Sakit Perut Sebelah Kanan



Sering Sakit Perut Sebelah Kanan Waspadai 11 Penyebabnya

10 Fakta Tentang Sakit Perut Sebelah Kanan: Penyebab Yang Mungkin

Source: Sue Clark

Sebagai orang yang telah banyak kali mengalami sakit perut, saya merasakan sakit perut adalah pengalaman yang menyiksa. Saya hendak mengatakan kalau sakit perut tidak hanya sakit perut secara keseluruhan saja, namun sakit perut juga dapat dirasakan pada salah satu sisi perut. Kali ini, saya akan membahas mengenai sakit perut sebelah kanan. Dari 10 fakta yang akan saya ceritakan, saya akan menggiring Anda semua para pembaca untuk mengetahui apa saja penyebab yang mungkin dari sakit perut sebelah kanan:

1. Janin Bergerak Ke Sebelah Kanan

Source: TawnyNina

Poin penyebab pertama yang mungkin dari sakit perut sebelah kanan ini hanya berlaku untuk wanita, karena, ya… Hanya wanita yang bisa hamil. Sakit perut di sebelah kanan pada ibu hamil umumnya terjadi ketika usia kehamilan sudah cukup matang, kira-kira di atas 6 bulan. Janin yang aktif bergerak sebelah kanan umumnya akan membuat pergerakan-pergerakan dalam perut yang membuat ibu akhirnya merasakan sakit perut sebelah kanan.

2. Menstruasi

Source: emelec

Dalam beberapa kasus, menstruasi dapat menjadi penyebab yang mungkin dari seseorang yang menderita sakit perut. Memang, berdasarkan pengalaman saya, beberapa orang yang menstruasi mengalami kram yang luar biasa sakitnya pada perut sebelah kanan sebelum maupun ketika menginjak maksimum hari ketiga menstruasi. Karena itu, saya pun memasukkannya sebagai salah satu penyebab yang mungkin pada sakit perut sebelah kanan.

3. Kehamilan Ektopik

Source: The 5th Ape

Berbagai referensi medis telah sepakat bahwa kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim. Melalui yang saya baca, kehamilan ektopik ini melibatkan sel telur seseorang. Pada umumnya, orang yang memiliki “kelainan” kehamilan ektopik akan merasakan sakit perut di sebelah kanan sebagai akibatnya, karena itu saya memasukkan poin kehamilan ektopik ini sebagai penyebab dalam salah satu dari 10 fakta tentang sakit perut sebelah kanan.

4. Penyakit Usus Buntu

Source: bodymybody

Tidak hanya penyakit usus buntu secara umum, setiap penyakit yang bermuara pada bagian usus buntu manusia ujung-ujungnya juga akan menyebabkan sakit perut sebelah kanan. Salah satu contoh penyakit usus buntu yang dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan adalah radang usus buntu. Adapun poin ini berlaku untuk semua orang yang memiliki keluhan sakit perut sebelah kanan.

5. Adanya Radang Pada Bagian Bawah Tubuh

Source: BruceBlaus

Sekalipun banyak kali diadakan sosialisasi dan upaya pencegahan, radang memang merupakan penyakit yang bandel, sehingga dapat saja menyebabkan orang mengeluhkan sakit perut sebelah kanan. Siapapun, laki-laki atau perempuan, tua, muda, maupun anak-anak, dapat terkena radang, namun yang hendak saya soroti pada poin ini adalah radang panggul yang cukup menyakitkan dan membuat perut sebelah kanan seolah-olah ingin buang air besar terus.

6. Gangguan Pada Organ Ginjal Atau Hati

Source: BruceBlaus

Karena kedua organ terkait pencernaan manusia ini adanya di sebelah kanan, maka gangguan yang berasal dari kedua organ ini dapat menjadi penyebab seseorang terkena sakit perut sebelah kanan. Adapun gangguan pada organ ginjal atau hati dapat bermacam-macam tergantung dengan usia, riwayat penyakit penderita, maupun faktor-faktor lain dalam diri pencernaan penderita yang berhubungan.

7. Memiliki Kista Di Sisi Kanan

Source: AllClear55

Kista merupakan penyakit yang kronis dan lagi bandel. Bukan hanya penyembuhannya yang lama, namun kista juga dapat menimbulkan dan ditimbulkan oleh bermacam-macam keluhan penderita. Dengan kata lain, kista dapat menjadi penyebab sekaligus gejala sakit perut sebelah kanan. Adanya kista di sebelah kanan membuat penderita mengeluhkan sakit perut sebelah kanan. Hati-hati, kista di sisi kanan semacam ini dapat saja menyiksa!

8. Sembelit Sebelah Kanan

Source: Pete Banks

Sebagaimana yang telah saya kemukakan sebelumnya, sakit perut tidak mengenal tempat dan waktu. Pengalaman saya mengalami sakit perut, dalam hal ini sembelit, memberi saya pelajaran bahwa sembelit sebelah kanan dapat juga menyebabkan orang terkena sakit perut sebelah kanan. Ini dikarenakan ada semacam “kekuatan” yang mendorong di dalam perut sehingga seseorang dapat merasakan sembelit sebelah kanan, biasanya karena pencernaan yang terganggu.

9. Adanya Penyakit Hernia Hiatus

Source: Internet Archive Book Images

Meskipun penyakit hernia kebanyakan diidap oleh anak-anak, kenyataannya laki-laki dan perempuan dewasa juga tidak lepas dari penyakit hernia. Hernia dibagi menjadi dua, yakni hernia ingunialis yang menyerang otot atau jaringan tubuh lainnya dan hernia hiatus yang menyebabkan usus penderita turun. Dalam hal sakit perut sebelah kanan, hernia hiatus-lah penyebab yang mungkin. Karena usus yang dominan terletak di sebelah kanan turun, penderita dapat saja merasakan sakit perut sebelah kanan sebagai dampaknya.

10. Kanker Bagian Pencernaan

Source: Ed Uthman

Adapun kanker yang mungkin menyebabkan seseorang mengalami sakit perut sebelah kanan adalah kanker lambung atau ginjal. Poin ini terkhusus bagi mereka yang kankernya sudah menyebar ke berbagai arah, sehingga pencernaan yang sangat terganggu akibat kanker akan menyebabkan seseorang menderita sakit perut sebelah kanan. Selain itu, riwayat kanker perut sebelumnya juga dapat dijadikan referensi penyebab yang mungkin dari sakit perut sebelah kanan. Karena itulah, kanker bagian pencernaan merupakan penyebab yang mungkin dari sakit perut sebelah kanan.

Itulah informasi yang dapat saya paparkan tentang sakit perut sebelah kanan, yakni penyebab-penyebab yang mungkin. Paling tidak dalam artikel ini, kita dapat mengetahui apa saja, sih, yang dapat menyebabkan orang sakit perut sebelah kanan? Kita pun tahu bahwa sakit perut sebelah kanan baru satu pertanda, masih ada pertanda-pertanda lain yang perlu diagnosa lebih lanjut dari ahli.

Gallery Sakit Perut Sebelah Kanan

Sakit Perut Sebelah Kiri Ini 10 Penyakit Yang Bisa Jadi

8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

3 Penyakit Yang Ditandai Dengan Sakit Perut Bagian Bawah

11 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Cara Mengobati

Sakit Perut Sebelah Kanan Google Play 應用程式

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Prelo Blog Tips

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Kanan Kumparan Com

Sakit Perut Sebelah Kanan Hati Hati Radang Usus Buntu

Sakit Pinggang Sebelah Kanan Penyebab Dan Pengobatan

Sakit Perut Sebelah Kanan Saat Hamil Ini Penyebab Dan Cara

Gejala Usus Buntu Dan Maag Sama Sama Menyebabkan Sakit Perut

Sakit Perut Sebelah Kanan Waspada 3 Penyakit Ini Berbagi

Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kanan Dan Nyeri Ulu Hati

Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kanan Atas

8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Gak Cuma Usus Buntu Penyakit Ini Juga Sakit Di Perut

Konsultasi Umum Sakit Perut Di Bagian Bawah Kanan Indikasi

Ketahui Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kanan Prelo Blog

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Kesehatan Cara Manfaat

6 Penyakit Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Yang Perlu

5 Penyebab Dan Cara Mengatasi Perut Kanan Bawah Sakit

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Info Sehat Klikdokter Com

Moms Mari Mengenali Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit Di


0 Response to "Sakit Perut Sebelah Kanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel