Negara Negara Asia Tenggara



Negara Negara Asia Tenggara

12 Hewan Nasional Negara Asia Tenggara, Gambar dan Penjelasannya

Home » Pengetahuan » 12 Hewan Nasional Negara Asia Tenggara, Gambar dan Penjelasannya

ekor9.com. Kenapa mesti ada hewan nasional dalam sebuah negara?

Hewan nasional merupakan kebanggaan sebuah negara. Hewan ini juga bisa menjadi pemersatu sekaligus identitas sebuah bangsa di mata dunia.

Oleh karena itu, menentukan hewan nasional bukanlah perihal sembarangan. Masing-masing negara bahkan mesti memusyawarahkan dan menyatakannya dalam konstitusi. Biasanya penentuan hewan nasional itu erat kaitannya dengan keadaan ekologi, mitologi, budaya, tradisi, dll.

Kawasan Asia Tenggara sendiri memiliki keragaman hewan yang kaya. Masing-masing negara sudah menjadikan hewan tertentu sebagai simbol nasional. Nah apa saja hewan nasional di Asia Tenggara, seperti apa gambarnya, dan bagaimana penjelasannya?

1. Thailand

Gajah adalah Hewan Nasional Negara Thailand – via : wikipedia.org

Hewan Nasional Thailand : Gajah (spesies Elephas maximus)

Di negeri gajah putih ini terdapat gajah India, yang merupakan subspesies dari gajah Asia. Pada awal tahun 1990-an, diperkirakan terdapat sekitar 100.000 gajah yang didomestikasi atau dipelihara. Tetapi spesies gajah di Thailand terancam punah pada tahun 1986.

Namun pada pertengahan tahun 2007, diprediksi masih terdapat 3.456 ekor gajah yang jinak, sementara gajah liar tersebar sekitar 1000-an ekor. Ikon nasional ini memiliki peran penting selama berabad-abad bagi Thailand, khususnya dari segi budaya dan kebudayaan.

2. Myanmar

Hewan Nasional Myanmar: Harimau Indocina (Panthera tigris corbetti)

Selain menjadikan harimau ini sebagai hewan nasional, Myanmar juga melindunginya. Karakteristiknya unik. Citranya kuat. Sehingga Myanmar merasa kalau harimau Indocina adalah hewan yang pas untuk dijadikan ikon identitas. Jika tertarik mengunjungi suaka harimau terbesar di sana, anda bisa mendatangi Cagar Harimau Lembah Hukaung.

3. Filipina

Elang Filipina

Hewan Nasional Filipina 1: Kerbau (Bubalus bubalis)

Hewan Nasional Filipina 2: Elang Filipina (Pithecophaga jefferyi)

Sebelum tahun 1995, burung nasional Filipina adalah burung maya yang berwarna putih dan cokelat. Tepat pada tahun 1995, burung nasional mereka berubah jadi elang Filipina. Perubahan itu sudah ditetapkan dalam Proklamasi no. 615 dan Presiden Fidel V yang menandatanginya. Selain menjadi hewan endemik di sana, elang Filipina juga menggambarkan kekuatan, keunikan, dan kecintaannya pada kebebasan. Tak ayal kalau burung ini sering disebut sebagai ‘harta karun alami yang hanya ada di Filipina’.

4. Malaysia

Hewan Nasional Malaysia : Harimau Malaya (Panthera tigris jacksoni)

Pada tahun 2013, subspesies harimau ini masih memiliki anggota sekitar 250-340 ekor. Sehingga mereka menjadi salah-satu populasi macan paling banyak, di samping harimau indocina dan harimau benggala. Namun mereka tetap masuk dalam kategori kritis dari kepunahan. Harimau ini sendiri dipilih sebagai hewan nasional karena karakternya yang khas.

5. Singapura

Hewan Nasional Singapura : Singa (Panthera leo)

Singa seakan menjadi representasi bagi Singapura, sehingga hewan buas ini menjadi simbol nasional mereka. Menurut sejarawan bernama John Drysdale (1984), hewan ini menjadi gambaran bagi pemerintahan The Fine City yang baru dan penuh semangat.

6. Laos

Hewan Nasional Laos : Gajah India (Elephas maximus indicus)

Sudah lama gajah ini dijadikan sebagai hewan nasional Laos. Hewan ini menjadi simbol kekuatan sekaligus kemakmuran bangsa. Di Laos pun, gajah ini mendapat kedudukan istimewa. Hal tersebut bisa terlihat dalam upacara atau festival yang dihelat di sana.

Penetapan gajah sebagai hewan nasional tidak jauh dari pengaruh agama Buddha, yang menjadi kepercayaan mayoritas. dalam perspektif agama tersebut, gajah adalah representasi dari kedamaian, keberuntungan, dan kekayaan, khususnya gajah putih – yang juga menggambarkan kekayaan dan kekuasaan.

7. Vietnam

Hewan Nasional Vietnam : Kerbau air (bubalus bubalis)

Sebagai negara agraris, tentu saja kerbau memiliki kontribusi penting. Vietnam mengangganya sebagai hewan keluarga yang sangat dekat dan berjasa bagi rakyat, khususnya di kalangan petani. Sebagai apresiasi besar, kerbau air pun dijadikan hewan nasional.

8. Indonesia

Hewan nasional Indonesia 1 : Komodo (Varanus komodoensis)

Hewan nasional Indonesia 2 : Elang Jawa (Nisaetus bartelsi)

Ada yang menyebut komodo, komodo naga, biawak komodo, atau juga ora. satwa kebanggan nusantara ini merupakan spesies biawak terebsar yang terdapat di Pulau Komodo, Gili Motang, Gili Dasami, Flores, dan Rinca.

Sementara elang Jawa merupakan spesies elang endemik di Pulau Jawa dan ukurannya sedang. Burung ini dinilai identik dengan lambang NKRI, yakni burung garuda. Tak heran sejak tahun 1992, elang Jawa ditetapkan sebagai maskot hewan langka Indonesia.

9. Timor Leste

Hewan Nasional Negara Timor Leste : Buaya

Buaya ini dikenal mampu melindungi telurnya sampai menetas dengan selamat. Mereka juga akan terus memberikan perlindungan dan menjamin kebutuhan anaknya. Kebiasaan ini dinilai mengagumkan, sehingga Timor Leste pun menjadikannya sebagai ikon nasional.

10. Kamboja

Hewan Nasional Negara Kamboja : Kouprey (Bos sauveli)

Sebutan ‘kouprey’ diambil dari kata ‘khmer’, yang berarti lembu hutan. Bisa disimpulkan kalau kouprey itu semacam spesies kerbau liar yang hanya hidup di Kamboja. Selain menjadi hewan nasional, kouprey juga menjadi mamalia nasional. Hewan ini sangat langka, terakhir terlihat pada tahun 1988 saja. Namun ada catatan zoologi dari Charles Wharton, yang menjadi pemimpin ekspedisi untuk menangkap satwa ini pada tahun 1963 dan 1964.

Mana hewan nasional favoritmu? Tentu Indonesia, ya? Hewan Nasional Negara Asia Tenggara. #RD

Gallery Negara Negara Asia Tenggara

Negara Asia Tenggara

Kerjasama Negara Negara Asia Tenggara Tematik Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Facebook

Daftar Negara Asia Tenggara Docx Document

Doc Makalah Asia Tenggara Docx Muhammad Barkah Academia Edu

Ips Ppt 10 Negara Asia Tenggara

2018 Pdb Indonesia Raja Asia Tenggara Pkpberdikari

Berita Populer Negara Asia Tenggara Dengan Hari Libur

Asia Tenggara Negara Negara Permainan Kuis Peta

Indonesia Pecahkan Rekor Sebagai Negara Asia Tenggara Dengan

Berada Di Peringkat Ke 16 Merek Negara Paling Berharga Di

Sistem Politik Dan Kekuatan Politik Negara Asean Hi Asia

Malaysia Negara Terbanyak Libur Tahun 2019 Di Asia Tenggara

Perbadanan Perusahaan Kecil Dan Sederhana Malaysia

Bendera Negara Negara Di Kawasan Asia Tenggara Alif Mh

Perlindungan Hukum Terhadap Pelecehan Seksual Di Negara

Peta Asean Hd Negara Negara Asean Gambar Asia Tenggara

Kawasan Asia Tenggara Ips Asyik

Terjual Dvd Belajar Bahasa Negara Asia Tenggara Asean Ebook Audio Video Software

Pdf Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Stunting Pada Anak

Asia Tenggara Wikiwand

Kelas 6 Pendidikan Kewarganegaraan Ika Kartika Sari By

5 Negara Terkaya Di Asia Tenggara Cerita Medan

Foto Bendera Negara Negara Asia Tenggara Brainly Co Id


0 Response to "Negara Negara Asia Tenggara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel