Gambar Gerhana Matahari Cincin



Indonesia Jadi Tempat Terbaik Untuk Menyaksikan Gerhana

Gerhana Matahari Cincin 2019 dan Pengaruhnya pada Cuaca dan Iklim

Climate4life.info - Gerhana Matahari Cincin diprediksi akan terjadi pada tanggal 26 Desember 2019. Bagaimana pengaruhnya pada cuaca dan iklim?

Menurut BMKG, Gerhana Matahari Cincin yang akan terjadi pada 26 Desember 2019 ini akan teramati di 25 pusat kota dan kabupaten pada 7 provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. 
Lembaga Layanan Multisektor, Profil dan Sejarah BMKG

Untuk wilayah lainnya,  Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 ini hanya terlihat berupa Gerhana Matahari sebagian. Peta lintasan Gerhana Matahari Cincin tersebut sebagai berikut.

 Peta lintasan Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 di Indonesia. Gambar: www.bmkg.go.id

Jalur lintasan Gerhana Matahari Cincin adalah daerah yang dibatasi garis merah pada gambar di atas. Adapun daerah lainnya yang dilintasi garis hijau merupakan daerah yang hanya mengalami Gerhana Matahari sebagian.

Gerhana Matahari sebagian tersebut juga akan teramati di  Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Samudera Pasifik

Gerhana matahari adalah fenomena di mana cahaya matahari tidak sampai ke bumi karena terhalang oleh bulan [1]. Pada saat itu matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus, seperti terlihat pada gambar berikut.

Ilustrasi terjadinya Gerhana Matahari: Gambar: Nasa.Gov [2]

Kejadian ini terjadi sebagai dampak dari dinamika gerak matahari, bumi dan bulan.  Dengan kemajuan teknologi saat ini, kejadian gerhana matahari sudah dapat diprediksi dengan sangat akurat hingga menit kejadiannya.

Adapun Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika posisi matahari, bulan, dan bumi berada segaris di mana saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil dibanding piringan matahari. 

Maka saat puncak gerhana terjadi, cahaya matahari akan terlihat seperti cincin, dengan bagian gelap berada bagian tengahnya dan terang di bagian tepi bayangan bulan [3].

Gerhana Matahari Cincin pada 19 Mei 2012. NASA [4]

Durasi terjadinya Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 ini hanya sekitar 4 menit dari mulai fase kontak, puncak gerhana dan fase akhir. Waktu kejadian Gerhana Matahari Cincin ini berbeda-beda di tiap daerah di Indonesia [5].

Waktu puncak terjadinya Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 di seluruh wilayah Indonesia seperti pada gambar berikut.

Waktu puncak terjadinya Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 [5]
Harap dicatat, sangat berbahaya melihat gerhana matahari secara langsung. Hal ini karena radiasi matahari saat itu  dapat merusak mata hingga menyebabkan kebutaan.

Untuk keamanan baiknya menggunakan filter khusus untuk melihat ke arah gerhana matahari cincin. Termasuk meskipun menggunakan kamera atau alat optik lainnya, baiknya tetap menggunakan filter khusus [1].

Lalu apakah Gerhana Matahari Cincin ini akan berdampak pada cuaca hingga pola iklim di Indonesia?

Baca juga: Begini cara memprediksi cuaca saat Gerhana Matahari Total menggunakan Itacs ver.5

Dalam konsep meteorologi disebutkan bahwa pembangkit utama sistem cuaca dan iklim adalah matahari. Sinar matahari yang sampai ke permukaan bumi akan menyebabkan perubahan suhu udara. 

Pada saat matahari bersinar, bagian permukaan bumi yang terkena cahaya matahari suhunya akan menjadi lebih panas dibanding bagian lainnya. Sudut datang cahaya matahari juga akan memengaruhi intensitas panas di permukaan bumi.

Baca: Sekilas tentang Meteorologi, Ilmu tentang Cuaca

Perbedaan panas yang terjadi pada permukaan bumi akan menyebabkan perbedaan tekanan udara. Tempat yang suhunya lebih panas tekanan udaranya akan lebih rendah dan sebaliknya tempat yang lebih dingin tekanan udaranya menjadi lebih tinggi.

Ilustrasi bagaimana matahari memengaruhi cuaca. Gambar: nwclimate.org

Adanya perbedaan tekanan udara tersebut menyebabkan terjadinya pergerakan massa udara dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Pergerakan massa udara ini yang kemudian  kita sebut sebagai angin. 

Penyinaran matahari yang jatuh pada lautan akan menyebabkan penguapan air laut yang kemudian oleh angin hasil penguapan tersebut didistribusi mengikuti gerak angin.

Selengkapnya: Cuaca dan Iklim - Pengertian, Unsur Pembentuk dan Alat Ukurnya

Pada saat udara menjadi jenuh karena perubahan meningkatnya kelembapan, maka mulailah terbentuh awan yang selanjutnya dapat jatuh sebagai hujan. 

Lalu Saat terjadi gerhana, bagaimana pola cuaca yang terbentuk?

Pertama yang terjadi adalah pengurangan intensitas matahari yang sampai ke permukaan bumi yang dilintasi Gerhana Matahari Cincin 2019 tersebut. Hal ini tentunya menyebabkan suhu udara menjadi lebih rendah dari biasanya.

Sementara di tempat lain yang tidak terkena Gerhana Matahari Cincin 2019 tentunya suhu udaranya akan lebih tinggi. Dampaknya tekanan udara pada tempat yang suhu udaranya lebih tinggi tersebut akan menjadi lebih rendah.

Selanjutnya yang terjadi adalah perubahan pola arah dan kecepatan angin karena adanya gradien tekanan yang berbeda. Pada lautan yang dilalui Gerhana Matahari Cincin 2019 terjadi pengurangan laju penguapan karena intensitas cahaya matahari lebih rendah dari biasanya.

Pengurangan laju penguapan secara lokal menyebabkan pengurangan suplai uap air pembentuk awan yang berarti peluang hujan menjadi berkurang.

Untuk periode yang sangat singkat ini efek berantai dalam sistem cuaca akibat adanya Gerhana Matahari Cincin 2019  akan sangat tidak sginifikan. Efek ini dapat diabaikan untuk ukuran cuaca skala harian.

Bagaimana dengan pola iklim. Untuk skala cuaca yang periodenya singkat saja pengaruh Gerhana Matahari Cincin 2019 tidak signifikan, tentunya gangguan ini tidak akan telihat pada pola iklim yang skala waktunya lebih panjang.

Demikian sobat, jika timbul pertanyaan apakah Gerhana Matahari Cincin 2019 akan  berdampak pada cuaca, ya! Tapi tidak signifikan. Semoga bermanfaat.

Referensi:

  1. Weather.gov: Solar Eclipse
  2. Nasa.gov: Eclipse: Who? What? Where? When? and How?
  3. Weather.gov: Solar and Lunar Eclipses
  4. NASA: https://apod.nasa.gov/apod/ap120519.html
  5. BMKG: https://www.bmkg.go.id/press-release/?p=gerhana-matahari-cincin-26-desember-2019&tag=press-release&lang=ID

Gallery Gambar Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari Cincin 10 Mei 2013 Langitselatan

Siap Siap 26 Desember 2019 Gerhana Matahari Cincin Muncul

25 Kota Akan Dilewati Gerhana Matahari Cincin Pada 26

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 Langitselatan

Gerhana Matahari Cincin Wallpaper Gerhana Pembelajaran Smp

Gerhana Matahari Cincin Pengertian Proses Dan Dampaknya

Jangan Lupa Saksikan Gerhana Matahari Cincin 29 4 2014

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember Bumi Akan Terdampak

Penampakan Gerhana Matahari Cincin 26 Desember

Waktu Jalur Gerhana Matahari Cincin 2019 Gerhana

Bmkg Umumkan Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 Ini

Lokasi Terbaik Melihat Gerhana Matahari Cincin Di Indonesia

Persiapan Melihat Gerhana Matahari Cincin Di Sejumlah Provinsi Indonesia

Gerhana Matahari Cincin Bakal Sambangi Indonesia 26 Desember

Jadi Fenomena Alam Akhir Tahun 2019 Gerhana Matahari Cincin

Alasan Gerhana Matahari Cincin Desember 2019 Dianggap Yang

Jelaskan Proses Terjadinya Gerhana Matahari Cincin Dan

Ini Beda Gerhana Matahari Cincin Dan Gerhana Matahari Total

Peta Lintasan Gerhana Matahari Cincin

Daftar Lokasi Dan Waktu Puncak Gerhana Matahari Cincin 2019

Gambar Gerhana Matahari Cincin Yang Benar Adalah Brainly Co Id

Breaking News Fenomena Gerhana Matahari Cincin Breaking

Ragam Jenis Gerhana Matahari

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 Ini Lokasi Yang

Ini Tempat Terbaik Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin 2019

Disbudpar Tanjungpinang Siapkan Event Sambut Gerhana

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 Langitselatan


0 Response to "Gambar Gerhana Matahari Cincin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel