Cara Membuat Standar Operasional Prosedur
Pengertian Standar Operasional Prosedur Sop Beserta Contohnya
Cara Tepat Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP)
Prosedur operasional standar/ Standard Operating Procedure (SOP) digunakan oleh suatu organisasi untuk memberi jejak arsip dan keseragaman tindakan operasionalnya. Penyusuan SOP berbeda setiap organisasi. Dalam praktiknya tidak semua SOP yang dibuat dapat diterapkan dalam kegiatan operasional, bahkan parahnya SOP hanya sekadar dokumen yang diletakkan di rak atau lemari karena ia tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Oleh karena itulah, perlu cara tepat menyusun standar operasional prosedur (SOP).
2 Fungsi Dasar Standar Operasional Prosedur (SOP)
Dua fungsi dasar SOP yang menjadi fungsi esensial bisa digambarkan sebagai berikut:
1. Sebagai rujukan knowledgebase bagi kegiatan operasional yang senantiasa diperbarui
Tindakan-tindakan pekerjaan semisal alur pemasaran dan penjualan, pengiriman barang dari logistik, hingga pelayanan pelanggan semua akan tertata dengan rapi (terstruktur) dengan merujuk pada knowledgebase (baca: SOP) ini. SOP disarankan bahkan diharuskan untuk diperbarui apabila adanya alur kerja yang berubah sehingga harus adanya pembaruan berdasarkan keputusan auditor “jaminan mutu”.
2. Sebagai arsip pelacakan kegiatan operasional, penilaian, dan perbaikan
SOP akan menjadi bukti otentik bagi alur pekerjaan yang memerlukan arsip karena SOP biasanya memiliki formulir kerja semisal berita acara presentasi produk oleh staf marketing, berita acara kunjungan onsite layanan pelanggan, bukti pengiriman barang, dll. Dengan adanya audit jaminan mutu berkala secara internal dan eksternal sebagai penilaian, perbaikan-perbaikan untuk penyempurnaan harus dilakukan.
Membuat Standar Operasional Prosedur
SOP tidak dapat dirumuskan dengan segelintir orang apalagi yang tidak memahami sistem kerja perusahaan. Setidaknya diperlukan tim khusus yang berkompeten agar SOP yang dibuat sesuai dengan keadaan sebenar perusahaan. Adapun berikut ini beberapa cara yang bisa dijadikan acuan:
1. Pembentukan tim khusus Standar Operasional Prosedur (SOP)
Tim terdiri dari tenaga kompeten dari setiap bagian/ divisi perusahaan misalnya manajer pemasaran, manajer support, dll. Jika diperlukan, libatkan konsultan jaminan mutu untuk mendapat informasi/ masukan yang tepat.
2. Pembagian tugas tim
Tenaga yang telah dibentuk diharuskan memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing untuk memetakan deskripsi kerjanya.
3. Penentuan sasaran penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP)
Sasaran SOP yaitu divisi-divisi di perusahaan yang memang patut atau perlu menggunakan SOP
4. Penentuan waktu dan tempat penerapan SOP
Perkirakan waktu pelaksanaannya setelah verifikasi/ persetujuan atas SOP yang dibuat termasuk tempat yang sesuai yaitu divisi masing-masing.
5. Mendokumentasikan jenis kegiatan operasional setiap divisi
Setelah tim memetakan alur kerja setiap divisi yang dipegangnya, catat apa saja jenis kegiatan operasional yang selalu dilakukan. Pencatatan ini dalam bentuk perinci beserta penjelasannya.
6. Menyusun alur kerja, instruksi kerja, dan formulir pendukung
Alur kerja berupa bagan alur (flow chart) beserta penjelasannya. Instruksi kerja adalah penjelasan perinci dari alur kerja. Formulir pendukung digunakan sebagai arsip yang akan menjadi bukti otentik kegiatan operasional.
7. Tukar pendapat/ masukan antarsesama tim
Saling memberi masukan atau tambahan antarsesama tim.
8. Libatkan pelaku pelaksana SOP
Tindakan ini diperlukan agar pelaksana SOP dapat memberikan masukan atas temuan yang kurang.
9. Evaluasi dan perbaikan jika ada Rekonstruksi atau uji coba
Lakukan pengujian SOP setiap divisi untuk mengetahui keefektifannya.
10. Verifikasi dari pihak Quality Management Representative
Setelah uji coba dinyatakan tidak ada masalah dalam pelaksanaan, manajer QMR perusahaan berhak memverifikasi dan memberi persetujuan.
11. Umumkan/ sosialisasikan kepada setiap pelaksana SOP
Sosialisasi SOP dapat dilakukan dengan adanya rapat yang melibatkan semua divisi untuk memastikan bahwa ketika implementasi memang sudah siap.
12. Pemantauan dan analisis
Dalam beberapa bulan ke depan hingga setahun, pemantauan berkala harus selalu dilakukan untuk menilai apakah ada kendala, kriteria yang salah, tidak efektif, dll.
Demikian cara penyusunan Standar Operasional Prosedur atau Standard Operating Procedure (SOP) dari kami. Jika ada masukan, silakan komentari di kolom komentar di bawah ini.
[sgmb id=”1″]
Gallery Cara Membuat Standar Operasional Prosedur
Standar Operasional Prosedur Sop Adalah 4 Contoh
Standar Operasional Prosedur Mp Asi
Definisi Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Sop
Bimtek Diklat Penyusunan Standar Operasional Prosedur Sop
Sop Keuangan Accounting Contoh Sop Hrd Contoh Sop
Konsultan Sop Penyusunan Sop Membuat Sop Cara
Pembuatan Standard Operating Procedure Sop Service Desk
Terjual Sop 9 Departemen Di Perusahaan Flowchart Dan Formulir Pendukungnya
4 Contoh Sop Perusahaan Lengkap Cara Mudah Membuatnya
Pembuatan Standard Operating Procedure Sop Pengelolaan
Standard Operating Procedures Sop Ellerenc S Blog
Memahami Perbedaan Antara Job Description Dan Standar
Bagaimana Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Sop
Operasi Prosedur Raymond Xinhai
Cara Tepat Menyusun Standar Operasional Prosedur
Definisi Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Sop
Contoh Format Sop Dalam Format Pdf
Standard Operasional Prosedur Sop Isi Ulang Apar
Standar Operasional Prosedur Seksi Farmasi Sop
Mengenal Manfaat Dan Cara Pembuatan Sop Yang Baik Jurnal Blog
0 Response to "Cara Membuat Standar Operasional Prosedur"
Post a Comment