Pengertian Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif



Penelitian Kualitatif Ciri Jenis Metode Tujuan Manfaat

PENGERTIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF

  • Pengertian kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan kualitatif dan kuantitatif ?
  • Apa itu kualitatif dan kuantitatif ?
  • Apa arti kualitatif dan kuantitatif ?
  • Apa perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif ?

Pengertian Kualitatif dan Kuantitatif Menurut Para Ahli :

Terkadang bagi beberapa orang cukup sulit untuk memahami pengertian kualitatif dan kuantitatif. Sebenarnya perbedaan kualitatif dan kuantitatif ini cukuplah sederhana. Kualitatif itu berfokus pada kualitas sedangkan kuantitas berfokus pada jumlah.

Pengertian kualitatif adalah sebuah nilai yang dikandung oleh sesuatu / sebuah benda, di mana penilaian yang dilakukan akan didasarkan pada mutu dan kualitas yang terkandung di dalamnya.

Pengertian penelitian kualitatif adalah penelitian yang tujuan utamanya adalah untuk memperoleh wawasan tentang topik tertentu. Teknik yang digunakan dalam penelitian kualitatif pada umumnya yaitu metode wawancara dan observasi.

Fokus penelitian kualitatif adalah eksplorasi. Hal ini digunakan untuk memperoleh pemahaman tentang alasan yang mendasari, opini, dan motivasi. Metode pengumpulan data kualitatif cukup bervariasi, bisa menggunakan teknik terstruktur dan semi terstruktur.

Di dalam penilaian kualitatif tidak bergantung pada jumlah atau banyaknya hasil yang didapatkan atas suatu perbuatan / jumlah benda tertentu, namun hal ini akan selalu menggunakan pendekatan yang menitikberatkan pada nilai mutu dan kualitas yang akan diperolah nantinya. Di mana dalam hal ini mutu yang terkandung di dalam benda tersebut akan menjadi nilai lebih bagi benda itu sendiri.

Contoh kualitatif dalam kalimat adalah:

Sebuah lukisan karya seorang maestro ternama di jual dengan harga milyaran pada sebuah lelang yang hanya dilakukan secara tertutup dan dihadiri oleh para undangan beserta para kolektor yang menjadi penikmat lukisannya sejak lama. Pada kesempatan itu sang maestro yang jarang mengeluarkan / menjual lukisannya hanya menjual satu lukisan saja dan hal tersebut tentu menjadi sebuah nilai kualitatif yang akan sangat menjual dan berdampak positif bagi harga lukisan tersebut.

Pengertian kuantitatif adalah sebuah penilaian yang dilakukan berdasarkan jumlah sesuatu, yang mana dalam hal ini kualitas bukanlah sebagai faktor utama yang menjadi dasar penilaian.

Di dalam kuantitatif semua aspek mutu akan dikesampingkan terlebih dahulu dan faktor jumlah atau kuantitaslah yang akan menjadi dasar penilaian utamanya. Meski begitu, bukan berarti kuantitatif tidak memperhatikan aspek mutu sama sekali, hanya saja di dalam hal ini mutu bukanlah sesuatu yang menjadi faktor utama.

Pengertian penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan format terstruktur seperti matematika dan statistik. Jika kita melakukan penelitian kuantitatif, maka kemungkinan besar kita akan menganalisis data-data mentah dengan bantuan program software spreadsheet seperti Microsoft Excel, atau program statistik seperti SPSS. Untuk mengolah jenis analisis ini, maka data perlu dikumpulkan dalam format yang terstruktur. Penelitian kuantitatif sering dilakukan dengan menggunakan metode riset pasar seperti metode survei dan eksperimen. Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif bisa dilihat dari ukuran sampelnya, dimana pada penelitian kualitatif ukuran sampel biasanya lebih kecil daripada jumlah sampel penelitian kuantitatif.

Contoh kuantitatif dalam kalimat adalah:

Ketika sebuah perusahaan mencoba untuk menembus pasar di dalam negeri, maka produk yang dihasilkan akan di sebar secara luas hingga ke seluruh penjuru negeri ini. Dengan begitu, perusahaan akan membuat sebuah produksi besar-besaran dan melakukan pemasaran yang luas hingga akhirnya produk mereka dikenal dan digunakan secara luas oleh masyarakat. Dalam hal ini tenu saja jumlah / kuantitaslah yang diunggulkan dalam merebut pasar, di mana mutu / kualitas tidak menjadi nilai jual utama yang digunakan.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian serta perbedaan kualitatif dan kuantitatif. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian kualitatif dan kuantitatif dan contohnya ya ! Baca juga pengertian kriminalitas dan contohnya 🙂

Gallery Pengertian Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

Pengertian Dan Tata Cara Penelitian Kuantitatif Fatkhan Web Id

Asntenpreg Pengertian Penelitian Kualitatif Dan

Pertemuan 6 Pengertian Metode Penelitian Kualitatif Jenis

Penelitian Kuantitatif

Pengertian Dan Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan

Memadu Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Jonathan Sarwono

Inilah Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

New Microsoft Word Document

9 Definisi Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif

Kualitatif Dan Kuantitatif Adalah Pengertian Perbedaan

7 Perbedaan Kualitatif Dan Kuantitatif Beserta Contohnya

Download Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R Amp

Pengertian Kualitatif Dan Kuantitatif Pengertian Menurut

Contoh Judul Penelitian Kuantitatif Dosenpintar Co Id

Penelitian Kualitatif Ciri Jenis Metode Tujuan Manfaat

Kualitatif Pengertian Jenis Perbedaan Dengan Kuantitatif

Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Pdf Free Download

Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

Menganalisis Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Imagesmn

Perbedaan Mendasar Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

Tahapan Metode Penelitian Biologi Lengkap Dosenpintar Com

Ppt Penelitian Kualitatif Dan Penelitian Kuantitatif

Metodologi Penelitian Ppt Download

Pengertian Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Beserta

10 Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

Doc Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Toni


0 Response to "Pengertian Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel