Nama Laki Laki Jawa



921 Rangkaian Nama Bayi Laki Laki Islami Dan Artinya

Kumpulan Nama Nama Anak Laki Laki Jawa yang Keren

Nama: UmumJenis Kelamin: Laki-Laki

Belakangan ini, banyak sekali orang tua yang ingin menyematkan nama nama anak laki laki Jawa untuk putranya. Alasannya biasanya adalah untuk menjaga tradisi dan budaya keluarga, juga untuk lebih menunjukkan asal usulnya.

Dalam budaya Jawa, setiap nama memiliki makna yang sangat dalam. Sehingga menyematkannya untuk si kecil akan menjadikan sebuah harapan ia tumbuh menjadi seperti makna yang tersemat dalam nama tersebut.

Jika Anda juga termasuk orang tua yang ingin menjaga tradisi Jawa dalam bentuk penamaan untuk putra Anda, coba cek artikel ini. Di sini ada beberapa ide rangkaian nama bayi laki laki Jawa yang bisa Anda gunakan untuk si kecil!

Nama Nama Anak Laki Laki Jawa Keraton

1. Mangkubumi

Penggunaan nama bayi laki laki Jawa keraton untuk si kecil sering kali dikhawatirkan tidak diperbolehkan. Beberapa mengira akan menjadi sebuah penamaan yang berat untuk si kecil, atau bahkan akan menjadi beban bagi si bayi laki laki.

Padahal sebenarnya menggunakan panggilan dari nama-nama keraton ini diperbolehkan. Apalagi jika rupanya memiliki sejarah yang unik dan baik, sehingga bisa menjadikan makna yang indah untuk penamaan putra Anda.

Salah satu nama nama anak laki laki Jawa keraton yang bisa Anda gunakan untuk putra Anda adalah Mangkubumi. Nama ini juga digunakan sebagai nama seorang pangeran, pendiri, dan pembangun Keraton Yogyakarta, Pangeran Mangkubumi.

Terlahir dengan nama Bendara Raden Mas (BRM) Sujono, beliau adalah peletak dasar budaya Mataram. Beliau juga yang memberikan warna dan roh tidak hanya bagi lingkungan keraton tetapi seluruh masyarakat Yogyakarta.

Sedari kecil, Pangeran Mangkubumi dikenal sangat cakap dalam olah keprajuritan, mahir berkuda, dan bermain senjata. Selain itu, beliau juga dikenal sangat taat beribadah sembari tetap menjunjung tinggi nilai nilai luhur budaya Jawa. Orang tua mana yang tidak ingin putranya memiliki jiwa yang sama seperti halnya Pangeran Mangkubumi ini?

2. Dorojatun

Memberikan nama nama anak laki laki Jawa tidak hanya melalui gelar para pangeran keraton, tapi bisa juga dari nama aslinya. Salah satunya adalah nama kecil dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Dorojatun.

Gusti Raden Mas Dorojatun, demikian nama yang disandang beliau ketika kecil. Dilahirkan pada tanggal 12 April 1912, beliau adalah anak kesembilan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dari istrinya yang kelima, Raden Ajeng Kustilah atau Kanjeng Ratu Alit.

Masa muda GRM Dorojatun dihabiskan di luar lingkungan keraton, bahkan beliau dititipkan ke pasangan Belanda, keluarga Mulder. Kepala keluarga Mulder adalah seorang kepala sekolah NHJJS (Neutrale Hollands Javanesche Jongen School), sehingga beliau tumbuh menjadi seorang yang cerdas.

Pihak keluarga Mulder juga diberi pesan supaya mendidik GRM Dorojatun layaknya rakyat biasa. Sehingga beliau akhirnya diharuskan hidup mandiri tanpa didampingi pengasuh. Yang kemudian membuat Sri Sultan Hamengku Buwono IX dikenal dekat dengan rakyatnya dan bahkan menjadi Bapak Pramuka Indonesia.

3. Drajat

Selain dari Keraton Yogyakarta, nama nama anak laki laki Jawa yang bisa Anda gunakan juga bisa berasal dari Kesultanan Mataram. Salah satunya adalah nama dari Paku Buwono pertama, Raden Mas Drajat.

Dalam sejarah perjalanan Paku Buwono sebelum menjadi raja, putra dari Sunan Amangkurat I ini pernah diangkat menjadi Adipati Anom (Putra Mahkota). Saat itu terjadi perselisihan antara Amangkurat I dengan kakak tirinya, Mas Rahmat. Namun ketika terjadi pemberontakan Trunajaya pada tahun 1674, dengan terpaksa Amangkurat I menarik kembali jabatan tersebut.

Ketika Amangkurat I memutuskan untuk melarikan diri dari pemberontakan Trunajaya dan memerintahkan Mas Rahmat untuk mempertahankan istana. Namun, Adipati Anom Mas Rahmat menolak dan memilih untuk ikut mengungsi.

Pangeran Puger pun tampil menggantikan kakak tirinya tersebut dan berusaha menjaga istana. Meskipun usahanya itu tidak sepenuhnya berhasil, tetapi ia berhasil menunjukkan bahwa ia tidak akan pernah menyerah pada keadaan dan akan terus berjuang.

4. Prabasuyasa

Silsilah keraton Solo selanjutnya yang bisa Anda gunakan sebagai nama nama anak laki laki Jawa adalah Raden Mas Prabuyasa. Beliau adalah Paku Buwono kedua yang naik tahta pada tanggal 15 Agustus 1726 di usianya yang masih sangat muda, yaitu 15 tahun.

Karena umurnya yang sangat muda, beberapa tokoh istana berusaha bersaing untuk dapat menguasainya. Hingga akhirnya pada saat kepemimpinan Paku Buwono kedua, para pejabat Kartasura terbagi menjadi dua kelompok.

Karena adanya dua kelompok yang bertentangan, maka sering terjadi berbagai peperangan dan menjadikan istana di Kartasura semakin hancur. Dengan keadaan tersebut, Paku Buwono kedua ini berupaya membangun istana kembali di daerah Sala pada tahun 1745.

Istana tersebut hingga saat ini dinamai sebagai Keraton Solo. Raden Mas Prabasuyasa pun kemudain dijuluki sebagai raja Keraton Solo yang pertama. Oleh karenanya, penggunaan nama anak laki laki yang bagus ini cocok sekali untuk putra Anda.

5. Antasena

Nama nama anak laki laki Jawa yang bisa Anda gunakan untuk nama putra Anda adalah Antasena. Berasal dari nama Raden Mas Antasena, yang merupakan penerus atau pewaris dari Paku Buwono ke-10.

Pada masa pemerintahannya, keadaan sangat berbeda dengan Paku Buwono sebelumnya yang tenang dan damai. Karena pada masa beliau menjabat, negara Indonesia sedang dalam masa penjajahan Jepang. Sehingga pada kepemimpinannya lebih berat dibandingkan pemimpin Keraton Solo sebelumnya.

Selain nama dari Paku Buwono, Antasena juga merupakan nama dari tokoh pewayangan anak dari Bimasena. Ia dikenal memiliki kemampuan terbang, ambles bumi, dan menyelam. Karena kekuatan dan kesaktiannya, Trah Pandawa berkali-kali diselamatkan oleh Antasena dan membuat anggota Pandawa menjadi sangat segan dengan Antasena.

Antasena juga merupakan lambang kejujuran karena ia tidak bisa basa basi dan cara bicaranya lugas. Namun meskipun begitu, ia memiliki loyalitas tinggi ke trah Pandawa. Dengan menyematkan nama ini untuk putra Anda, maka diharapkan ia bisa menjadi seorang yang jujur serta memiliki loyalitas tinggi.

Nama Nama Anak Laki Laki Jawa Sanskerta

1. Adish

Ada banyak nama nama anak laki laki Jawa yang berasal dari bahasa Sanskerta. Dikarenakan masuknya bahasa Sanskerta ke Nusantara sejak ratusan tahun yang lalu, banyak kata kata yang kemudian diserap dalam bahasa Indonesia dan Jawa.

Salah satunya nama yang bisa digunakan dari bahasa Sanskerta adalah Adish (अदिश). Nama yang banyak digunakan di agama Hindu ini memiliki makna api. Meskipun begitu tidak berarti nama ini tidak bisa digunakan dalam budaya ataupun agama lain.

Terutama ketika maknanya memiliki filosofi yang sangat baik. Api merupakan sumber bahan bakar dalam kehidupan. Seperti halnya pepatah Non secum agit aeger, medicum qui heredem facit yang artinya orang yang tidak meniup api dengan baik akan mengunyah tepung dimulutnya.

2. Lingga

Nama nama anak laki laki Jawa dari bahasa Sanskerta selanjutnya adalah Lingga. Nama ini merupakan nama dari sebuah arca atau patung yang merupakan objek pemujaan atau sembahyang agama Hindu.

Kata ini biasanya merupakan singkatan dari Siwalingga dan merupakan sebuah objek yang melambangkan kemaluan Dewa Siva. Sehingga nantinya Lingga menjadi sebuah lambang kesuburan dan kekuasaan.

Meskipun nama ini merupakan nama sebuah arca atau patung, penggunaan kata ini sebagai nama bukanlah sebuah masalah. Terutama karena maknanya sangat baik dan dapat dijadikan harapan si kecil tumbuh besar menjadi seseorang yang memiliki kekuasaan.

3. Varya

Memilih nama bayi laki laki Jawa Sanskerta untuk si kecil terkadang bisa terasa sulit. Terutama jika Anda mencari sapaan yang masih terlihat modern dan memiliki makna yang baik. Salah satu nama nama anak laki laki Jawa Sanskerta yang bisa Anda gunakan adalah Varya.

Dalam bahasa Sanskerta, kata ini memiliki makna pemimpin, terkenal, atau terbaik. Nama ini juga merupakan nama dari seorang Dewi Cinta dan banyak digunakan oleh orang orang yang memiliki jabatan tinggi di India.

Tidak hanya dalam bahasa Sanskerta, sapaan ini juga bisa ditemukan dalam bahasa Rusia. Namun nama tersebut lebih banyak digunakan sebagai nama anak perempuan dan maknanya adalah wanita asing. Meskipun begitu, bukan berarti nama ini tidak bisa Anda gunakan sebagai penamaan putra Anda.

4. Ishay

Untuk menggunakan nama nama anak laki laki Jawa yang terlihat modern, Anda bisa menggunakan penamaan yang satu ini. Selain memang karena berasal dari bahasa Sanskerta, namun nama ini juga termasuk dalam jajaran nama modern di India.

Secara etimologi, nama Ishay berasal dari kata Ish yang bermakna dewa. Di mana dewa diceritakan memiliki kekuatan besar dan kegagahan, oleh karenanya sapaan tersebut bisa bermakna kekuatan dan kegagahan.

Di sisi lain panggilan Ishay ini juga bisa bermakna menyegarkan, memperkuat, dan menghidupkan. Sehingga jika digunakan untuk penamaan untuk si kecil akan memberikan harapan ia tumbuh menjadi seseorang yang menyegarkan, kuat, dan menghidupi seperti halnya dewa.

5. Agriya

Untuk membentuk rangkaian nama bayi laki laki Jawa Sanskerta yang indah, ada satu nama nama anak laki laki Jawa yang bisa Anda gunakan. Adalah Agriya, kata dalam bahasa Sanskerta yang bisa digunakan untuk penamaan si kecil.

Secara penamaan, Agriya memiliki makna pertama, terbaik, atau tertinggi. Sehingga biasanya, penggunaan panggilan ini lebih banyak digunakan untuk anak pertama ayah dan bunda.

Jika ingin menggunakannya dalam sebuah rangkaian, nama ini sangat fleksibel. Anda bisa dengan mudah meletakkannya di awal rangkaian, tengah, atau pun akhir.

Baca juga: Nama Nama Anak Laki Laki Islami yang Bisa Menjadi Pilihan untuk Penamaan Putra Anda

Nama Nama Anak Laki Laki Jawa Modern

1. Agni

Penggunaan nama nama anak laki laki Jawa yang modern tentunya menjadi keinginan setiap pasangan. Karena selain untuk menjaga budaya dan tradisi, namun juga bisa menunjukkan sisi modern Anda.

Salah satu contoh penamaan yang bisa Anda gunakan adalah Agni yang memiliki arti api. Kata yang juga merupakan nama dari Dewa Api ini sangat cocok sekali disematkan untuk penamaan putra Anda.

Kata Agni banyak sekali muncul dalam teks-teks Buddhis. Hal ini disebabkan karena kata Agni atau api merupakan penggambaran dari jiwa dan makhluk bertubuh api. Yang kemudian akan direlasikan dengan teori kelahiran kembali dan reinkarnasi.

Sementara dalam literatur Weda, Agni adalah dewa utama dan sering dipanggil bersama dengan Indra dan Soma. Agni juga dianggap sebagai perwakilan para dewa dan dewi, medium yang menyampaikan persembahan dalam sebuah ritual.

Penggunaan nama ini untuk putra Anda tidak hanya bisa memberikan harapan ia tumbuh menjadi seseorang yang selalu memiliki semangat membara seperti api. Tapi juga bisa menjadikan sebuah harapan si kecil tumbuh menjadi seorang penengah yang adil dan bijaksana.

2. Danu

Nama nama anak laki laki Jawa yang modern dan bisa Anda gunakan selanjutnya adalah Danu. Sapaan yang juga merupakan nama seorang Dewi ini sebenarnya justru lebih banyak digunakan sebagai nama anak laki laki.

Dewi Danu merupakan dewi air dari kepercayaan Hindu Bali. Ia adalah salah satu dari dua dewa dewi tertinggi dalam tradisi Bali, terutama yang memiliki kepercayaan Agama Tirta, atau kepercayaan air.

Kata ini juga digunakan untuk menyebutkan hujan atau cairan. Sehingga apabila digunakan untuk panggilan si kecil, akan menjadikan harapan putra Anda tumbuh menjadi seorang yang mengalir mengikuti arus seperti halnya air.

3. Nara

Pada pemilihan nama nama anak laki laki Jawa yang modern, Anda bisa saja menggunakan nama yang memiliki beberapa makna yang berlainan dalam bahasa yang berbeda. Salah satu contohnya adalah Nara.

Panggilan ini tidak hanya bisa ditemukan dalam bahasa Jawa ataupun Sanskerta. Namun, nama yang memiliki makna manusia dalam bahasa Sanskerta ini juga ditemukan dalam bahasa Jepang, Korea, dan juga Keltik.

Dalam bahasa Jepang, kata ini memiliki makna ternama atau ahli. Sementara dalam bahasa Korea maknanya adalah negara dan dalam bahasa Keltik berasal dari nama Nora yang bermakna cahaya.

4. Sindu

Nama nama anak laki laki Jawa yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah Sindu. Nama yang berasal dari bahasa Sanskerta ini memiliki makna permukaan air luas yang menutupi sungai atau laut.

Penamaan ini awalnya digunakan sebagai nama sungai di India. Namun pada tahun 856-600 SM, dengan adanya perubahan cara pengucapan dalam Proto-Iran dari s menjadi h, maka nama Sindu pun berubah menjadi Hindu.

Penggunaan sapaan ini untuk si kecil, akan menjadikan sebuah harapan yang baik. Karena seperti halnya permukaan air luas, seorang anak haruslah tumbuh menjadi seseorang yang mudah beradaptasi dimanapun ia berada.

5. Evaan

Bagi orang tua modern yang ingin menggunakan nama trendi untuk putranya namun masih ingin menjaga kedekatan dengan akar tradisional, coba gunakan Evaan. Nama nama anak laki laki Jawa yang satu ini pas sekali digunakan untuk si kecil.

Kata Evaan ini berasal dari kata Eva yang memiliki arti bumi atau pemberi kehidupan. Sehingga menggunakan nama ini untuk si kecil bisa menjadi sebuah harapan ia tumbuh menjadi seseorang yang rendah hati.

Nama ini juga muncul dalam bahasa Wales dengan variasi penulisan Iefan yang memiliki makna Tuhan Maha Pemurah. Penamaan yang sangat baik untuk putra Anda.

Baca juga: Nama Nama Bayi Laki Laki Modern dari Berbagai Negara

Pentingnya Memberikan Nama yang Indah untuk Putra Anda

Bagaimana dengan nama nama anak laki laki Jawa di atas? Adakah yang sesuai dengan keinginan Anda? Adakah yang cocok dengan pilihan Anda?

Sebagai orang tua yang modern tapi masih menginginkan nama yang sesuai tradisi, pemberian nama nama Jawa keren tentunya bisa dijadikan pilihan. Apalagi jika nama tersebut memiliki makna yang indah.

Gallery Nama Laki Laki Jawa

57 Kumpulan Nama Bayi Laki Laki Jawa Terlengkap A Z

Nama Anak Laki Laki Jawa Arab Untuk Si Kecil Ini 50

Inspirasi Nama Bayi Laki Laki Jawa

120 Nama Laki Laki Jawa Dan Artinya Unik Dan Penuh Makna

50 Nama Bayi Laki Laki Dari Bahasa Jawa Dan Artinya

Kumpulan Nama Nama Anak Laki Laki Jawa Yang Keren Posbunda

Arti Nama Laki Laki Dalam Bahasa Jawa Gokil Abis

1500 Nama Bayi Laki Laki Islami 2 0 0 Apk Androidappsapk Co

Nama Bayi Laki Laki Jawa A G Youtube Tubemate Downloader

Nama Bayi Laki Laki Jawa 4 4 0 Apk Download Android Books

Kumpulan Filosofi Hidup Inspirasi Nama Bayi Laki Laki Dari

Anggika M Atmarini On Twitter Semarang Infoloker

Ktpku Image By Arka Tiger

Kumpulan Nama Bayi Laki Laki Jawa Terbaru 2019kumpulan Arti

25 Nama Bayi Laki Laki Jawa Modern Beserta Artinya Tanya Nama

Ummi Pipik Home Facebook

Arti Nama Bayi Laki Laki Jawa App Report On Mobile Action

Arti Nama Bayi Laki Laki Jawa Dlya Android Skachat Apk

200 Rekomendasi Nama Bayi Laki Laki Jawa

Nama Anak Laki Laki Jawa Arab Untuk Si Kecil Ini 50

Kumpulan Rangkaian Nama Bayi Laki Laki Modern 546gm9gw2xn8


0 Response to "Nama Laki Laki Jawa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel