Pengertian Latar Belakang Masalah



Latar Belakang Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Pengertian dan Contoh Latar Belakang Masalah pada Skripsi yang Baik dan Benar

Pengertian dan Contoh Latar Belakang Masalah pada Skripsi yang Baik dan Benar – pada artikel sebelumnya kita membahas tentang Contoh Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan/Instansi Pemerintahan, kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dan Contoh Latar Belakang Masalah pada Skripsi. 
Sebelumnya kita harus memahami apa yang dimaksud dengan Latar Belakang Masalah. Latar Belakang Masalah merupakan dasar atau tolak ukut untuk memberikan kemudahan bagi pembaca Makalah atau Skripsi untuk memahami isi dari Latar Belakang permasalahan yang ingin kita bahas dalah Makalah atau Skripsi tersebut. Sebuah Latar Belakang yang baik haruslah disusun dengan sejelas mungkin, menggunakan kalimat yang mudah dipahami pembaca atau pendengar, bila perlu disertai dengan data dan fakta yang mendukung.
Klik Pengertian - Beberapa hal yang harus dipahami dalam membuat Latar Belakang Masalah, diantara nya sebagai berikut :
1.  Keadaan Ideal, yang dimaksud keadaan ideal adalah kondisi yang ingin diraih atau diinginkan dapat terwujud. Keadaan ideal ini biasanya dituangkan dalam bentuk visi dan misi yang ingin diraih.
2.  Keadaan Aktual, yang dimaksud keadaan actual adalah keadaan atau peristiwa yang sedang berlangsung saat ini. Biasanya bercerita ketidaaksamaan kondisi pada keadaan sekarang dengan keadaan yang dicita-citakan berlangsung.
3.  Jalan Keluar, yang dimaksud dengan jalan keluar disini adalah anjuran singkat atau penawaran penyesaiian dalam sebuah masalah yang dihadapi sebelum mengambil langkah selanjutnya yakni pada pokok pembahasan.
4.  Terangkan Masalahnya, terangkan masalah yang dihadapi sehingga anda membuat makalah atau skripsi anda tersebut.  Anda dapat membuat dari hal yang umum terlebih dahulu baru yang khusus atau sebaliknya.
1.1  Latar Belakang Masalah
Kebanyakan istilah medis berasal dari bahasa Yunani atau Latin, meskipun beberapa ada yang berasal dari bahasa modern, terutama Jerman, Perancis, dan Inggris. Secara umum, istilah yang berkaitan dengan diagnosis dan operasi memiliki asal-usul Yunani, sedangkan istilah anatomi berasal dari Latin. Kesehatan pada dasarnya dimiliki oleh setiap orang, namun demikian banyak manusia dalam menghabiskan aktifitas hidupnya tidak peduli dengan nilai sebuah kesehatan.Mungkin masih banyak yang kurang memahami arti sebuah kesehatan, terutama istilah-istilah medis yang begitu banyak kosa kata.
Dengan melihat masalah yang ada yaitu sulitnya seorang pelajar bidang kesehatan untuk mempelajari istilah medis yang juga termasuk dalam salah satu mata kuliah yang menjadi kurikulum sebuah kampus kesehatan. Mengingat juga dengan perkembangan teknologi yang semakin modern membuat pelajar maupun dari segala jenis lapisan lebih menyukai menggunakan sebuah aplikasi mobile dalam melakukan sebuah aktivitas daripada harus mencari di kamus konvensional serta dapat menjadi media belajar dan informasi yang dikemas dengan lebih efektif dan efesien. perkembangan kamus sangatlah luar biasa karena dorongan kebutuhan manusia itu sendiri yang ingin menciptakan suatu kamus yang lebih efisien dan praktis.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang pesat saat ini, baik dari segi pembaruan hardware maupun software. Terutama dalam hal bidang perangkat mobile yang pada pengembangannya sekarang dari beragam vendor terus mengeluarkan produk terbarunya berupa smartphone dengan bermacam varian pilihan operating system yang mudah digunakan. Dengan demikian tentu begitu bermanfaat untuk para pengguna yang memiliki mobilitas tinggi untuk memperoleh informasi dengan cepat dan mudah.
Diantaranya dapat diterapkan sebagai media edukasi, pada konteks ini penulis bermaksud untuk membuat sebuah layanan aplikasi mobile berupa Kamus Pengenalan Istilah Medis berbasis Android yang mudah digunakan serta bersifat user friendly. Merupakan bentuk suatu kumpulan istilah medis beserta penjelasan, serta keadaan yang berkaitan dengan istilah Medis.
Maka perlu dilakukan inovasi pengembangan Aplikasi Kamus Medis berbasis Android, untuk mempermudah pencarian dengan disertai dengan istilah-istilah yang saling terkait satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu diharapkan dengan dibuatnya aplikasi ini dapat menjadi media edukasi yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Berdasarkan latar belakang permasalahan yang telah disampaikan diatas, maka dapat dirumuskan :
Bagaimana agar Aplikasi Kamus Istilah Medis berbasis Android dapat menjadi media belajar ataupun informasi yang mudah digunakan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang semakin berkembang?
Agar skripsi ini lebih menfokuskan secara mendalam ke tujuan yang diharapakan, maka penulis memberikan batasan-batasan masalah dalam merancang aplikasi kamus istilah medis ini.
Dimana untuk materi yang disajikan yang termuat dalam aplikasi ini terbatas pada:
a.  Kamus dikhususkan untuk istilah medis.
b.  Aplikasi ini tidak menggunakan akses jaringan internet (offline).
c.  Pada aplikasi kamus medis versi 1.0 ini pengembang hanya menginputkan 1000 kosa kata.
d.  Aplikasi kamus ini dilengkapi informasi istilah kosakata seputar  kesehatan serta istilah yang terkait.
e.  Penyampaian pencarian kosakata istilah medis beserta pengertiannya.
f.  Aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java dan database SQLlite.
g.  Aplikasi ini dijalankan pada smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 4.0  Icecream Sandwich keatas.
h.  Penelitian ini hanya sampai pada tahapan ujicoba/testing.
1.4  Maksud dan Tujuan Penelitian
Maksud dari penelitian aplikasi Kamus Pengenalan Istilah Medis berbasis Android yaitu :
1.  Menghasilkan sebuah aplikasi yang berguna bagi dunia kesehatan dengan memanfaatkan peluang yang ada.
Tujuan penelitian aplikasi Kamus Pengenalan Istilah Medis berbasis android yaitu:
1.  Membuat sebuah aplikasi yang dapat dipergunakan sebagai sarana belajar atau informasi tentang suatu disiplin ilmu pada bidang Medis.
2.  Memudahkan para pengguna android dalam mencari pengertian dari istilah-istilah Medis.
Dalam perancangan aplikasi ini, ada beberapa hal yang menjadi langkah untuk melaksanakan penelitian. Diantaranya adalah sebagai berikut :
1.5.1   Metode Pengumpulan Data
Pada tahapan ini yang digunakan dalam pengumpulan data yakni dengan melakukan analisa melalui langkah-langkah yaitu :
Pencarian dan pengumpulan beberapa bahan sebagai referensi dari jurnal, artikel, buku serta situs website yang dapat dijadikan sebagai dasar penulisan skripsi.
Pengumpulan data dengan melakukan sesi tanya jawab dengan pihak-pihak yang terkait dengan penelitian.
Metode Analisis yang digunkan adalah Analisis SWOT. metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weakness, opportunities, dan threats).yakni dengan menganalisa dan mendapat gambaran dari kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dalam aplikasi Kamus Istilah Medis.
Perancaangan menggunakan use case diagram, activity diagram, class diagram dan sequence diagram untuk menggambarkan aplikasi yang akan dibuat.
1.5.4   Pengembangan Sistem
Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah metode waterfall. Metode air terjun (waterfall) sering juga disebut model sekuensial linier (sequential linear) atau alur hidup klasik (classic life cycle) yang dimulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan tahap pendukung (Support). [1]
Pada metode ini adalah dengan melakukan implementasi perancangan aplikasi yang sudah dibuat dengan menggunakan emulator Android pada aplikasi Eclipse dan perangkat smartphone berbasis android. Serta melakukan pengujian dengan metode :
Pengujian yang berfokus pada kebutuhan pengguna sistem, yakni cara pengujiannya dengan menjalankan program pada media penerapan yang telah disebutkan. Kemudian setelah diterapkan dalam perangkat yang digunakan, maka langkah berikutnya adalah mencari user atau pengguna sebagai objek pengujian aplikasi.
Pengujian dengan melihat kedalam modul atau komponen sistem untuk meneliti serta mengetahui script program yang ada, untuk menganalisis terdapat kesalahan atau tidak. Apabila aplikasi menghasilkan output yang tidak sesuai dengan yang diinginkan, maka script program atau gambar yang terlibat pada aplikasi tersebut akan di cek satu-persatu dan dilakukan perbaikan.
1.6  Sistematika Penulisan
Bab ini membahas mengenai hal tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.
Bab ini akan membahas mengenai tentang landasan-landasan teori serta tinjauan pustaka yang menjadi dasar pembahasan secara mendetail yaitu yang terdiri dari definisi-definisi dan model matematis yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang diteliti.
BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini akan menjelaskan tentang analisa sistem, perancangan sistem, dan rancangan antarmuka atau interface yang akan ditampilkan pada aplikasi yang dibuat. Pada bab ini juga akan menjelaskan rancangan dalam penelitian baik secara umum maupun spesifik dari sistem.
BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Bab ini akan menjelaskan tentang hasil penelitian yang dilakukan yakni mulai dari aplikasi yang dibuat serta gambaran bagaimana cara menjalankan atau mengoperasikannya hingga pembahasan implementasinya.
Dalam bab ini akan menjelaskan tentang kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dibuat dan disertai saran, guna pengembangan aplikasi serta bagi pengembangan diri.
Berisi tentang sumber-sumber referensi yang telah menjadi masukkan bagi penulis dalam mengerjakan skripsi.
Demikianlah artikel mengenai Pengertian dan Contoh Latar Belakang Masalah pada Skripsi yang Baik dan Benar , semoga dapat bermanfaat dan menjadi acuan bagi anda yang sedang mengerjakan skripsi.

Gallery Pengertian Latar Belakang Masalah

Cara Membuat Latar Belakang Yang Baik Dan Benar Psikolif

Cara Membuat Makalah Dengan Struktur Yang Baik Dan Benar

1 Bab I Pendahuluan 1 1 Latar Belakang Masalah Pendukung

Pengertian Rumusan Masalah Makalah Dan Cara Membuatnya

Makalah Pengantar Ilmu Ekonomi Undip Studocu

Doc Latar Belakang Masalah Punk16 Butislam Academia Edu

17 Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar Cara Membuat Lengkap

Latar Belakang Masalah Pengertian Permasalahan Cara

7 Contoh Latar Belakang Karya Ilmiah Laporan Pkl

Makalah Musk Cepi Fliphtml5

Salah Satu Pondasi Karya Ilmiah Adalah Latar Belakang

Pengertian Tujuan Dan Fungsi Bimbingan Konseling Di Sekolah

Pendahuluan

Cara Mudah Membuat Latar Belakang Masalah Skripsi

Judul Latar Belakang Puspo Wardoyo Ppt Download

Pengertian Masalah Penelitian

Bab I Pendahuluan A Latar Belakang Masalah Sejak

4 Cara Membuat Latar Belakang Makalah Yang Baik Dan Benar

Membuat Latar Belakang Masalah Pada Laporan Penelitian Dkampus

Untitled

Makalah Bab 6 Pemeriksaan Kewajiban Jangka Panjang

Latar Belakang Masalah

7 Contoh Proposal Penelitian Sederhana Skripsi


0 Response to "Pengertian Latar Belakang Masalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel