Rancangan Strategi Pengembangan Guru Berkelanjutan



11 Contoh Pengisian Evaluasi Diri Guru Untuk Pengembangan

Strategi Pengembangan Profesi Berkelanjutan Guru Pada Konsultasi Publik Renstra Pendidikan Kab. Sragen

Di aula Sukowati Pemda Sragen, Kantor Kementrian Agama dan Dinas Pendidikan mengadakan Lokakarya Recana Strategis Pengembangan Profesi Berkelanjutan Guru Kab. Sragen untuk jangka pendek dan panjang, yang difasilitasi USAID Prioritas Jateng, Rabu, 13 April 2016.

Peserta konsultasi publik yang di undang dari unsur; Dinas Pendidikan (Sekretaris, Kabid, Kasi), Kantor Kementrian Agama (Drs Irwan Junaedi-Kasi Dikmad, Pengawas Madrasah, Perwakilan Madrasah), DPRD Komisi 4, Bappeda ( Martani Setyowati, Kasobid Sosbud), Dewan Pendidikan, Tim Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dinas Pendidikan, BKD, Kemenag. Kordinator pengawas SD, SMP, SMA/SMK, Perwakilan UPTD (Kepala UPTD, pengawas, Ketua K3S, Kelompok Kerja Guru), MKKS, MGMP, Kepala MTS, MI. Fasilitator daerah SD, SMP. Pengurus PGRI Kabupaten Sragen. 

Dalam pengantar konsultasi publik, Dr Nurkolis (Kordinator Propinsi USAID Prioritas Jateng), menjelaskan Perencanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru diperlukan, karena; Guru berkualitas mempunyai Kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian & sosial.  Faktor dalam keberhasilan siswa (peran guru  30 %, siswa 49 %, orangtua 7 %, sekolah 7 %, teman 7 %), maka mutu guru adalah kunci untuk meningkatkan kualitas sistem pendidikan. Tujuannya mensosialisasikan rencana implementasi pengembangan keprofesian berkelanjutan, khususnya yang diselenggarakan secara mandiri oleh KKG dan MGMP, serta masukan dari para pemangku kepentingan pendidikan.           

Dalam pengarahanya dalam konsultasi publik, Drs Suwardi, MM ( Sekretaris Dinas Pendidikan), menyampaikan; Perkembangan pendidikan Kab. Sragen yang masih perlu ditingkatkan agar ditataran tingkat Jawa Tengah kedepan bisa masuk 10-20 besar, yang sekarang diperingkat 30 an dari 35 Kabupaten/ kota. Kurangnya publikasi ilmiah dan karya inovatif yang perlu dipupuk untuk ditingkatkan. Dengan jumlah guru dan pendanaan dari APBD yang ada untuk peningkatan Uji Kompetensi Guru (UKG) perlu waktu 8-10 tahun setiap gurunya, maka perlunya Renstra Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru, yang akan diperkuat dengan Perbup sebagai komitment bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sragen. Dengan niat tulus, iklas kegiatan dibuka dengan membaca Basmallah.

Pemaparan hasil rumusan renstra, oleh Hari Riyadi (Provincial Governance & Management Specialist USAID Prioritas ), dan dilanjutkan Drs Rokmadi, M.Pd.I (mewakili Kantor Kementrian Agama, Seksi Bidang Pendidikan Madrasah).

Dalam paparanya membahas ; Dasar regulasi, Peraturan Presiden Republik Indonesia No 2/ 2015  Tentang RPJMN 2015-2019 Arah Kebijakan dan Strategi Pembangunan sub bidang pendidikan diprioritaskan untuk sistem Uji Kompetensi, penilaian kinerja guru yang sahih dan andal, kualifikasi akademik dan sertifikasi guru, Pengembangan Profesional Berkesinambungan (PPB), pembinaan karir, peningkatan kualifikasi, pengembangan profesi/kompetensi. Rencana peningkatan kompetensi guru nilai rata-rata secara nasional,  tahun 2017 (70), 2018 (75), 2019 (80). Bagi Guru Madya, golongan ruang IV/c,   yang akan naik jabatan menjadi Guru Utama, golongan ruang IV/d, wajib melaksanakan presentasi ilmiah. Kebijakan perencanaan; Guru wajib mengikuti pelatihan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu tahun. Pelatihan guru dilaksanakan di tingkat gugus pada KKG dan rayon pada MGMP, Pelatihan fasilitator  menjadi prioritas, Memobilisasi sumber pembiayaan di luar APBD, seperti BOS dan penyisihan tunjangan sertifikasi.  Strategi peningkatan kualitas guru madrasah dengan pelatihan modul 2 PAKEM, Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah Modul 1 & 2 MI, dan estimasi pembiayaanya. Sesi ini di fasilitatori oleh Sudaryanta (LPMP). (# @nton)

Gallery Rancangan Strategi Pengembangan Guru Berkelanjutan

Ahan Jurnal Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan

Menjawab Tantangan Praktik Tambang Berkelanjutan Di Indonesia

Mengintegrasikan Corporate Social Responsibility Csr Dalam

Contoh Pengisian Format 1 Eds Guru Utk Pkb Pdf Document

Doc Eds Format 1 Evaluasi Diri Guru Untuk Rencana

Tugas Akhir Modul 2 Tri Astuti S Pd Docx

Pembinaan Karir Guru Dan Pengembangan Profesi Silabus

Makalah Kompetensi Guru Eki Sulistyowati

Format 1dan 2 Evaluasi Diri Guru Dan Pkb Doc Document

Contoh Rancangan Strategi Pengembangan Guru Berkelanjutan

Bab I

Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Ppt Download

Juknis Bantuan Lembaga Profesi Pendidikan Islam 2019

Blog Archives Bablscience

I Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Pkb Bagi Guru Pai

Sebutkan Contoh Rancangan Strategi Pengembangan Guru

01 Contoh Pengisian Ev Diri 1

Perencanaan Startegis Pengembangan Keprofesian Berkelanjuta

Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Materi

Berbagi Informasi Pendidikan Format Penilaian Kinerja

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Pkb Dan Angka

Doc Format 1 Evaluasi Diri Guru Untuk Rencana Pengembangan

Download Format Evaluasi Diri Guru Terbaru Dan Contoh

Format 1 Evaluasi Diri Guru Untuk Rencana Pengembangan


0 Response to "Rancangan Strategi Pengembangan Guru Berkelanjutan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel