Rumus Excel Mengambil Sebagian Kata



3 Cara Untuk Memotong Teks Di Excel Wikihow

Rumus Vlookup Sebagian Kata Atau Teks (Vlookup - Left, Mid, Right)

Bagaimanakah rumus excel Vlookup sebagian kata atau rumus Vlookup sebagian isi dari sebuah sel excel?

Bagi setiap pengguna excel, khususnya yang aktif membaca tutorial excel di blog ini tentunya sudah tahu bahwa fungsi Vlookup pada excel digunakan untuk mencari nilai teks atau angka pada sebuah tabel vertikal kemudian menampilkan data yang sebaris dari hasil pencarian nilai tersebut.

Sedangkan untuk mengambil sebagian teks, excel sudah menyediakan fungsi LEFT, MID dan RIGHT.

Sehingga untuk melaksanakan vlookup sebagian kata atau teks maka anda perlu menggabungkan fungsi Vlookup pada excel dengan Fungsi Left, Mid atau Right pada sebuah rumus excel.

Misalnya menyerupai rujukan excel diberikut:

Pada kolom B anda memiliki beberapa data Kode Tiket. Kode tersebut disusun dengan ketentuan:
  • 2 Digit pertama menunjukkan jenis Maskapai penerbangan
  • 1 Digit angka diberikutnya menunjukkan Kelas Penerbangan, dan
  • 3 Digit terakhir dari isyarat tersebut menunjukkan Lokasi Tujuan
Pada Kolom-kolom yang lain anda juga sudah memiliki beberapa tabel yang menunjukkan arti dari kode-kode tersebut.

Selanjutnya bagaimanakah rumus Vlookup yang digunakan untuk mengisi sel-sel excel yang masih kosong pada kolom C,D dan E?
Seri tutorial rumus Vlookup kali ini akan mengajak anda untuk mencar ilmu memakai fungsi atau rumus adonan Vlookup dengan fungsi Left, Mid atau Right.

RUMUS VLOOKUP, LEFT, MID, DAN RIGHT

Sebelum mengulas lebih lanjut terkena rumus kombinasi Vlookup dengan Rumus Left, Mid, dan Right untuk menjawaban soal excel di atas, saya kira perlu untuk saya ingatkan kembali bagaimana cara memakai masing-masing fungsi tersebut.

Rumus VLOOKUP Excel

Fungsi atau Rumus VLOOKUP digunakan untk mencari data pada kolom pertama sebuah tabel, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di baris yang sama dengan hasil pencarian pada tabel data tersebut. Teknik Menggunakan Fungsi Vlookup pada rumus excel yaitu sebagai diberikut:
VLOOKUP(NilaiYangDiCari; TabelReferensi; NomorKolom; [RangeLookup])
Dimana NilaiYangDicari ialah nilai sel akan dicari pada TabelRefrensi sesuai dengan informasi NomorKolom pada tabel tersebut. Sedangkan RangeLookup menunjukkan tipe pencarian pada rumus Vlookup untuk menemukan hasil yang sama persis atau cukup menemukan nilai mendekati apabila NilaiYangDicari tidak ditemukan.
Untuk lebih jelasnya sanggup anda pelajari pembahasan khusus terkena Fungsi Vlookup ini pada halaman diberikut: Fungsi VLOOKUP Excel

Rumus LEFT Excel

Fungsi atau Rumus Left ialah salah satu Fungsi Excel yang digunakan untuk mengambil beberapa abjad teks dari arah kiri atau dari awal sebuah teks sesuai dengan informasi yang didiberikan. Teknik Menggunakan Fungsi Left pada rumus excel yaitu sebagai diberikut:
LEFT(Teks; [JumlahKarakter])
JumlahKarakter ialah informasi banyaknya abjad yang akan diambil dari awal Teks.

Rumus MID Excel

Fungsi atau Rumus MID sanggup digunakan untuk mengambil beberapa abjad di tengah teks. Fungsi MID Mirip dengan fungsi LEFT yang digunakan untuk mengambil sebagian kata dalam teks dari arah kiri ke kanan, namun posisi awal pengambilan abjad atau kata tersebut sanggup kita tentukan sendiri. Teknik Menggunakan Fungsi Mid pada rumus excel yaitu sebagai diberikut:
MID(Teks; AwalKarakter; JumlahKarakter)
AwalKarakter menunjukkan posisi awal pengambilan teks sedangkan JumlahKarakter ialah informasi banyaknya abjad yang akan diambil dari Teks.

Rumus RIGHT Excel

Fungsi atau Rumus Right menyerupai dengan fungsi Left. Bedanya kalau fungsi Left megambil abjad dari awal teks, Sedangkan fungsi Right mengambil sejumlah abjad dari final teks atau dari arah kanan ke kiri.
RIGHT(Teks; [JumlahKarakter])
JumlahKarakter ialah informasi banyaknya abjad yang akan diambil dari final Teks.Teks.

GABUNGAN RUMUS EXCEL VLOOKUP, LEFT, MID, RIGHT

Sesudah kembali mengingat bagaimana cara memakai fungsi VLookup, Left, Mid, dan Right diberikutnya kita akan kembali ke topik utama wacana bagaimana memakai rumus adonan atau kombinasi dari fungsi-fungsi di atas. Sebelum itu perlu anda ketahui bahwa pada rumus-rumus dibawah ini, tabel-tabel referensi yang digunakan sudah saya didiberi nama(Named Range) untuk mempergampang penerapan pada rumus excel yang akan digunakan.
Tabel Nama Range
NAMA RANGEREFERENSI
TabelMaskapai$G$2:$H$7
TabelClass$J$2:$K$5
TabelTujuan$M$2:$N$9

Rumus Excel Vlookup-Left

Kolom C pada tabel Kode Tiket akan diisi dengan Nama Maskapai. Untuk mencari nama maskapai dari isyarat tersebut rumus VLookup yang digunakan adalah:
=VLOOKUP(Kode;TabelMaskapai;2;FALSE)
Tentunya kalau diterapkan rumus diatas akan menghasilkan pesan error #NA, alasannya TabelMaskapai spesialuntuk memuat 2 digit pertama dari isyarat tersebut. Untuk mengambil 2 digit pertama isyarat tersebut gunakanlah fungsi Left dengan rumus excel sebagai diberikut:
LEFT(Kode;2)
Teks Hasil dari fungsi Left tadi kemudian kita gunakan sebagai argumen NilaiYangDiCari pada fungsi VLookup, sehingga rumusnya menjadi:
=VLOOKUP(LEFT(Kode;2);TabelMaskapai;2;FALSE)
Jika rumus excel tersebut diterapkan pada tabel KODE TIKET, maka Pada sel C3 adonan rumus Vlookup-Left nya adalah:
=VLOOKUP(LEFT(B3;2);TabelMaskapai;2;FALSE)

Selanjutnya anda tinggal melaksanakan copy paste rumus tersebut pada sel-sel lain dibawahnya. Jika anda tidak memakai Named Range, rumus pada sel C3 sanggup juga diisi dengan:

=VLOOKUP(LEFT(B3;2);$G$2:$H$7;2;FALSE)

Rumus Excel Vlookup-Mid

Untuk Kolom D akan diisi dengan salah satu jenis Kelas Penerbangan yakni: Firts Class, Business Class atau Economy Class. Untuk memilih jenis Kelas dari isyarat tersebut rumus VLookup yang digunakan adalah:
VLOOKUP(Kode;TabelKelas;2;FALSE)
Pada Kode tersebut Kode Kelas ialah 1 abjad setelah isyarat Maskapai atau 1 abjad dimulai pada posisi ke-3. Untuk mengambil isyarat Kelas tersebut tentunya yang digunakan yaitu fungsi MID. MID(Kode;3;1) Jika kedua rumus ini digabungkan maka menjadi:
VLOOKUP(MID(Kode;3;1);TabelKelas;2;FALSE)
Dan kalau diterapkan pada Sel D3 maka rumus excelnya menjadi:
=VLOOKUP(MID(B3;3;1);TabelKelas;2;FALSE)
Loh, kog Error #NA? Ya disinilah terkadang kita juga harus lebih jeli ketika menyusun sebuah kode-kode tabel. Pada tabel tersebut isyarat Kelas ialah angka 1,2 dan 3. Sedangkan hasil dari fungsi MID termasuk juga fungsi LEFT dan RIGHT yaitu sebuah teks, sehingga hasil rumus MID tadi kalau dicari pada tabel kelas memakai fungsi VLookup maka ditetapkan tidak ditemukan atau #NA alasannya parameter yang kita gunakan yaitu pencarian persis(FALSE). Supaya tidak muncul error maka hasil fungsi MID perlu kita ubah dari nilai teks menjadi nilai numerik memakai fungsi VALUE sehingga rumus excelnya menjadi:

=VLOOKUP(VALUE(MID(B3;3;1));TabelKelas;2;FALSE)
atau sanggup juga anda isi dengan rumus diberikut:
=VLOOKUP(VALUE(MID(B3;3;1));$J$2:$K$5;2;FALSE)
Selanjutnya anda tinggal Copy paste rumus diatas pada sel-sel lain dibawahnya untuk mendapat Jenis kelas penerbangan untuk kode-kode lainnya. Bagaimana? simpel bukan? Selanjutnya kita akan mengisi kolom E

Rumus Excel Vlookup-Right

Untuk kolom E atau kolom tujuan di dapatkan dari Vlookup 3 digit terakhir terkahir kode. melaluiataubersamaini mengetahui kriteria ini tentunya anda sudah sanggup menyimpulkan bahwa rumus apa yang akan digunakan. Jika anda menyimpulkan untuk memakai rumus adonan fungsi Vlookup-Right, maka anda benar. Kaprikornus pada kolom E3 rumus excelnya adalah:

=VLOOKUP(RIGHT(B3;3);TabelTujuan;2;FALSE)
Pada kolom E atau untuk mendapat Tujuan Penerbangan ini bergotong-royong anda sanggup juga memakai rumus kombinasi fungsi Vlookup-Mid. Lho sanggup ya? Bisa, Jika anda lebih jeli lagi isyarat Tujuan sanggup juga anda dapatkan dengan mengambil abjad isyarat dari posisi tengah teks. Yakni dimulai pada karater ke-4 sebanyak 3 abjad teks. Apabila anda memakai cara ini, maka rumus excel pada Sel E3 sanggup juga anda isi dengan rumus:
=VLOOKUP(MID(B3;4;3);TabelTujuan;2;FALSE)

DOWNLOAD FILE LATIHAN

File tes untuk pembahasan kali ini sanggup anda dapatkan melalui link download di bawah ini :
Dropbox GDrive

*Jika link mati / tidak sanggup diakses silahkan lapor via kontak yang tersedia

Bagaimana? simpel bukan. Sekian dulu untuk tutorial cara memakai Rumus Vlookup-Left, Rumus Vlookup-right dan Vlookup-Mid kali ini. Apabila masih ada pertanyaan silahkan disampaikan pada kolom komentar yang tersedia dan kalau anda rasa artikel tutorial ini bermanfaa tidakboleh lupa untuk di share semoga lebih banyak lagi yang akan ikut mendapat manfaatnya. Salam .

Gallery Rumus Excel Mengambil Sebagian Kata

Rumus Excel Untuk Mengambil Karakter Dari Teks Tutorial

Materi Belajar Smk Wiyata Satya

Rumus Mengambil Atau Memisahkan Angka Di Excel Kelas Excel

Left Mid Dan Right Kikiviyanti

Cara Menggunakan Function Untuk Memisahkan Atau Mengambil

Cara Menggunakan Function Untuk Memisahkan Atau Mengambil

Cara Menghapus Sebagian Karakter Dengan Rumus Left Len

Bahan Ajar Ms Excel 2007 Man 1 Llg

Panduan Dan Contoh Rumus Array Dukungan Office

Rumus Excel Untuk Mengambil Karakter Dari Teks Tutorial

Tips Tips Rumus Excel Mengambil Data Dengan Multi Kriteria

Rumus Excel Untuk Mengambil Karakter Dari Teks Tutorial

Doc Tips Dan Trik Excel Yang Sering Digunakan Kholimah

Rumus Dan Fitur Excel Untuk Memisahkan Kata Tutorial Lengkap

Left Mid Dan Right Kikiviyanti

Lookup Data Dengan Sebagian Kata Kunci

Cara Menggunakan Function Untuk Memisahkan Atau Mengambil

Men Split Memecah Kalimat Value Untuk Mengambil Nilai

Formulasi Dlm Sistem Informasi Penggajian Bagian 1

Rumus Excel Mengambil Nama Depan Saja


0 Response to "Rumus Excel Mengambil Sebagian Kata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel