Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
Rumusan Naskah Akademik Indoms Capaian Pembelajaran Ppt
Capaian Pembelajaran
Saat ini, berlaku 2 kurikulum di prodi psikologi, yakni kurikulum 2009 dan kurikulum 2014. Kurikulum 2009 berlaku untuk mahasiswa angkatan 2012 ke atas. Sementara itu, kurikulum 2014 adalah hasil redesain kurikulum 2009 yang mulai berlaku pada angkatan 2013 dan seterusnya.
Capaian Pembelajaran Kurikulum 2009
Area Kompetensi | Capaian Pembelajaran |
Personal: Kompetensi yang terkait dengan pengembangan kesadaran diri dan pembentukan karakter pada mahasiswa. | 1. Mampu menerapkan konsep dan keterampilan dalam ilmu psikologi, refleksi diri yang efektif, keterampilan manajemen proyek, keterampilan bekerja dalam kelompok, keterampilan komunikasi, dan persiapan karir sejalan dengan konteks nilai dan standar profesional. |
Konseptual: Kompetensi yang terkait dengan penguasaan konsep dan teori psikologi secara mendalam. | 2. Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dasar dan pemahaman terhadap konsep-konsep besar, perspektif teoretis, perkembangan zaman, dan temuan-temuan empiris untuk menjelaskan prinsip-prinsip psikologis yang berlaku pada permasalahan perilaku. |
Riset dan Asesmen: kemampuan dan keterampilan untuk melakukan penelitian dan asesmen terkait isu psikologis baik individu maupun masyarakat. | 3. Mampu mendemonstrasikan kompetensi dalam penggunaan teori serta mendesain dan melaksanakan rencana penelitian dan asesmen |
Kreasi dan Intervensi: kemampuan untuk menciptakan “karya nyata” untuk mengembangkan kesejateraan psikologis (well-being) individu dan masyarakat. | 4. Mampu mendesain program atau produk inovatif untuk mengoptimalkan kontribusi kepada kesejahteraan masyarakat. |
Capaian Pembelajaran Kurikulum 2014
KOMPETENSI UTAMA
No | Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah |
1 | Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan dan bersikap empatik. | |
2 | Menguasai konsep teoretis utama (major concepts) tentang proses dan fungsi mental manusia (seperti memori, emosi, dan motivasi), serta sejarah dan aliran-aliran dalam psikologi. |
|
3 | Menguasai konsep teoritis tentang pengaruh otak dan sistem syaraf terhadap perilaku. | |
4 | Menguasai konsep teoritis tentang proses belajar. |
|
5 | Menguasai teori-teori kepribadian. | |
6 | Menguasai konsep teoritis tentang perkembangan manusia dari konsepsi sampai usia lanjut. |
|
7 | Menguasai konsep teoritis tentang kesehatan mental dan psikopatologi. |
|
Menguasai prinsip-prinsip pendekatan komunitas dalam mengupayakan peningkatan kesehatan mental. | ||
8 | Menguasai konsep teoritis hubungan manusia dengan lingkungan sosialnya. |
|
9 | Menguasai konsep dan teori-teori dasar dalam Psikologi Industri dan Organisasi. |
|
10 | Menguasai teknik-teknik statistika dasar dan metodologi penelitian dasar. |
|
11 | Menguasai tahapan penyusunan skala psikologi, konsep-konsep dalam pengukuran psikologis (validitas, reliabilitas, norma), teori tes klasik, dan konsep dasar dalam psikometri. | |
12 | Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik. | |
13 | Menguasai konsep dasar dan prinsip-prinsip psikodiagnostik, dan teknik interview, teknik observasi, serta konsep teoritis yang mendasari tes psikologi. |
|
14 | Menguasai dasar-dasar konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan psikoterapi. |
|
15 | Menguasai konsep teoritik komunikasi antar pribadi dan komunikasi massa. | |
16 | Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif, dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggungjawab. | |
17 | Menguasai tata cara penulisan ilmiah dengan standar American Psychological Association (APA). | |
18 | Menguasai Prinsip Etika Profesi dan Kode Etik Psikologi Indonesia. |
|
19 | Mampu mempertanggung-jawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia. | |
20 | Menguasai konsep teoritik tentang pengembangan diri dan karir. | |
21 | Mampu melakukan rapport dan membangun hubungan profesional yang efektif serta membangun hubungan interpersonal yang sehat. |
|
22 | Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia. | |
23 | Mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada. | |
24 | Mampu melakukan intervensi psikologi dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia. | |
25 | Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif (minimal dengan analisis statistika deskriptif atau inferensial bivariate, serta non-parametrik untuk observed variable), dan dengan metodologi penelitian kualitatif generik. |
|
26 | Mampu merencanakan dan mengembangan karier dan pengembangan dirinya sendiri (career and personal development). |
KOMPETENSI PENDUKUNG
No | Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah |
27 | Menjelaskan konsep-konsep dasar dalam filsafat ilmu pengetahuan, seperti paradigm, faslifikasi, realism, dan model hipotetik deduktif | |
28 | Menjelaskan secara kritis dan argumentatif problem filosofis hakikat manusia yang terkait dengan fitur fisik, metafisik dan sosial | |
29 | Menjelaskan dampak-dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap lingkungan global | |
30 | Membuat peta/dinamika persoalan perkembangan dan pendidikan pada masing-masing tahap perkembangan dengan menggunakan perspektif keluarga |
|
31 | Membuat skema/diagram dinamika pengaruh kelompok atas lembaga-lembaga sosial, serta bagaimana kelompok mengajarkan pada individu tentang apa yang patut dan tidak patut, memudahkan dan menghambat perubahan, menandai tingkatan status, kelas sosial dan kekuasaan, serta menunjukkan prasangka dan diskriminasi. | |
32 | Menguasai konsep teoritis dan pendekatan kajian ulayat (indigenous) terhadap perilaku individu dan kelompok | |
33 | Membuat skema/diagram dinamika perilaku masyarakat Indonesia saat ini dengan menggunakan perspektif antropologi psikologi | |
34 | Menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan, sesuai dengan kaidah yang berlaku | |
35 | Menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan, sesuai dengan kaidah yang berlaku | |
36 | Menguasai konsep teoritis tentang dinamika dan perkembangan keluarga dalam kaitannya dengan perkembangan individu. |
|
37 | Menyusun desain promosi kesehatan komunitas melalui pendekatan intervention mapping | |
38 | Mampu mengenali dan mengembangkan potensi kepemimpinan yang ada di dalam dirinya |
|
39 | Mampu mengambil keputusan berdasarkan teknik analisis pengambilan keputusan | |
40 | Menyusun proposal penelitian skripsi sesuai dengan tema dan topik dalam bidang peminatan masing-masing |
KOMPETENSI KHUSUS (LAINNYA)
No | Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah |
41 | Menyusun perencanaan pembelajaran atau pengelolaan pendidikan anak usia dini sesuai dengan konsep perkembangan anak (Developmentally Appropriate Practice/DAP) |
|
42 | Mampu mendesain perencanaan program pembelajaran bagi orang dewasa | |
43 | Menerapkan program untuk pengembangan individu berbakat pada aspek sosioemosional, kreativitas, kemandirian belajar dan karir | |
44 | Mampu membuat alat permainan edukatif (APE) sebagai stimulasi perkembangan dan media pembelajaran dalam pendidikan | |
45 | Merancang program pencegahan gangguan emosi dan perilaku pada anak dan remaja dengan mempertimbangkan aspek bio-psiko-sosio-kultural dan gender |
|
46 | Mampu mengembangkan strategi pembelajaran untuk Siswa Berkebutuhan Khusus sesuai dengan kekhususannya di Sekolah Inklusi | · Pendidikan Inklusi |
47 | Membuat rekomendasi yang tepat untuk membantu mengoptimalkan perkembangan dan menyelesaikan persoalan individu pada setiap tahapan usia perkembangan (anak, remaja, dewasa dan usia lanjut) |
|
48 | Membuat desain perencanaan kegiatan profiling komunitas untuk peningkatan kesehatan mental |
|
49 | Mengintervensi perilaku adiksi yang muncul akibat penggunaan media informasi-komunikasi dan teknologi (computer-mediated communication behavior), baik dalam lingkup individual maupun sosial. | |
50 | Membuat rancangan resolusi konflik dalam konteks masyarakat Indonesia | |
51 | Mampu melakukan penanganan psikologis terhadap korban bencana berdasarkan pendekatan dan prosedur Psychological First Aids | |
52 | Mampu melakukan intervensi penguatan kapasitas psikososial untuk masyarakat di wilayah rawan bencana (mitigasi bencana) | |
53 | Mengidentifikasi faktor resiko yang berkontribusi pada problem kesehatan dengan menggali faktor determinan berdasarkan pendekatan ekologis dengan menggunakan langkah-langkah intervention mapping |
|
54 | Melakukan pendampingan atau psikoedukasi pada masyarakat terkait dengan kasus perdagangan manusia |
|
55 | Merancang suatu desain perilaku massa untuk kepentingan yang konstruktif dalam kehidupan masyarakat | |
56 | Membuat rancangan program-program intervensi yang dapat meningkatkan perilaku kerja positif dan mengurangi perilaku kerja negative |
|
57 | Menyusun rencana bisnis, dan melakukan analisis pasar terkait usaha yang akan digelutinya | |
58 | Mampu mendesain coaching untuk pengembangan individu di tempat kerja |
|
59 | Merancang pelatihan yang dapat meningkatkan efektivitas kelompok untuk meningkatkan kesehatan mental di organisasi |
|
60 | Merancang modul inisiasi perubahan budaya organisasi | |
61 | Membuat proyek pengelolaan stres yang terkait dengan kasus stres personal dalam kehidupan sehari-hari. | |
62 | Mampu melakukan pemetaan psikologis terhadap pelaku tindakan kriminal/kejahatan (Criminal Profiling) | |
63 | Mampu melakukan otopsi psikologis atas korban kejahatan/kriminal (Psychological Autopsy) | |
64 | Mampu melakukan konseling kelompok pada kasus penyalahgunaan zat atau perilaku beresiko remaja | |
65 | Melakukan konseling terhadap masalah-masalah non-klinis dalam perkawinan dan keluarga |
|
66 | Merancang program preventif, promotif dan kuratif terhadap gangguan psikologis pada masa dewasa dan usia lanjut |
|
Gallery Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Praktikum Sap Mampu
Matematika Bisnis Pdf Google Drive
Posts By Admin Pdf Documents Part 46 47
Doc Rencana Pembelajaran Semester Rps Program Studi
Capaian Pembelajaran Pulmonologi Dan Ilmu Kedokteran
Profil Dan Capaian Pembelajaran Lulusan Ppt Download
Rpkps Mata Kuliah Komunikasi Dan Negosiasi Bisnis Youtube
Capaian Pembelajaran Lulusan Aiptkmi
Syllabus Validated By Validator Download Scientific Diagram
Rencana Pembelajaran Semester Rps
C Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Cpmk Dan Indikator
Doc Rps Ekonomi Mikro Islam Doc Anggara Disuma
Doc Rps Of English Coursebook Development Format Dikti
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Ilmu Budaya Sap Materi
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Praktikum Sap Praktikum
Pdf The Using Of Blended Learning For Citizenship Education
F2 Analisis Capaian Pembelajaran
Contoh Merumuskan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
0 Response to "Capaian Pembelajaran Mata Kuliah"
Post a Comment