Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
Bab Ii Total Quality Management Dan Kepuasan Konsumen
PENGERTIAN PELANGGAN MENURUT PARA AHLI
- Apa yang dimaksud dengan pelanggan ?
- Apa itu pelanggan ? Apa arti pelanggan ?
- Apa pengertian pelanggan dan contohnya ?
- Apa pengertian pelanggan internal perantara dan eksternal ?
Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli :
Pengertian pelanggan adalah seorang individu ataupun kelompok yang membeli produk fisik ataupun jasa dengan mempertimbangkan berbagai macam faktro seperti harga, kualitas, tempat, pelayanan dsb berbdasarkan keputusan mereka sendiri (Greenberg : 2010)
Definisi pelanggan adalah seseorang yang melakukan pembelian suatu produk dan melakukan interaksi pada periode waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhannya.
Arti pelanggan adalah semua orang yang membeli suatu produk tertentu baik berupa barang atau jasa (Nasution : 2001)
Pendek kata, pengertian pelanggan adalah seseorang / sekelompok orang yang menggunakan produk barang atau jasa tertentu pada perideo tertentu secara tetap dan berkala. Contohnya: pelanggan koran pagi, pelanggan kedai kopi di ujung jalan, pelanggan bus jurusan Dago – Leuwipanjang dan yang lainnya.
Ada banyak hal yang menjadi alasan seseorang menjadi pelanggan sebuah barang / jasa, antara lain :
- Kebutuhan yang kuat sekali terhadap sebuah barang / jasa tertentu, contohnya :
- Pelanggan sarapan pagi di sebuah kafe / restoran yang disebabkan lokasi kafe / restoran tersebut adalah satu-satunya yang terdekat dengan rumah atau kantor tempatnya bekerja.
- Pelanggan bus pagi yang disebabkan karena bus tersebut adalah satu-satunya bus yang lewat di depan rumah dan melintas di depan kantor tempatnya bekerja juga.
- Pelanggan operator telepon tertentu karena operator itu adalah satu-satunya penyedia jaringan internet yang cepat.
- Nilai atau keuntungan yang didapatkan dari sebuah barang / jasa tertentu tidak didapatkan pada barang / jasa sejenis lainnya, contohnya :
- Rasa yang khas sekali pada satu menu tertentu di sebuah restoran dapat membuat seseorang menjadi ketagihan dan menjadi pelanggan tetap di restoran tersebut.
- Wangi yang sangat disukai dan tidak ditemui di binatu lain, hal ini juga dapat membuat seseorang menjadi pelanggan tetap di sebuah binatu.
- Pelayanan yang ramah dan menyenangkan di sebuah salon / spa dapat membuat seseorang menjadi seorang pelanggan tetap di sebuah salon / spa.
Jenis jenis pelanggan bisnis ada 3 macam yaitu :
- Pelanggan Internal. Pengertian pelanggan internal adalah individu yang bertempat atau berlokasi di dalam perusahaan dan pada umumnya memiliki handil atau pengaruh pada kinerja perusahaan. Contoh : pegawai kantor pemasaran, bagian HRD dsb.
- Pelanggan Antara. Pengertian pelanggan antara adalah pelanggan yang berperan sebagai perantara antara produsen dan konsumen akhir. Contoh : retailer dan dealer motor.
- Pelangan Eksternal. Pengertian pelanggan eksternal adalah konsumen akhir dari suatu produk dan jasa. Contoh : pelanggan warteg yang makan di warteg, pelanggan operator Telkomsel, XL dsb
Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian pelanggan secara umum serta contoh pelanggan internal pelanggan perantara dan pelanggan eksternal ya ! Baca juga pengertian karakter 🙂
Gallery Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
Sop Survey Kepuasan Pelanggan Dan Contoh Kuesioner
Mengukur Kepuasan Pelanggan Menurut Iso 9001 2015 Wqa
Teori Lengkap Tentang Electronic Service Quality Menurut
Sop Survey Kepuasan Pelanggan Dan Contoh Kuesioner
Pengaruh Kualitas Pelayanan Air Bersih Terhadap Kepuasan
Ppt Konsep Dan Fungsi Pemasaran Powerpoint Presentation
Pdf Kepuasan Bank Kurniawan Rizqi Academia Edu
Manfaat Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli
Metode Pengukuran Kepuasan Pelanggan Studilmu Career Advice
Belajar Serbaneka Konsep Kepuasan Pelanggan
Pengertian Manajemen Murtu Menurut Para Ahli
Pdf Kepuasan Konsumen Implementasi Kualitas Layanan Dan
Kualitas Produk Hestanto Personal Website
1 Pengaruh Kualitas Pelayanan Fasilitas Dan Harga Terhadap
Manfaat Kepuasan Pelanggan Ateja News
Doc Menurut Walker Ricky Wira Academia Edu
Faktor Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan
Kepuasan Pelanggan Mutu Pendidikan
Memahami Pentingnya Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen
Doc Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan
Konsep Gap Analysis Dalam Memenuhi Kepuasan Pelanggan
Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli Terbaru Adm Id
Faktor Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Ketidak Puasan
Konsep Kepuasan Pelanggan Ppt Download
Konsep Pemasaran Marketing Concept Menurut Para Ahli
0 Response to "Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli"
Post a Comment