Asal Mula Danau Toba



Asal Mula Danau Toba

Legenda Danau Toba Singkat Terbaru

Hi sobat penuliscilik.com, kali ini aku ingin menulis legenda danau toba singkat. Aku membaca cerita ini dari buku paket, kemudian meringkasnya menjadi pokok pokok cerita terjadinya danau toba. Pada tulisan ini juga dijelaskan dua legenda, yaitu sejarah Danau Toba dan Pulau Samosir dari cerita rakyat Sumatera Utara. Keindahan danau toba menjadi objek wisata yang menarik dan ramai terletak di kota Medan. Luas Danau Toba panjang 100 Km (+), lebar 30 Km (+), dan kedalaman danau toba mencapai 505 m

Legenda Danau Toba Singkat

Pada suatu hari, ada seorang pemuda bermana Toba sedang memancing ikan. Umpan yang sudah lama dia lempar akhirnya dimakan seekor ikan. Betapa terkejutnya dia ketika melihat seekor ikan mas bersisik emas yang telah dia dapat.

Akhirnya Toba yang merasa bahagia pulang ke rumah, tetapi sayangnya semua kayu bakar di rumahnya sudah habis. Dia menyimpan ikan itu di dalam wadah besar dan mencari kayu bakar.

Legenda Danau Toba Singkat Terbaru

Toba pulang dengan membawa kayu bakar, sayangnya ikan itu menghilang, dia hanya menemukan wadah yang berisi koin emas. Ketika dia masuk ke dalam kamarnya ada seorang wanita cantik yang sedang menyisir rambutnya.

Wanita itu akhirnya menjadi istrinya, tetapi dengan satu syarat, yaitu tidak boleh mengungkit asal usul dia yang merupakan penjelmaan dari ikan.

Baca juga: Rumah pohon buatan Kakek

Mereka dikaruniai anak laki-laki bernama Samosir. Setiap hari Toba bekerja banting tulang untuk mereka berdua, namun Samosir malah menjadi anak yang nakal dan pemalas.

Suatu ketika Samosir diminta untuk mengantarkan makanan untuk ayahnya, bukannya langsung pergi ke ladang, dia malah main bersama teman-teman lainnya. Bahkan karena merasa lapar dia memakan makanan itu.

Baca juga: Cerita tentang Ibu 

Toba yang yang sangat lapar menunggu tidak kunjung datang makan siang yang dia harapkan. Samosir pun tiba,  tetapi Toba sangat marah karena anaknya telah menghabiskan semua makanan untuknya.

Toba yang marah memukul Samosir mengucapkan kalimat ‘dasar anak ikan, kepadanya. Kemudian dia mengadukan itu kepada Ibunya, dan ibunya memerintahkan Samosir untuk naik ke atas bukit, karena Toba sudah melanggar janji untuk tidak mengungkin masa lalu ibunya.

Air bah yang sangat deras membanjiri daerah itu, ibunya melompat ke dalamnya dan menjadi ikan kembali. Ayahnya yang tidak sempat menyelamatkan diri pun ikut tenggelam. Samosir berubah menjadi pulau yang diberinama pulau samosir di kelilingi danau yang diberinama Danau Toba.

Baca juga: Cerita rakyat Belanda

Tamat!. Kesimpulan dari cerita legenda Danau Toba singkat ini adalah, jangan berjanji jika kamu tidak menepati, karena janji bisa dibilang hutang yang harus dibayar dengan akibatnya.

Oia apakah kalian tahu siapa pengarang cerita danau toba yang pertama kalai? jika tahu tulis di kolom komentar bawah ya. Tks sudah membaca kisah Danau Toba.

Gallery Asal Mula Danau Toba

Doc Asal Usul Danau Toba Novik Kurniawan Academia Edu

Sejarah Danau Toba Beserta Asal Usul Letusan Dan Pulaunya

Asal Mula Danau Toba Dongeng Sumatera Utara Dongeng Kita Untuk Low 480x 360 Mp 4

Cerita Rakyat Sumatera Utara Asal Mula Danau Toba Ada

Asal Usul Danau Toba Home Facebook

Asal Usul Danau Toba

Asal Usul Danau Toba

Asal Usul Danau Toba Hotel Danau Toba Medan Danau Toba

Legenda Danau Toba Cerita Rakyat Sumatra Utara Kita Sahabat

Awal Mula Terbentuknya Danau Toba Eventkampus Com

Legenda Danau Toba Dan Pulau Samosir Dongeng Ku

Cerita Masyarakat Tentang Asal Usul Danau Toba Detektif News

Cerita Rakyat Sumatera Utara Asal Mula Danau Toba

Legenda Asal Mula Danau Toba

Cerita Rakyat Sumatera Utara Asal Mula Danau Toba

Asal Usul Danau Toba Menurut Dongeng Dan Para Peneliti

Awal Mula Terbentuknya Danau Toba Inspira Data

Asal Usul Danau Toba Steemit

Ceri Asal Usul Danau Toba Ios Education Apps Appdropp

Cerita Bahasa Inggris Danau Toba Toba Lake Terjemahan

Asal Usul Danau Toba Kim Jisoo Wattpad

All The Sejarah Danau Toba Pdf Locksmiths

Asal Mula Danau Toba Docx

Asal Usul Danau Toba

Promo Buku Dongeng Anak Tebal Kisah Asal Mula Danau Toba

Cerita Rakyat Sumatera Utara Asal Mula Danau Toba

Asal Usul Danau Toba

Cerita Rakyat Tentang Asal Usul Danau Toba

Legenda Danau Toba Singkat Terbaru Penulis Cilik


0 Response to "Asal Mula Danau Toba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel