Sejarah Pramuka Di Indonesia



Sejarah Pramuka Indonesia Semua Nya Ada

Sejarah Pramuka di Indonesia dan dunia

SEJARAH PRAMUKA – Pramuka alias Praja Muda Karana merupakan salah satu kegiatan atau ekskul (Ekstrakurikuler) wajib yang ada di seluruh sekolah di Indonesia.

Tidak hanya untuk siswa dan siswi saja, kegiatan Pramuka juga bisa terus dilaksanakan oleh setiap ruang tidak terbatas dengan usianya, karena memang ada tingkatan-tingkatan di dalamnya.

Di Indonesia sendiri, Pramuka dan sejarah Pramuka memang menjadi salah satu hal yang sangat penting, hal ini dibuktikan dengan adanya Hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Kegiatan-kegiatan yang ada dalam Pramuka memang sering dianggap sebagai kegiatan yang cukup menyiksa. Namun, kamu tidak akan berpikiran demikian lagi jika sudah paham dengan sejarah Pramuka.

Mengenal bapak Pramuka dunia: Baden Powell

Foto – Business Journal Daily

Jika membahas mengenai sejarah Pramuka, tidak afdal rasanya jika tidak menyebutkan nama Lord Robert Baden Powell of Gilwell, yang merupakan seorang Bapak Pramuka Dunia.

Sebelum langsung membahas mengenai sejarah Pramuka di Indonesia, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu mengenai sejarah Pramuka Dunia, dan tentunya mengenai Baden Powell.

Baden Powell lahir pada 22 Februari 1857, di mana pada waktu itu ia lahir dengan nama Robert Stephenson Smyth. Ayahnya yang seorang Professor Geometri di Universitas Oxford bernama Powell meninggal ketika di saat Stephenson masih kecil.

Meninggalnya sang ayah memang mau tidak mau memberikan pengalaman yang lebih untuk seorang Stephenson kecil.

Adapun beberapa pengalaman menarik tentang Stephenson ialah pengalamannya yang didapatkan dari sang kakak berupa latihan berenang, berlayar, olahraga, menggambar, dan tentu saja berkemah.

Baden Powell Gilwell pertama kali berkemah pada tahun 1907 tepatnya pada tanggal 25 Juli di Pulau Brownsea. Saat itu, ia berkemah dengan 22 anak laki-laki.

Perkemahan tersebut dilakukan selama 8 hari, dan segala sesuatu yang terjadi pada saat itu pada akhirnya memberikan dampak yang besar pada sejarah Pramuka Dunia.

Dari kecil, Baden Powell dikenal sebagai anak yang sangat cerdas. Tidak hanya itu saja, ia juga terkenal dengan sifatnya yang lucu dan gembira sehingga disukai oleh orang lain dan tidak sulit baginya untuk mendapatkan banyak teman.

Ia juga ternyata pintar memainkan beberapa macam alat musik seperti piano dan biola.

Ketika Baden Powell dewasa

Ketika Baden Powell mulai berusia dewasa, ia kemudian bergabung dengan Militer Inggris dan ada banyak sekali kejadian dan pengalaman yang dialami olehnya selama ia menjadi seorang tentara.

Lalu, ia menuliskan hampir seluruh pengalaman tersebut dalam bukunya dan kemudian dibukukan dengan judul Aids to Scouting di tahun 1899. Sebelumnya ia tidak pernah menyangka jika buku tersebut mendapatkan antusias yang besar sekali.

Bahkan gurunya sendiri pun membaca buku tersebut dan memberikan apresiasi yang cukup besar. Karena antusias yang sangat besar tersebut, William Alexander Smith yang merupakan seorang pendiri dari Organisasi Pemuda di Inggris pun memberikan saran agar buku tersebut ditulis ulang.

Saran tersebut diterima dan ditulis ulang dengan revisi di sana-sini, ia membuat buku tersebut lebih bisa diterima oleh anak muda yang tidak pernah mengikuti militer sekalipun. Setelah itulah, baru Baden Powell berpikir untuk melakukan perkemahan pertamanya yang sudah disebutkan tadi.

Buku Baden Powell makin populer, cikal bakal awal pembentukan Pramuka

Buku milik Baden Powell ini bisa dikatakan sebagai awal mula munculnya sejarah Pramuka di dunia. Tidak hanya di negara Inggris, buku Bade Powell juga sangat digemari di negara lain, sehingga di negara-negara tersebut juga mulai muncul organisasi kepramukaan.

Hingga pada tahun 1918, Baden Powell mendirikan organisasi yang diberi nama Rover Scout yang isinya remaja-remaja berusia sekitar 17 tahun. Pada tahun 1922, ia kembali menerbitkan buku berikutnya dengan judul “Rovering to Success” atau dalam Bahasa Indonesia berarti Mengembara Menuju Bahagia.

Buku tersebut menceritakan tentang seorang pemuda yang terus menerus mengayuh perahu sampan hingga akhirnya ia bisa menuju Pantai Bahagia. Lalu, sejarah Pramuka dimulai dengan diadakannya Jambore Dunia pertama kali. Jambore tersebut dilaksanakan pada tanggal 30 Juli hingga 8 Agustus tahun 1920 di London, tepatnya di Olympia Hall.

Ada 8000 anggota Pramuka yang mengikuti acara tersebut dari 34 negara. Pada acara tersebut pula Baden Powell ditetapkan sebagai Bapak Pramuka Dunia atau Chief Scout of The World. Masih di tahun 1920, dibentuk pula sebuah Badan bernama Dewan Internasional Organisasi Pramuka yang memiliki anggota 9 orang.

Kota London juga ditetapkan mejadi Kantor Kesekertariatan Pramuka Sedunia, sehingga kamu tidak perlu heran mengapa London memiliki hubungan yang cukup erat dengan sejarah Pramuka Dunia.

Setelah itu, diadakan kembali Jambore Pramuka Dunia II di tahun 1924 di Denmark, Jambore ke III di tahun 1929 di Inggris, keempat di tahun 1933 di Hungaria dan selanjutnya hingga saat ini.

Sejarah Pramuka di Indonesia

Untuk sejarah Pramuka di Indonesia sendiri, bisa dikatakan dimulai dengan pasang surut dalam aktivitas organisasi. Hal ini dapat dimaklumi karena pada saat itu Indonesia masih berada pada masa penjajahan.

Sehingga di Indonesia dikenal dengan tiga masa Pramuka, yakni Gerakan Pramuka Pada Masa Penjajahan Belanda, Gerakan Pramuka pada Masa Penjajahan Jepang dan Gerakan Indonesia setelah Indonesia Merdeka.

Sejarah Pramuka Indonesia: Masa Penjajahan Belanda

Organisasi ini didirikan oleh Belanda dengan nama Nederland Indische Padvinders Vereeniging atau disingkat dengan NIPV. Dalam bahasa Indonesia, organisasi ini dikenal dengan Persatuan Pandu-pandu Hindia Belanda.

Beberapa tokoh menganggap bahwa organisasi ini bisa membentuk karakter masyarakat yang saat ini masih dijajah, sehingga ada beberapa organisasi lain yang juga didirikan, diantaranya Javanese Padvinders Organizatie, Serekat Islam Afdeling Padvindery dan masih banyak yang lainnya.

Kemudian setelah Sumpah Pemuda, kesadaran masyarakat Indonesia terus meningkat. Hingga akhirnya beberapa organisasi kepanduan bergabung. Hingga pada tahun 1930 terbentuk Pandu Pemuda Sumatera. Lalu pada tahun 1931 dibentuk Persatuan Antar Pandu Indonesia, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sejarah Pramuka Indonesia: Masa Penjajahan Jepang

Karena masa ini tidak terlalu lama, maka tidak ada terlalu banyak sejarah Pramuka yang terjadi pula pada masa ini. Pada masa ini, Jepang melarang adanya organisasi rakyat Indonesia, termasuk dengan organisasi Kepanduan. Namun, tetap masih ada kepanduan-kepanduan yang terorganisir dengan cukup baik. Hingga masih bisa diselenggarakannya PERKINO II.

Sejarah Pramuka Indonesia: Setelah Kemerdekaan

Tidak lama setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada 28 Desember 1945, didirikan Organisasi Pandu Rakyat Indonesia di Kota Solo. Organisasi tersebut juga ditetapkan sebagai wadah kepanduan di mana Anggota Kepanduan Indonesia bisa bernaung.

Lalu, pada tahun 1961 ada sekitar 100 organisasi kepandunan di Indonesia. di mana organisasi tersebut terbagi dalam 3 federasi organisasi, yakni Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia, Ikatan Pandu Indonesia dan Persatuan Pandu Puteri Indonesia.

Setelah banyak hal yang terjadi, akhirnya pada 14 Agustus 1961 barulah dengan resmi Gerakan Pramuka dikenalkan pada masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Hari Pramuka Indonesia diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Jambore Nasional di Indonesia pertama kali dilaksanakan di Situ Baru Jakarta pada tahun 1973, dan hingga tahun 2016 sudah dilaksanakan 10 kali Jambore Nasional di Cibubur, Jakarta.

Dengan sejarah Pramuka yang sudah dijelaskan tadi, kamu sebagai salah satu bagian dari Indonesia diharapkan lebih menghargai organisasi Kepanduan di mana pun, karena organisasi tersebut memang dapat memberikan pengalaman dan membentuk karakter setiap orang.

Gallery Sejarah Pramuka Di Indonesia

Sejarah Pramuka Indonesia Marlan Pou

Menuju Hut Ke 58 Inilah Sejarah Pramuka Di Indonesia

Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan Belanda Berikut Sejarah

Sejarah Pramuka Di Indonesia Dan Dunia Husnuls492 Com

Sejarah Lahirnya Pramuka Di Indonesia Dan Dunia Lengkap

Doc Sejarah Kepramukaan Tri Anto Academia Edu

Sejarah Pramuka Di Indonesia Tidak Pkpu Human

Sejarah Gerakan Pramuka Awal Kepramukaan Di Indonesia Pdf

Sejarah Pramuka Indonesia Kwarcab Sumbawa

Sudahkah Kamu Mengetahui Sejarah Pramuka Indonesia

Sejarah Pramuka Di Dunia

Buku Saku Pramuka For Android Apk Download

Download Materi Pramuka Indonesia Apk Latest Version App By

Sejarah Pramuka Di Indonesia By Prezi User On Prezi

Sejarah Pramuka Di Indonesia Teen Kapanlagi Com

Sejarah Pramuka Indonesia Di Solo Espospedia Solopos Com

Sejarah Pramuka Dunia Dan Indonesia Singkat Lengkap Romadecade

Sejarah Pramuka Di Indonesia

Index Of Wp Content Uploads 2018 09

Buku Pegangan Pembina Pramuka

Pdf Sejarah Kepramukaan Di Indonesia Pdf Materi Pramuka

Mengetahui Sejarah Pramuka Di Dunia Dan Di Indonesia

Makalah Sejarah Pramuka Di Dunia Dan Di Indonesia

Mengenal Sejarah Pramuka Di Indonesia Biem Co

Sejarah Gerakan Pramuka

Sejarah Pramuka Di Dunia Dan Indonesia Yang Sebenarnya

Menilik Sejarah Perkembangan Gerakan Pramuka Di Indonesia

Sejarah Pramuka Dunia


0 Response to "Sejarah Pramuka Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel