Ciri Ciri Pohon Pisang



Ciri Ciri Pohon Kelapa Syarat Tumbuh Dan Jenis Jenis Pohon

Klasifikasi, Jenis, Ciri Ciri Pohon Pisang (Lengkap)

Jika pada artikel sebelumnya saya membahas tentang pohon mangga, kali ini saya akan membahas mengenai Klasifikasi, jenis, dan ciri ciri pohon pisang. Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali manfaat.

Salah satu ciri ciri pohon pisang adalah dapat kita temukan di sembarang tempat. Apalagi di Indonesia ini, pisang merupakan salah satu tumbuhan yang paling sering kita jumpai.

Pisang biasanya dapat tumbuh di daerah yang memiliki iklim sub tropis maupun iklim tropis. Pohon pisang sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu pohon pisang jenis hias dan pohon pisang komersial.

Pisang yang Tidak Bisa Dimakan

Beberapa pisang ada yang bisa dimakan dan ada yang tidak bisa dimakan. Berikut beberapa ciri ciri pohon pisang yang bisa dimakan dan ciri ciri pohon pisang yang tidak bisa dimakan.

Pisang Abaka

commons.wikimedia.org

Pisang abaka atau pisang abaca merupakan salah satu pisang yang tidak dapat dimakan atau dikonsumsi. Pisang ini merupakan tanaman asli Filipina. Namun pisang ini dapat kita jumpai di Indonesia, tepatnya di Kalimantan dan Sumatera.

Bagian yang diambil dari tanaman ini adalah seratnya yang diambil dari batang pohon pisang abaka. Kemudian serat pisang ini diolah hingga menjadi benang benang yang dari benang tersebut dapat diolah menjadi bahan untuk membuat uang kertas.

Pisang ini memiliki ciri ciri mudah tumbuh dan akan tumbuh optimal pada ketinggian 100 mdpl atau 100 meter diatas permukaan laut. Pohon pisang jenis ini dapat tumbuh dan mempunyai tinggi sekitar 10 hingga 15 meter.

Pisang Hias

koleksi-tanamanhias.blogspot.com

Pisang yang tidak dapat dimakan selanjutnya adalah pisang hias. Sudah terlihat dari namanya bahwa pisang ini tidak dapat dimakan karena memang hanya untuk sebagai hiasan. Pisang hias termasuk ke dalam keluarga HeliconiaceaeBiasanya tanaman ini dikenal dengan sebutan pisang pisangan. 

Dan berdasarkan rangkaian bunganya, Heliconia ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

1. Heliconia densiflora

rynari.wordpress.com

Heliconia densiflora merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tumbuh pada iklim tropis. Ciri khusus yang membedakan Heliconia ini dengan yang satunya adalah Heliconia densiflora memiliki bentuk bunga yang tegak seperti cakar kepiting dan warna jingga kekuningan.

2. Heliconia rostrata

plantwerkz.blogspot.com

Sedangkan pisang pisangang yang satu ini memiliki ciri ciri bunga pisang pisangan yang dimiliki tanaman ini berwarna merah dan kuning serta tumbuh menggantung seperti buah pisang.

Perkembang biakan pisang pisangan sama seperti pisang biasa, yaitu menggunakan tunas. Tanaman pisang pisangan jenis Heliconia densiflora sering disamakan dengan bunga bird of paradise (keluarga Strelitziaceae).

Pisang Kipas

berkah-taman.com

Yang ketiga adalah pisang kipas. Tanaman pisang jenis ini disebut pisang kipas karena memang bentuk pohonnya mirip seperti kipas. Pisang ini juga memiliki nama lain, yaitu pisang madagaskar (karena memang diduga dari madagaskar). Pisang ini memiliki nama latin Revenala madagascariensis.

Jenis Pisang Komersial

Setelah anda mengetahui beberapa pisang yang tidak bisa dimakan, sekarang waktunya anda mengetahui pisang pisang komersial yang dapat dimakan.

Pisang Cavendish

marketeers.com

Jenis pisang komersial yang pertama adalah jenis pisang Cacendish. Jenisa pisang ini adalah jenis pisang yang paling sering dijumpai di supermarket supermarket. Hal ini dikarenakan pisang ini memiliki kulit yang mulus dan tidak ada bintik bintik hitam.

Di Indonesia sendiri pisang ini disebut dengan pisang ambon putih. Pisang ini dibudidayakan dengan kultur jaringan, karena dengan kultur jaringan pisang lebih tahan terhadap penyakit dan tidak mudah layu.

Ciri ciri pohon pisang cavendish adalah tinggi batang sekitar 2 sampai 3 meter dengan warna hijau sedikit kehitaman. Tandanya memiliki panjang sekitar 0,5 sampai 1 meter dan memiliki berat sekitar 15 sampai 30 meter.

Dalam satu tandan pisang cavendish terdapat 8 sampai 13 sisir pisang, dan di setiap sisir pisang terdapat 12 sampai 22 buah pisang. Buah pisang cavendish bertekstur lembut dengan warna putih kekuningan. Memiliki rasa manis sedikit agak asam dengan kulit hijau kekuningan sampai kuning.

Pisang Kepok

jalaksuren.net

Jenis pisang yang kedua adalah pisang kepok. pisang ini mungkin sudah biasa anda temukan di pasar dan pisang ini merupakan pisang yang cocok digunakan sebagai bahan utama resep olahan pisang.

Pisang kepok ini memiliki ciri ciri buah yang gepeng tidak seperti buah pisang lainnya, selain itu pisang kepok ini memiliki kulit yang tebal dan berwarna kuning kehijauan. Biasanya pisang kepok ini diolah menjadi keripik pisang, cuka, dan tepung pisang.

Pisang Susu

beningmart.com

Selanjutnya adalah pisang susu. Seperti namanya, pisang ini jika dimakan memiliki rasa manis dan sedikit creamy seperti susu. Bahkan pisang ini lebih manis dari pisang cavendish. Tidak heran jika pisang ini menjadi kegemaran anak anak.

Pisang ini memiliki ciri ciri ukuran yang kecil, lebih kecil dari pisang pisang lainnya. Kulitnya tipis dan berwarna kuning dengan bintik kehitaman. Pisang ini bisa dimakan langsung maupun dijadikan bahan untuk membuat dadar gulung pisang coklat.

Klasifikasi Pohon Pisang

thedailymeal.com

KingdomPlantae
Sub kingdomTrachebionta
Super divisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
Sub kelasCommelinidae
OrdoZingiberales
FamiliMusaceae
GenusMusa

Pohon pisang termasuk ke dalam kingdom plantae atau tanaman. Selain itu Pohon pisang juga masuk ke dalam divisi Spermatophyta atau kelompok tanaman yang berbiji, walaupun sebenarnya pohon pisang tidak berkembang biak dengan biji melainkan dengan tunas. Pohon pisang juga masuk ke dalam kelas tumbuhan berkeping satu atau monokotil.

Ciri Ciri Tanaman Pisang

Ciri ciri pohon pisang pastinya sudah dapat anda dikenali, namun untuk lebih lengkapnya anda dapat melihatnya di bawah ini.

Akar Tanaman Pisang

garden.eco

Seperti tanaman padi, pohon pisang merupakan tanaman monokotil, sehingga pohon pisang memiliki akar serabut dan tidak berakar tunggang. Akar tanaman ini memiliki warna kecoklatan kotor. Akar ini akan tumbuh secara menyamping mendekati permukaan tanah.

Batang Tanaman Pisang

steemkr.com

Tanaman pisang merupakan salah satu tanaman yang memiliki tinggi 1 sampai 3 meter. Bentuk batang pada pohon pisang berbentuk bulat silindris berlapis. Selain itu tanaman ini memiliki dua bagian batang, yaitu batang asli dan batang palsu atau batang semu.

Berbeda dengan ciri ciri pohon mangga yang memiliki batang yang berkambium, batang pohon pisang tidak memiliki kambium. Sehingga batang pada pohon pisang lebih lunak dari pada batang tanaman mangga.

Pada bagian bawah tanaman ini akan tumbuh tunas baru untuk memperbanyak jenis tanaman ini, sedangkan batang palsu pada pohon pisang akan membantu menutupi atau membentuk lapisan baru pada batang pisang. Untuk warna pada batang tanaman piang ini adalah hijau muda dengan lapisan kecoklatan.

Daun Tanaman Pisang

pixabay.com

Salah satu bagian pisang yang juga dapat dimanfaatkan adalah daun pohon pisang. Daun pada pohon pisang biasanya digunakan sebagai bungkus makanan. Bentuk daun pada pembahasan dalam ciri ciri pohon pisang ini adalah berbentuk bulat agak lonjong memanjang dan melebar. Selain padi, daun sawi juga memiliki daun yang lebar. 

Pada tulang daun pohon pisang ini terbentuk dari pelepah dengan bagian ujung tumpul dan bagian tepi merata. Untuk warna daun ini sendiri adalah hijau dan akan tampak garis berwarna putih pada permukaan daun.

Bunga Tanaman Pisang

gulalives.co

Bunga tanaman ini memiliki bentuk seperti jantung sehingga bunga tanaman pisang ini juga biasa disebut dengan jantung pisang. Jantung pisang ini berwarna kemerahan muda dengan mahkota berwarna kekuning kuningan dan berserabut halus dengan warna kehitaman. Biasanya jantung pisang ini akan muncul pada bagian ketiak daun

Buah Tanaman Pisang

jabarnews.com

Buah tanaman ini merupakan buah yang terkenal memiliki banyak manfaat dan pastinya anda sudah tidak asing dengan buah tanaman ini. Buah tanaman pisang biasanya disebut dengan tandan.

Sedangkan satu tandan tersusun dari banyak baris buah dan biasanya satu baris disebut dengan sisir. Biasanya dalam satu sisir buah pisang ini terdapat 8 sampai 10 buah, tetapi hal ini juga dipengaruhi oleh varietas buah pisang.

Warna buah pisang ini sendiri adalah hijau ketika belum matang, sedangkan ketika sudah matang buah pada tanaman ini akan berwarna kekuningan. Terkadang ada beberapa jenis pisang tertentu yang memiliki bintik bintik hitam ketika sudah matang.

Terkait

Gallery Ciri Ciri Pohon Pisang

Yuk Kenali Jenis Jenis Pisang Raja Yang Ada Di Tanah Air Ini

Belajar Menanam Pisang Kepok Cara Menanam Dan Teknik

Ciri Ciri Buah Pisang 0823 2723 2765 Telkomsel

Ciri Ciri Tumbuhan Monokotil

Perbedaan Pisang Raja Nangka Dan Pisang Tanduk Jenis

Tumbuhan Monokotil Pengertian Kelompok Struktur Contoh

Waktu Panen Buah Pisang Dan Caranya Gimana Yach Tips Petani

Ciri Ciri Pohon Pisang Terkena Penyakit Dan Penyebabnya

Pohon Pisang Kipas Pohonnya Para Petualang

Akar Serabut Ciri Ciri Jenis Fungsi Dan Contoh Jagad Id

Jual Pohon Pisang Kipas Ciri Ciri Pohon Pisang Kipas

Contoh Tumbuhan Monokotil Pengertian Ciri Jenis Dan

Pdf Identifikasi Tumbuhan Pisang B Indo Irfak Rozi

Access Manfaat Org Manfaat Khasiat

Ciri Khas Tumbuhan Simplebooklet Com

Jenis Dan Ciri Ciri Pohon Cendana Berserta Manfaatnya

Jenis Jenis Pisang Yang Wajib Kamu Ketahui Agar Tidak Salah

Cara Menanam Pisang Agar Berbuah Lebat Dan Menguntungkan

Klasifikasi Dan Ciri Ciri Tanaman Padi Lengkap Anadhif Com

Pijantung Kecil Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Budidaya Pisang

Ciri Ciri Pisang Dan Klasifikasinya

Waspadai Inilah Ciri Pohon Angker Tempat Bersarangnya Para


0 Response to "Ciri Ciri Pohon Pisang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel