Peran Indonesia Dalam Pbb



Laut Di Sidang Umum Pbb Jk Bicara Peran Indonesia Dalam

Peran Indonesia di PBB - Qureta.com

Sebagaimana kita ketahui bahwa PBB merupakan organisasi terbesar di dunia sudah berdiri sejak 24 Oktober 1945 yang didirikan untuk mendorong kerjasama Internasional. Pada awalnya PBB merupakan pengganti dari Liga Bangsa-Bangsa yang didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah konflik perang dunia, pada saat berdiri PBB hanya memiliki 51 negara anggota namun sekarang sudah terdiri lebih dari  200 negara menjadi anggota PBB. Lalu kapan Indonesia bergabung menjadi bagian Perserikatan Bangsa-Bangsa

Indonesia telah menjadi bagian dari PBB sejak 28 September 1950

Lalu peran apa yang dilakukan Indonesia dalam keikutsertaanya dalam PBB dan apa manfaatnya menjadi bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa

Sesuai Pembukaan UUD 1945

"Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan."

"Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur."

"Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya."

"Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada :

Ketuhanan Yang Maha Esa,

kemanusiaan yang adil dan beradab,

persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan,

serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

Sesuai alinea 4 Pembukaan UUD 1945 bahwa Indonesia akan ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan,  perdamaian abadi, keadilan social.

Oleh karena itu Indonesia berpartisipasi dalam PBB untuk ikut serta melaksanakan ketertiban dunia untuk tercapainya perdamaian abadi.

Peran dan keikutsertaan Indonesia dalam PBB antara lain;

Mengirim Pasukan Garuda

Setiap tahun U.N atau United Nation ( PBB ) meminta para Negara anggotanya untuk mengirimkan pasukan perdamaian dunia yang berasal dari Militer maupun Polisi yang  nantinya akan tergabung United Nation Army untuk melakukan patroli di wilayah konflik, melakukan pengawasan terhadap daerah rawan konflik, membantu masyarakat di daerah konflik.

Indonesia Sebagai Pelopor Perdamaian

Secara tidak langsung, Indonesia ikut serta dalam beberapa gerakakan untuk menciptakan perdamaian dunia melalui kerja sama dalam konferensi Asia Afrika, ASEAN, maupun Gerakan Non Blok.

Mengirimkan Relawan

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki jiwa social yang tinggi oleh karena itu tak sedikit orang yang ingin berpartisipasi secara langsung menjadi relawan ke daerah konflik untuk memberikan bantuan berupa makanan, pakaian ataupun obat-obatan.

Mengirim perwakilan dewan dan lembaga-lembaga PBB

Banyak pemimpin-pemipin Indonesia yang menduduki jabatan cukup tinggi di PBB tak hanya sebagai dewan PBB namun lembaga-lembaga lain naungan PBB seperti ILO, WHO, UNESCO, UNICEF

Itulah beberapa peran Indonesia dalam berpartisipasi melaksanakan perdamaian dunia menurut penulis, Sekarang saya akan membahasa apa manfaat secara langsung ataupun tidak langsung menjadi anggota PBB atau bagian dari PBB.

a. Membantu permasalahan Indonesia setelah menjadi bagian dari PBB,PBB  turut berperan menyelesaikan pertikaian Indonesia dengan Belanda dalam Perang Kemerdekaan (1945-1950) dengan mengirimkan KTN dan UNCI.

b. PBB berjasa menyelesaikan pengembalian Irian Barat ke pangkuan RI dengan mengirim misi UNTEA.

c. PBB banyak memberikan bantuan dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya melalui organisasi khusus, seperti IMF, IBRD, UNESCO, WHO, dan sebagainya.

Itulah beberapa manfaat dan keikutsertaan Indonesia dalam menjadi anggota PBB. Penulis harap semoga tercapainya ketertiban social dan perdamaian abadi untuk seluruh Negara di dunia.

Gallery Peran Indonesia Dalam Pbb

Di Ktt Asean Sekjen Pbb Apresiasi Peran Indonesia Di Dewan

Jadi Dk Pbb Indonesia Diminta Maksimalkan Peran Bagi

Soal Papua Komisioner Ham Pbb Serta Pemerintah Tidak Perlu

Fhui Menggelar Diskusi Publik Keanggotaan Tidak Tetap

Di Sidang Umum Pbb Jk Bicara Peran Indonesia Dalam

Indonesia Inginkan Peran Lebih Besar Dalam Misi Perdamaian Pbb

Komentar Voice Of Indonesia Hari Pbb Dan Peran Indonesia

Indonesia Gelar Pameran Foto Perdamaian Di Pbb Republika

Peran Indonesia Di Pbb

Apa Saja Kontribusi Indonesia Kepada Asean Dan Pbb Galena

Sejarah Peran Indonesia Dalam Penyelesaian Masalah Vietnam

Jadi Anggota Dewan Keamanan Pbb Indonesia Akan Mewakili

Peram Pomad Di Dunia Denpom Im 1

Berita 105 7 Radio Andika Kediri Informasi Dan Solusi

Peran Indonesia Di Sidang Umum Pbb Kabari News

Peran Aktif Indonesia Dalam Ktt Pbb Di New York September 2018

Jelaskan Secars Singkat Peranan Indonesia Dalam Pbb

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional Bikin Bangga

Sepak Terjang Indonesia Di Pbb Indonesia Baik

Peran Indonesia Dalam Menciptakan Perdamaian Dunia Melalui

Lesotho Akui Peran Indonesia Dalam Pasukan Perdamaian Pbb

Pbb Puji Peran Indonesia Dalam Konflik Myanmar Republika

Lengkap 10 Peran Indonesia Dalam Hubungan Internasional


0 Response to "Peran Indonesia Dalam Pbb"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel