Tumbuhan Yang Hidup Di Air



Naturalisasikaliitem Hash Tags Deskgram

36 Tumbuhan Yang Hidup di Air Beserta Gambarnya Lengkap

36 Tumbuhan Yang Hidup di Air Beserta Gambarnya Lengkap – Tanaman air disebut juga dengan hidrofit ialah tumbuhan yang telah menyesuaikan diri untuk hidup di lingkungan perairan, baik tumbuhan tersebut terendam sebagian atau seluruh bagian. Tumbuhan air hidupnya sangat bergantung pada air.

Beberapa jenis tanaman air yang biasa kita kenal ialah jenis tumbuhan air yang tumbuh liar di air tawar, yakni di sungai, kolam, dan danau. Akan tetapi pada perkembangannya tumbuhan air juga banyak dijadikan sebagi tanaman hias kolam ikan yang dapat menambah kesan hidup dan alami. Selain akan mempercantik kolam, beberapa jenis tumbuhan air dapat bermanfaat sebagai pembersih air pada kolam.

Ciri Ciri Tumbuhan Air

1. Kutikula tipis. cuticles terutama akan mencegah kehilangan air, sehingga sebagian besar hydrophytes tidak perlu untuk cuticles.

2. Stomata yang terbuka kebanyakan saat karena air yang melimpah dan karena itu tidak perlu untuk terlebih dahulu disimpan dalam tanaman. Ini artinya bahwa sel penjaga stomata pada umumnya tidak aktif.

3. Peningkatan jumlah stomata di salah satu sisi daun.

4. Strukturnya kurang kaku sehingga saat tekanan air maka akan mendukung mereka.

5. Daun datar pada permukaan tanaman agar dapat mengapung.

6. Udara sacs untuk mengapung.

7. Akar kecil sehingga air dapat tersebar langsung ke daun.

8. Akar ringan sehingga tidak perlu untuk mendukung tanaman.

9. Akar dapat mengambil oksigen dalam.

Macam-mcam Tumbuhan Air

1. Typha angustifolia atau Lidi air

Karena tanaman ini memiliki rumpun yang mirip dengan lidi yang terbalik karena batangnya gepeng dan berwarna hijau dengan garis kuning serta memiliki ujung yang runcing. Tanaman ini tahan terhadap terpaan sinar matahari dalam waktu sahri penuh, tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat.

2. Cyperus

Tanaman ini populer dengan nama siperus. Cyperus memiliki daun yang berada di ujung batang berukuran kecil halus dan pendek. Tinggi tangkai hanya 1m, dan bunga bertangkai seolah tumbuh menyebar dari pusat susunan daun. Tanaman ini mampu tumbuh di dalam air yang berlumpur.

3. Typha latifolia atau cat tail atau stok

Tanaman air ini termasuk tanaman berbentuk rumput dari keluarga Typhaceae. Bunga betina berbentuk silindris berwarna coklat mirip dengan ekor kucing, dan bunga jantannya memiliki bentuk yang sama namun dengan ukuran yang lebih kecil dari betina dan tumbuh diatas bunga betina. Tanaman ini tumbuh pada genangan air yang berlumpur dan mampu tumbuh dengan sinar matahari penuh.

4. Eichhornia crassipes atau enceng gondok

Eichhornia crassipes ialah tanamn yang populer di Indonesia, Berasal dari Brazil dan awalnya muncul di Indonesia karena dibawa oleh orang Brazil yang digunakan sebagai tanaman hias. Enceng gondok dapat berkembang biak dengan cepat sehingga diangap sebagai gulma. Akan tetapi sekarang banyak masyarakat yang memanfaatkan tanaman ini sebagai pakan ternak dan bahan kerajinan. tanaman ini memiliki bungan dengan tampilan yang eksotis berwarna ungu muda dan tersusun malai, bunganya hanya mekar selama satu hari. Enceng gondok tumbuh mengambang pada genangan air dan dapat kita temuka di perairan seperti pada sungai, rawa atau di danau.

5. Nelumbo nucifera atau lotus

Nelumbo nucifera membutuhkan media air dan tanah untuk dapat tumbuh, biasanya Nelumbo nucifera dijadikan tanamn hias dan diletakan dalam pot tanah liat yang tinggi. memiliki bunga yang besar dan cantik dengan warna putih dan merah. Ukuran daun yang besar dan ada juga yang kecil, tangkainya dapat mencapai panjang satu meter lebih. Biasanya bunga Nelumbo nucifera muncul sat acara keagamaan tertentu.

6. Pistia stratiotes atau kapu – kapu

Tanaman ini tumbuh dengan mangapung, daunnya ditumbuhi oleh bulu – bulu halus seperti beludru, akarnya serabut berwarna putih. Walau Pistia stratiotes sering kita temui di rawa – rawa namun jika terkena sinar matahari dengan sering maka akan kunigndan hancur. Biasanya Pistia stratiotes digunakan dalam kolam iakn hias sebagai tempat ikan bertelur.

7. Echinodorus paleafolius atau melati air

Echinodorus paleafolius memiliki bunga berwarna putih dan tumbuh berderet pada tangkainya dalam jumlah beberapa kuntuk. Bunganya akan muncul pada pagi hari dengan bergantian. Dari bekas bunga itu akan tumbuh tunas baru. Echinodorus paleafolius memiliki daun yang kaku dan ditumbuhi rambut kasar dibagian atas dan abwah daunnya. Ada tia macam bentuk tanaman Echinodorus paleafolius yakni bulat besar, lonjong kecil dan lonjong besar. Echinodorus paleafolius tumbuh dalam air yang berlumpur.

8. Nyamphaea atau teratai

Nyamphaea paling dikenal dan paling sering digunakan itu karena tanamn ini memiliki bunga yang cantik dan berwarna alami dengan daun yang mengambang di permukaan air. Ukuran Nyamphaea berkisar 45 – 90 cm, Nyamphaea memiliki berbagai macam varietas yang dapat dibedakan dari jenis bunganya.

9. Typhonodorum lindyeyanum atau pisang air

Dinamakan pisang air karena bentuknya yang mirip dengan pohon pisang akan tetapi daunnya seperti talas. Typhonodorum lindyeyanum dapat tinggi hingga empat meter dengan daun yang bergelombang dan bentuk ovel yang dapat mencapai ukuran satu setengah meter.

10. Zantedeschia aethiopica atau kala lili

Zantedeschia aethiopica merupakan tanaman air yang betuknya seperi lili, dengan bentuk corong berwarna putih dan putiknya yang berwarna kuning cerah. Zantedeschia aethiopica dapat tumbuh tinggi jiak kurang mendapatkan sinar matahari, bunganya memiliki aroma yang lembut.

11. Cyperus alternifolus atau Papyrus payung

Cyperus alternifolus tumbuh dengan berkelompok dan tumbuhnya cepat, memiliki batang berbentuk segitiga dan tumbuh mencapai ketinggian satu meter lebih. Bunganya akan muncul pada ujung batang seperti daun

12. Equisetum hyemale atau bambu air

Equisetum hyemale mirip dengan bambu yang hidup didaratan, berukuran kecil dengan tinggi sekitar 25cm sampai satu meter dan diameter tidak lebih dari 3cm. Equisetum hyemale biasa dijadikan tanaman hias.

Tanaman yang dihup dalam air dikeompokan dalam tiga jenis, yakni dalam air, mengambang dan tepian. bentuk daun dan bunga dari setiap jenis memiliki ciri masing – masing.

Jenis Tanaman Air

1. Tanaman dalam air

jenis ini seluruh hidupnya berada dalam air, tanaman ini banyak digunakan dalam aquazcape, contohnya:

– Hygrophila polysperma – Bacopa sp – Rotala machandra – Ludwigia sp – Cryptocorine – Anubias – Wallisneria spiralis – Ganggang air

2. Tanaman mengapung

tanaman jenis ini akan mengapung pada air yang bergerak maupun tenang, tumbuhnya sangat cepat sehingga mampu menutupi permukaan air. Contohnya:

– Eceng gondok – Selada air – Lotus – Papyrus atau Cyperus papyrus – Cyperus atau Cyperus alternifolius – Typha atau Typha angustifollia – Melati air atau Echinodorus palaefolius – Thalia geniculata – Pontederia – Sagitaria – Water poppy – Giant arum – Ilalang air

3. Tanaman tepian

Tanaman yang tumbuh pada tepian cekungan air. Contohnya:

– rojo Lintang – Choenoplectus lacustris – Darmera pellata

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang 36 Tumbuhan Yang Hidup di Air Beserta Gambarnya Lengkap, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

Gallery Tumbuhan Yang Hidup Di Air

10 Jenis Tanaman Hias Aquarium Air Tawar Dan Laut Terkini 2017

Tumbuhan Yang Hidup Di Air Biology Co Id

20 Tanaman Air Paling Populer Dan Digemari Taman Inspirasi

10 Jenis Tanaman Yang Hidup Di Air Beserta Ciri Cirinya

Tanaman Yang Baik Menurut Feng Shui Tanaman Tanaman Pot

Bunga Hidrocotyle Species Steemit

8 Tanaman Air Paling Digemari Halaman All Kompas Com

Nama Nama Tumbuhan Yang Hidup Di Air Flora Dan Fauna

Buktikan 3 Manfaat Meletakkan Tanaman Lidah Mertua Di Dalam

36 Macam Tanaman Hias Dan Liar Yang Hidup Di Air Flora Dan

10 Macam Dan Jenis Tanaman Hias Untuk Aquarium Air Tawar

Jenis Tanaman Sayur Yang Mudah Ditanammediatani Mediatani

Jenis Tanaman Air Yang Mudah Didapat Menanam Tanaman

Sebutkan Ciri Ciri Tumbuhan Yang Hidup Di Air Tanya Tugas

Ciri Khusus Tumbuhan Yang Hidup Di Lingkungan Tertentu

12 Tanaman Hias Yang Bisa Hidup Di Dalam Air Ekor9 Com

Eurasian Water Milfoil Southeastern Wisconsin Invasive

Tumbuhan Yang Hidup Di Tempat Lembab Steemit

12 Tanaman Hias Yang Bisa Hidup Di Dalam Air Ekor9 Com


0 Response to "Tumbuhan Yang Hidup Di Air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel