Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi



Perbedaan Pembangunan Ekonomi Bersama Dengan Pertumbuhan

Pengertian Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Posted by Taufik at 14.05

Kebijakan pembangunan ekonomi selalu ditujukan untuk mempertinggi kesejahteraan yang seluas-luasnya. Artinya, kabijakan akonomi bertujuan untuk mempercepat proses pertumbuhan ekonomi. Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses yang menyebabkan pandapatan per kapita penduduk suatu maayarakat meningkat dalam jangka panjang. Secara umum, arti pembangunan ekonomi adalah suatu usaha untuk menaikkan pendapatan total dan pendapatan perkapita dangan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dangan parubahan mendasar dalam struktur ekonomi suatu nagara dan pemerataan pandapatan bagi panduduk suatu negara Adapun pangertian pambangunan ekonomi menurut para ahli sebagai berikut.

a.    Prof, Dr. Sumitro Djojohadikusumo

Pembangunan ekonomi adalah usaha memperbesar pandapatan per kapita dan menaikkan produktivitas per kapita dengan jalan menambah peralatan modal dan skill.

b.    G. M Meier dan R.E. Baldeln

Pembangunan ekonomi adalah sualu proses dengan proses pendapatan nasional riil suatu perekonomian bertambah selama satu periode waktu yang panjang.

c.    Drs. Irawan M.B.A. dan Dr. M. Suparmoko, M.A.

Pambangunan ekonomi adalah usaha untuk meningkatkan taraf hidup bangsa yang sering diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan rill per kapita. Dari uraian di atas, pembangunan ekonomi mempunyai tiga sifat pooling, sebagai benkut. a. Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses perubahan secara terus-menerus. Seperti halnya dengan manusia yang dimulai dari lahir, tidak langsung menjadi dewasa, letapi untuk menjadi dewasa harus melalui tahapan-tahapan pertumbuhan Seperti halnya dalam pembangunan ekonomi, setiap bangsa harus menjalani tahap-tahap perkembangan untuk menuju kondisi yang adil, makmur, dan sejahtera. b Pembangunan ekonomi berupaya meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat. Dalam hal Ini, berarti pembangunan ekonomi merupakan suatu usaha tindakan aktif yang harus dilakukan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan pendapatan per kapita. Dengan demikian, sangat dibutuhkan peran serta masyarakat, pemeritah, dan semua elemen yang terdapat dalam suatu negara untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan. Hal ini dilakukan karena kenaikan pendapatan per kapita mancerminkan perbaikan dalam kesejahteraan masyarakat. c Upaya peningkatan pendapatan per kapita tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Artinya, suatu perekonomian dapat dinyatakan dalam keadaan berkembang apabila pendapatan per kapita dalam jangka panjang cenderung meningkat. Hal ini tidak berarti bahwa pendapatan per kapita harus mengalam: kenaikan terus menerus. Berikut ini adalah beberapa indikator yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mengukur keberhasilan pembangunan ekonomi, di antaranya sebagai barikut. a,    Peningkatan pendapatan nasional. b.    Pertumbuhan ekonomi, e.    Pendapatan per kapita dengan memperhitungkan tingkat pertambahan panduduk. d.    Terjadinya perubahan sosial dan perubahan struktur ekonomi. Faktor-faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi dapat dibedakan manjadi dua kelompok, yaitu faktor ekonomi dan faktor nonekonomi. a.    Faktor ekonomi terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya modal, teknologi. kewirausahaan, dan distribusi pendapatan. b.    Faktor nonekonomi yang di antaranya adalah stabilitas dan keamanan negara, pelayanan birokrasi, dan kondisi sosial masyarakat. Dengan adanya pembangunan ekonomi diharapkan dapat memberi dampak positif, tetapi tidak dapat dipungkiri selain memberi dampak yang positif, pembangunan ekonomi juga memberi dampak yang negatif. Berikut Ini beberapa dampak positif dan negatif akibat adanya pembangunan ekonomi.

a.    Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

1)    Melalui pembangunan ekonomi, pelaksanaan kegiatan perekonomian akan berjalan lebih lancar dan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi. 2)    Adanya pembangunan ekonomi dimungkinkan terciptanya lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat, dengan demikian akan mengurangi pengangguran. 3)    Terciptanya lapangan pekerjaan akibat adanya pembangunan ekonomi secara langsung bisa memperbaiki tingkat pendapatan nasional. 4)    Melalui pembangunan ekonomi dimungkinkan adanya perubahan struktur perekonomian dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industri. sehingga kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh negara akan semakin beragam dan dinamis. 5)    Pembangunan ekonomi menuntut peningkatan kualitas SDM sehingga dalam hal ini, dimungkinkan ilmu pengetahuan dan teknologi akan berkembang dengan pesat. Dengan demikian, akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat

b.    Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

1)    Adanya pembangunan ekonomi yang tidak terencana dengan baik mengakibatkan adanya kerusakan lingkungan hidup. 2)    Industrialisasi mengakibatkan berkurangnya lahan pertanian. Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi. Proses pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat diukur dengan indikator peningkatan Produk Nasional Bruto (GNP) rill, Produk Domestik Bruto (GDP), dan distribusi pendapatan sepanjang waktu.

Perbedaan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi adalah pada pertumbuhan ekonomi keberhasilannya lebih bersifat kuantitatif, yaitu adanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produkal yang dihasilkan, sedangkan pada pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif, bukan hanya pertambahan produksi, tetapi juga terdapat perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input pada berbagai sektor perekonomian seperti dalam lembaga, pengetahuan, sosial, dan teknik.

Tags : Ekonomi

Related : Pengertian Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Gallery Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Mengawal Pembangunan Ekonomi Ntt Pos Kupang

Bab 5 Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Pengantar Ekonomi Pembangunan Strategi Pertumbuhan Dan

Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi Bahas Lengkap

Pertumbuhan Ekonomi 5 02 Persen Wamenkeu Fondasi Yang

Doc Pembangunan Ekonomi Syakinatul Frengga Academia Edu

Silabus Pengantar Ekonomi Pembangunan

Tabel Perbedaan Pembangunan Dan Pertumbuhan Ekonomi

Ppt Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Daerah Fathista

Pembangunan Infrastruktur Bakal Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ppt Teori Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Powerpoint

Pembanguna Dan Pertumbuhan Ekonomi Pembangunan Dan

Teori Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Klasik Weareid

Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif 2024 Dipatok 6 54

Pertumbuhan Ekonomi Kelas 11 Pengertian Teori Dll

Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi By Nadia Umi Hanifah On

Ciri Ciri Pertumbuhan Ekonomi Brainly Co Id

Ekonomi Kelas 11 Perbedaan Pembangunan Ekonomi Dengan

Komik Ekon Storyboard By Felicya21

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan Ekonomi

4 Faktor Yang Memengaruhi Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Https Irfandannony445 Blogspot Com Pertumbuhan Dan

Pertumbuhan Dan Pembangunan Nasional Page 7 Sobat Materi

Konsep Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Budhii Weblog

Teori Teori Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Menurut Para


0 Response to "Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel