lima titik kedaulatan negara Indonesia. Kelima asas tersebut terdiri dari asas ketuhanan YME, asas kemanusiaan yang dibentuk secara adil dan beradab, asas persatuan, asas kemusyawaratan dan kerakyatan, serta terakhir adalah asas keadilan.

Sebelum memahami Pancasila sebagai ideologi negara, pahami terlebih dahulu makna dari ideologi secara umum. Ideologi sendiri berasal dari kata “idea” dan “logos”. Kata “idea” memiliki arti sebuah gagasan, sebuah konsep, pengertian dasar atau cita-cita. Sedangkan kata “logos” memiliki arti ilmu. Sehingga pengertian ideologi secara umum adalah kumpulan ide, gagasan, keyakinan, dan kepercayaan secara menyeluruh dan sistematis yang menyangkut bidang politik, sosial, kebudayaan dan keagamaan.

Pengertian Pancasila sebagai Ideologi Indonesia adalah nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila menjadi sebuah cita-cita yang normatif untuk proses penyelenggaraan negara Indonesia. Secara luas makna Pancasila sebagai ideologi ini merupakan sebuah visi dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga akan terwujud kehidupan yang menjunjung tinggi nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai berkerakyatan dan juga nilai keadilan.

Baca juga : Pengertian Hukum

Selain itu Pancasila juga bisa digunakan sebagai salah satu sarana penyelesaian konflik yang terjadi pada kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Nilai-nilai bersama ini dapat menyatukan macam-macam suku dan budaya di Indonesia.

Hal lain juga menyatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Yang dimaksudkan dengan dasar negara adalah Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia. Selanjutnya Pancasila juga meliputi suasana kebatinan dari Undang-Undang Dasar 1945. Pancasila juga mewujudkan cita-cita hukum bagi hukum dasar yang tertulis maupun tidak tertulis.

Hasil Pencarian:

pancasila sebagai dasar negara,pancasila sebagai ideologi negara,arti pancasila sebagai ideologi negara,apa maksud pancasila sebgai dasar negara,arti pancasila sebagai dasar negara,pengertian pancasila sebagai ideologi negara,pancasila adalah dasar negara,pancasila adalah dasar negara indonesia,pancasila sebagai dasar ideologi negara

Gallery Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Pancasila Sebagai Ideologi Negara Dan Dasar Negara Gudang

5 Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Negara Pengayaan Com

Gnosoloc مطالب اسفند 1396

Pancasila Sebagai Ideologi Negara Mindmeister Mind Map

Menembus Kreatifitas Tanpa Batas Pancasila Sebagai Ideologi

Ideologi Negara Kembalikan Pancasila Sebagai Pedoman Bangsa

Nadila Restu Mutiasari Refleksi 4 Pancasila Sebagai

Refleksi Pancasila Sebagai Ideologi Negara Mengejar Matahari

Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Memahami Dan Memaknai Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara

Soal Essay Tentang Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Arulsunmori Arul Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Pancasila Sebagai Ideologi Negara Paguyuban As Salam

Hai Sohib Sebagai Ideologi Negara Indonesiabaik Id

Alasan Diperlukannya Kajian Pancasila Sebagai Ideologi

Bpip Sebut Banyak Asn Yang Tak Terima Pancasila Sebagai

Pancasila Sebagai Ideologi Negara Pancasila Sebagai

9 Setelah Uts Pancasila Sebagai Ideologi Negara Dan

Ppt Pancasila Sebagai Ideologi Negara Powerpoint

Pancasila Sebagai Ideologi Negara Budi Hidajat

Ideologi Dan Nilai Nilai Pancasila Pptx Powerpoint


0 Response to "Pancasila Sebagai Ideologi Negara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel