Ciri Ciri Dataran Rendah



Ciri Ciri Khas Dari Desa Di Daerah Dataran Rendah Tonkin

Pengertian Dataran Rendah, Ciri, Contoh, dan Tanaman yang Hidup di Dataran Rendah

Permukaan bumi memang tidak rata. Ada yang wilayahnya lebih tinggi, dan ada juga yang wilayahnya lebih rendah dari wilayah lain. Hal ini mengakibatkan timbulnya istilah “dataran tinggi” dan juga “dataran rendah”. Lantas, apa itu pengertian dataran rendah yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian dataran rendah, ciri-ciri dataran rendah, contoh dataran rendah, dan tanaman yang hidup di dataran rendah berikut ini.

Pengertian Dataran Rendah

Pengertian Dataran Rendah

Dataran rendah merupakan hamparan tanah luas dengan ketinggian yang relatif rendah, yakni kurang dari 200 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah dikenal juga sebagai dataran aluvial. Dataran ini timbul akibat proses sedimentasi sungai. Proses ini mengakibatkan tanah di dataran rendah menjadi subur. Berikut ini adalah pengertian dataran rendah menurut para ahli:

1. Menurut Wikipedia

Pengertian dataran rendah menurut Wikipedia adalah tanah luas yang memiliki ketinggian yang relatif rendah.

2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian dataran rendah menurut KBBI adalah bagian permukaan bumi di daerah rendah yang relatif rata.

3. Menurut Rumaru

Pengertian dataran rendah menurut Rumaru adalah dataran yang terbentuk akibat proses-proses geomorgologi yang didominasi oleh tenaga eksogen seperti iklim, angin, curah hujan, batuan, dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Dataran Rendah

Ciri-Ciri Dataran Rendah

Dataran rendah memiliki sejumlah ciri khas yang membedakannya dengan bentang alam lain:

1. Tanahnya relatif datar dan memiliki ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan laut.

2. Tanah ini biasanya ditemukan di sekitar pantai, namun ada juga yang berada di pedalaman.

3. Terjadi akibat proses sedimentasi. Di Indonesia, dataran rendah biasanya terjadi akibat sedimentasi sungai.

4. Tanahnya lebih subur dan lebih banyak ditempati penduduk jika dibandingkan dengan daerah pegunungan.

5. Memiliki tekanan udara yang lebih tinggi daripada daerah pegunungan.

Contoh Dataran Rendah

Contoh Dataran Rendah

Berikut ini adalah beberapa contoh dataran rendah yang ada di Indonesia:

1. Dataran rendah Surakarta

Dataran rendah Surakarta terletak di provinsi Jawa Tengah, dengan ketinggian 95 – 105 meter di atas permukaan laut. Dataran ini diapit oleh tiga buah gunung, yakni Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan juga Gunung Lawu. Selain itu, dataran rendah Surakarta juga dilewati oleh aliran Sungai Bengawan Solo sehingga memiliki tanah yang subur.

Tanahnya berupa tanah pasir yang memiliki komposisi mineral yang tinggi. Hal ini bisa terjadi karena dipengaruhi oleh aktivitas vulkanis dari beberapa gunung yang ada di sekitarnya. Ketersediaan air di dataran ini juga melimpah sehingga cocok untuk ditanami sayuran atau dijadikan perkebunan, seperti perkebunan tebu dan tembakau.

Sedangkan iklim yang dimiliki dataran rendah Surakarta sebenarnya sama dengan iklim di daerah lain di Indonesia, yakni iklim muson tropis. Curah hujannya sekitar 2200 mm dengan curah hujan tertinggi terjadi pada bulan Desember hingga Februari. Temperatur udaranya rendah, berkisar antara 21 – 32,5 derajat Celcius.

2. Dataran rendah Semarang

Dataran rendah Semarang terletak di ibukota provinsi Jawa Tengah dan dikenal dengan nama “kota bawah”. Dataran ini memiliki ketinggian sekitar 0 – 3,5 meter di atas permukaan laut dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Lebarnya hanya 4 km dengan kemiringan sekitar 0 hingga 2 persen. Hal ini mengakibatkan dataran rendah Semarang sering mengalami banjir rob akibat luapan air laut.

Siklus pergantian musim di wilayah ini sama dengan kota-kota lain di Indonesia, yaitu setiap 6 bulan sekali. Curah hujannya berbeda-beda dengan rata-rata 2215 mm hingga 2183 mm. Sedangkan suhu udaranya berkisar antara 25,8 derajat sampai 29,3 derajat Celcius.

3. Dataran rendah Madiun

Sesuai namanya, dataran rendah Madiun berada di kota Madiun, Jawa Timur. Dataran ini terletak pada ketinggian antara 63 – 67 meter di atas permukaan air laut. Suhu udaranya berkisar antara 20 derajat hingga 35 derajat Celcius. Biasanya pada awal dan akhir tahun, curah hujannya akan cukup tinggi, dan baru akan mulai turun pada pertengahan tahun.

4. Dataran rendah Palembang

Tahukah kamu, sebagian besar wilayah Palembang adalah dataran rendah dengan ketinggian rata-rata sekitar 0 – 20 meter di atas permukaan laut. Tanahnya adalah tanah berawa sehingga membuat Palembang sering tergenang air pada saat musim hujan. Tak hanya tanah berawa, dataran ini juga memiliki beragam jenis tanah lain, seperti tanah aluvial, tanah liat, dan tanah pasir. Lapisan tanah di dataran ini banyak mengandung minyak bumi sehingga dikenal dengan sebutan lembah Palembang – Jambi. Curah hujan per tahunnya berkisar antara 2000 mm sampai 3000 mm. Sedangkan temperatur udaranya berkisar antara 23,4 hingga 31,7 derajat Celcius.

5. Dataran rendah Banjarmasin

Dataran rendah Banjarmasin berada di ibukota provinsi Kalimantan Selatan, dengan sebagian besar tanahnya adalah tanah aluvial yang berstruktur lempung. Musim hujan biasanya terjadi mulai dari bulan November hingga bulan April. Curah hujan per tahunnya berkisar 2400 mm. Sedangkan rata-rata suhu udaranya berkisar antara 25 derajat hingga 38 derajat Celcius.

Baca Juga: Pengertian Perusahaan Dagang, Ciri, Akun-Akun Khusus, dan Jenisnya.

Tanaman yang Hidup di Dataran Rendah

Tanaman yang Hidup di Dataran Rendah

Ada sejumlah tanaman yang hanya bisa hidup di dataran rendah, contohnya adalah sebagai berikut:

1. Padi

Padi merupakan jenis tanaman yang hanya bisa hidup di dataran rendah. Tanaman ini bisa hidup jika suhunya mencapai 36 derajat Celcius. Akan tetapi, akan sangat baik jika padi ditanam di wilayah yang suhunya berkisar 30-an derajat Celcius dengan tingkat curah hujan yang sedang.

2. Kelapa

Kelapa banyak ditemukan di daerah dataran rendah, khususnya di pesisir pantai. Tanaman ini bisa digunakan untuk menghalau angin yang menuju ke arah daratan. Tak hanya itu saja, kelapa juga bisa mencegah terjadinya abrasi.

3. Pisang

Tanaman pisang berbuah sepanjang tahun sehingga banyak dibudidayakan. Terlebih, cara merawatnya juga sangat mudah. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik jika ditanam di dataran rendah.

4. Jagung

Jagung

Jagung banyak ditanam masyarakat karena buahnya bisa digunakan sebagai sumber pangan. Akan tetapi, tanaman yang satu ini hanya bisa hidup dengan baik di dataran rendah karena membutuhkan suhu yang tinggi.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian dataran rendah, ciri-ciri dataran rendah, contoh dataran rendah, dan tanaman yang hidup di dataran rendah yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai dataran rendah.

Gallery Ciri Ciri Dataran Rendah

11 Ciri Ciri Anoa

Karakteristik Dataran Tinggi Case3

Angiospermae Pengertian Ciri Ciri Klasifikasi Dan Contohnya

Plains Apa Itu Definisi Perihalan Dan Perbezaan Dataran

Pengertian Pantai Adalah Manfaat Ciri Ciri Dan Contoh

Buah Mengkudu

Dataran Rendah Ciri Ciri Manfaat Contoh Beserta Gambar

Burung Samyong 546g2r79kqn8

Tanah Rendah Yano Indigirskaya Dan Ciri Cirinya Arah 2020

Pengertian Dataran Jenis Serta Perbedaan Dataran Tinggi

Gambar Yg Aku Kirim Maksudny Apa Ya Tlng Bntu Isi

5 Ciri Jenis Pertanian Dan Perkebunan Materi Pelajar

Bab I Kondisi Fisik Wilayah Indonesia Part 3

Gourascheepmakeri Instagram Photos And Videos Gorzavel Com

Kumo Manych Depression Foto Di Mana Ia Terletak Ciri Ciri

Ciri Ciri Dataran Rendah Di Indonesia Lengkap Dengan

Ketampakan Alam Wilayah Daratan Dan Perairan Halaman 29

Ciri Ciri Ketampakan Alam Wilayah Daratan Dan Perairan

Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem Adalah Pohon

Relief Daratan Lautan Gambar Bentuk Keterangan Contoh

Doc Analisis Sumberdaya Pertanian Indonesia Ciri Ciri

Pengertian Dataran Tinggi Ciri Jenis Dan Tanaman Yang

Bab 1 Kondisi Fisik Wilayah Indonesia C


0 Response to "Ciri Ciri Dataran Rendah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel