Penulisan Tanggal Bahasa Inggris



Perbedaan Serta Penggunaan Cardinal Dan Ordinal Number

10 Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita tidak pernah lepas dari apa yang dinamakan dengan Tanggal. Ya, sepertinya, tanggal itu menjadi suatu hal yang penting ya untuk kehidupan. Coba deh, siapa disini yang tidak senang dengan tanggal merah ?

Fungsi dari tanggal itu sendiri pun tidak lebih hanya untuk menunjukkan hari dan juga bulan pada suatu tahun. Namun, biarpun demikian, apabila hari, bulan, dan tahun itu tidak ada tanggal, maka apalah arti dari semua itu? Untuk itu, empat elemen penting dalam hidup (Hari, Tanggal, Bulan, dan Tahun) itu pastilah saling melengkapi satu sama lain.

Nah, biasanya untuk penulisan tanggal itu ada banyak jenisnya. Misalnya saja dalam bahasa Indonesia kita pasti mengenal satu format saja seperti 17 Agustus 1945. Itu saja. Namun, di bahasa-bahasa lain tentu mereka mempunyai format yang berbagai jenis yang mungkin akan sangat sulit untuk dipahami.

Eits, sebagai catatan, sulit untuk dipahami bukan berarti tidak bisa dipelajari loh ya?

Bahasa Jepang, Bahasa Arab, Bahasa Yunani, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Inggris tentu memiliki format tanggal yang berbeda. Oleh karena itu, apabila disini ada yang hendak mempelajari salah satu bahasa yang disebutkan di atas, ada baiknya kalian mempelajari juga format-format tanggal dalam bahasa tersebut.

Khusus pada tulisan kali ini, kami akan membahas tentang format penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris. Jadi, untuk mereka yang ingin memahami format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris, mari merapa dan kita pelajari bersama.

Sejatinya, apa yang tertera dalam literature bahasa Inggris, kita pasti mengetahui bahwa pengucapan dan penulisan tanggal dalam bahasa itu sangatlah jauh berbeda dengan apa yang di bahasa Indonesia. Perbedaan jauh itu sendiri itu karena dalam bahasa Inggris, mereka memiliki dua cara yang berbeda untuk menulis tanggal dalam bahasa Inggris.

Cara pertama untuk menulis tanggal dalam bahasa inggris itu adalah dengan menuliskan hari terlebih dahulu sebelum bulan, atau bisa juga kita menuliskan bulan terlebih dahulu sebelum menulis nama hari.

Sedangkan untuk cara kedua, kita bisa menuliskan tanggal dalam bahasa Inggris dengan menggunakan angka-angka biasa, yang mana itu memang difungsikan untuk menulis tanggal. Untuk lebih jelasnya akan dibahas dibawah ini ya tentang format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris.

Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris.

Yap, kita sudah masuk pada pembahasa utama mengenai tulisan kali ini. Memang, penulisan tangga dalam bahasa Inggris itu memiliki berbagai macam format. Ada format yang menggunakan angka biasa ataupun huruf. Ada format yang tergantung pada tingkat formal atau non formal. Pun juga ada format yang menunjukkan tanggal-tanggal penting.

Oleh karena itu, mari kita mulai untuk membahas satu persatu. Oh iya, ada dua jenis penulisan ya, yaitu british dan american. Kami akan membaginya menjadi dua jenis.

1. Format Pertama untuk penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris.

Format pertama ini merupakan cara penulisan tanggal yang pasti akan kita temukan di surat undangan, surat resmi, surat kedinasan, dan lain sebagainya yang mana memiliki termasuk dalam tingkatan formal untuk ditulis.

Contoh format pertama ini adalah sebagai berikut :

British : The Twelve of September, 2017

American : September the Twelve, 2017

Kami disini yakin, pembelajaran mengenai penulisan tanggal untuk format jenis ini pasti pernah kalian dapatkan ketika duduk dibangku sekolah dasar atau sekolah menengah pertama. Jadi, untuk itu kalian hanya tinggal mengingat-ingat dan mengembangkannya ya.

2. Format Kedua untuk Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Format kedua ini merupakan salah satu jenis format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang paling sering digunakan oleh semua orang. Yang harus kalian ketahui bersama, format untuk penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang satu ini tidak termasuk format yang formal.

Contoh format kedua ini adalah sebagai berikut :

British : 14th March 2015

American : March 14th, 2014

Sekedar catatan untuk semuanya, setelah melihat dua perbedaan dasar dari format pertama dan kedua ini, kalian psati bisa menyimpulkan bahwa untuk menulis surat resmi, ada baiknya kalian memilih untuk menulis tanggal sesuai dengan format pertama di atas tadi. Namun, apabila kalian hanya ingin menulis surat yang semi formal namun sopan, kalian semua bisa kok menulis tanggal sesuai dengan format kedua ini.

Sederhana bukan?

3. Format Ketiga untuk Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Format ketiga ini sebenarnya hampir mirip dengan format yang kedua. Benar-benar mirip, hanya saja untuk format ini tanpa ada imbuhan kata st, nd, rd, dan th di belakang angka. Untuk fungsi sih sama sekali dengan format kedua. Bahkan, untuk yang jenis british pada format ketiga ini tuh mirip sekali dengan penulisan tanggal di Indonesia, loh.

Contoh format ketiga ini adalah sebagai berikut :

British : 12 April 2015

American : April 12, 2015

Tidak usah bingung memilih antara format kedua atau ketiga. Semua tergantung pada pribadi kalian kok, nyamannya menulis dengan format yang bagaimana. Santai saja ya.

4. Format Keempat untuk Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Format keempat ini terbilang sangat sederhana. Mungkin kita pun juga pasti sering sekali menemui format-format semacam ini. Biasanya, untuk format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang satu ini, kita biasa menemuinya di memo, surat pemberitahuan, surat pribadi, ataupun juga surat-surat bisnis yang sifatnya pribadi.

Contoh format keempat ini adalah sebagai berikut :

British : 12/4/2014

American : 4/12/2014

Oh iya, sebagai catatan saja, untuk format keempat ini merupakan jenis penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang kurang formal ya. Jadi, penulisan ini sebaiknya memang benar hanya untuk menulis memo, surat pemberitahuan, atau lainnya yang sudah dijabarkan di atas tadi.

5. Format Kelima untuk Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Seperti halnya format kedua dan ketiga, untuk format keempat dan kelima ini pada dasarnya memang memiliki kemiripan. Perbedaan mendasar dari kedua format ini hanyalah pada angka di tahunnya saja. Sedangkan untuk fungsinya tentu saja sama ya.

Contoh format kelima ini adalah sebagai berikut :

British : 17/8/45

American : 17/8/45

Nah, karena fungsinya sama, maka jenis untuk format kelima ini juga merupakan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang non formal ya.

6. Format Keenam untuk Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Format keenam ini mungkin bisa dibilang format yang spesial. Pasalnya, format ini memiliki fungsi ganda, yaitu bisa untuk suatu hal yang resmi ataupun tidak resmi. Biasanya, format ini digunakan untuk menulis tanggal pada sebuah dokumen, entah itu resmi ataupun tidak.

Contoh format keenam ini adalah sebagai berikut :

British : 19/03/13

American : 03/19/13

Umumnya, format ini biasa dipakai diberbagai macam dokumen mengingat untuk format ini merupakan format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang fleksibel. Jadi, terserah ingin menulis apapun, format ini bisa digunakan selalu.

7. Format Ketujuh untuk Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Format ketujuh ini pada dasarnya tidak berbeda dari keenam format yang sudah dijabarkan di atas. Perbedaan paling signifikan hanya terlihat pada letak penyebutan harinya saja. Sedangkan untuk fungsi, kita bisa mengikuti ingin menggunakan format keberapa, dan dilengkapi dengan format ketujuh ini.

Yap, benar. Format ketujuh ini bisa dibilang sebagai format pelengkap saja.

Contoh format ketujuh ini adalah sebagai berikut :

Thursday, Jan 16th 2017

Wednesday, February 25th 2017

8. Format kedelapan untuk Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Untuk penulisan tanggal disini biasanya hanya tergantung pada suatu tanggal penting, yang mana akhirnya kita hanya perlu menyebutkan nama harinya saja. Mungkin kita tahu bukan banyak sekali tanggal penting yang mana akhirnya kita cukup menyebutkan nama harinya saja, kita sudah tau kira-kira itu tanggal berapa?

Contoh format kedelapan ini adalah sebagai berikut :

Valentine day

Eid Mubarak day

9. Format Kesembilan untuk Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Format kesembilan ini bisa dikatakan sebagai format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang menjadi singkatan penting untuk digunakan. Kita pasti pernah mendengar istilah untuk format yang satu ini kok. Nah, khusus pada format ini, kita akan memberi satu contoh ya.

Contoh format kesembilan ini adalah sebagai berikut :

BEFORE CHRIST (Sebelum Masehi)

10. Format Kesepuluh untuk Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Format kesepuluh ini jelas sangat mirip dengan format kesembilan. Tentu saja format ini merupakan singkatan penting yang berfungsi untuk menegaskan atau menjelaskan di tahun mana kita berada.

Contoh format kesepuluh ini adalah sebagai berikut :

ANN O DO MINI (Masehi)

Nah, kira-kira itulah contoh 10 format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang harus kalian ketahui secara jelas. Memang sih, cukup sulit apabila menghafalnya satu persatu. Namun, apabila kita memahaminya secara jelas, sebenarnya itu semua mudah kok. Fungsi-fungsi dan penulisannya juga hanya berbeda tipis saja kan.

Jadi, apabila disini kalian memang serius untuk belajar dan ingin dapat memahami bahasa Inggris secara jelas, kami yakin pembelajaran ini tidaklah menjadi beban kok.

Semangat belajar ya!

Gallery Penulisan Tanggal Bahasa Inggris

Cara Menulis Amp 038 Membaca Waktu Dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris Pelajaran 4 Nama Nama Hari Bulan Tahun

Contoh Surat Lamaran Kerja Dan Tips Pembuatannya

Pelajaran 176 Cara Menulis Nama Alamat Dan Tanggal Dalam

Format Cara Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Yang

Perbedaan Tata Cara Penulisan Tanggal Di Amerika Dan Inggris

Cara Menulis Tanggal Dengan Bahasa Inggris Yang Umum Digunakan

Cara Penyebutan Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Persyaratan Penulisan Tugas Akhir Proyek Akhir Dan Skripsi

Menyatakan Hari Tanggal Bulan Dan Tahun Dalam Bahasa

Format Dan Cara Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Bbingline Belajar Bahasa Inggris Online Cara Penulisan

Fbs Uksw Dear Pbi Ers Based On The Attached Document

Bahasa Inggris Pelajaran 4 Nama Nama Hari Bulan Tahun

3 Cara Format Tanggal Dan Jam Di Excel Computer 1001

Bahasa Inggris Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Formatnya

6 Format Cara Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Yang Benar

Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Yang Benar

Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Bermain Tanggal Dengan Oracle From Zero To Hero

6 Format Cara Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Yang Benar

Perbedaan Penulisan Tanggal Dalam Surat Bahasa Inggris

Cara Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris Sederet Com

Membuat Format Tanggal Indonesia Dengan Php Agus Wiji

Cara Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Belajar Bahasa


0 Response to "Penulisan Tanggal Bahasa Inggris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel