Cara Menghilangkan Panu Di Wajah



Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Jakarta Indonesia Startup

Cara Menghilangkan Panu di Wajah dan Badan dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

Dream - Panu adalah penyakit kulit yang sering dijumpai di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Dalam dunia medis, panu ini disebut dengan tinea versicolor atau pityriasis versicolor.

Tanda-tanda panu muncul adalah adanya bercak-bercak putih pada kulit yang disertai dengan gatal-gatal. Namun tanda-tanda panu tidak selalu berwarna putih.

Bercak panu bisa berwarna coklat, merah, bahkan hitam tergantung pada warna kulit si penderita. Panu berbeda dengan jerawat. Jika jerawat terlihat menonjol, maka panu tidak.

Permukaan panu rata seperti kulit pada umumnya. Selain itu, panu akan terasa gatal ketika kita berkeringat.

Termasuk penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, panu bisa menyerang kulit mana saja. Biasanya panu timbul pada area kulit yang sering berkeringat.

Beberapa area tubuh yang sering jadi tempat pertumbuhan panu di antaranya yaitu wajah, leher, dada, ketiak, lengan, punggung, perut, lipatan paha, dan tangan.

Penyebab Panu

Jamur penyebab panu adalah malassezia. Jamur ini tidak berbahaya dan memang pada umumnya ditemukan pada kulit manusia.

Panu bukan jenis penyakit menular. Namun jika kita terkena panu, seiring berjalannya waktu, bercak-bercak di kulit melebar.

Hal ini karena pertumbuhan jamur malassezia tidak terkendali. Proses ini menambah penderitaan seseorang yang terkena panu.

Masalahnya, area yang mengalami gatal-gatal semakin luas dan menyebabkan kulit terasa kasar seperti bersisik.

Sampai saat ini belum jelas apa yang menyebabkan jamu malassezia berkembang secara tidak terkendali. Tingkat kebersihan seseorang telah dikaitkan dengan pertumbuhan jamur penyebab panu ini.

Namun ada faktor-faktor lain yang dapat memicu pertumbuhan jamur malassezia hingga menjadi tidak terkendali, yaitu:

  • Berusia remaja atau dewasa muda
  • Produksi keringat berlebihan
  • Jenis kulit berminyak
  • Tingkat kekebalan tubuh yang rendah
  • Tinggal pada daerah yang lembap dan bersuhu panas
  • Mengalami perubahan hormon

Meski bukan termasuk penyakit kulit yang berbahaya, panu bisa mengganggu penampilan jika muncul di area yang terbuka.

Melihat dampak psikologisnya, banyak orang yang mencari cara menghilangkan panu dengan cepat. Kebanyakan orang memilih cara menghilangkan panu dengan cepat menggunakan obat yang tersedia di pasaran.

Namun Sahabat Dream bisa mencoba cara menghilangkan panu dengan cepat menggunakan bahan alami. Selain lebih murah, cara menghilangkan panu dengan cepat menggunakan bahan alami ini aman tanpa efek samping.

Cara menghilangkan panu dengan cepat di wajah dan badan menggunakan bahan alami

1. Lengkuas

Selain berguna sebagai bumbu penyedap makanan, lengkuas juga mempunyai banyak kandungan yang berguna bagi kesehatan tubuh. Yaitu: sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin, dan masih banyak lagi.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Korea menemukan bahwa semua senyawa yang terkandung dalam lengkuas dapat menghambat oksida-nitar dan produksi lipopolisakarida. Kamu juga bisa menggunakan lengkuas sebagai cara menghilangkan panu di tangan secara alami.

Caranya:

  1. Ambil lengkuas yang masih segar, potong-potong.
  2. Lalu usap-usapkan pada panu, lakukan selama 5 menit.
  3. Lakukan pengobatan ini sebanyak dua kali sehari.
  4. Senyawa flavonoid, amilum, dan kuersetin yang ada dalam lengkuas akan membasmi jamur penyebab panu.

Cara lain dalam mengaplikasikan lengkuas sebagai penghilang panu adalah:

  1. Haluskan 2 ruas jari lengkuas dengan 1 sdt garam.
  2. Lalu oleskan pada panu.
  3. Diamkan selama 30 menit.
  4. Kemudian bilas dengan air hangat.

2. Minyak kelapa

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa membantu tubuh meningkatkan resistensi terhadap jamur, virus, dan bakteri. Kandungan asam lemak dapat menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu. Kamu tinggal mengoleskan minyak kelapa murni pada kulit yang terkena panu, diamkan hingga kering.

3. Bawang putih

Seringkali kita menggunakan bawang putih hanya sebagai bahan dapur saja. Ternyata kamu juga bisa menggunakan bawang putih sebagai obat alami untuk menghilangkan panu. Pada bawang putih ada kandungan allicin yang merupakan komponen biologis aktif yang berguna sebagai zat anti bakteri.

Bawang putih juga mengandung banyak antioksidan. Kandungan yang terdapat pada bawang putih membuatnya terkenal untuk digunakan sebagai anti virus, anti bakteri, dan anti jamur.

Caranya mudah saja:

  • Ambil 1 siung bawang putih, potong menjadi dua bagian.
  • Lalu gosokkan bawang putih pada panu selama 5 menit.
  • Lakukan 2 kali sehari.

Menggunakan bawang putih bisa menjadi salah satu cara menghilangkan panu pada bayi atau buah hati yang masih balita.

4. Cuka apel

Cuka apel mengandung zat yang berguna sebagai anti-mikroba. Kandungan senyawa anti-mikroba ini akan membantu kulit untuk mengontrol pertumbuhan jamur. Caranya adalah dengan campurkan 1 sdm cuka apel dan 1 sdm air hangat. Ambil kapas lalu oleskan pada panu. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

1 dari 2 halaman

5. Kunyit

Kunyit juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan panu hitam atau panu putih di badan. Kunyit mengandung minyak volatile yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi.

Juga terdapat kandungan kurkumin yang merupakan anti-oksidan kuat yang mampu menetralkan radikal bebas. Kombinasi curcumin dan minyak volatile akan berguna untuk membasmi jamur penyebab panu.

Ada dua cara yang dapat digunakan:

Yang pertama:

  • Ambil 1 ruas jari kunyit, kupas.
  • Lalu usap-usapkan pada bagian yang terinfeksi jamur selama 5 menit.
  • Diamkan sejenak.

Yang kedua:

  • Tumbuk halus 2 ruas jari kunyit lalu tempelkan atau oleskan pada bagian yang terinfeksi jamur.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

6. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki senyawa Flavonoid yang merupakan antioksidan yang kuat. Anti-oksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Dan juga kandungan asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang handal. Vitamin C juga merupakan senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis.

Cara mengaplikasikan:

  1. Campur jeruk nipis dengan belerang.
  2. Belerang mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat, virus, penyebab panu dan lainnya. Karena adanya zat keratolitik pada belerang.
  3. Campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis dengan 1 sdm belerang (tumbuk halus dulu).
  4. Campur hingga merata dan menjadi krim.
  5. Oleskan pada panu.
  6. Diamkan sampai mengering, lalu bersihkan dengan air hangat.

7. Belimbing wuluh

Cara menghilangkan panu selanjutnya adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Belimbing wuluh mengandung glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat. Juga mempunyai sifat anti jamur yang mampu untuk menghilangkan panu.

Caranya:

  1. Siapkan 1 buah belimbing wulu, potong jadi 4 bagian.
  2. Usap-usapkan belimbing wuluh pada bagian yang terkena infeksi jamur selama 5 menit.
  3. Biarkan mengering.

2 dari 2 halaman

8. Minyak oregano

Selanjutnya, cara menghilangkan panu dengan menggunakan minyak adalah dengan minyak oregano. Asal minyak oregano dari tumbuhan oregano.

Bagian yang digunakan dalam minyak oregano adalah daun dan bunganya. Minyak oregano mengandung senyawa carvacrol. Senyawa ini terbukti dapat membasmi dan mengurangi infeksi bakteri, infeksi jamur, virus, parasit, dan alergi. Karena carvacro berfungsi sebagai penangkal atau anti bakteri, anti virus, dan anti jamur.

Caranya:

  1. Oleskan minyak oregano langsung pada kulit yang terkena panu.
  2. Diamkan hingga kering dengan sendirinya.

9. Tea tree oil

Salah satu jenis tanaman yang mengandung antiseptik yang tinggi yaitu pohon teh atau melaleuca, maka tanaman ini seringkali digunakan untuk menyembuhkan luka. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa tea tree oil mampu membasmi banyak bakteri, virus, dan jamur.

Cara menggunakan tea tree oil:

  1. Siapkan tea tree oil, minyak kelapa, dan minyak lavender.
  2. Campurkan 1 sdt minyak kelapa, 5 tetes tea tree oil, dan 5 tetes minyak lavender.
  3. Aduk rata lalu usapkan pada area kulit yang ber-panu dengan menggunakan kapas atau cotton bud.
  4. Untuk hasil yang lebih maksimal dan cepat, kamu bisa menambahkan minyak oregano.

Pengobatan ini bisa jadi salah satu cara menghilangkan panu di wajah secara alami.

10. Yogurt

Yogurt kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Terdapat protein, protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6, dan vitamin B12 yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dengan mengoleskan yogurt pada kulit, kandungan probiotiknya akan mengontrol keberadaan jamur sehingga pertumbuhan jamur bisa terhambat. Oleskan dan diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Gunakan yogurt tawar.

Tidak hanya dioleskan, kamu juga disarankan meminum 2 gelas yogurt tawar setiap harinya untuk membasmi infeksi jamur penyebab panu dari dalam.

11. Tidak memakai pakaian ketat

Gesekan dengan bahan pakaian akan semakin mengiritasi kulit yang meradang karena panu. Kulit yang berpanu juga akan terus lembap dan sulit bernapas bebas karena tertutup ketat, sehingga tidak kunjung sembuh.

12. Memakai pakaian yang menyerap keringat

Jika panu berlokasi di bagian tubuh yang biasa tertutup pakaian, misalnya di punggung, lengan, kaki, atau perut, sebaiknya hindari pakai pakaian yang terlalu ketat. Sebagai gantinya, pakai pakaian longgar yang bahannya efektif menyerap keringat seperti katun.

13. Hindari matahari langsung

Sebaiknya tidak terlalu sering terpapar sinar matahari langsung bila panu belum sembuh total. Karena paparan sinar matahari bisa memperburuk kondisi kulit yang mengalami panu. Warna kulit yang tidak rata akibat panu akan semakin terlihat.

Begitulah cara menghilangkan panu di wajah dan badan dengan cepat menggunakan bahan alami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

(ism ,Dirangkum dari berbagai sumber)

Gallery Cara Menghilangkan Panu Di Wajah

Bagaimana Sih Cara Menghilangkan Bercak Putih Seperti Panu

7 Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Secara Alami Merdeka Com

Tips Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Secara Ce

11 Cara Alami Menghilangkan Panu Di Wajah Dan Badan 100 Ampuh

Tips Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Dengan Cepat Dan Alami

Tips Atasi Bercak Putih Di Wajah Dengan Bahan Alami Simak

2 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Masalah Panu Dengan Efektif

Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Dengan Cepat Dijamin Ampuh

Bagaimana Cara Menghilangkan Panu Dari Kulit Anda Blog

9 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Panu Paling Efektif

10 Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Dan Badan Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Panu Di Wajah

8 Cara Cepat Menghilangkan Panu Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Di Wajah Secara Alami

Simak Penyebab Panu Di Wajah Dan Cara Mencegahnya Alodokter

Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Dalam 1 Hari Ampuh

5 Cara Menghilangkan Bercak Putih Di Wajah Dokter Sehat

Ini Caraku Menghilangkan Panu Di Wajah Secara Alami

Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Tanpa Bekas Holiday

Cara Menghilangkan Panu Dengan Sampo Antiketombe Fader Id

5 Cara Menghilangkan Panu Di Wajah

Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Tanpa Bekas Manumika

Cara Menghilangkan Belang Di Wajah Seperti Panu

Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Muka Secara Cepat Dan Alami

Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Dengan Alami Kesehatan

Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Anda Secara Alami Youtube

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami


0 Response to "Cara Menghilangkan Panu Di Wajah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel