Cara Menentukan Harga Jual Produk
Cara Menentukan Harga Jual Produk Makanan Tips Youtube
Cara dan Metode Penentuan serta Penetapan Harga Jual Produk
Sudah ada yang tahu bagaimana metode atau cara penetapan harga sebuah produk? Caranya sih bisa bermacam-macam dan banyak. Yang akan saya bahas hanyalah 2 pendekatan pokok dalam penentuan harga jual.
Pertama, dengan pendekatan biaya yaitu penetapan harga biaya plus, penetapan harga mark-plus dan penetapan harga break even. Kedua dengan pendekatan pasar atau persaingan.
1. Penetapan Harga Biaya Plus (Cost-Plus Pricing Method)
Kalau anda menggunakan metode ini, anda menentukan harga jual per unit produk anda dengan menghitung jumlah seluruh biaya per unit ditambah jumlah tertentu untuk menutup laba yang anda kehendaki pada unit tersebut, atau disebut marjin. Harga jual produk dapat anda hitung dengan rumus :
Biaya Total + Marjin = Harga Jual
Contohnya seperti ini. Misalkan anda punya usaha jus buah dan mendapatkan order sebanyak 100 gelas untuk sebuah pesta perpisahan. Biaya yang anda keluarkan untuk memproduksi jus buah tersebut diperkirakan sebanyak 400.000,00 dengan perincian :
- Biaya bahan baku : Rp. 250.000,00
- Biaya tenaga kerja : Rp. 100.000,00
- Biaya lain-lain seperti penyusutan alat, sewa tempat, dsb : Rp. 50.000,00
Jika anda menginginkan laba sebesar 15% dari biaya total, maka : Harga total = Biaya Total + Laba = Rp. 400.000,00 + (15% x Rp 400.000,00) = Rp. 460.000,00. Dengan demikian untuk setiap jus yang anda jual, harganya sebesar Rp. 4.600,00.
2. Penetapan Harga Mark-Up (Mark-Up Pricing Method)
Pada intinya, penetapan harga mark-up ini hampir sama dengan penetapan harga biaya plus. Para pedagang atau perusahaan perdagangan lebih banyak menggunakan penetapan harga mark-up ini.
Caranya lebih sederhana. Anda membeli barang-barang dagangan kemudian harga jualnya anda tentukan setelah menambah harga beli dengan sejumlah mark-up, seperti rumus di bawah ini:
Harga Beli + Mark Up = Harga Jual
Jadi mark-up ini merupakan kelebihan harga jual di atas harga belinya. Contohnya seperti ini. Anggap anda punya toko sepatu adventure. Anda beli sepatu adventure merk “X” seharga 300 ribu. Kemudian anda ingin keuntungan 50 ribu, jadinya anda jual 300 ribu + 50 ribu = 350 ribu. Simpel kan?
Jadi keuntungannya dapat anda peroleh dari sebagian mark-up tersebut. Mengapa hanya sebagian? Karena anda juga harus mengeluarkan sejumlah biaya “lain-lain” seperti transport untuk beli sepatu yang anda ambilkan dari sebagian mark-up.
3. Penetapan Harga Break-even (Break-Even Pricing)
Adalah cara penetapan harga yang didasarkan pada permintaan pasar dan masih mempertimbangkan biaya. Usaha anda dapat dikatakan dalam keadaan break-even apabila penghasilan yang anda terima sama dengan ongkosnya, dengan anggapan bahwa harga jualnya sudah anda tentukan.
Menurut cara ini, usaha anda akan mendapatkan laba apabila penjualan yang anda capai berada di atas titik break-even dan rugi penjualan anda berada di bawah titik break-even.
Cara penetapan harga break-even ini dapat anda terapkan dengan menggunakan beberapa “syarat” tertentu, yaitu:
- Seluruh biaya usaha anda dapat digolongkan ke dalam biaya variabel dan biaya tetap.
- Seluruh barang yang anda produksi akan terjual.
- Biaya variabel per unitnya tetap.
Bingung ya? Sama, he..he..he.. Kalau anda ingin tahu jelasnya, silahkan baca artikel saya tentang apa itu biaya tetap dan variabel dan cara menentukan break even point atau titik impas.
Lengkap kok, dengan contoh perhitungannya. So, don’t miss it… Insya Allah nanti anda akan paham bagaimana cara menentukan produk anda dengan metode ini.
4. Penetapan Harga dalam Hubungannya dengan Pasar
Kalau menggunakan cara yang satu ini, penentuan harga tidak anda dasarkan pada biaya, tetapi justru sebaliknya. Harga yang menentukan biaya bagi usaha anda.
Anda dapat menentukan harga sama dengan tingkat harga pasar agar dapat ikut bersaing, atau dapat juga ditentukan lebih tinggi atau lebih rendah dari tingkat harga dalam persaingan. Tergantung strategi dan segmentasi pasar anda, ok?
(sumber gambar : kontan.co.id)
Gallery Cara Menentukan Harga Jual Produk
Mengetahui Pentingnya Menentukan Harga Jual Produk Cpssoft
Penetapan Harga Produk Dan Kelayakan Usaha Ppt Download
Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Suatu Produk Dalam Bisnis
Rumus Menghitung Hpp Harga Pokok Produksi Dan Contoh Soal
Apoteker Peduli Cara Menghitung Harga Jual Apotek Hja
Begini Cara Menentukan Harga Jual Produk Bagi Pemula The
15 Materi Akuntansi Biaya Untuk Mengelola Bisnis Anda
Cara Menghitung Harga Sewa Rental Barang
Cara Menghitung Harga Diskon Dengan Microsoft Excel
Brownies Nastar Amina Brownies Nastar Amina S Instagram
6 Cara Menentukan Harga Jual Produk Yang Tepat Studilmu
15 Materi Akuntansi Biaya Untuk Mengelola Bisnis Anda
Pdf Albertus Karjono Analisis Perhitungan Hpp Arie
Cara Menentukan Harga Yang Baik Jika Jadi Reseller Tips
3 Pertimbangan Penting Dalam Menentukan Harga Jual Produk
Begini Cara Menentukan Harga Jual Produk Bagi Pemula The
Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan Hpp
Aturan Dan Cara Menghitung Harga Jual Produk Anda
10 Cara Dan Pertimbangan Menentukan Harga Jual Produk Yang
5 Cara Menentukan Harga Jual Produk Fashion Desainer Pemula
Cara Menentukan Harga Terbaik Untuk Produk Jualanmu Pusat
Menentukan Harga Pokok Produksi
Cara Menghitung Harga Jual Produk Di Industri Retail Beepos
Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Produk Agar Tidak Rugi
Menentukan Harga Jual Produk Notordinaryblogger
0 Response to "Cara Menentukan Harga Jual Produk"
Post a Comment