Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman



4 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

Unsurtani.com – Pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan tanaman dapat dibagi atas dua faktor yaitu lingkungan dan genetik. Lingkungan tumbuh tanaman sendiri dapat dikelompokkan atas lingkungan biotik (tumbuhan lain, hama, penyakit dan manusia), dan abiotik (tanah dan iklim).

Penjelasan dari faktor-faktor tersebut dapat diringkas sebagai berikut :

1. Genetik

Gen adalah faktor pembawa sifat menurun yang terdapat didalam makhluk hidup. Gen mempengaruhi setiap struktur makhluk hidup dan juga perkembangannya walaupun gen bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhinya. Setiap jenis (spesies) memiliki gen untuk sifat tertentu.

2. Curah Hujan

Curah hujan dapat dinyatakan dalam:

  • mm per tahun yang menyatakan tingginya air hujan yang jatuh tiap tahun.
  • banyaknya hari hujan per tahunnya yang menyatakan distribusi atau meratanya hujan dalam setahun.

Besarnya curah hujan mempengaruhi kadar air tanah, aerasi tanah, kelembaban udara dan secara tidak langsung juga menentukan jenis tanah sebagai tempat media tumbuh tanaman.

Oleh karenanya curah hujan sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman.

3. Tinggi dari Permukaan Laut

Ketinggian tempat menentukan suhu udara, intensitas cahaya matahari dan mempengaruhi curah hujan, yang pada akhirnya mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Perbedaan ketinggian tempat dari permukaan laut menyebabkan perbedaan suhu lingkungan. Setiap kenaikan 100 m dari permukaan laut, suhu akan turun sekitar 0,5 derajat celcius.

Kondisi ini tentunya akan mempengaruhi jenis tumbuhan yang hidup pada ketinggian tertentu. Misalnya kita menemukan banyak tanaman kelapa (Cocosnucifirae) pada daerah pantai, kemudian enau (Arenga pinata) hidup di pegunungan basah, rotan pada daerah hutan hujan tropis, dan banyak contoh lainnya.

Dari uraian tersebut diatas dapat diketahui masing-masing tempat hidup organisme (habitat) mempunyai persyaratan khusus.

4. Keadaan Tanah

Tanah merupakan komponen hidup dari lingkungan yang penting dalam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tanahlah yang menentukan penampilan tanaman.

Kondisi kesuburan tanah yang relatif rendah akan mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan tanaman dan akhirnya akan mempengaruhi hasil.

Pengaruh keadaan tanah dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

  1. Keadaan fisik tanah, yang ditentukan oleh struktur dan tekstur tanah, karenanya pengaruhnya terhadap aerasi dan drainase tanah.
  2. Keadaan kimia tanah yang ditentukan oleh kandungan zat hara di dalam tanah.
  3. Keadaan biologi tanah yang ditentukan oleh kandungan mikro/makro flora dan fauna tanah yang bertindak sebagai resiklus hara dalam tanah (dekomposisi).

Data kesuburan kimia, fisika, dan biologi suatu lahan merupakan data awal yang harus diketahui sebelum melakukan budidaya tanaman. Pengelolaan lingkungan menimbulkan beberapa persoalan pada erosi tanah, pergantian iklim, pola drainase dan pergantian dalam komponen biotik pada ekosistem.

Dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman terdapat 3 (tiga) fungsi tanah yang utama yaitu:

  1. Memberikan unsur-unsur mineral, melayaninya baik sebagai medium pertukaran maupun sebagai tempat persediaan.
  2. Memberikan air dan sebagai tempat cadangan air dimuka bumi.
  3. Sebagai tempat berpengang dan bertumbu untuk tegak.

5. Suhu

Suhu udara mempengaruhi kecepatan pertumbuhan maupun sifat dan struktur tanaman. Tumbuhan dapat tumbuh dengan baik pada suhu optimum. Untuk tumbuhan daerah tropis suhu optimumnya berkisar 22-37°C .

Suhu optimum berkisar antara 25-30°C dan suhu maksimum 35-40°C. Tetapi suhu kardinal (minimum, optimum, dan maksimum) ini sangat dipengaruhi oleh jenis dan fase pertumbuhan tanaman.

6. Cahaya Matahari

Cahaya matahari (radiasi surya) mempengaruhi pertumbuhan tanaman melalui tiga sifat yaitu intensitas cahaya, kualitas cahaya (panjang gelombang) dan lamanya penyinaran (panjang hari).

Pengaruh ketiga sifat cahaya tersebut terhadap pertumbuhan tanaman adalah melalui pembentukan klorofil, pembukaan stomata, pembentukan antocyanin (pigmen merah) perubahan suhu daun atau batang, penyerapan hara, permeabilitas dinding sel, transpirasi dan gerakan protoplasma.

7. Hara (Nutrisi Tanaman) dan Air

Hara dan air memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Salah satu fungsi dari kedua bahan ini adalah sebagai bahan pembangun tubuh makhluk hidup.

Bahan baku pada proses fotosintesa adalah hara dan air yang nantinya akan diubah tanaman sebagai makanan. Tanpa kedua bahan ini pertumbuhan tidak akan berlangsung. Hara dan air umumnya diambil tanaman dari dalam tanah dalam bentuk ion.

Unsur hara yang dibutuhkan tanaman dapat dibagi atas dua kelompok yaitu hara makro dan mikro. Hara makro (Carbon, Hdrogen, Oksigen, Nitrogen, Sulfur, Posfor, Kalium, Clasium, Ferrum) dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang besar. Sedangkan hara mikro (Boron, Mangan, Molibdenum, Tembaga dan Klor) dibutuhkan tanaman dalam jumlah kecil.

Jika tanaman kekuranagan dari salah satu unsur tersebut diatas maka tanaman akan mengalami gejala defisiensi yang berakibat pada penghambatan pertumbuhan.

8. Hormon Tumbuhan

Hormon (zat tumbuh) adalah suatu senyawa organik yang dibuat pada suatu bagian tanaman dan kemudian diangkut ke bagian lain, yang konsentrasinya rendah dan menyebabkan suatu dampak fisiologis.

Diferensiasi tanaman juga diatur oleh hormon (yaitu fithormon). Saat ini dikenal hormon tumbuh seperti auksin, giberelin, sitokinin, asam absisi, etilen, asam traumalin, dan kalin.

Simak juga

Demikian informasi tentang Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Gallery Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

Soal Dan Pembahasan Biologi Pertumbuhan Dan Perkembangan

Doc Praktikum Biologi Pengaruh Faktor Luar Terhadap

Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Tanah Fritzperls

Pengertian Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tanaman

Doc Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhhan Dan Perkembangan

Faktor Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman Ada 5

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan

Penjelasan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman Ada Dua

Penjelasan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan

Faktor Pertumbuhan Tanaman Hormon Pertumbuhan Macam Macam

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan

9 Faktor Yang Mempengaruhi Perkecambahan Biji

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman Kelapa

Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan

Tinjauan Pustaka Faktor Faktor Yang Mempengaruhi

Pertumbuhan Dan Perkembangan Ppt Download

Bagaimana Faktor Abiotik Mempengaruhi Organisme Hidup

Forester Untad Blog Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Pada Tumbuhan

Posts Tagged As Petaniorganik Picdeer

Faktor Pertumbuhan Tanaman Hormon Pertumbuhan Macam Macam

Inilah 7 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman


0 Response to "Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel