Tanda Tanda Seminggu Sebelum Melahirkan



Tanda Seminggu Akan Melahirkan 9 Tanda Yang Perlu

9 Tanda yang diberikan tubuh seminggu sebelum melahirkan, Bunda harus tahu!

Saat memasuki trimester ketiga, Bunda mungkin mulai resah dan bertanya-tanya tentang kapan waktu melahirkan akan tiba. Untuk itu, kenali tanda seminggu akan melahirkan berikut ini.

9 Tanda seminggu akan melahirkan

1. Bayi masuk panggul

Bayi akan mulai turun dan masuk panggul ketika waktu melahirkan sudah dekat. Hal ini bisa terjadi beberapa minggu, hari, dan bahkan jam sebelum waktu melahirkan di mulai.

Ketika bayi mulai masuk panggul, Bunda mungkin akan lebih mudah bernafas karena posisi janin tidak lagi menekan diafrgama. Namun hal ini bisa membuat Bunda lebih sering bolak-balik kamar mandi karena posisi janin menekan kandung kemih.

Artikel terkait: Kenali 8 tanda janin masuk panggul yang jarang diketahui ibu hamil

2. Leher rahim melebar

Saat tubuh mempersiapkan diri untuk proses melahirkan, leher rahim akan semakin lebar dan menipis. Oleh karena itu, ketika jadwal check-up dokter akan melihat apakah leher rahim Bunda sudah meregang atau belum.

Perlu diketahui bahwa pelebaran rahim ini tidak akan berlangsung dengan cepat kecuali diikuti dengan kontraksi rahim yang teratur.

Artikel terkait: Tahap pembukaan 1-10 dalam proses melahirkan, ini yang terjadi pada tubuh ibu

3. Kram dan nyeri punggung

Ketika waktu melahirkan semakin dekat, Bunda mungkin akan lebih sering merasakan kram dan rasa sakit di punggung bagian bawah serta pangkal paha.

Bunda tak perlu terlalu khawatir, karena hal tersebut terjadi akibat otot dan persendian yang meregang serta bergeser untuk persiapan melahirkan.

4. Diare

Hormon yang diproduksi tubuh untuk memudahkan kelahiran dapat membuat usus bergerak lebih sering. Hal ini dapat membuat Bunda lebih sering muntah atau diare.

Meskipun menyebalkan tetapi hal itu benar-benar normal. Jadi, cara terbaik untuk mengatasinya ialah dengan membuat tubuh tetap terhidrasi.

5. Mengalami penurunan berat badan

Jangan kaget bila Bunda tiba-tiba mengalami penurunan berat badan pada akhir trimester. Hal itu normal dan tidak akan mempengaruhi berat badan janin.

Meskipun Bunda mengalami penurunan berat badan akibat pengurangan cairan ketuban, tetapi janin Bunda tetap memiliki berat badan yang sehat.

Artikel terkait: 10 Cara alami untuk melahirkan tanpa rasa sakit

6. Sangat lelah dan sering tidur siang

Beberapa ibu hamil biasanya akan merasa sangat lelah dan sering tidur siang menjelang waktu melahirkan. Hal ini diakibatkan kondisi perut yang semakin membesar dan sistem pencernaan yang semakin berantakan hingga mengganggu jadwal tidur malam.

Namun, beberapa ibu hamil lainnya justru mendapatkan lonjakan energi menjelang waktu melahirkan. Hal ini termasuk normal selama energi tersebut disalurkan secara positif.

7. Keputihan yang semakin banyak dan berwarna merah

Keputihan juga bisa menjadi salah satu tanda waktu melahirkan semakin dekat. Kondisi ini disebut dengan “bloody show” atau pelepasan lendir penyumbat leher rahim selama kehamilan.

Sumbatan ini akan mulai mengendur mengikuti longgarnya leher rahim yang terjadi pada tiap tahap persalinan. Namun bila lendir ini bercampur darah dan telihat seperti menstruasi, maka segera hubungi dokter atau bidan untuk mendapatkan penanganan.

8. Kontraksi semakin kuat dan teratur

Selama trimester ketiga, Bunda mungkin mulai dapat merasakaan kontraksi palsu atau Braxton Hicks. Kontraksi ini bukanlah tanda melahirkan yang sebenarnya.

Kontraksi tanda melahirkan yang sebenarnya memiliki pola secara berkala dengan jarak antar kontraksi yang lebih seragam antara 30-70 detik per kontraksi setiap setiap lima atau tujuh menit sekali.

Tekanan kontraksi ini bisa semakin kuat dan teratur meskipun Bunda berganti posisi, tidur, atau  jalan-jalan saat waktu melahirkan akan tiba.

9. Ketuban pecah

Salah satu tanda waktu melahirkan sudah dekat adalah air ketuban yang pecah. Namun ini tidak selalu terjadi di awal sebelum Bunda masuk ke dalam ruang bersalin. Setidaknya hanya 15-20% wanita yang mengalami pecahnya ketuban sebelum persalinan di mulai.

Umumnya, ketuban yang pecah keluar seperti tetesan air. Jadi Bunda bisa menggunakan pembalut untuk menjaga diri tetap kering selagi menghubungi dokter atau bidan.

Namun tak menutup kemungkinan pula bila ketuban yang pecah menyembur dan membuat pakaian dalam Bunda basah. Bila sudah seperti itu sebaiknya segera menghubungi dokter atau ke rumah sakit.

Saat ketuban pecah, bayi tidak dikelilingi oleh pelindung apapun sehingga lebih rentan terkena infeksi. Oleh karena itu, Bunda harus berhati-hati.

Artikel terkait: Ketuban pecah, beritahu dokter kandungan Anda tentang 4 hal ini!

***

Perlu diingat bahwa kondisi kehamilan setiap ibu berbeda-beda. Jadi bisa saja tanda-tanda ini terjadi lebih lama atau lebih cepat dari perkiraan Anda.

Referensi: Hello Sehat, What to Expect, American Pregnancy

Baca juga:

HPL sudah dekat? Kenali 7 tanda akan melahirkan, bumil wajib tahu!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Gallery Tanda Tanda Seminggu Sebelum Melahirkan

Siap Siap Ibu Ini 10 Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu

Tanda Seminggu Akan Melahirkan 9 Tanda Yang Perlu

Flek Darah Bisa Jadi Tanda Bunda Mau Melahirkan Apa Sebabnya

Tanda Seminggu Akan Melahirkan 9 Tanda Yang Perlu

Tanda Bayi Akan Lahir Dalam Waktu Dekat Bisa Dilhat Dari 5

4 Tanda Kapan Mama Harus Berangkat Ke Rumah Sakit Bersalin

12 Tanda Akan Melahirkan Kurang Dari Seminggu Paling Jelas

Tanda Seminggu Akan Melahirkan 9 Tanda Yang Perlu

Cara Menentukan Usia Kehamilan Dan Taksiran Persalinan

7 Tanda Persalinan Semakin Dekat Orami Magazine

Tanda Tanda Kamu Mungkin Akan Melahirkan Secara Prematur

Cara Mengatasi Kontraksi Palsu Menjelang Melahirkan Youtube

Mengenal Tanda Tanda Melahirkan Yang Wajib Diketahui Ibu

Ilah Tanda

Jangan Panik Kenali Ciri Ciri Tanda Kelahiran Sudah Dekat

10 Tanda Tanda Mau Melahirkan Sebentar Lagi Yang Harus Anda

Tanda Tanda Mau Melahirkan Bayi Laki Laki Informasi Dunia

Perhatikan Tanda Tanda Seminggu Sebelum Melahirkan For

Waktu Kelahiran Semakin Dekat Inilah 5 Tanda Tanda


0 Response to "Tanda Tanda Seminggu Sebelum Melahirkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel