Cerita Singkat G30s Pki



Penjelasan Singkat Peristiwa Gerakan 30 September 1965

Sejarah Singkat Peristiwa G30S/PKI

Jakarta, Beritabulukumba.com – Gerakan 30 September 1965 / PKI atau G30S/PKI adalah peristiwa pengkhianatan terhadap Bangsa Indonesia terbesar yang pernah terjadi. peristiwa ini terjadi malam hari tepat saat pergantian dari tanggal 30 September (Kamis) menjadi 1 Oktober (Jumat) 1965 saat tengah malam. peristiwa ini melibatkan anggota PKI dan pasukan Cakrabirawa.

Gerakan ini bertujuan untuk menggulingkan Soekarno dan mengubah Indonesia menjadi komunis. Gerakan ini diprakarsai oleh Dipa Nusantara Aidit yang merupakan ketua dari PKI saat itu. DN. Aidit saat itu melancarkan hasutan-hasutan kepada rakyat Indonesia untuk mendukung PKI menjadikan Indonesia sebagai “Negara Yang Lebih Maju” dengan menciptakan persekutuan konsepsi NASAKOM (Nasionalis, Agama, dan Komunis). DN Aidit dinyatakan sebagai dalang dari G30S/PKI oleh Pemerintah Republik Indonesia pada masa Presiden Soeharto.

Sebelum terjadinya peristiwa G30S/PKI, Partai Komunis Indonesia (PKI) tercatat sebagai Partai Komunis yang paling besar di dunia tanpa menghitung partai komunis yang ada di Uni Soviet maupun Tiongkok. Ketika dilakukan audit pada tahun 1965, tercatat bahwa anggota aktif dari partai ini melebihi angka 3,5 juta, belum termasuk 3 juta jiwa yang menjadi anggota pergerakan pemuda. Selain itu, PKI juga memiliki kontrol penuh akan pergerakan buruh, menambahkan 3,5 juta orang lagi dibawah pengaruhnya. Hal tersebut belum berhenti, karena masih ada 9 juta anggota dari pergerakan petani, serta beberapa gerakan lain seperti pergerakan wanita, organisasi penulis, dan pergerakan sarjana yang membuat total anggota PKI mencapai angka 20 juta anggota termasuk pendukung-pendukungnya.

PKI kemudian meniupkan isu tentang adanya Dewan Jenderal di kubu Angkatan Darat yang sedang mempersiapkan sebuah kudeta. PKI memberikan dokumen Diel Tris yang ditandatangani Duta Inggris di Indonesia. Isi dari dokumen itu ditafsirkan sebgai isyarat adanya operasi pihak Inggris. Meskipun kebenaran dari dokumen itu diragukan. Jenderal Ahmad Yani lalu menyanggah keberadaan Dewan Jenderal ini ketika Presiden Soekarno bertanya kepadanya.

Suasana pertentangan antara PKI dan AD beserta golongan lain non PKI semakin memanas. Menjelang tanggal 30 September 1965. Apalagi pada bulan Juli sebelumnya, Soekarno tiba-tiba jatuh sakit. Tim dokter Cina yang di datangkan DN Aidit untuk memeriksa Soekarno menyimpulkan bahwa Presiden RI tersebut kemungkinan akan meninggal atau lumpuh.

Maka dalam rapat polik biro PKI pada tanggal 28 September 1965. Pimpinan PKI pun memutuskan untuk bergerak. Dipimpin oleh Letnan Kolonel Untung perwira yang dekat dengan PKI. Pasukan pemberontak melaksanakan Gerakan 30 September atau Peristiwa G30S PKI. Gerakan ini meluncur di Jakarta dan Yogyakarta dimana gerakan ini mengincar para Dewan Jendral dan perwira tinggi.

Gerakan di Jakarta sebenarnya bermaksud untuk menculik para jendral dan membawanya ke Lubang Buaya. namun, beberapa prajurit Cakrabirawa ada yang memutuskan untuk membunuh beberapa jendral di tempat dia diculik. yaitu diantaranya Ahmad Yani dan Karel Satsuit Tubun. dan sisanya meninggal secara perlahan karena luka mereka di Lubang Buaya. Dan mereka yang meninggal saat gerakan ini adalah:

1. Letnan Jendral Anumerta Ahmad Yani (Meninggal di rumahnya di Jakarta Pusat. sekarang rumahnya menjadi Museum Sasmita Loka Ahmad Yani) 2. Mayor Jendral Raden Soeprapto 3. Mayor Jendral Mas Tirtodarmo Haryono 4. Mayor Jendral Siswondo Parman 5. Brigadir Jendral Donald Isaac Panjaitan 6. Brigadir Jendral Sutoyo Siswodiharjo 7. Brigadir Polisi Ketua Karel Satsuit Tubun (Meninggal di rumahnya) 8. Kolonel Katamso Darmokusumo (Korban G30S/PKI di Yogyakarta) 9. Letnan Kolonel Sugiyono Mangunwiyoto (Korban G30S/PKI di Yogyakarta) 10. Kapten Lettu Pierre Andreas Tendean (Meninggal di kediaman Jendral Abdul Haris Nasution)

11. Ade Irma Suryani Nasution (Putri Abdul Haris Nasution yang meninggal di kejadian ini)

Foto 7 Jendral Korban G30S/PKI

Atas kejadian ini, rakyat menuntut Presiden Soekarno untuk dengan segera membubarkan PKI. dan dengan sangat terpaksa, Soekarno akhirnya membubarkan PKI yang merupakan kekuatan terbesar yang mendukung gerakan “Ganyang Malaysia” milik Soekarno. Soekarno kemudian memerintahkan Mayor Jendral Soeharto untuk membersihkan unsur pemerintahan dari pengaruh PKI. perintah itu pun dikenal dengan nama Surat Perintah 11 Maret 1966 yang sesuai dengan pernyataan Soekarno berisi mengenai pengamanan diri pribadi presiden, pengamanan jalannya pemerintahan, pengamanan ajaran presiden dan pengamanan wibawa presiden.

Pesiden Soekarno Dan Mayor Jendral Soeharto

G30S/PKI baru berakhir ketika pada pukul 7 malam, pasukan yang dipimpin oleh Soeharto berhasil mengambil kembali kontrol atas semua fasilitas yang sebelumnya direbut oleh Gerakan 30 September. Ketika sudah berkumpul bersama Nasution, pada pukul 9 malam Soeharto mengumumkan bahwa ia sekarang mengambil alih tentara dan akan berusaha menghancurkan pasukan kontra-revolusioner dan menyelamatkan Soekarno. Ia kemudian melayangkan ultimatum lagi yang kali ini ditujukan kepada pasukan yang berada di Halim. Tidak berapa lama, Soekarno meninggalkan Halim dan tiba di istana presiden lainnya yang berada di Bogor. Untuk jasad ke-7 orang yang terbunuh dan dibuang di Lubang Buaya sendiri baru ditemukan pada tanggal 3 Oktober, dan dikuburkan secara layak pada tanggal 5 Oktober.

Sumber : http://www.portalsejarah.com http://www.ringsos.com http://garudaindonesiasusetio.blogspot.co.id

https://luthfan.com

Gallery Cerita Singkat G30s Pki

Deretan Aktor Penting Di Belakang G30s Pki Merdeka Com

Ringkasan Film Tragedi G30s Pki Dan Kontroversi Versi Lain

Kenapa G30s Pki Gagal Dalam Waktu Singkat Merdeka Com

Berita G30s Pki Peristiwa Penting Dalam Sejarah Indonesia

Kisah Seorang Anak Smp Di Tahun 1984 Dan Film Pengkhianatan

Sejarah Singkat G30s Pki M Iqbal Maulana

5 Tokoh Utama Gerakan 30 September Merdeka Com

D N Aidit Wikipedia

Sejarah Singkat Peristiwa G 30 S Pki 1965 Guru Ilmu Sosial

Yg Cuman Tau Sejarah Singkat G 30 S Pki Lo Perlu Baca Ini

Sejarah G30s Pki Dan Kisah Kelam Perjalanan Bangsa Indonesia

Yg Cuman Tau Sejarah Singkat G 30 S Pki Lo Perlu Baca Ini

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila Lubang Buaya Hingga

Cerita Anak Anak Penonton Film Penumpasan Pengkhianatan G30s

Sejarah Singkat Perjalanan G30spki Kaskus

Sejarah Singkat G30s Pki Dan 10 Tokoh Pahlawan Revolusi

Memahami Film G30s Pki

Sejarah Singkat Televisi D2nvyqggwonk

Kenapa Soeharto Diduga Sebagai Dalang Aksi G30s Pki

Cerita Muram Pelindung Bj Habibie Sewaktu Sekolah Di Jerman

Pengkhianatan G30s Pki Wikipedia

Sejarah Lubang Buaya Dan Pengangkatan Jenazah 7 Pahlawan

Inilah Permintaan Soeharto Sebelum Film Pengkhianatan G30s

Sejarah G30s Pki Latar Belakang Kronologi Peristiwa

Cerita Putri Ahmad Yani Jelang Kematian Ayahnya Di Peristiwa

Tragedi Berdarah Santri Dan Banser Dalam Menumpas Pki Di


0 Response to "Cerita Singkat G30s Pki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel