10 Permainan Dalam Ruangan Untuk Semua Kalangan ( Ice Breaking )
Banyak sekali murid atau peserta suatu kegiatan seminar yang merasa jenuh dan tidak semangat dalam mengikutinya, Permasalahannya bukan hanya pada cara penyampaian saja tapi juga ada beberapa faktor permasalahan yang membuat jenuh dan membosakan.
Saat seorang guru atau pemateri menyampaikan pengetahuannya hanya ada beberapa ilmu saja yang bisa ditangkap oleh murid atau peserta. Sebenarnya ini adalas suatu masalah yang harus segera diatasi agar apa yang kita sampaikan bisa masuk kedalam pikiran dan dipraktekan dalam kesehariannya.
Bermain sambil belajar adalah hal yang tepat untuk mengisi kejenuhan dan mereflesikan otak yang sudah mulai penuh dengan materi-materi pembelajaran, Dengan begitu kita akan mendapatkan pelajaran dengan baik dan memahaminya asalkan bermain digunakan pada waktu yang tepat.
Hal ini penting bagi kita jika ingin mengisi suatu acara atau mengajar kerena murid atau peserta akan senang mengikuti apa yang kita sampaikan. Mungkin ini bisa menjadi referensi untuk kita para pengajar atau pengisi materi, jangan hanya memikirkan diri sendiri tapi fikirkanlah apa yang menjadi lawan kita.
Kali ini kita akan membahas beberapa permainan yang bisa dimankan didalam ruangan dan untuk semua kalangan baik itu pelajar ataupun para pemimpin perusahaan mungkin juga pejabat, untuk itu langsung saja kita bahas beberapa permainan dalam ruangan, sebagai berikut:
1. Salam dan Sapaan
Manfaat :
Permainan ini bisa memfokuskan peserta kepada kita ( pemateri/guru )
Membuat kelas yang tadinya ribut menjadi tenang
Peserta akan berhenti dengan kesibukannya
Cara Bermain :
Memberikan intruksi kepada peserta, jika kita bilang halo mereka jawab hai dan jika kita bilang hai mereka bilang halo.
kata halo atau hai bisa kita lipat gandakan, contoh :
Pemateri : Halo, halo, hai
Peserta : Hai, hai, halo
Permainan ini haya memerlukan suara dan konsentrasi
Jika peserta salah dalam menjawab bisa maju kedepan untuk menghibur peserta lainnya
Menjadikan Peserta lebih kenal dengan teman yang lainnya
Membuat pesrta kenal dengan pemateri atau sebaliknya
Lebih megenal satu dengan yang lainnya
Cara bermain :
Buatlah lingkaran yang beranggotakan 10 orang peserta
beri waktu 10 menit untuk peserta saling mengenalkan diri
setelah itu tunjuk salah satu peserta untuk menyebutkan nama dan asal temannya ( di acak)
Seleksi peserta yang salah dan tida bisa menjawab pertanyaan lalu beri hukuman untuk menghibur.
3. Menguji kecepatan dan Kesigapan
Manfaat :
Permaian ini bisa menjadiakn kita mudah mengelompokan peserta
Membuat peserta aktif dan bergerak
Mengetahui seberapa tangkas peserta dalam menanggapi suatu hal
Menjadikan diri peserta percaya diri
Cara Bermain :
Mengintuksikan kepada seluruh peserta untuk mengikuti perintah kita
Menyebutkan angka yang nantinya peserta akan membentuk kelompok dengan angka tersebut.
Contoh :
Pemateri : Cari 5 orang dalam satu kelompok
Peserta : Segera mencari 5 orang
Pemateri : Cari 12 orang dalam satu kelompok
Peserta harus mencari teman sebanyak 12 orang termasuk dirinya
Permainan ini menuruti apa perintah yang diberikan pemateri
Untuk peserta yang tidak kebagian kelompok akan mendapatkan hukuman.
Permaian ini bisa dikembangkan dengan memerintahkan peserta untuk berkumpul dalam lantai,
Contoh :
Pemateri : 2 lantai 3 orang
Peserta : harus masuk kedalam 2 lantai dengan posisi 3 orang didalam lantai
Pemateri : 3 Lantai 1 orang
Peserta : harus mengisi 3 lantai penuh sendiri
4. Pagi, Siang dan Malam
Manfaat :
Menghilangkan kejenuhan dalam peserta
Membuat peserta berkonsentrasi
Merangsang kecepatan pendengaran dan tangan
Memberikan suasana yang asik dan seru
Cara Bermain :
Pemateri menyebutkan waktu pagi, siang dan malam bisa dengan bercerita
Pagi : Tepuk tangan 3 kali
Siang : Tepuk tangan 2 kali
Malam : Tepuk tangan 1 kali
Pemateri menyebutkan waktu secara acak dan berturut-turut
Semua peserta harus bertepuk tangan, jika tidak akan diberikan hukuman yang mengasikan
5. Tujuh Door
Manfaat :
Meningkatkan konsentrasi peserta
Membuat peserta fokus
Menjadikan belajar lebih seru
Cara Bermain :
Peserta mulai berhitug dari satu sampai tujuh tapi pada hitungan tujuh peserta mengatakan “door”
Artinya angka tujuh digantikan oleh kata “door”
begitu seterusnya hingga kembai keangka satu atau bisa juga lanjut dan berlaku dalam kelipatan angka tujuh.
Pemateri boleh menunjuk peserta secara acak untuk meningkatkan konsentrasi peseta
Peserta harus menjawab dengan cepat jika salah akan mendapatkan tugas menghibur teman yang lainnya.
6. Memberikan Pertanyaan Aneh ( Tebak-tebakan )
Manfaat :
Menghibur agar peserta tidak setres
Mencairkan suasana
Melatih pikiran diluar biasanya
Peserta dapat mengeluarkan pendapatnya dengan sepontan
Cara bermain :
Pemateri memberikan pertanyaan yang jawabannya diluar nalar logika
Bisa bertukar pertanyaan dan jawaban oleh peserta lainnya
sebaiknya dilakukan saat siswa sudah lelah dan cape ketika pelajaran berlangsung
Siapa yang dapat menjawab dan mempunyyai pertanyaan yang tidak bisa dijawab dialah pemenangnya
7. Bercerita Lucu
Manfaat :
Cara Bermain :
Cukup dengan bercerita lucu, bisa pengalaman atau cerita lucu yang lainnya
8. Bos Berkata
Manfaat :
Memfokuskan peserta
Menguji kemampuan peserta dalam perintah
Cara Bermain :
Peserta mengikuti intruksi yang diberika pemateri ketika diawal kalimatnya pemateri mengatakan” Bos Berkata” jika pemateri tidak menggunakan kata ” Bos Berkata” peserta tidak boleh mengikuti perintahnya
Ketiata pemateri mengatakan ” Bos Berkata, pegang telinga” pemateri harus memegang yang lain selain telinga
Peserta diharuskan melihat atau fokus kepada gerakan dan perkataan pemateri
9. Mengingat Nomor
Manfaat :
Meningkakan daya ingat peserta
Menumbuhkan jiwa cepat merespon
Mempertajam pendengaran dan kesadaran
Cara Bermain :
Berilah perintah kepada peserta untunk menghitung dari 1 sampai dengan selesai
Peserta harus mengingat angka yang telah disebutkan
Pemateri menyebutkan angka berapa saja untuk mengecek apakah peserta sudah ingat dengan nomornya
Sebutlah angka 7 misalnya, dan ketika angka tujuh disebut peserta yang memiliki noomor 7 harus segera menjawab iya kemudian menyebutkan angka yang lainnya
Dalam satu putaran angka yang sudah tersebut tidak boleh disebutkan ulang
Jika peserta lama merespon atau lebih dari 2 detik merespon makan peserta dikatakan gugur
Lakukan ini hingga peserta tersisa sedikit dan dialah pemenanngnya
10. Sambung Kata
Manfaat :
Membuat otak berfikir cepat dan tanggas
Membuat peserta konsentrasi dalam mendengan dan berfikir
Cara Bermain :
Buatlah lingkaran
Peserta hanya boleh menyebutkan 1 kata yang nantinya kata tersebut akan dilanjutkan oleh teman sebelahnya
Pemateri memulai permainan dengan memberikan satu kata lalu menunjuk peserta untuk meneruskannya
Ketika peserta mengatakan kata yang tidak nyambung maka dikatakan gugur
Peserta tidak boleh menjawab lebih dari 2 detik
Peserta yang gugur harus keluar dari lingkaran
Permainan terus berjalan melingkar hingga tersisa 1 orang sebagai pemenang
Gallery Ice Breaking Untuk Anak Sd
Permainan Ice Breaking Kembalikan Mood Belajar Siswa
I Peran Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Matematika
Ice Breaking Lucu Untuk Anak Sd Galihpriatna
Paket Outbound Jogja Wisata Tour
30 Contoh Ice Breaking Indoor Outdoor Simple Menarik
Kumpulan Judul Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris
Contoh Ice Breaking Sederhana Dan Seru Tentang Bimbingan
30 Contoh Ice Breaking Indoor Outdoor Simple Menarik
Kumpulan Ice Breaking Untuk Anak Sd Meteran S
Macam Aktivitas Ice Breaking Praktis Penyemangat Belajar
Kumpulan Ice Breaker 3 Berbagi Ilmu
Ice Breaking Siswa Sd Smp Sma Latihan Konsentrasi Seru Dan Menyenangkan
Macam Macam Tepuk Semangat Anak Tk Sd Smp Penulis Cilik
Contoh Permainan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Untuk
0 Response to "Ice Breaking Untuk Anak Sd"
Post a Comment