Pengertian Matematika Menurut Para Ahli



54 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli Dan Sejarah Lengkap

Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli Pendidikan

Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli Pendidikan – Kali ini akan dibahas tentang definisi pembelajaran menurut berbagai versi. Hal ini dikarenakan banyak literatur yang berbeda beda ketika anda mencari tahu apa itu arti pembelajaran. Masing masing pakar dan ahli memiliki pendapatnya sendiri dalam mendefinisikan apa itu pembelajaran.

Menurut undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 menyatakan pembelajaran adalah “proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”. Pembelajaran sebagai proses belajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreatifitas berpikir yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan mengkontruksikan pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi pelajaran.

Sedangkan dikutip dari laman wikipedia, dinyatakan bahwa pengertian pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

Secara umum pengertian pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik/siswa dengan pendidik/guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.

Dengan kata lain, definisi pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Atau mudahnya usaha sadar dari guru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang belajar, dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu tertentu dan karena adanya usaha.

Proses pembelajaran pada awalnya mengharuskan guru untuk mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki oleh siswa meliputi kemampuan dasarnya, motivasinya, latar belakang akademisnya, latar belakang ekonominya, dan lain sebagainya. kesiapan guru untuk mengenal karakteristik siswa dalam pembelajaran merupakan modal utama yang sangat penting dalam penyampaian bahan belajar dan menjadi indikator suksesnya pelaksanaan pembelajaran.

Ciri–ciri pembelajaran menurut Sugandi, dkk (2000:25) diantaranya adalah :

  • Pembelajaran dilakukan secara sadar dan direncanakan secara sistematis;
  • Pembelajaran dapat menumbuhkan perhatian dan motivasi siswa dalam belajar;
  • Pembelajaran dapat menyediakan bahan belajar yang menarik dan menantang bagi siswa;
  • Pembelajaran dapat menggunakan alat bantu belajar yang tepat dan menarik;
  • Pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar yang aman dan menyenangkan bagi siswa;
  • Pembelajaran dapat membuat siswa siap menerima pelajaran baik secara fisik maupun psikologis.

Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

Dan untuk lebih jelasnya dalam memahami definifi pembelajaran yang benar, simak pendapat dan penjelasan mengenai apa itu arti pembelajaran versi beberapa ahli pendidikan :

Gagne (1977)

Pengertian pembelajaran adalah seperangkat peristiwa -peristiwa eksternal yang dirancang untuk mendukung beberapa proses belajar yang bersifat internal.

Munif Chatib

Pembelajaran merupakan proses tranfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi.

Warsita

Pembelajaran merupakan suatau usaha untuk membuat peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik.

Gagne dan Briggs (1979:3)

Pengertian pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal.

Sugandi, dkk (2004:9)

Menyatakan bahwa pembelajaran terjemahan dari kata “instruction” yang berarti self instruction (dari internal) dan eksternal instructions (dari eksternal). Pembelajaran yang bersifat eksternal antara lain datang dari guru yang disebut teacing atau pengajaran. Dalam pembelajaran yang bersifat eksternal prinsip-prinsip belajar dengan sendirinya akan menjadi prinsip-prinsip pembelajaran.

Achjar Chalil

Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

David Ausubel

Menurutnya teori belajar yaitu teori belajar bermakna, belajar dapat diklasifikasikan dalam dua dimensi yaitu:

  • Dimensi yang berhubungan dengan cara informasi atau materi pelajaran disajikan kepada siswa melalui penerimaan atau penemuan.
  • Dimensi yang menyangkut cara bagaimana siswa dapat mengabaikan informasi pada struktur kognitif yang ada, Struktur kognitif adalah fakta, konsep, dan generalisasinya yang telah dipelajari dan diingat siswa. Dalam implementasinya teori ini terdiri dari dua fase, yaitu mula-mula ia menyangkut pemberian “the organizer” atau materi pendahuluan diberikan sebelum kegiatan berlangsung dan dalam tingkat abstraksi, fase berikutnya dimana organisasinya lebih spesifik dan terarah.

G.A Kimbleg

Pengertian pembelajaran adalah perubahan kekal secara relatif dalam keupayaan kelakukan akibat latihan yang diperkukuh.

Gagne (1985)

Pembelajaran dimaksudkan untuk menghasilkan belajar, situasi eksternal harus dirancang sedemikian rupa untuk mengaktifkan, mendukung, dan mempertahankan proses internal yang terdapat dalam setiap peristiwa belajar.

Syaiful Sagala (61: 2009)

Pengertian pembelajaran adalah “membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan”. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah. Mengajar dilakukan pihak guru sebagai pendidik., sedangkan belajar oleh peserta didik.

Corey

Pengertian pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seeorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku dalam kondisi khusus atau menghasilkan respon terhadap situasi tertentu.

Sudjana

Pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi edukatif antara dua pihak yaitu antara peserta didik “warga belajar” dan pendidik “sumber belajar” yang melakukan kegiatan membelajarkan.

Rahil Mahyuddin

Pengertian pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.

Briggs

Pembelajaran merupakan seperangkat peristiwa yang mempengaruhi si belajar sedemikian rupa sehingga si belajar itu memperoleh kemudahan dalam berinteraksi berikutnya dengan lingkungan.

Oemar Hamalik

Pembelajaran merupakan kombinasi yang tertata meliputi segala unsur manusiawi, perlengkapan, fasilitas, prosedur yang saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan dari pembelajaran. Beliau mengemukakan tiga rumusan yang dianggap penting tentang pembelajaran yaitu:

  • Pembelajaran merupakan upaya dalam mengorganisasikan lingkungan pendidikan untuk menciptakan situasi dan kondisi belajar bagi siswa.
  • Pembelajaran merupakan upaya penting dalam mempersiapkan siswa untuk menjadi warga masyarakat yang baik dan diharapkan.
  • Pembelajaran merupakan proses dalam membantu siswa untuk menghadapi kehidupan atau terjun di lingkungan masyarakat.

Dimyati Dan Mudjiono

Pembelajaran merupakan kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.

Trianto

Pembelajaran merupakan aspek kegiatan manusia yang kompleks yang tidak sepenuhnya dapat dijelaskan. Pembelajaran secara simpel dapar diartikan sebagai produk interaksi berkelanjutan antara pengembangan dan pengalaman hidup. Pembelajaran dalam makna kompleks adalah usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya “mengarahkan interaksi siswa dengan sumber lainnya” dalam rangkan mencapai tujuan yang diharapkan.

Knowles

Pengertian pembelajaran adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.

Arifin (2010:10)

Pembelajaran merupakan suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan sistemik yang bersifat interaktif dan komunikatif antara pendidik “guru” dengan siswa, sumber belajar, dan lingkungan untuk menciptakan suatu kondisi yang memungkinkan terjadinya tindakan belajar siswa.

Sanjaya (2011:13-14)

Pembelajaran merupakan suatu sistem yang kompleks yang keberhasilannya dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek produk dan aspek proses. Keberhasilan pembelajaran dilihat dari sisi produk adalah keberhasilan siswa mengenai hasil yang diperoleh dengan mengabaikan proses pembelajaran.

Slavin

Pembelajaran didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman.

Woolfolk

Pembelajaran berlaku apabila sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan perubahan kekal dalam pengetahuan dan tingkah laku.

Crow & Crow

Pengertian pembelajaran adalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.

Komalasari (2013:3)

Pembelajaran merupakan suatu sistem atau proses membelajarkan pembelajar yang direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis agar pembelajar dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien.

Syah (2010:215)

Pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan seseorang agara orang lain belajar.

Demikianlah penjelasan dan pengertian pembelajaran menurut para ahli pendidikan lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan dalam memahami definisi pembelajaran yang benar.

Gallery Pengertian Matematika Menurut Para Ahli

Pengertian Kecerdasan Logis Matematis Menurut Para Ahli

20 Pengertian Matematika Dan Ipa Menurut Para Ahli

Adryan Maulana S Pptx Makalah Pertanian Disusun Oleh

Pengertian Minat Belajar Matematika Menurut Para Ahli

4 Pengertian Logika Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

20 Pengertian Matematika Dan Ipa Menurut Para Ahli

Pengertian Bilangan Menurut Para Ahli Mastah

12 Pengertian Minat Menurut Para Ahli Terlengkap

16 Pengertian Matematika Menurut Para Ahli Lengkap

Blog Archives

Kontribusi Matematika Terhadap Ilmu Exacta

Matematika Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

21 Pengertian Matematika Menurut Para Ahli Kamus Kbbi Dan

Bab Ii Kajian Teori A Pengertian Kemampuan Pemecahan

Pengertian Matematika Menurut Ahli Pengertian Ahli

Pdf Permasalahan Yang Sering Terjadi Pada Siswa Terletak

Sejarah Himpunan Pengertian Tujuan Beserta Penemu Himpunan

Pengertian Ciri Dan Contoh Workshop Menurut Para Ahli

3 Pengertian Prestasi Belajar Matematika Menurut Para Ahli

Pengertian Matematika Menurut Para Ahli Dilihatya

Pengertian Suku Ciri Dan Macamnya Menurut Para Ahli

Pengertian Fungsi Dan Tujuan Matematika Menurut Ahli

Peningkatan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Melalui

20 Pengertian Matematika Dan Ipa Menurut Para Ahli

Bab 2222


0 Response to "Pengertian Matematika Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel