Tips Menurunkan Berat Badan



Tips Cara Menurunkan Berat Badan Ideal Makan Malam

10 Cara untuk Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu!

Alright, siapa sih yang tidak mau hasil maksimal dalam durasi waktu yang minimal? Girls, jika kamu ingin menurunkan berat badan, ini dia 10 tips dari Cosmo untuk melakukannya dalam waktu 1 minggu saja!

1. Awali Hari Dengan Air Lemon

Buah lemon mengandung potasium yang berguna untuk meningkatkan massa otot. Dengan demikian, lemak jenuh dalam tubuh akan lebih mudah terbakar. Cara paling praktis mengonsumsi buah lemon adalah dengan memotong buah lemon menjadi dua bagian lalu peras buah tersebut ke dalam air putih dingin. Voila, you can drink it right away! Girls, berikut adalah 20 alasan untuk meminum air lemon setiap pagi.

2. Luangkan Waktu Untuk Olahraga

Berhenti beralasan! Ingin tubuh yang lebih seksi dan daya tahan yang lebih fit? Sekarang, ada banyak video tutorial di YouTube yang mengajarkan olahraga mudah, termasuk Cosmo! Di YouTube Channel Cosmopolitan Indonesia, kamu tidak hanya bisa mempelajari cara mudah mengecilkan perut, tetapi juga berbagai gerakan olahraga seru yang bisa kamu praktikkan bersama pasangan.

3. Kurangi Asupan Karbohidrat

Memang bukan rahasia umum lagi kalau sumber lemak jenuh yang paling utama adalah karbohidrat. So, mengurangi asupan karbohidrat akan memberikan perubahan yang signifikan pada berat badan! Ganti asupan karbohidrat dengan sayuran-sayuran bergizi tinggi sehingga energi kamu tidak cepat habis. Bila masih merasa lapar, kamu bisa mengganti snack dengan mengonsumi jus buah atau camilan sehat di bawah 150 kalori.

4. Konsumsi Pisang di Pagi Hari

Bila kamu mengonsumsi pisang di pagi hari, kamu akan lebih mudah merasa kenyang dan metabolisme pencernaan tubuh juga menjadi lebih lancar. Did you know? Kamu juga bisa menjadikan pisang matang sebagai masker wajah untuk kulit berminyak! Berikut resep Rich Banana Mask yang bisa kamu racik sendiri di rumah.

5. Jangan Lewatkan Sarapan!

Banyak orang yang salah dalam melakukan diet: bukannya mengganti menu makanan, mereka malah melewatkan sarapan pagi. Little do they know, sarapan adalah santapan yang paling penting untuk menjalani hari. Bila kamu melewatkan sarapan, tubuhmu tidak mendapat energi...maka kamu pun akan merasa lebih lapar pada siang hari dan mengonsumsi makanan dua kali lebih banyak. Girls, berikut adalah 5 resep sarapan sehat untuk kamu yang membutuhkan energi.

6. Minum Air Putih

Tidak suka minum air putih? Girls, kamu pasti tahu bahwa kebiasaan ini sebenarnya sangat esensial untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Wanita membutuhkan sekitar 2,2 liter air putih per hari untuk menjaga hidrasi tubuh, lho. Bila kamu seringkali tidak menghabiskan satu botol air dalam jangka waktu 3 jam dan air urin kamu biasanya berwarna kuning, itu pertanda yang buruk! Praktikkan 6 trik mudah ini untuk meningkatkan konsumsi air putih kamu setiap hari.

7.  Kurangi Konsumsi Gula

Untuk kamu pecinta kopi dan teh, jangan khawatir - kamu tidak harus menghentikan konsumsi teh dan kopi kamu, kok. Kamu hanya perlu mengurangi porsi gula yang digunakan! Bila kamu biasa meminum kopi atau teh dengan dua sendok gula, ada baiknya kamu tidak memakai gula sama sekali dan menggantinya dengan madu alami yang lebih sehat. Of course, kamu juga perlu membatasi makanan bergula...but how much is too much? Nah, ini 8 tanda kamu mengkonsumsi terlalu banyak gula.

8. Jangan Makan di Atas Jam 7 Malam

Apapun yang kamu konsumsi setelah jam 7 malam konon katanya akan menjadi lemak bagi tubuh... apalagi kalau kamu tidak banyak beraktivitas setelahnya (alias langsung tidur-tiduran!). Oleh karena itu, dianjurkan setelah jam 7 malam untuk kamu tidak mengkonsumsi makanan berat apapun kecuali buah-buahan dan sayur. 

9. Pastikan Kamu Mengonsumsi Makanan yang Tepat!

Seringkali, bukannya mengonsumsi makanan yang tepat, justru kita mengurangi asupan kalori dan protein kita. Kalori tetap dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas karena tubuh membutuhkan energi untuk bergerak. Oleh karena itu, kalori yang bermanfaat untuk tubuh bisa didapatkan dari makanan yang sehat! Untuk menurunkan berat badan, hindari deretan makanan ini yang membuat perut buncit.

10. Tidur yang Cukup

Waktu istirahat yang cukup sangatlah vital bagi kesehatan tubuh. Selain itu, bila waktu istirahat berkurang maka tubuh akan lebih cepat merasa lapar. Dengan demikian, kamu jadi ingin mengemil terus, kan? Oleh karena itu, usahakan untuk tidur lebih awal selama seminggu ini. Apakah kamu mengalami kesulitan tidur? Girls, berikut adalah 5 perubahan kamar yang bisa kamu lakukan untuk mendapat tidur yang lebih nyenyak.

(Yemima Hutapea / KC / Image: doc. freepik.com)


Page 2

Menurunkan berat badan dalam waktu singkat? Bukan hal yang tidak mungkin, ladies. Cosmo telah menyusun cara mudah menurunkan berat badan hanya dalam waktu seminggu. Yuk, simak!

Perbanyak Minum Air Putih

Smoothie buah, wine, hingga minuman berenergi mengandung 100 kalori. Namun, minuman ini tidak cukup memuaskan nafsu makan Anda. Di sisi lain, air memiliki nol kalori dan dapat merangsang metabolisme tubuh sehingga nafsu makan pun berkurang. Selama seminggu ini coba perbanyak minum air putih. Agar tidak bosan, coba tambahkan irisan buah lemon atau daun mint.

(Baca juga artikel: Ini Dia Alasan Bercinta Bantu Turunkan Berat Badan Anda)

Hindari Karbohidrat Putih

Mengonsumsi karbohidrat putih, seperti nasi, roti putih, dan pasta putih dapat mendatangkan “malapetaka” pada berat badan. Makanan ini merupakan karbohidrat sederhana yang mudah dicerna sehingga Anda mudah merasa lapar kembali. Tidak hanya itu, makanan ini juga membuat perut kembung.

Lakukan Olahraga Kardio 30 Menit Sehari

Setiap olahraga yang dapat memacu detak jantung akan membakar kalori dalam tubuh. Para ahli menyarankan Anda melakukan olahraga High Intensive Training (HIT) selama 30 menit. Olahraga seperti spinning dan kickboxing juga dapat menjadi pilihan untuk membentuk tubuh yang ramping dan kencang.

(Baca juga artikel: 5 Penyebab Berat Badan Tidak Berkurang)

Minum Kopi Satu Jam Sebelum Olahraga

Lupakan menenggak minuman berenergi sebelum olahraga. Menurut Jana Klauer, M.D., penulis The Park Avenue Nutritionist's Plan, justru kopi yang dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Kopi hitam hanya memiliki rata-rata 5 kalori dan dapat memacu energi dalam tubuh untuk lebih produktif. Pilihan tepat untuk dikonsumsi sebelum berolahraga.

Tambah Waktu Tidur Sebanyak 30 Menit

Menambah waktu tidur sebanyak setengah jam akan memberikan Anda lebih banyak energi untuk beraktivitas. Tidur selama 7-8 jam setiap hari juga penting selama melakukan diet. Ini karena tidur cukup dapat meningkatkan metabolisme dan membentuk otot tubuh. (Hana Devarianti/VP/Image: Wavebreakmedia Ltd/Wavebreak Media/450795621)


Page 3

Mengecilkan perut hanya dalam seminggu? Kamu mungkin agak skeptis membacanya, but let Cosmo tell you, its not impossible. Tidak perlu pola diet dan olahraga yang terlalu drastis, kamu bisa mencoba 13 cara mudah berikut yang bisa kamu terapkan hari ini juga. Siap mencoba?

1. Mulai harimu dengan minum smoothie

Minum smoothie adalah cara yang bagus untuk tetap sehat karena mudah dibuat dan bisa menjadi mood booster untuk memulai hari. Cosmo menyarankan smoothie semangka karena buah ini kaya akan asam amino bernama arginine yang dikenal berkhasiat mengurangi lemak tubuh dan merampingkan massa otot. Pilihan lainnya adalah smoothie nanas yang mengandung bromelain, enzim yang membantu mengurai protein dan mencegah kembung.

2. Makan dengan porsi lebih kecil

Ini termasuk cara paling mudah untuk mengecilkan perut dalam seminggu. Kalau biasanya kamu makan berat tiga kali sehari, coba perlahan mengubah kebiasaan tersebut dengan cara makan dalam porsi kecil dengan jarak antara 2 sampai 3 jam. Manfaatnya adalah mencegah lingkar perut semakin melebar dan membuat sistem metabolisme membakar lebih banyak lemak.

3. Atur konsumsi sayuran dan buah-buahan mentah

Cosmo menyarankan kamu tidak mengonsumsi terlalu banyak sayuran dan buah-buahan mentah dalam sekali makan. Lebih baik memakannya dalam porsi kecil-kecil yang dilakukan secara berkala dalam satu hari untuk mencegah lingkar perut melebar.

4. Kurangi produk susu

Produk-produk susu dapat menyebabkan perut kembung karena gas, khususnya bagi mereka yang intoleran terhadap laktosa, zat gula yang terdapat pada produk susu. Cosmo menyarankan untuk mengonsumsi susu dan produk turunannya dalam porsi kecil. Untuk tetap menjaga bentuk badan, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi produk susu yang dikombinasikan dengan bahan pangan lain.

5. Mengonsumsi makanan yang mengandung potassium

Makanan kaya potassium seperti alpukat, pisang, pepaya, mangga, dan yogurt punya manfaat yang mengurangi perut kembung. Hal ini karena potassium adalah diuretik alami yang membantu mengurangi penimbunan air dalam perut.

6. Makan lebih banyak buah beri

Buah beri punya manfaat melawan lemak dan telah dibuktikan oleh riset mampu mencegah sel lemak bertambah besar. Buah beri juga dapat membantu sel perut memproduksi adiponectin, hormon yang membantu mengurangi peradangan sekaligus menurunkan gula darah.

7. Makan lebih banyak kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga dapat membuat perut kamu tetap kencang. Riset menunjukkan orang yang mengonsumsi kacang-kacangan dua kali dalam seminggu lebih mudah menjaga berat badan dibanding mereka yang tidak. 

8. Olahraga

Selain mengatur pola konsumsi, kamu pun harus berolahraga agar semakin mudah mengecilkan perut. Olahraga seperti apa? Ada beberapa olahraga yang punya manfaat khusus untuk bagian perut seperti latihan aerobik, jalan cepat, berenang, planking, push up, ataupun menggunakan abs roller seperti yang dilakukan oleh Kim Kardashian.

9. Minum lebih banyak air putih

Selain bermanfaat untuk tubuh, minum air putih juga berguna bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dan membuat perut tetap rata. Jika kamu minum cukup air putih, hal itu menjaga keseimbangan air dalam tubuh yang mengurangi penimbunan air, salah satu penyebab utama perut yang membesar. Air putih pun membuat kita merasa kenyang dan mencegah makan terlalu banyak. 

Baca Juga: 6 Cara Mudah untuk Minum Lebih Banyak Air Putih

10. Minum teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan bernama katekin yang bermanfaat mengurangi lemak perut. Minum teh hijau sebelum olahraga bisa menjadi cara yang bagus untuk mengecilkan perut dengan maksimal.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh

11. Mengonsumsi jahe

Jahe tidak hanya mengurangi kembung dan menjaga usus, tapi juga mampu menghilangkan kelebihan gas dalam tubuh. Kamu bisa memarut sedikit jahe dan mencampurnya ke teh hijau, atau merebus akar jahe untuk membuat teh jahe. Selain jahe, peppermint juga bisa melawan perut kembung. Kamu bisa mengonsumsi peppermint dalam bentuk permen, teh, atau memasukkan daunnya ke air minum.

12. Menjauhi alkohol dan minuman bersoda

Bukannya ingin melarang kamu bersenang-senang di pesta, tapi alkohol memang harus dijauhi kalau kamu ingin punya perut yang rata karena konsumsi alkohol membuat tubuh lebih lambat 36% membakar lemak. Bagaimana dengan minuman bersoda? Well, minuman bersoda mengandung gas dan karena itu membuat perut kamu melebar.

13. Tidur lebih awal

Penyebab perut buncit memang beragam, termasuk kurang tidur. Tidur lebih awal punya banyak manfaat. Salah satunya, dengan tidur lebih awal kamu jadi terhindar dari rasa lapar di tengah malam. Selain itu, menjaga pola makan dan olahraga akan lebih efektif mengecilkan perut bila kamu cukup tidur. Kekurangan jam tidur dapat menghasilkan hormon stres bernama kortisol yang efeknya adalah membuat timbunan lemak di area perut.

Baca Juga: Hindari 7 Makanan Penyebab Perut Buncit Berikut!

Bagaimana, ladies? 13 cara mengecilkan perut di atas mungkin terdengarnya memang mudah, tapi tanpa adanya komitmen akan menjadi hal yang cukup menantang. Yang penting adalah kamu tetap yakin dan komit, good luck!

(Image: Christopher Campbell on Unsplash)


Page 4

Resolusi untuk mengecilkan perut di tahun 2017 ternyata bukan impian untuk diraih lho, ladies. Fitness trainer Bobby Ida memberi latihan sederhana untuk Anda lakukan setiap hari guna mendapatkan perut seksi impian.

Bersama Fashion Writer Cosmo, Grace Glorify, Bobby menunjukkan latihan-latihan singkat yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mendapatkan perut rata. Yang lebih menyenangkan, Anda tidak perlu alat olahraga apapun atau beranjak ke gym untuk melakukannya. Praktikkan lima gerakan ini, ulangi, dan perut rata pun akan Anda dapatkan dalam waktu singkat!

1. Basic Plank

Plank jenis apapun baik untuk latihan otot perut atau core Anda. Tips dari Bobby, selalu usahakan posisi badan tegak lurus dan bokong tidak mencuat ke atas atau badan melemah dan jatuh ke lantai.

2. Side Crunch

Latihan ini cocok untuk membentuk perut samping kanan dan kiri. Jangan lupa untuk tetap mengatur pernapasan selama mengangkat kaki dan menurunkannya. Dan ketika kaki di atas, Bobby menyarankan Anda untuk menahan posisi selama 1 hingga 2 detik.

3. Squat

Selain melatih otot perut, squat juga bermanfaat untuk mengencangkan otot paha, bokong, dan tubuh bagian belakang serta kaki. Tips Bobby, jangan bebankan bobot tubuh ke kaki depan, tapi usahakan untuk membuatnya seimbang atau bebankan di kaki belakang.

4. Knee Raises

Susah mengecilkan perut bagian bawah? Nah, latihan ini cocok untuk mengencangkan bagian perut bawah Anda, ladies. Posisi tangan bisa diletakkan di samping tubuh atau di bawah bokong, dan saat lutut diangkat, jangan lupa kontraksi serta buang napas. 

5. Crunch

Latihan setengah sit up ini memfokuskan kontraksi untuk perut bagian atas. Saat melakukan crunch, jangan lupa untuk kontraksi perut saat berada di atas dan buang napas. Tips Bobby, jangan menarik tubuh ke atas dengan leher atau tangan, melainkan gunakan otot perut Anda untuk mencegah cedera pada otot leher dan memfokuskan latihan di otot perut.

Untuk latihan yang lebih jelas, silakan lihat video ini dan langsung praktikkan ya:

Penulis: Vidi Prima

Model: Grace Glorify

Stylist: Dheniel Algamar

Videographer: Karel Langi, Adiguna Pomaseta

Video editor: Alvin Valentino Tampanguma, Vidi Prima

Photographer: Insan Obi

BACA JUGA:

Bobby Ida Ternyata Suka Wanita Asia!

Menu Makanan Sehat ala Bobby Ida

10 Cara Raih Bikini Body

Olahraga Untuk Tubuh Seksi Seperti Beyonce!


Page 5

Sering membayangkan pasangan Anda memiliki tubuh seseksi Bobby Ida? Personal trainer keturunan Indonesia-Jerman ini berbagi menu sehatnya kepada Cosmo.

“Semua harus dimulai dengan sarapan. Sarapan bisa dengan telur, quakers (maksudnya oats), atau gandum, lalu buah,” ungkapnya mengenai menu sarapan pagi. “Dengan itu semua, kita punya karbohidrat kompleks sebagai energi, kita juga punya telur sebagai protein, lalu kita punya buah untuk mendapatkan vitamin dan mineral,” tambah pria kelahiran September 1991 tersebut.

Berbeda dengan menu sarapan, untuk makan siang atau sore, Bobby menyarankan sesuatu yang lebih “berat” dan kaya protein. “Untuk siang atau sore, saya selalu makan dada ayam, sapi atau steak, nasi atau ubi, lalu sayur lagi seperti bayam dan brokoli,” jelasnya. Psstt, dia makan menu seperti itu sebanyak dua kali lho!

“Untuk makan malam, saya mengonsumsi ikan, ubi, mashed potatoes, dan sayur lagi. Dan sebelum tidur, saya juga makan Greek yoghurt, ditambah madu dan kacang-kacangan,” ungkap pria keturunan Bali ini tentang menu makan malamnya. Ia menambahkan banyak protein juga di menu makan malam karena agar saat tidur, tubuhnya juga memiliki protein. Tak lupa juga ia menyarankan agar kita selalu minum dua sampai empat liter air setiap hari. “Ini bagus untuk kulit dan juga untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” jelasnya.

Writer: Vidi Prima

Stylist: Dheniel Algamar

Asst. stylist: Grace Glorify

Photographer: Insan Obi

Digital Imaging: Reno Priyono

Videographer: Karel Kawengian

Video Editor: Adiguna Pomaseta

Wardrobe: Guess

BACA JUGA:

Menu Beragam Untuk Hidup yang Sehat

Menu Sarapan Baru yang Lebih Sehat: Muesli

Makanan dan Minuman untuk Payudara Sehat

7 Asupan Untuk Otak Sehat

Gallery Tips Menurunkan Berat Badan

10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Halaman All

10 Tips Turunkan Berat Badan Hanya Dalam 2 Minggu Halaman

Tips Menurunkan Berat Badan Aprie

4 Cara Menggunakan Lidah Buaya Untuk Turunkan Berat Badan

Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan Yang Baik

Tips Menurunkan Berat Badan Saya Home Facebook

10 Cara Untuk Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Bantuan Jeruk Nipis

100 Tips Menurunkan Berat Badan Bab 2 Hainoni Com

Kenali Diet Dubrow Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Puasa

Terbukti 10 Tips Ampuh Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan Yang Cepat Dan Mudah Cepat

Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Secara Alami

Tips Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Yang Menyenangkan

Cara Ideal Menurunkan Berat Badan Alodokter

5 Tips Diet Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Cara Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu Tanpa Olahraga

Cara Menurunkan Berat Badan Dalam 10 Menit Sehari

Tips Menurunkan Berat Badan Ubah Pikiran Anda Ubah Tubuh

8 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Berolahraga Ternyata

Penurunan Berat Badan Diet Saja Tidak Cukup Sainspop

Tips Menurunkan Berat Badan Direktorat P2ptm

Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan Dengan Berlari Kawaii

Cara Menurunkan Berat Badan U Pemula Remaja Busui Tips Diet Mudah Pemula Sabrina Chairunnisa

11 Tips Diet Sehat Untuk Turunkan Berat Badan Secara Aman


0 Response to "Tips Menurunkan Berat Badan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel