Hubungan Islam Dan Demokrasi



Islam Yes Partai Islam No Geotimes

HUBUNGAN ISLAM DAN DEMOKRASI DI INDONESIA

Nama              : Zumrotul Muniroh

NIM                : 1504026018

Jurusan          : Tafsir Hadits

HUBUNGAN ISLAM DAN DEMOKRASI DI INDONESIA

Islam merupakan agama rahmatalill’alamin, agama yang memberikan petunjuk bagi manusia dalam mencapai kehidupan yang damai, sejahtera, saling menghargai antar sesamanya dan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Sedangkan Demokrasi hanya memberi petunjuk bagi manusia dalam pergaulan sosial guna mencapai kehidupan yang damai, sejahtera, dan saling menghargai serta mencapai kehidupan duniawi semata. Islam dan Demokrasi merupakan konsep dan sistem nilai yang bermakna sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan itu  hubungan antara keduanya sangatlah erat karena untuk saling memperbaiki perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila. Dengan adanya Islam dan Demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila maka Indonesia akan semakin lebih baik di banding dengan Islam dan Demokrasi yang tidak sesuai dengan nilai Pancasila.

Arti nilai-nilai pancasila yaitu:

  1. Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa

Artinya: Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, ini sesuai dengan agama dan keyakinan sejalan dengan asas kemanusiaan yang adil dan beradap. Nilai luhur ini telah melandasi kerukunan hidup berbangsa, bermasyarakat, dan juga bernegara. Di negara kita tepatnya di Indonesia, terdapat banyak sekali macam-maca agama yang berbeda. Masing-masing telah mempercayai agama yang telah dianutnya sehingga kerukunan diantara penganut agama tetap terpelihara.

  1. Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Artinya: dalam agama Islam terdapat prinsip-prinsip hidup berkemasyarakatan yakni, keadilan, persaudaraan, persamaan, dan perdamaiann. Bisa dikatakan  bahwa prinsip Islam sama halnya dengan doktrin politik dari prinsip demokrasi. Contoh prinsip demokrasi yaitu kedudukan yang sama dalam hukum, dan ditegakkanya etika dan moralitas.

  1. Nilai Persatuan Indonesia

Artinya: Setiap warga negara mengutamakan persatuan, kepentingan, dan kesatuan agar tidak terjadi perpecahan. Dengan adanya persatuan maka negara akan menjadi lebih kuat.

  1. Nilai Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Artinya: Setiap warga negara pasti memiliki kedudukan yang baik. Dalam Indonesia harus selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan suatu persoalan bersama. karena dengan bermusyawarah maka semua masalah cepat terselesaikan.

  1. Nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Artinya: dalam negara kita harus adil tidak boleh rakus, karena dengan kerakusan akan mengakibatkan ketidakadilan terhadap masyarakat.

Dengan ini Islam dan demokrasi tidak jauh berbeda, antara keduanya mempunyai hubungan yang hampir sama tujuannya yaitu saling melengkapi satu sama lain, saling menghargai, saling menghormati.

Islam bisa digunakan untuk mendukung demokrasi, contohnya musyawarah, karena musyawarah merupakan konsep yang sama dengan demokrasi.

Dalam demokrasi ada prinsip kesamaan antar warga dan negara. Namun dalam Islam ada beberapa hal yang sangat tegas disebut dalam Al-Qur’an bahwa ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan, misal poligami, hokum waris, dan kesaksian. Disamping itu, demokrasi sangat menghargai toleransi dalam kehidupan sosial, bahkan dalam kemaksiatan sekalipun. Seperti dalam pacaran, perzinaan, itu tidak jadi masalah atau bahkan bisa dikatakan dibolehkan. Sedangkan dalam Islam dibedakan antara hak seorang muslim dengan kafir. Hal ini dalam demokrasi tidak boleh terjadi, sebab tidak lagi menjunjung nilai persamaan.

Ide-ide demokrasi kadang ada yang sama dengan Islam, namun kadang juga nilai-nnilai demokrasi berbeda dengan ajaran Islam dalam al-Qur’an dan sunnah.

Gallery Hubungan Islam Dan Demokrasi

Islam Demokrasi Dan Pemilu Republika Online

Menyelisik Hubungan Populisme Dan Demokrasi Balairungpress

Fliphtml5 To Pdf Download Tool

Book By Birgit Brauchler Dimensi Budaya Dalam Perdamaian

The Veil And The Male Elite A Feminist Interpretation Of

Pokok Bahasan Kuliah Ke Ppt Download

Islam Dan Demokrasi Saung Muslim

Content Makalah Demokrasi Menurut Pandangan Islam Search

Islam Dan Demokrasi Dalam Praktek Politik Di Indonesia

Miqot Vol Xxxiii No 2 Juli Desember 2008 By Miqot Jurnal

Risalah Nahdah Al Muwatonah Kewarganegaraan Dalam Pembinaan

Indonesia And Tunisia Democracy As A Distinctive Link

Definisi Hukum Ham Dan Demokrasi Dalam Islam Lengkap

Makalah Demokrasi Hukum Dan Ham Docx

Hubungan Islam Dan Demokrasi Al Banjari Al Jadid

Sinopsis Buku Islam Sekularisme Dan Demokrasi Liberal

Materi Pendidikan Agama Islam

Islam Dan Demokrasi Cabaran Politik Muslim Di Indonesia

Kelompok 2 Hubungan Agama Islam Dengan Masyarakat Ham Dan

Demokrasi Indonesia Dan Pengadilan Penistaan Agama Ahok Time

Lintas Bakul Islam Sekularisme Dan Demokrasi Liberal

゚ ゚ 𝓳𝓲𝓻𝓮𝓷𝓮 ゚ ゚ Jireneeeeee

Untitled

Pdf Islam Dan Demokrasi Pandangan Intelektual Muslim Dan

Menelisik Hubungan Islam Dan Nasionalisme Di Indonesia


0 Response to "Hubungan Islam Dan Demokrasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel