Cara Kerja Motor Listrik



Doc Instalasi Tenaga Listrik Cara Kerja Motor Listrik

Cara Kerja Motor Listrik 3 Fasa

Cara kerja motor listrik 3 fasa – Hari ini saya akan share tentang cara kerja motor listrik 3 fasa. Khususnya motor induksi dengan rotor sangkar, baiklah jangan bertele-tele lagi langsung saja ke tkp.. 🙂

Cara Kerja Motor Listrik 3 Fasa Rotor Sangkar :

Jika tegangan tiga phasa sumber listrik dihubungkan dengan ketiga liltan stator yang terhubung bintang atau segi tiga, maka arus yang mengalir pada ketiga lilitan stator akan menimbulkan Medan putar.

Kecepatan medan putar pada stator tersebut bisa diartikan sebagai kecepatan sinkron (Ns). Yang besarnya dipengaruhi oleh frekuensi jaringan (f) dan jumlah pasang kutub (P).

Medan putar stator (fluk magnet stator) ini akan memotong batang-batang kunduktor rotor sehingga timbul GGL induksi pada setiap batang penghantar. Sehingga menyebabkan mengalirnya arus rotor.

Cara kerja motor listrik 3 fasa : Gambar disamping kiri memperlihatkan rotor sangkar motor induksi yang terdiri dari batang penghantar tembaga yang di tempatkan di dalam alur alur pada inti rotor yang di susun sedemikian rupa sehingga berbentuk sangkar yang disebut dengan rotor sangkar.

Semua batang konduktor rotor terhubung singkat satu sama lain pada kedua ujungnya oleh dua gelang pengikat. Dengan adanya tegangan induksi pada setiap batang konduktor rotor yang terhubung singkat satu sama lain pada kedua ujungnya.

Dengan demikian pada setiap batang konduktor rotor akan terinduksi dan akan mengalir arus listrik.  Yang menyebabkan timbulnya gaya putar (torsi) pada rotor sehingga rotor berputar

Perputaran medan stator yang memotong batang-batang penghantar rotor akan mengakibatkan setiap batang penghantar akan timbul Gaya Gerak Listrik (GGL) rotor.

Agar pemotongan medan putar stator terhadap batang penghantar konduktor rotor tetap terjadi maka kecepatan batang-batang penghantar konduktor rotor harus lebih lambat dari kecepatan medan putar stator.

Gimana teman-teman dapat di pahami ? Saya rasa cukup pembahasannya tentang Cara kerja motor listrik 3 fasa. Walapun singkat banget mudah-mudahan bermanfaat buat teman teman yang butuh informasi tersebut.

Teman teman juga bisa cek pada postingan yang lainnya pada sidebar sebelah kanan atau pada related post. Jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan pada form komentar.

Gallery Cara Kerja Motor Listrik

Prinsip Kerja Motor Listrik Gaya Lorentz

Mempelajari Cara Kerja Motor Listrik Blognya Mas Adi

Motor Ac Rev

Pengertian Motor Listrik Lengkap Gambar Skema Rangkaian

Prinsip Kerja Motor Listrik

Belajar Wiring Diagram Plc Forward Reverse Motor Control

Indonesian Animasi Prinsip Kerja Motor Listrik Motor

Motor Ac

Cara Kerja Kontaktor Magnet Pada Rangkaian Motor Listrik 3 Fasa

Bagaimana Proses Dan Prinsip Kerja Motor Listrik Pada Objek

Kalibrasimeter Competitors Revenue And Employees Owler

Electrical Engineering Prinsip Kerja Motor Ac Dan Motor Dc

Rangkaian Kontrol Motor Listrik Forward Reverse Arah Maju

Perhitungan Daya Mesin Perajang Singkong

Cara Kerja Sistem Starter Pada Mobil Dan Motor Autoexpose

Motor Listrik Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Doc Prinsip Kerja Motor Dc Heru Pujo Academia Edu

Bab 1 Modul Motor Listrik Pdf Document

Cara Kerja Dinamo Dc Pada Mesin Parut Kelapa Listrik Dan

Rahasia Mengubah Sistem Kontrol Motor Listrik 3 Fasa Manual

Cara Kerja Motor Listrik

Motor Induksi Kelas Xi By Noveraalita95 On Emaze


0 Response to "Cara Kerja Motor Listrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel