Tata Cara Shalat Witir 3 Rakaat



Ini Panduan Sholat Tahajud Untuk Muslim Gomuslim

Tata Cara Shalat Witir Yang Benar Bacaan Doa Dan Niatnya

Tata Cara Shalat Witir Yang Benar Bacaan Doa Dan Niatnya - Shalat witir adalah shalat sunnah yang di kerjakan pada malam hari, sementara kata witir sendiri berasal dari bahasa arab yaitu (وِتْرٌ ) yang mempunyai arti " Ganjil " sehingga jumlah rakaat-rakaat pada shalat ini bilangannya ganjil mulai dari 1 rakaat 2 rakaat, shalat witir 3 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat 9 rakaat dan 11 rakaat.

Shalat witir ini merupakan shalat sunnah yang selalu di kerjakan oleh baginda rosul saw semasa hidupnya yang memiliki kedudukan hukum sebagai shalat sunnah mua'kad, oleh karena itu alangkah baiknya kita sebagai umatnya untuk senantiasa melaksanakan apa yang sudah beliau contohkan kepada kita mialnya shalat witir sebelum tidur agar kita termasuk kepada golongan yang akan mendapaat safaatnya di hari kelak.

Cara pelaksanaan shalat sunnah witir ini tidak dianjurkan dilaksanakan secara berjema’ah dalam arti sebaiknya di lakukan sendiri seperti jika ingin melaksanakan shalat witir setelah shalat tahajud. Terkecuali shalat witir bulan ramadhan yang dilakukan setelah shalat tarawih, jadi alangkah baiknya shalat witir ini di kerjakan sendiri atau mumfaririd jika di kerjakan pada hari-hari biasa.
Sebagai mana anjuran nabi sebaiknya witir dilakukan setelah sholat isya’ jika khawatir tidak bisa bangun pada tengah malam, tapi jika dipastikan akan bangun malam, maka sebaiknya dilakukan setelah shalat tahajud sebagai penutup shalat malam dan merupakan waktu paling utama. Jumlah 1 rakaat dalam shalat witir adalah raka’at yang paling sedikit tapi lebih utama jika dikerjakan 3 – sampai 11 raka’at, caranya dengan melakukan 2 rakaat diakhiri dengan salam lalu shalat lagi satu rakaat, akhiri lagi dengan salam, jika ingin melaksanakan sebelas rakaat, berarti lakukan 2 rakaat x 5 ditambah 1 rakaat lagi, sesuai hadits nabi : Tata Cara Shalat Witir 1. Niat

أصلي سنة الوتر وكعتين لله تعالي

Ushallii sunnatal witri rak’ataini lillahi ta’alaa Artinya : Saya shalat sunnah witir 2 raka’at karena Allah ta’ala Niat diucapkan dalam hati bersmaan dengan takbiratul ihram : Allahu akbar Bacaan niat diatas jika untuk witir 2 raka’at sedangkan untuk witir 1 raka’at sebagai berikut :

أصلي سنة الوتر وكعة لله تعالي

Usalli sunnatal witri rak’atan lillahi ta’alaa Artinya: Aku sholat sunnah witir 1 roka’at karena Allah Ta’ala Jika anda shalat dengan cara berjemaah dan menjadi makmum maka dalam niat ditambah makmuman atau menjadi ma’mum Membaca Alfatihah dilanjutkan dengan membaca surat pendek dalam Alqur’an :
  • Raka’at pertama Surat Al-A’la
  • Raka’at ke dua surat Alkafirun
Salam Berdiri lagi untuk melaksanakan shalat 1 raka’at, setelah membaca Alfatihah dilanjutkan membaca surat : Al-ikhlash, surat Alfalaq dan surat Annas Lalu akhiri dengan salam Setelah selesai mengerjakan sholat witir di lamjut berdoa kepada allah swt untuk doanya bisa di simak di bawah ini :

Doa shalat witir

ALLAAHUMMA INNAA NAS’ALUKA IIMAANAN DAA’IMAN. WANAS ‘ALUKA QOLBAN KHOOSYI’AN. WA NAS ‘ALUKA ‘ILMAN NAAFI’AN WA NAS ‘ALUKA YAQIINAN SHOODIQON. WA NAS ‘ALUKA ‘AMALAN SHOOLIHAN. WA NAS ‘ALUKA DIINAN QOYYIMAN. WA NAS ‘ALUKA KHOIRON KATSIIRON. WA NAS ‘ALUKAL ‘AFWA WAL ‘AAFIYATA. WA NAS ‘ALUKA TAMAAMAL ‘AAFIYATI WA NAS ‘ALUKASY SYUKRO ‘ALAAL’AAFIYATI WA NAS ‘ALUKAL GHINAA’A ‘ANIN NAASI. ALLAAHUMMA ROBBANAA TAQOBBAL MINNAA SHOLAATANAA WA SHIYAAMANAA WA QIYAAMANAA WA TAKHOSYSYU ‘ANAA WA TADLORRU ‘ANAA WA TA’ABBUDANAA WA TAMMIM ‘TAQSHIIRONAA YAA ALLAAHU YAA ALLAAHU YAA ARHAMAR RAAHIMIINA. WA SHOLLALLAAHU ‘ALAA KHOIRI KHOLQIHII MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALIHII WA SHOHBIHII AJMA’IINA WAL HAMDU LILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIINA. Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang langgeng, hati yang khusyu, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar, amalan yang shaleh, agama yang lurus, kebajikan yang banyak, ampunan dan kesehatan, kesempurnaan kesehatan, mensyukuri kesehatan dan kami memohon kepada-Mu kecukupan dari manusia. Ya Allah, Ya Tuhan kami, terimalah shalat kami, puasa kami, ruku kami, khusyu kami, kerendahan diri kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah kekurangan dalam shalat kami, Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah. Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara semua yang Penyayang. Dan semoga Allah memberi rahmat kepada sebaik-baik makhluk-Nya (yaitu) Nabi Muhammad dan keluarga serta sahabat beliau semuanya. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam”.

Post Terkait : Doa Shalat Tasbih

Itulah pembahasan kami kali ini tentang shalat witir semoga apa yang kami bahas ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita bisa mengamalkannya.

Gallery Tata Cara Shalat Witir 3 Rakaat

Doa Sholat Witir Niat Waktu Tata Cara Penjelasan Lengkap

Kumpulan Contoh Soal 6 Keutamaan Shalat Witir 3 Rakaat

Tata Cara Shalat Witir Lengkap Sebagai Penutup Shalat Sunnah

Tata Cara Solat Doc

Doc Tata Cara Shalat Witir Pandangan Nu Ldii Mta

Artikel Sholat Sunnah Witir

Niat Shalat Sunnah Witir Dan Tata Cara Pelaksanaannya

Blog Archives Letterscripts

Doa Sholat Witir Tata Cara Niat Sholat Witir Keutamaan

Yang Mana Sholat Witir Hukumnya Adalah Sunnah Muakkadah

Cara Solat Witir Yang Mudah Dari Jakim Bacaan Ringkas

Panduan Lengkap Tata Cara Sholat Tarawih Doa Bilal 2

Tata Cara Sholat Tahajud Dan Witir Lengkap Disertai Niat

Niat Shalat Sunnah Witir Dengan 3 Raka At Materi Islam

Shalat Witir Pengertian Tata Cara Niat Dan Doa Nya Lengkap

Tata Cara Shalat Tarawih 1 0 1 Apk Download Android Books

Tata Cara Sholat Tarawih Dan Witir Di Bulan Ramadhan Carak Us

Niat Sholat Tahajud Dan Sholat Witir

Download Shalat Tahajud Witir Apk Latest Version 1 0 For

Shalat Witir Niat Tata Cara Yang Benar Doa Bacaan Dan

Panduan Sholat Tahajud Klzzwqom97lg

Tata Cara Shalat Witir Setelah Tahajud Barutahukan

Tata Cara Shalat Tarawih On Windows Pc Download Free 1 0 1

Hidup Lebih Baik Posts Facebook

Niat Mengerjakan Shalat Witir 2 Raka At Makmum Materi Islam

Bacaan Shalat Tarawih 11 Rakaat Pdf Deepavalif

By Hijabsyarie Tata Cara Shalat Tarawih 3 Shalat Taraw

Tata Cara Dan Niat Sholat Witir Yang Diajarkan Rasulullah

Shalat Witir Pengertian Niat Dan Tata Cara Mengerjakannya


0 Response to "Tata Cara Shalat Witir 3 Rakaat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel