Cara Ternak Ikan Cupang



Depok Akan Kembangkan Budi Daya Ikan Cupang Republika Online

7 Gambar Jenis dan Cara Ternak Ikan Cupang

Ikan cupang cukup populer di Indonesia. Ikan ini memiliki tubuh yang indah, sehingga banyak yang mengoleksinya di aquarium. Banyak sekali jenis ikan cupang yang memiliki khas masing-masing.

Harga ikan cupang relatif murah. Namun, melihat dari peminat yang begitu banyak, maka tak ada salahnya jika kita kembangkan sebagai usaha.

Jenis Ikan Cupang

Halfmoon

Jenis ikan cupang ini sirip dan ekornya seolah membentuk setengah lingkaran. Sehingga seperti bulan paruh atau halfmoon. Berikut beberapa jenis ikan cupang halfmoon.

binatangpeliharaan.org
wawasangadis.blogspot.com

Plakat

Jenis ikan cupang yang paling banyak digemari yaitu ikan cupang jenis plakat. Ikan cupang ini memiliki bentuk yang cenderung pendek dan terlihat buntek. Ikan cupang plakat ini biasa dibuat tarung sehingga banyak yang menyebutnya jenis ikan cupang laga. Jika disatukan dalam aquarium, jenis ikan cupang ini akan bertarung. Sehingga banyak breeder yang dengan sengaja mengembangbiakan jenis ikan cupang ini agar menjadi kuat, agresif dan galak dengan memberikan beberapa obat-obatan sejak menetas.

Cupang Alam

Jenis ikan cupang alam ini merupakan jenis asli dari alam yang belum pernah dilakukan penyilangan atau pun rekayasa genetik. Jenis ikan cupang ini banyak terdapat di rawa, sawah atau sungai. Ada juga jenis ikan cupang langka yang memiliki harga sangat tinggi. CUpang-cupang yangkita kenal, asalnya dari jenis ikan cupang alam ini.

wikipedia.org
wikipedia.org

Double Tail Betta

Mirip dengan ikan cupang halfmoon, jenis ikan cupang ini memiliki ekor membentuk setengah lingkaran yang menyatu dengan sirip. Akan tetapi sesuai dengan namanya, ekor dari jenis ikan cupang double tail ini terbagi menjadi dua.

www.microcosmoacquari.it
aquariadise.com
livefish.com.au

Veiltail

Jenis ikan cupang ini dulu pernah populer karena kemudahannya didapat. Namun dengan banyaknya jenis ikan cupang yang baru, jenis ikan cupang veiltail ini semakin meredup.

fishexchange.com
www.cichlids.com

Crowntail atau Serit

Crowntail atau lebih dikenal dengan sebutan serit merupakan jenis ikan cupang yang dikembangbiakan oleh breeder asal Indonesia, tepatnya di daerah Slipi, Jakarta. Crwontail memiliki ekor seperti mahkota jika ekor tersebut dibalikan ke atas. Karena keindahan ekornya dan terlihat unik, jenis ikan cupang crowntail ini bisa mendunia.

filckr.com
filckr.com
photobucket.com

Giant Betta

Seperti namanya, giant betta merupakan ikan cupang yang memiliki tubuh besar atau raksasa. Tumbuh hingga 12-15 cm, membuat jenis ikan cupang ini kurang agresif dalam berenang.

jotyabettanews.blogspot.com
putrajogjakarta.wordpress.com

Memilih Bibit Ikan Cupang

Memulai ternak ikan cupang diawali dengan memilih bibit yang berkualitas [baca juga: Ikan Buntal Air Tawar]. Bibit yang baik haruslah dari keturunan unggul, bebas penyakit, kondisi bugar dan tidak ada cacat bawaan. Tempatkan terpisah antara bibit jantan dan betina.

Ikan cupang jantan memiliki ciri gerakannya lincah, warna cerah, ekor dan sirip mengembang lebar dan tubuhnya lebih besar. Sedangkan yang betina memiliki ekor dan sirip lebih pendek, tubuh lebih kecil, warna kusam dan lebih lamban.

Lakukan pemijahan ketika induk jantan dan betina siap dikawainkan atau sudah masuk fase matang gonad. Ciri-ciri induk ikan cupang siap dikawinkan yaitu:

Cupang Jantan

  1. Berumur 4-8 bulan
  2. Bentuk badan panjang
  3. Siripnya panjang dengan warna terang atraktif
  4. Gerakannya agresif dan lincah

Cupang Betina

  1. Umur 3-4 bulan
  2. Bentuk badan membulat dengan perut buncit
  3. sirip pendek dengan warna kusam tidak menarik
  4. Gerakan lambat

Pemijahan Ikan Cupang

Ketika induk ikan cupang sudah siap kawin, maka siapkanlah wadah seperti aquarium kecil yang berukuran 20x20x20 cm. Sediakan juga gelas plastik untuk ikan cupang betina dan tumbuhan air misal kayambang.

Dalam sekali kawin, telur yang dihasilkan ikan cupang mencapai 1000 butir. Dalam 24 jam setelah pembuahan, telur-telur tersebut akan menetas. Walaupun telur yang dihasilkan banyak, namun tingkat kematiannya sangat tinggi. Biasanya hanya 30-50 ekor ikan cupang yang hidup.

Ikan cupang jantan dapat dikawinkan hingga 8 kali dalam interval waktu 2-3 minggu. Sedangkan betina, usahakan cukup sekali saja. Karena jika dipaksakan akan menghasilkan ikan yang didominasi berkelamin betina.

Langkah-langkah Pemijahan

Tempat pemijahan diisi dengan air bersih setengah aquarium kecil (dilebihkan sedikit). Gunakan air sungai yang jernih. Sebelum dimasukan ke aquarium tempat pemijahan, air diendapkan terlebih dahulu. Jangan menggunakan air kemasan atau PAM yang mengandung kaporit.

Tambahkan tumbuhan air ke aquarium pemijahan sebagai tempat berlindung burayak. Tapi ngat, jangan terlalu banyak, karena akan oksigen terlarut dalam air akan habis oleh tumbuhan air tersebut.

Masukan ikan cupang jantan ke aquarium pemijahan. Biarkan selama satu hari di aquarium tersebut. Masukan ikan cupang betina ke dalam gelas plastik dan simpan di aquarium tempat pemijahan. Ini dimaksudkan agar ikan cupang jantan mengeluarkan gelembung-gelembung untuk menyimpan telur yang sudah dibuahi.

Setelah gelembung-gelembung dirasa cukup. keluarkanlah ikan cupang dari gelas plastik dan masukan ke aquarium tempat pemijahan. Waktu pemijahan sekitar pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Karena ikan ini cukup sensitif, tempatkanlah aquarium pemijahan di tempat yang tenang, terhindar dari hilir mudik orang lewat dan suara bising.

Setelah terjadi pembuahan, keluarkan ikan cupang betina dari aquarium pemijahan. Karena jika tidak, telur-telur yang telah dibuahi akan dimakan. Biarkan ikan cupang jantan yang bertanggung jawab menjaga dan membesarkan burayak. Ikan cupang jantan akan memunguti telur yang telah dibuahi kemudian ditempatkan di gelembung-gelembung yang telah dibuatnya.

Tunggu sekitar satu hari, telur-telur akan menetas. Tidak perlu dikasih pakan selama tiga hari ke depan. Karena masih adanya nutrisi yang terbawa dalam telur. Induk jantan juga berpuasa selama menjaga burayak.

Di hari ke-4 berikanlah pakan berupa kutu air (daphnia atau monia). Pakan yang diberikan jangan melebihi jumlah burayak, karena akan mengotori air yang menyebabkan burayak pada mati.

Ikan cupang jantan diambil dari aquarium pemijahan setelah dua minggu stelah menetasnya telur. Buarayak dipindahkan ke aquarium lebih besar atau wadah lainnya yang memiliki volume lebih besar. Berikanlah pakan berupa kutu air yang lebih besar atau bisa juga larva nyamuk.

Ketika mencapai umur 1,5 bulan, pilah ikan cupang berdasarkan jenis kelamin. Pisahkan ke wadah pembesaran.

Gallery Cara Ternak Ikan Cupang

Cara Beternak Ikan Cupang Fancy Cara Mudah Budidaya Ikan

Daun Ketapang Untuk Budidaya Ikan Cupang Tokopedia Blog

Tips Cara Ternak Ikan Cupang Versi Teman Saya Shobatasmo

Bisnis Ikan Hias Budidaya Ikan Cupang Memiliki Prospek Yang

Cara Ternak Ikan Cupang Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang

Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang Cara Budidaya Ikan Cupang

Cara Budidaya Ikan Cupang

8 Cara Budidaya Ikan Cupang Hasil Memuaskan 100 Berhasil

Begini Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Benar Pertanianku

7 Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Untuk Pemula Website Desa

Harga Ikan Cupang Hias 2016 Cara Budidaya Ikan Cupang Medium

Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang Ikan Cupang Betta Betta

Cara Budidaya Ikan Cupang Aduan Dan Hias Agar Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar Khusus Pemula

Cara Budidaya Ikan Cupang Untuk Pemula Lengkap Dengan Gambar

Cara Budidaya Ikan Cupang Beromzet Jutaan Rupiah Aqua Ama

Hobi Ikan Cupang Nih Cara Ternak Ikan Cupang Paling Efektif

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Baik Dan Benar Harga Jual

Daun Ketapang Untuk Budidaya Ikan Cupang Tokopedia Blog

Budidaya Ikan Cupang Yang Menguntungkan Panduan Beternak

Inilah Tips Cara Budidaya Ikan Cupang Agar Cepat Panen

Budidaya Ikan Cupang Untungnya Memang Memikat

Cara Ternak Ikan Cupang Mudah Dan Bisa Jadi Usaha Rumahan

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Cupang Agar Sukses

Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar Tips Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Cupang Menggunakan Aquarium Cepets Info

Cara Ternak Ikan Cupang Mudah Dan Bisa Jadi Usaha Rumahan

Panduan Lengkap Cara Merawat Ikan Cupang Dengan Baik Dan


0 Response to "Cara Ternak Ikan Cupang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel