Sistem Reproduksi Laki Laki



Sistem Urogenital Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia

Organ Penyusun Sistem Reproduksi Pada Laki Laki Beserta Fungsinya

Salah satu ciri mahluk hidup adalah berkembang biak atau melakukan reproduksi, reproduksi melibatkan suatu sistem dalam tubuh, yaitu sistem reproduksi. Sistem reproduksi melibatkan organ reproduksi, salah satunya adalah sistem reproduksi pria. Dimana sistem reproduksi pria memiliki sruktur dan fungsinya masing-masing. Secara umum pada laki laki organ penyusun sistem reproduksi terdiri dari 4 organ penyusun inti, yaitu saluran reproduksi, penis, testis dan kelenjar.

Lihat gambar dibawah ini

 Organ Penyusun Sistem Reproduksi Pada Laki Laki

Saluran reproduksi merupakan bagian organ tubuh yang memiliki fungsi secara umum adalah sebagai alur ataupun tempat dari reproduksi tersebut. Dalam organ reproduksi pria sendiri, saluran reproduksi terdiri dari:

 Epididimis memiliki tugas sebagai tempat penyimpanan sperma dan juga tempat pematangan sperma tersebut, bentuk dari saluran ini  berkelok-kelok terbagi menjadi dua yaitu :

 Vas deferns atau saluran sperma merupakan saluran yang bertugas untuk mengirim sperma ke uretra, selain itu saluran ini juga memiliki peran untuk menjadi tempat penyimpanan sperma sementara.

Uretra adalah saluran setelah vas deferns yang bertugas sebagai saluran untuk mengeluarkan sperma dan menjadi saluran urine yang terhubung dari kandung kemih.

Penis adalah alat kelamin pria yang letaknya diluar tubuh. Fungsi dari penis tidak lain adalah sebagai alat kopulasi, maksudnya adalah untuk memasukkan sperma ke saluran reproduksi wanita. Secara umum penis terbagi atas 2 bagian, yaitu kepala penis dan batang. Dalam kepala penis terdapat preputium yang merupakan kulit yang berfungsi untuk menutupi ujung sensitif penis disebut juga kulup. Sunat, penghapusan kulup dari penis digunakan untuk menjadi praktek yang sangat populer selama zaman Alkitab dan tahun 1800-an. Saat ini, hal itu biasanya dilakukan karena tradisi keluarga dan aturan agama

Testis yang terdapat pada organ reproduksi pria berjumlah sepasang dan dapat ditemukan didalam kantong pelindung yang berlipat-lipat, dapat disebut sebagai skrotum. Skrotum yang digunakan sebagai pelindung ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa dapat mengendur dan mengkerut sesuai suhu tubuh manusia. Kantong skrotum ini dapat ditemukan dibawah rongga pelvis.

Fungsi testis adalah sebagai organ reproduksi untuk menghasilkan spermatozoa dan juga hormon testosteron. Fungsi dari spermatozoa atau sel kelamin jantan tidak lain adalah untuk membuahi sel kelamin betina dan fungsi hormon tostesteron adalah untuk memberikan tanda sekunder pada pria, contohnya disini adalah suara menjadi lebih berat, dada lebih bidang, tumbuh jakun dan kumis.

Kelenjar yang terdapat pada sistem reproduksi pria terbagi atas 3 macam, yaitu kelenjar prostat, kelenjar bulbourethralis dan vesika seminalis.

Penjelasannya

Kelenjar prostat merupakan kelenjar yang memproduksi cairan bening berwarna putih yang memiliki peran untuk melindungi sperma dari luar, selain itu sebagai tempat makanan untuk sperma

Kelenjar ini dapat ditemukan disepanjang saluran uretra. Kelenjar bulbourethralis memiliki tugas sebagai pengekskresi cairan bening dengan cara menetralkan urine yang masih terdapat di uretra.

 Kelenjar ini bertugas untuk memproduksi cairan berwarna kuning yang mengandung makanan untuk dijadikan energi bagi sperma.

Fungsi Organ Organ Penyusun Sistem Reproduksi Pada Laki Laki

 Bagian luar organ reproduksi laki-laki yang berfungsi sebagai saluran kencing (urin) dan saluran sperma.

 Bagian seperti kantung yang di dalamnya terdapat testis. Berfungsi menjaga suhu testis agar sesuai untuk reproduksi sperma.

 Bagian yang bentuknya bulat telur yang tersimpan dalam skrotum. Berfungsi untuk   memproduksi sperma dan hormone testoteron.

 Saluran yang keluar dari testis yang berbentuk seperti tanda koma dengan ukuran 4 cm. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan sperma sementara.

 Saluran panjang yang mengarah ke atas dan merupakan lanjutan epididimis. Berfungsi menghubungkan epididimis dan uretra.

 Saluran yang terdapat di penis, merupakan akhir dari saluran reproduksi. Berfungsi saluran keluarnya sperma dan urin.

 Bagian yang berbentuk kantung kecil berukuran 5 cm yang letaknya dibelakan kantung kemih. Berfungsi menghasilkan zat-zat yang diperlukan untuk perkembangan sperma.

Bagian yang berbentuk seperti kue donat yang terletak di bawah kantung kemih. Berfungsi menghasilkan cairan bersifat asam.

 Bagian yang berbentuk seperti kacang yang terletak di bawah kelenjar prostat. Berfungsi menghasilkan lendir dan cairan bersifat basa.

Demikian artikel ini, pasti akan bermanfaat untuk pembaca. Sampai jumpa diartikel selanjutnya

Download Pdf

Gallery Sistem Reproduksi Laki Laki

Gambar Sistem Reproduksi Laki Laki Brainly Co Id

Sistem Alat Reproduksi Pria Bagian Fungsi Hormon

Kesehatan Reproduksi Remaja Laki Laki Dan Perempuan

Aktifitas 1 1 Mengidentifikasi Organ Organ Penyusun Sistem

Obat Herbal Kanker Prostat Kanker Prostat Hanya Akan

Sistem Reproduksi Biologi Kelas Xi Semester Genap

Manusia Sistem Reproduksi Laki Laki Buy Manusia Sistem Reproduksi Laki Laki Sistem Reproduksi Laki Laki Manusia Manusia Sistem Reproduksi Laki Laki

Alat Reproduksi Wanita Dan Pria Google Search Sistem

Alat Reproduksi Pria Dan Wanita Beserta Fungsinya Yang

Sistem Reproduksi Laki Laki Youtube

Sistem Reproduksi Laki Laki

Sistem Reproduksi Laki Laki International Centre For Terpadu

Pengertian Dan Sistem Reproduksi Manusia Laki Laki Dan

Proses Dan Organ Alat Reproduksi Pada Pria Laki Laki

Organ Reproduksi Laki Laki Pengertian Fungsi Bagian

Mengulas Tentang Alat Reproduksi Laki Laki Dan Kelainan Yang

Sperma Adalah Sel Reproduktif Jantan Pada Vertebrata Yang

Sistem Reproduksi Manusia Laki Laki Perempuan

8 Organ Alat Reproduksi Pria Dan Fungsinya Bahas Lengkap

Sistem Reproduksi Manusia Wikipedia Bahasa Indonesia

Makalah Sistem Reproduksi Laki Laki


0 Response to "Sistem Reproduksi Laki Laki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel