Motto Hidup Islami Dari Alquran Untuk Skripsi



Eksistensi Aktivitas Dakwah Jurusan Komunikasi Penyiaran

Kumpulan Motto Hidup Islami Penerang Kalbu

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi motto adalah kalimat, frasa, atau kata yang digunakan sebagai semboyan, pedoman, atau prinsip. Setiap orang pasti ingin memiliki pedoman hidup yang bisa menginspirasi dan menyemangati hari-harinya. Bagi kamu yang muslim, tidak ada salahnya kamu mencari prinsip dari kumpulan motto hidup Islami di tulisan ini.

Jangan risau, dalam tulisan ini ada kumpulan motto hidup Islami yang bisa kamu gunakan sebagai pedomanmu. Motto hidup Islami di dalam tulisan ini juga memiliki tema yang cocok untuk beragam situasi.  Jangan buang waktu, mari baca, simak, dan pilih pedomanmu dari kumpulan motto hidup Islami yang bisa mencerahkan hati dalam tulisan ini.

Motto Hidup Islami dan Maknanya

1. Senyum itu Sedekah

Senyum manismu di hadapan saudaramu adalah sedekah. Hadis Riwayat Tirmidzi

Sebagai awal dari kumpulan motto hidup Islami dalam artikel ini, ada sebuah hadis yang menekankan pentingnya tersenyum kala bertemu teman atau saudara. Ternyata, dengan menyunggingkan senyuman di bibir itu sudah merupakan amal baik.

Mulai sekarang janganlah ragu untuk tersenyum saat bertemu teman-temanmu. Senyuman akan membuat suasana menjadi cerah dan ceria, selain itu senyumanmu akan menjadi amal sedekah bagimu.

2. Hindari Dosa Besar

Dosa yang paling besar adalah menyekutukan Allah, membunuh manusia, berani kepada orang tua, dan kesaksian palsu. Hadis Riwayat Bukhari

Dalam kehidupan tentu ada batasan yang tidak boleh dilanggar. Dalam agama Islam ada empat perbuatan yang jangan sampai dilakukan.

Menurut kutipan di atas, keempat perbuatan itu merupakan dosa-dosa terbesar. Semoga kita semua terhindar dari empat perbuatan buruk tersebut. Amin.

3. Paling Dibenci Allah

Orang yang paling dibenci oleh Allah adalah yang suka bertengkar. Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim

Islam adalah agama yang cinta damai. Sebagai pemeluk agama Islam, kita tentunya juga harus mengamalkan perkataan dari Nabi Muhammad SAW ini.

Jangan sampai menyelesaikan masalah dengan kekerasan dan pertengkaran. Selesaikan masalah dengan kepala dingin dan cara-cara damai.

4. Menyambung Tali Persaudaraan

Bertaqwalah kepada Allah dan sambunglah tali persaudaraan diantara kamu sekalian. Hadis Riwayat Ibnu ‘Asakir

Motto hidup Islami ini sangat tepat untuk dijadikan pegangan hidup. Apalagi bagi sosok yang senang untuk mencari dan menambah teman baru.

Memang menyenangkan mempunyai banyak teman di mana saja. Tetapi ingatlah, senantiasa jaga dan rawat silaturahmi antara kamu dan teman-temanmu.

5. Orang Islam Sejati

Orang Islam sejati adalah apabila orang Islam yang lain merasa aman dari ucapan dan tangannya. Hadis Riwayat Muslim

Semua orang pasti menginginkan orang di sekelilingnya selalu merasa nyaman saat berada di sekitarnya. Mari menjadi sosok yang mampu membuat orang merasa aman dan nyaman saat bersama kita.

Jaga lisan dan perbuatan kita dari hal-hal yang bisa menyakiti perasaan maupun fisik seseorang. Selalu berpikir sebelum berucap dan bertindak agar tidak ada perbuatan tidak menyenangkan yang berasal dari diri kita.

Baca juga: 30 Kata Kata Lucu Bergambar Membuatmu Terpingkal-Pingkal

Motto Hidup Islami Singkat

1. Sebagian dari Iman

Kebersihan itu sebagian dari iman. Hadis Riwayat Tirmidzi

Salah satu dari kumpulan motto hidup islami singkat ini patut dijadikan sebagai pegangan. Hidup dengan menjaga kebersihan tentu akan mendatangkan banyak manfaat.

Jagalah selalu kebersihan kapan saja dan di mana saja. Tidak hanya kebersihan yang dapat dipandang mata saja, kebersihan hati dan pikiran hendaknya juga dijaga.

2. Menutup Aurat

Sesungguhnya kita dilarang memperlihatkan aurat kita. Al Hadis

Dari banyak kumpulan motto di tulisan ini, mungkin inilah yang harus diperhatikan dan dijaga oleh kaum wanita. Ingatlah bahwa kecantikan itu tidak seharusnya ditunjukan dengan membuka aurat.

Dengan gaya busana islami yang menutupi aurat, kaum wanita bisa terlihat makin cantik dan anggun. Mulailah menutupi auratmu, pancarkan aura dan pesonamu lewat pakaian yang sopan.

3. Surga dan Telapak Kaki Ibu

Surga itu di bawah telapak kaki ibu. Hadis Riwayat Ahmad

Ibu, dalam agama Islam, mendapat kemuliaan dan keistimewaan tersendiri. Nabi Muhammad SAW juga banyak mengingatkan umatnya untuk selalu menghormati ibunya.

Selalu berbaktilah kepada wanita yang telah melahirkanmu ke dunia ini. Jangan pernah sakiti perasaannya karena surga itu ada di bawah telapak kaki ibu.

4. Perhiasan Terbaik

Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita salihah. Hadis Riwayat Muslim

Dari sekian banyak kumpulan motto hidup islami, motto hidup pendek ini harus dipegang pria untuk mencari pendamping hidup. Dalam mencari belahan hati, hendaknya melihat dulu amal dan akhlak dari seorang wanita.

Jangan hanya mencari pasangan dari penampilan luarnya saja. Kalau bisa, carilah wanita yang selain elok parasnya juga cantik hatinya untuk kamu jadikan perhiasan dunia terbaikmu.

5. Keindahan

Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan. Hadis Riwayat Muslim

Hadis dari Nabi Muhammad SAW selalu mengandung petuah dan nasihat bijak untuk kehidupan. Salah satu contoh nyatanya adalah hadis di atas.

Jagalah selalu keindahan, mulai dari penampilan diri sampai lingkungan sekitarmu. Karena dengan menjaga keindahan kamu akan mencintai dan dicintai Allah.

Baca juga: Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Orang Spesial sebagai Tanda Sayang

Motto Hidup Islami Pendidikan

1. Wajib Mencari Ilmu

Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan. Hadis Riwayat Ibnu Abdil Barr

Di nomor 1 kumpulan motto hidup islami pendidikan, ada hadis yang menekankan kewajiban untuk mencari ilmu. Disebutkan bahwa mencari ilmu itu wajib hukumnya bagi semua muslim.

Baik laki-laki maupun perempuan memiliki kewajiban yang sama untuk mencari ilmu. Maka sebagai muslim yang baik, kita harus selalu mencari ilmu baik secara formal maupun non formal.

2. Jalan Allah

Barang siapa yang keluar rumah untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang. Hadis Riwayat Tirmidzi

Mencari ilmu itu wajib hukumnya bagi setiap muslim. Dan terkadang untuk menuntut ilmu seseorang diharuskan untuk menempuh jarak yang jauh dari rumahnya.

Tetapi janganlah khawatir, menuntut ilmu itu termasuk amalan baik yang akan mendapat pahala. Dengan keluar mencari ilmu, seseorang sudah berjalan di jalan Allah dan insyaAllah akan dilindungi Allah.

3. Sampai Liang Lahat

Carilah ilmu dari ayunan hingga ke liang lahat. Kata Mutiara Islami

Kata kata bijak islami yang satu ini sudah sangat familiar di telinga kita. Mengingatkan kita agar senantiasa mencari ilmu mulai dari saat kanak-kanak hingga maut menjemput suatu saat.

Memang benar, kita tidak boleh berhenti mencari ilmu hanya karena sudah selesai sekolah atau kuliah. Masih banyak ilmu lain yang bisa kita pelajari, imbangilah ilmu pengetahuan dengan ilmu agama juga.

4. Menjemput Ilmu

Bukanlah ilmu yang seharusnya mendatangimu, tetapi kamulah yang harus mendatangi ilmu itu. Imam Malik

Motto hidup islami ini mengingatkanmu agar selalu rajin belajar untuk menjemput ilmu. Ilmu tidak akan datang begitu saja kepada seseorang yang tidak mau berusaha.

Datangilah ilmu yang ingin kamu kuasai, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Ilmu bisa didapatkan dengan cara sekolah, kuliah, membaca buku di perpustakaan atau di internet.

5. Popularitas

Sebarkan pengetahuanmu, tetapi hati-hatilah dengan popularitas. Sufyan al-Thawri

Ketika mempunyai suatu pengetahuan atau ilmu sebaiknya jangan disimpan untuk diri sendiri. Ilmu akan lebih bermanfaat ketika dibagikan kepada orang-orang di sekitar.

Tetapi berhati-hatilah ketika menjadi populer saat telah membagikan ilmu tersebut. Jangan sampai popularitas membuat lupa diri dan besar kepala.

Baca juga: Kata Kata buat Pacar Tersayang yang Mencerminkan Kisah Asmaramu

Motto Hidup Islami dari Al Quran

1. Orang Sabar

Dan Allah bersama orang orang yang sabar. QS Al-Anfal ayat 66

Kesabaran banyak disinggung di dalam kitab suci Al Quran. Salah satu ayat yang menyoroti tentang kesabaran adalah Surat Al Anfal ayat 66 yang tertera di atas.

Saat sedang dalam dilanda kesusahan atau kesulitan hendaklah kamu bersabar. Janganlah bersedih hati karena Allah selalu bersama orang-orang yang senantiasa sabar menghadapi ujian.

2. Di Balik Kesulitan

Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. QS Asy Syarh ayat 5-6

Ayat ini bisa kamu jadikan sebagai motto hidup islami ketika sedang diterpa suatu kesulitan. Jangan banyak mengeluh, hadapi dan atasi kesulitan yang menghalangimu.

Yakinlah bahwa sesudah kesulitan yang kamu hadapi pasti ada kemudahan yang menantimu. Mengunggahnya sebagai status Facebook atau caption Instagram juga bukan ide yang buruk.

3. Berlomba dalam Kebaikan

Berlomba lombalah dalam kebaikan. QS Al Baqarah ayat 148

Muslim yang baik tentu akan selalu melakukan kebaikan dan menjauhi perbuatan-perbuatan buruk. Allah SWT telah berfirman di dalam surat Al Baqarah agar manusia berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan.

Berlomba dalam melakukan kebaikan sangatlah positif, selain menyebarkan kebaikan juga mendapat pahala. Mulailah melakukan amal-amal baik, tidak masalah jika amalmu itu kecil, yang terpenting adalah kamu terus melakukannya.

4. Sesuai Kemampuannya

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai kemampuannya. QS Al Baqarah ayat 286

Terkadang seseorang akan mengeluh ketika sedang menghadapi masalah yang berat. Seakan-akan seseorang itu sedang menanggung cobaan terberat di dunia ini.

Sadarilah, para Nabi terdahulu juga pernah mengalami cobaan yang jauh lebih berat dari yang kita alami. Dan selalu ingatlah, Allah tidak akan menguji seseorang di luar batas kemampuan orang tersebut.

5. Balas dengan Kebaikan

Dan balaslah kejahatan itu dengan kebaikan. QS Ar Ra’d ayat 22

Dari semua kumpulan motto hidup islami yang ada dalam artikel ini, prinsip hidup ini yang paling sulit untuk dijalani. Bagaimana tidak, ketika ada orang yang berbuat jahat kepada kita, kita justru diminta untuk membalasnya dengan kebaikan.

Butuh hati yang penuh keikhlasan untuk menjalankan perintah Allah SWT di atas. Tetapi tidak ada salahnya untuk mulai mengamalkan perintah ini, lama kelamaan mungkin kita bisa melakukannya.

Baca juga: 30 Kata Kata Bikin Baper yang Menyentil Perasaan

Motto Hidup Mahasiswa Islami

1. Hormati yang Tua dan Muda

Bukan termasuk golongan kita orang yang tidak menyayangi generasi muda dan tidak menghormati generasi tua. Hadis Riwayat Tirmidzi

Seorang mahasiswa harus mampu bersikap dan berkelakuan seperti status yang disandangnya. Sopan santun dalam berinteraksi dengan semua orang harus dikedepankan.

Kata kata indah bertema Islam di atas bisa dijadikan sebagai pedoman hidup mahasiswa muslim.  Sayangilah generasi yang lebih muda dan jangan lupa untuk selalu menghormati orang yang lebih tua.

2. Mengikat Binatang Buruan

Ilmu itu bagaikan binatang buruan, sedangkan pena adalah pengikatnya. Maka ikatlah binatang buruanmu dengan ikatan yang kuat. Imam Syafi’i

Kata mutiara dari Imam Syafi’i ini wajib dicamkan dalam hati oleh seorang mahasiswa. Ketika mendapatkan ilmu sebaiknya dituliskan ke dalam buku catatan dengan rapi.

Memang mengingat suatu ilmu itu bisa saja dilakukan, tetapi suatu saat ilmu yang diingat bisa saja terlupa. Untuk itulah seseorang harus menuliskan apa yang telah didapatkannya, agar jika terlupa bisa dibaca kembali.

3. Pedang Waktu

Waktu bagaikan pedang. Jika engkau tidak memanfaatkannya dengan baik , maka ia akan memanfaatkanmu. Hadis Riwayat Muslim

Dari banyak kumpulan motto hidup islami untuk mahasiswa, motto hidup keren inilah yang paling krusial. Seorang mahasiswa harus bisa memanfaatkan masa kuliahnya dengan baik dan benar.

Banyak mahasiswa yang menyia-nyiakan waktunya sehingga akhirnya terpaksa harus wisuda lebih lama. Jadilah mahasiswa yang disiplin dan pintar mengatur waktu agar bisa lulus lancar tepat waktu.

4. Makanan

Rasulullah tidak pernah mencerca makanan sama sekali. Jika Rasul menginginkan sesuatu maka beliau memakannya dan jika tidak menyukainya maka beliau meninggalkannya. Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim

Mungkin terlihat seperti hal remeh, tetapi soal masakan dan makanan juga punya adab tersendiri dalam agama Islam. Hadis ini pas untuk mahasiswa yang harus menjalani kuliah di tanah rantau.

Jangan pernah mencerca makanan karena rasa atau wujudnya. Jika memang ingin dimakan, maka makanlah. Jika tidak ingin, tinggalkanlah tetapi jangan sampai mencerca makanan tersebut.

5. Selalu Bersabar

Wahai orang orang yang beriman, bersabarlah engkau dan kuatkanlah kesabaranmu. QS Ali Imran ayat 200

Salah satu ayat dari surat Ali Imran ini bisa dijadikan motto hidup islami dari Al Quran untuk skripsi. Tidak hanya bagus saja, ayat ini juga mampu memberikan dorongan ketika mengerjakan skripsi.

Hambatan dan masalah bisa kapan saja muncul saat proses mengerjakan skripsi. Ingat selalu intisari dari ayat ini agar kamu selalu kuat dan sabar dalam melalui hambatan saat skripsi.

Baca juga: 35 Kata Kata Cinta Romantis untuk Memaknai Cinta Anda

Kumpulan Motto Hidup Islami sebagai Jembatan Menuju Diri yang Lebih Baik

Apakah sudah menemukan motto hidup islami dari kumpulan motto di atas? Pastinya sudah ya, setelah menemukan pedoman hidup baru segera mulai untuk menerapkannya dalam kehidupanmu. Sebaik-baik pedoman hidup adalah yang mampu kamu terapkan dalam kehidupan.

Semoga kumpulan motto hidup islami ini mampu memberi inspirasi dan motivasi untukmu. Mudah-mudahan kumpulan kutipan ini juga mampu membuat dirimu menjadi pribadi yang lebih baik.

Gallery Motto Hidup Islami Dari Alquran Untuk Skripsi

Etika Berbicara Dalam Al Qur An Dan Kontekstualisasinya

Contoh Soal Dan Materi Pelajaran 2 Contoh Motto Skripsi

Bab I Iv Daftar Pustaka

Ii Nilai Nilai Pendidikan Karakter Islami Dalam Buku Hoegeng

Etika Berbicara Dalam Al Qur An Dan Kontekstualisasinya

Kumpulan Motto Hidup Islami Dan Maknanya Yang Bisa Dijadikan

Kata Kata Motto Skripsi Kumpulan Gambar Kata Kata

Kumpulan Motto Hidup Islami Penerang Kalbu Kutipkata

Laskar Jihad Mafiadoc Com

Pesan Dan Quotes Motivasi Islami 8 Pesan Dalam Ayat Al

300 Contoh Motto Hidup Singkat Tapi Bermakna Orang Sukses

Kumpulan Motto Hidup Islami Penerang Kalbu Kutipkata

Konsep Hidup Sejahtera Perspektif Al Qur An

Contoh Soal Dan Materi Pelajaran 2 Contoh Motto Skripsi

Contoh Motto Dalam Skripsi Contoh Soal Dan

20 Motto Hidup Islami Sebagai Pengingat Dan Motivasi Posbagus

Contoh Motto Terbaru Dalam Skripsi Tentang Bimbingan Dan

The Story Of Sleeping Of Aṣhabul Kahf In The Qur An Written By

212 Kumpulan Motto Hidup Pelajar Mahasiswa Dan Orang Sukses


0 Response to "Motto Hidup Islami Dari Alquran Untuk Skripsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel