Alat Komunikasi Jaman Dulu



Kumpulan Alat Komunikasi Jaman Dulu Tradisional Hingga

Alat Komunikasi Zaman Dahulu

Alat komunikasi adalah segala bentuk alat yang digunakan dalam penyampaian informasi sehingga tujuan dari komunikasi tersebut tercapai. Terdapat banyak sekali alat komunikasi zaman dahulu /tradisional yang digunakan pada zaman dahulu. Pernahkah kita berpikir orang-orang zaman dulu sebelum ditemukannya alat komunikasi seperti telephone, televisi, radio mereka berkomunikasi menggunakan apa?

Pada zaman dahulu, manusia memanfaatkan alam sebagai media dalam berkomunikasi dengan masyarakat lain misalnya dengan memanfaatkan tumbuhan, daun, maupun binatang. Berikut ini merupakan macam-macam alat komunikasi tradisional yang digunakan pada zaman dahulu.

Baca juga [Alat Komunikasi Modern]

Alat komunikasi zaman dahulu berupa tulisan

Merupakan suatu alat komunikasi yang berbentuk lembaran seperti kertas, biasanya menggunakan daun maupun pelepah pohon yang telah kering. Selain itu kulit binatang juga dapat digunakan sebagai media tulis dalam berkomunikasi. Alat-alat komunikasi tersebut berfungsi sebagai kertas seperti kertas pada zaman sekarang yaitu sebagai sarana atau tempat tulisan di tuangkan.

Contoh: Daun lontar, papyrus, prasasti.

1. Daun lontar Daun lontar dijumpai pada zaman kerajaan dulu, biasanya berupa maklumat atau pengumuman dari raja ke rakyatnya.

Gambar daun lontar

2. Papyrus papyrus terbuat dari daun tumbuhan papyrus yang banyak tumbug di daerah sungai Nil, papyrus digunakan untuk mencatat sebuah kejadian atau untuk menyimpan data-data perhitungan.

Gambar papyrus

3. Prasasti Prasasti biasanya berupa tanda suatu tempat dimana prasasti tersebut berada, serta tahan lama karena terbuat dari media yang kuat seperti batu atau keramik.

Gambar prasasti

Alat komunikasi tradisional berupa bunyi

Merupakan suatu alat komunikasi yang menggunakan suatu alat untuk menghasilkan suara. Suara yang ditimbulkan memiliki arti dan makna yang bermacam-macam sesuai dengan yang dipahami oleh masyarakat setempat.

Contoh: Kentongan, kulkul, bedug, bereguh/terompet.

1. Kentongan Kentongan merupakan suatu alat komunikasi yang terbuat dari batang bambu yang dilubangi dan cara penggunaan dengan cara dipukul untuk menghasilkan suara, misalnya jika di balaidesa atau di pos kamling kentongan dipukul secara terus menerus bisa berarti ada bahaya seperti kebakaran, banjir, maling, dll.

Gambar kentongan

2. Kulkul Kulkul sebenarnya hampir sama dengan kentongan baik dalam wujud yang mirip, cara penggunaan dan fungsi. Namun kulkul terbuat dari batang kayu yang berongga. Kulkul ini masih banyak dijumpai di Bali, disana jika kulkul ini dipukul maka warga akan berkumpul.

Gambar kulkul

3. Bedug Alat ini terbuat dari kayu yang dibentuk membentuk silinder dengan tutup menggunakan kulit hewan, suara yang dihasilkan dari kulit tersebut. Di Indonesia bedug seringkali digunakan sebagai penanda masuk waktu sholat.

Gambar bedug

4. Bereguh/Terompet Bereguh merupakan alat komunikasi yang menghasilkan suara saat ditiup, bereguh terbuat dari tanduk kerbau. Biasanya bereguh digunakan oleh suku-suku dipedalaman. Saat bereguh ditiup komunikasi yang ditangkap bisa berupa kewaspadaan, disuruh berkumpul atau berkomunikasi dengan suku yang dekat dengan lokasi bereguh tersebut ditiup.

Gambar bereguh

Alat komunikasi tradisional berupa sandi

Merupakan suatu alat komunikasi yang berupa sandi baik berupa bunyi, tulisan maupun gerakan yang dapat dipahami oleh orang-orang yang telah mempelajarinya. Misalnya sandi Morse, Semaphore, Asap, dll.

Tags: #perkembangan tik #sltp tik #sltp tik 7

Gallery Alat Komunikasi Jaman Dulu

Gambar Alat Komunikasi

Kumpulan Alat Komunikasi Jaman Dulu Tradisional Hingga

Doc Alat Alat Komunikasi Tradisional Mr Huda Academia Edu

Alat Komunikasi Tradisional Dan Modern Pil Tei

6 Cara Komunikasi Orang Zaman Dulu Hingga Sekarang Ciricara

Alat Komunikasi Tradisional Dan Modern Pil Tei

Alat Alat Komunikasi Tradisional Dan Modern Ppt Download

Zaman Dulu Orang Orang Menggunakan 5 Media Ini Untuk

Dulu Dipuja Kayak Primadona Kini 5 Alat Komunikasi Ini

25 Alat Komunikasi Tradisional Dan Modern Beserta Gambarnya

Media Komunikasi Yang Digunakan Zaman Dulu Bag 2

Transformasi Alat Komunikasi Dari Masa Ke Masa Bikin Melongo

Belum Ada Smartphone Ini Alat Komunikasi Yang Dulu

Alat Komunikasi Modern Dan Tradisional Pnxko0q9194v

Perusahaan 5 Alat Komunikasi Zaman Dahulu Lonceng

Media Komunikasi Yang Digunakan Zaman Dulu Bag 1

22 Alat Alat Komunikasi Tradisional Dan 18 Modern Beserta

Daun Lontar Alat Komunukasi Jaman Dulu

Penyeranta Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Alat Komunikasi Dulu Dan Sekarang

Alat Komunikasi Jaman Dulu Omah Pustaka


0 Response to "Alat Komunikasi Jaman Dulu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel