Soal Matematika Smp Kelas 7 Semester 1 Dan Kunci Jawaban Kurikulum 2013
Download Soal Dan Kunci Jawaban Uts Pts Matematika Semester
Soal Himpunan Matematika Kelas 7 SMP plus Kunci Jawaban Pembahasan
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Diketahui A = {2, 3, 4} dan B = {1, 3}, maka A ∪ B adalah .... A. {3} B. {1, 2, 3, 4} C. {1, 3} D. {2, 4} 2. Diketahui M = {a, i, u, e, o} dan N = {a, u, o}, maka n(M ∪ N) adalah .... A. 5 B. 6 C. 7 D. 8 3. Diketahui X = {x | x < 6, x є bilangan asli) dan Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}, maka anggota (X ∩ Y) adalah .... A. {0, 1, 2, 3, 4, 5} B. {1, 2, 3, 4, 5} C. {-1, 0, 1, 2, 3, 4} D. {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5} 4. Jika n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8, maka nilai n(A ∪ B) adalah .... A. 8 B. 9 C. 10 D. 115. Diketahui S= {bilangan asli kurang dari 10} dan A= {2, 4, 6, 8}. Nilai dari Ac adalah ....
A. {1, 2, 3, .... , 9} B. {0, 1, 3, 5, 7, 9} C. {2, 4, 6, 8} D. {1, 3, 5, 7, 9} 6. Jika P = {1, 5} dan Q = {1, 3, 5, 7}, maka P ∪ Q adalah .... A. P B. Q C. {0} D. Ø 7. Diketahui P = {bilangan asli kurang dari 5}, Q = {bilangan cacah kurang dari 6}, dan R = {bilangan ganjil kurang dari 6}, maka n(P – (Q ∩ R)) adalah .... A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 8. Jika A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}, maka n(A) adalah .... A. 18 B. 19 C. 20 D. 21 9. Perhatikan diagaram Venn berikut ! A ∩ B adalah .... A. {4, 8, 10} B. {1, 2, 3, 5, 6, 7, 9} C. {3, 4, 5, 7, 8, 10} D. {3, 5, 7} 10. Diketahui: A = {1, 3, 5, 7, 9} dan B = {0, 3, 6, 9}, maka A ∪ B adalah .... A. {0, 1, 3, 5, 6, 7, 9} B. {1, 3, 5, 6, 7, 9} C. {0, 1, 3, 5, 6, 7} D. {3, 9} 11. Diketahui : { x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan asli}. Semua bilangan bulat x adalah .... A. {-1, 0, 1, 2, 3} B. {0, 1, 2, 3} C. {-1, 0, 1, 2} D. {1, 2} 12. Diketahui B = {1, 2, 3, 4}. Banyaknya himpunan bagian dari B adalah .... A. 4 B. 8 C. 16 D. 32 13. Diketahui : K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat} dan L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}. Maka K – L adalah .... A. {-1, 0, 1, 2, 3} B. {-1, 0, 1, 2} C. {-1, 0, 1} D. {2, 3, 5} 14. Diketahui : S = {0, 1, 2, 3, .... , 10} A = {2, 3, 4, 5, 7} dan B = {1, 3, 5, 7, 9}, maka Ac adalah .... A. {3, 5, 7} B. {0, 1, 6, 8, 9, 10} C. {0, 6, 8, 9, 10} D. {0, 1, 6, 8, 10} 15. Perhatikan diagram Venn berikut !Jika diketahui n(S) = 50, n(A) = (15 – x), n(B) = (27 + x), maka banyaknya irisan A dan B adalah .... A. 5 B. 6 C. 7 D. 8 16. Diketahui himpunan jika A = {bilangan cacah kurang dari 8} dan B = {faktor dari 6}. Dengan mendaftar anggotanya, maka n(A ∪ B) adalah .... A. 5 B. 6 C. 7 D. 8 17. Jika n(P) = 100, n(Q) = 120, dan n(P ∩ Q)= 80, maka n(P ∪ Q) adalah .... A. 80 B. 100 C. 120 D. 140 18. Jika A = {1, 2, 3, 4}, B = {2, 4}, dan C = {1, 2, 3, 4, 5}, maka (A ∪ B) ∩ C adalah .... A. {1,2,3,4,5} B. {5} C. {2,4} D. {1,2,3,4}19. Jika S = {0, 1, 2, .... , 20}dan B ={x | x < 18, x є bilangan asli) maka Bc adalah ....
A. {0,18,19,20} B. {18,19,20} C. {0,18} D. {0} 20. Diketahui A = {10, 11, 12, 13}, B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}, dan C ={x | 8 ≤ 5 ≤ 12, x є bilangan asli) maka A – (B ∩ C) dan A – (B ∪ C) adalah .... A. {11, 12} dan {10, 11, 12, 13} B. {11, 12} dan {8, 9, 14} C. {10, 13} dan {10, 11, 12, 13} D. {10, 13} dan {8, 9, 14} 21. Di kelas VII-C berjumlah 35 anak. Setelah didata, 21 anak menyukai pelajaran Matematika, 20 anak menyukai pelajaran Biologi, dan 10 anak menyukai kedua-duanya. Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya adalah .... anak. A. 3 B. 4 C. 5 D. 6 22. Dari 35 anak, terdapat (25 – x) anak gemar makan permen dan (18 – x) gemar makan coklat. Jika 7 anak tidak gemar makan permen dan coklat, maka banyaknya anak yang gemar makan coklat adalah .... anak. A. 3 B. 4 C. 5 D. 6 23. Dari 40 anak diketahui 16 anak suka menulis, 22 suka membaca, dan 12 anak tidak suka menulis dan membaca. Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca adalah .... anak. A. 10 B. 12 C. 14 D. 16 24. Suatu kelas terdapat 30 anak. 15 anak suka menggambar, 20 anak suka menyanyi, dan 8 anak suka kedua-duanya. Banyaknya anak yang tidak suka kedua-duanya adalah .... A. 3 B. 4 C. 5 D. 6 25. Survei membuktikan 30 anak menyukai serial Upin Ipin, 20 anak menyukai serial Shaun the Seep, dan 19 anak menyukai serial Upin Ipin dan Shaun the Seep. Banyaknya peserta yang mengikuti survei adalah .... anak. A. 30 B. 31 C. 32 D. 33 Bagaimana contoh soal himpunan matematika yang ada di blog ini? Mudah-mudah apa terlalu sulit? Kalau dirasa sulit, jangan khawatir. Simak pembahasan soal berikut ini. 1. Diketahui A = {2, 3, 4} dan B = {1, 3}, maka A ∪ B adalah .... Pembahasan Diket:- A = {2, 3, 4}
- B = {1, 3} Maka, A ∪ B = {1, 2, 3, 4}Jawaban: B
2. Diketahui M = {a, i, u, e, o} dan N = {a, u, o}, maka n(M ∪ N) adalah ....Pembahasan
Diket:- M = {a, i, u, e, o}
- N = {a, u, o} M ∪ N = {a, i, u , e, o} Maka, n(M ∪ N) = 5Jawaban: A
3. Diketahui X = {x | x < 6, x є bilangan asli) dan Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}, maka anggota (X ∩ Y) adalah ....Pembahasan
X = {x | x < 6, x є bilangan asli) = {1, 2, 3, 4, 5} Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat} = {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5} (X ∩ Y) = {1, 2, 3, 4, 5}Jawaban: B
4. Jika n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8, maka nilai n(A ∪ B) adalah ....Pembahasan
n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8 n(A ∪ B) = n(A) + n(B) - n(A ∩ B) = 10 + 8 – 8 = 10Jawaban: C
5. Diketahui S= {bilangan asli kurang dari 10} dan A= {2, 4, 6, 8}. Nilai dari Ac adalah
Pembahasan S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9} A = {2, 4, 6, 8}Ac = {1, 3, 5, 7, 9}
Jawaban: D 6. Jika P = {1, 5} dan Q = {1, 3, 5, 7}, maka P ∪ Q adalah ....Pembahasan
Diket:- P = {1, 5}
- Q = {1, 3, 5, 7} Maka, P ∪ Q = {1, 3, 5, 7} Jadi, {1, 3, 5, 7} = QJawaban: B
7. Diketahui P = {bilangan asli kurang dari 5}, Q = {bilangan cacah kurang dari 6}, dan R = {bilangan ganjil kurang dari 6}, maka n(P – (Q ∩ R)) adalah ....Pembahasan
P = {bilangan asli kurang dari 5} = {1, 2, 3, 4} Q = {bilangan cacah kurang dari 6} = {0, 1, 2, 3, 4, 5} R = {bilangan ganjil kurang dari 6} = {1, 3, 5} (Q ∩ R) = {1, 3, 5} P – (Q ∩ R) = ({1, 2, 3, 4} - {1, 3, 5}) n(P – (Q ∩ R)) = 4 – 3 = 1Jawaban: A
8. Jika A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}, maka n(A) adalah ....Pembahasan
A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat} = {-5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15} n(A) = 21Jawaban: D
9. Perhatikan diagaram Venn berikut ! A ∩ B adalah ....Pembahasan
A = {1, 3, 5, 6, 7, 9} B = {2, 3, 5, 7} A ∩ B = {3, 5, 7}Jawaban: D
10. Diketahui: A = {1, 3, 5, 7, 9} dan B = {0, 3, 6, 9}, maka A ∪ B adalah ....Pembahasan
A = {1, 3, 5, 7, 9} B = {0, 3, 6, 9} A ∪ B = {0, 1, 3, 5, 6, 7, 9}Jawaban: A
11. Diketahui : {x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan asli }. Semua bilangan bulat x adalah ....Pembahasan
Diketahui : { x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan asli } : {1, 2}Jawaban: D
12. Diketahui B = {1, 2, 3, 4}. Banyaknya himpunan bagian dari B adalah ....Pembahasan
n(B) = 4Banyaknya himpunan bagian = 2n
24 = 16 Jawaban: C 13. Diketahui : K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat} dan L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}. Maka K – L adalah ....Pembahasan
K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat} = {-1, 0, 1, 2, 3} L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima} = {1, 2, 3, 5} K – L = ({-1, 0, 1, 2, 3} - {2, 3, 5}) = {-1, 0, 1}Jawaban: C
14. Diketahui : S = {0, 1, 2, 3, .... , 10}A = {2, 3, 4, 5, 7} dan B = {1, 3, 5, 7, 9}, maka Ac adalah ....
Pembahasan S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10} A = {2, 3, 4, 5, 7} B = {1, 3, 5, 7, 9}Ac = {0, 1, 6, 8, 9, 10}
Jawaban: B 15. Perhatikan diagram Venn berikut ! Jika diketahui n(S) = 50, n(A) = (15 – x), n(B) = (27 + x), maka banyaknya irisan A dan B adalah ....Pembahasan
n(S) = n(A) – x + n(A ∩ B) + n(B) + x 50 = 15 – x + x + 27 + x 50 = 42 + x 8 = xJawaban: D
16. Diketahui himpunan jika A = {bilangan cacah kurang dari 8} dan B = {faktor dari 6}. Dengan mendaftar anggotanya, maka n(A ∪ B) adalah ....Pembahasan
A = {bilangan cacah kurang dari 8} = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} B = {faktor dari 6} = {2, 3} A ∪ B = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} n(A ∪ B) = 8Jawaban: D
17. Jika n(P) = 100, n(Q) = 120, dan n(P ∩ Q)= 80, maka n(P ∪ Q) adalah ....Pembahasan
n(P)= 100, n(Q)= 120, dan n(P ∩ Q)= 80 n(A ∪ B) = n(P) + n(Q) - n(P ∩ Q) = 100 + 120 – 80 = 140Jawaban: D
18. Jika A = {1, 2, 3, 4}, B = {2, 4}, dan C = {1, 2, 3, 4, 5}, maka (A ∪ B) ∩ C adalah ....Pembahasan
A = {1, 2, 3, 4} B = {2, 4} C = {1, 2, 3, 4, 5} A ∪ B = {1, 2, 3, 4} (A ∪ B) ∩ C = {5}Jawaban: B
19. Jika S = {0, 1, 2, .... , 20}dan B ={x | x < 18, x є bilangan asli) maka Bc adalah ....
Pembahasan S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20} B = {x | x < 18, x є bilangan asli} = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17}Jawaban: A 20. Diketahui A = {10, 11, 12, 13}, B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}, dan C ={x | 8 ≤ 5 ≤ 12, x є bilangan asli) maka A – (B ∩ C) dan A – (B ∪ C) adalah ....
Pembahasan A = {10, 11, 12, 13} B = {bilangan cacah antara 10 dan 15} = {11, 12, 13, 14} C = {x | 8 ≤ x ≤ 12, x є bilangan asli} = {8, 9, 10, 11, 12} A – (B ∩ C) = ({10, 11, 12, 13} – {11, 12}) = {10, 13} A – (B ∪ C) = ({10, 11, 12, 13} – {8, 9, 10, 11, 12, 13, 14}) = {8, 9, 14}Jawaban: D
21. Di kelas VII-C berjumlah 35 anak. Setelah didata, 21 anak menyukai pelajaran Matematika, 20 anak menyukai pelajaran Biologi, dan 10 anak menyukai kedua-duanya. Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya adalah .... anak.Pembahasan
Misal:- S = himpunan semesta
- M = menyukai pelajaran matematika - B = menyukai pelajaran biologi - T = tidak menyukai keduanya Diket:- n(S) = 35 anak
- n(M) = 21 anak - n(B) = 20 anak - n(M ∩ B) = 10 anak Dit: Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya...? Jawab: n(S) = (n(M) + n(B) – n(M ∩ B)) + n(T) 35 = (21 + 20 - 10) + n(T) 35 = 31 + n(T) 4 = n(T)Jawaban: B
22. Dari 35 anak, terdapat (25 – x) anak gemar makan permen dan (18 – x) gemar makan coklat. Jika 7 anak tidak gemar makan permen dan coklat, maka banyaknya anak yang gemar makan coklat adalah .... anak.Pembahasan
Misal:- S = himpunan semesta
- P = gemar makan permen - C = gemar makan coklat - T = tidak gemar makan keduanya Diket:- n(S) = 35 anak
- n(P) = (25 – x) - n(C) = (18 – x) - n(T) = 7 anak Dit: Banyaknya anak yang gemar makan coklat...? Jawab: n(S) = n(P) + n(C) + n(P ∩ C) + n(T) 35 = (25 - x) + (18 – x) + x + 7 35 = 50 – x x = 15 n(C) = (18 – x) = 18 – 15 = 3Jawaban: A
23. Dari 40 anak diketahui 16 anak suka menulis, 22 suka membaca, dan 12 anak tidak suka menulis dan membaca. Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca adalah .... anak.Pembahasan
Misal:- S = himpunan semesta
- A = suka menulis - B = suka membaca - T = tidak suka keduanya Diket:- n(S) = 40 anak
- n(A) = 16 anak - n(B) = 22 anak - n(T) = 12 anak Dit: Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca...? Jawab: n(S) = n(A) + n(B) + n(A ∩ B) + n(T) 40 = 16 + 22 + x + 12 40 = 50 – x x = 10Jawaban: A
24. Suatu kelas terdapat 30 anak. 15 anak suka menggambar, 20 anak suka menyanyi, dan 8 anak suka kedua-duanya. Banyaknya anak yang tidak suka kedua-duanya adalah ....Pembahasan
Misal:- S = himpunan semesta
- G = suka menggambar - H = suka menyanyi - G ∩ H = suka keduanya - T = tidak suka keduanya Diket:- n(S) = 30 anak
- n(G) = 15 anak - n(H) = 20 anak - n(G ∩ H) = 8 anak Dit: Banyaknya anak yang tidak suka keduanya...? Jawab: n(S) = (n(G) + n(H) - n(G ∩ N)) + n(T) 30 = (15 + 20 – 8) + n(T) 30 = 27 + n(T) 3 = n(T)Jawaban: A
25. Survei membuktikan 30 anak menyukai serial Upin Ipin, 20 anak menyukai serial Shaun the Seep, dan 19 anak menyukai serial Upin Ipin dan Shaun the Seep. Banyaknya peserta yang mengikuti survei adalah .... anak.Pembahasan
Misal:- S = himpunan semesta
- Uu = suka Upin Ipin - Ss = suka Shaun the Seep - Uu ∩ Ss = suka keduanya Diket:- n(Uu) = 30 anak
- n(Ss) = 20 anak - n(Uu ∩ Ss) = 19 anak Dit: n(S)...? Jawab: n(S) = n(Uu) + n(Ss) - n(Uu ∩ Ss) n(S) = 30 + 20 - 19 n(S) = 31Jawaban: B
Download Soal Himpunan Kelas 7 SMP plus Kunci Jawaban dan Pembahasan
Soal Himpunan Matematika Kelas 7 SMP plus Kunci Jawaban Pembahasan adalah konten yang disusun oleh Juragan Les dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Bagaimana? Sekarang semua jadi mudah bukan? Semoga dengan adanya 25 Contoh Soal Himpunan Matematika Kelas 7 SMP plus Kunci Jawaban Pembahasan ini bisa menambah referensi belajar.Gallery Soal Matematika Smp Kelas 7 Semester 1 Dan Kunci Jawaban Kurikulum 2013
Contoh Soal Essay Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 1
Soal Penilaian Tengah Semester Pts 1 Matematika Kelas 7 Smp K13
Soal Uts Matematika Kelas 8 Semester 1 Kunci Jawaban
Soal Perubahan Fisika Dan Kimia Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi
Buku Matematika Smp Kelas 7 Semster 1 Kurikulum 2013
Soal Ulangan Perbandingan Kelas 7 Kurikulum 2013 Kemendikbud
Soal Dan Kunci Jawaban Pat Matematika Smp Kelas 7 Kurikulum
249152982 Latihan Soal Dan Kunci Jawaban Serta Cata
Kunci Jawaban Buku Wajib Matematika Kelas 7 Semester 1 Bab 1 Bilangan
Soal Dan Kunci Jawaban Pat Bahasa Inggris Smp Kelas 7
Jawaban Buku Matematika Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013
Soal Dan Kunci Jawaban Pat Pai Smp Kelas 7 Kurikulum 2013
Buku Lks Matematika Kelas 7 Semester 1
Soal Pas Uas Matematika Smp Kelas 7 Semester 1 Pembahasan Penilaian Akhir Semester 40 Soal
Soal Soal Matematika Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013
Soal Uas Ganjil Matematika Smp Kelas Vii 2015 2016
Soal Ukk Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun 2019 Lengkap Semua
Kumpulan Soal Matematika Smp Kelas 7 Semester 1 Didno76 Com
Soal Dan Kunci Jawaban Uas Matematika Smp Semester 2 Kelas 7
Buku Guru Matematika Kelas Vii Smp Kurikulum 2013
Soal Uts Matematika Kelas 6 Sd Semester 1 Dan Kunci Jawaban
Soal Uts Pts Seni Budaya Kelas 7 Kurikulum 2013 Semester 2 Dan Kunci Jawaban
0 Response to "Soal Matematika Smp Kelas 7 Semester 1 Dan Kunci Jawaban Kurikulum 2013"
Post a Comment