Ciri Ciri Hewan Vertebrata



Ciri Ciri Vertebrata Hewan Bertulang Belakang Lengkap

Pengertian, Ciri, Klasifikasi Hewan Vertebrata dan Avertebrata [Lengkap]

Hewan Vertebrata dan Avertebrata – Di dunia ini memang terdapat banyak sekali makhluk hidup salah satunya adalah hewan.

Hewan memiliki berbagai macam jenis, yang diantara jenis-jenis tersebut dibagi menjadi dua, yaitu hewan vertebrata dan avertebrata.

Apa Itu Hewan Vertebrata dan Avertebrata?

pixabay.com

Lalu apa itu maksud dari hewan vertebrata dan hewan avertebrata itu? Agar tidak bingung langsung saja akan saya jelaskan.

Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Dalam klasifikasi makhluk, vertebrata termasuk dalam subfilum dari chordata.

Kelompok Mamalia, ikan, reptil, aves (burung), dan amfibi termasuk ke dalam vertebrata.

Sedangkan hewan invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Contohnya adalah kelompok protozoa (uniseluler pertama), porivera, arthropoda, annelida, coelenterata, platyhelminthes, mollusca, nemathelminthes, dan echinodermata.

Hewan vertebrata dan avertebrata mempunyai kingdom yang sama. Kingdom tersebut adalah kingdom animalia.

Ciri-Ciri Vertebrata dan Avertebrata

tsunamiadventures.com

Tentu saja setiap hewan memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakan satu dengan yang lainnya, termasuk hewan vertebrata dan avertebrata. Berikut ciri-ciri hewan vertebrata dan hewan avertebrata.

Vertebrata (Memiliki Tulang Belakang)

  • Telah memiliki tulang belakang sejati.
  • Memiliki otak yang sudah berkembang dengan baik.
  • Sebagian besar memiliki tubuh dan kepala yang terpisah.
  • Memiliki kerangka yang disebut juga endoskeleton.
  • Ukuran tubuh bervariasi.
  • Mempunyai alat gerak aktif.
  • Memiliki alat pencernaan yang lengkap.
  • Memiliki sistem peredaran darah tertutup.

Avertebrata (Tidak Memiliki Tulang Belakang)

  • Rangka tubuh terletak di luar.
  • Susunan saraf terletak di bawah sistem pencernaan.
  • Multiseluler.
  • Sistem ekskresi masih sangat sederhanal.
  • Simetri tubuh bilateral dan radial.

Klasifikasi Vertebrata dan Avertebrata

pixabay.com

Hewan vertebrata dan hewan avertebrata masih dibagi lagi menjadi beberapa kelompok yang lebih kecil. Hal ini untuk memudahkan apabila ada hewan jenis baru yang masih belum diklasifikasikan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya simak penjelasan berikut.

Hewan Vertebrata (Bertulang Belakang)

pixabay.com

Hewan bertulang belakang atau vertebrata merupakan salah satu penghuni paling banyak di bumi. Hewan bertulang belakan ini dibagi menjadi dua, yaitu pisces dan tetrapoda.

Kemudian tetrapoda dibagi lagi menjadi kelompok yang lebih kecil, yaitu amfibi, reptil, mamalia, dan aves. langsung saja ke kelompok yang pertama.

Pisces (Ikan)

www.animalplanet.com

Pisces atau biasa disebut ikan merupakan hewan yang memiliki habitat di air. Mempunyai struktur tubuh khusus yang dapat bergerak dengan cepat di air. Ikan memiliki sirip yang digunakan untuk berenang.

Sirip pada ikan terdiri dari 5 jenis sirip, yaitu sirip dada, sirip perut, sirip punggung, sirip belakang, dan sirip ekor.

Ikan ini memiliki alat pernapasan berupa insang, seperti contohnya ikan tuna, ikan kakap, ikan hiu, dan lain-lain. namun, hewan seperti paus dan lumba-lumba bukan merupakan ikan. Karena mereka merupakan hewan yang menyusui atau mamalia.

Ikan merupakan hewan vertebrata karena mereka adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Dalam struktur tulang ikan tersusun atas tulang sejati dan tulang rawan. Ikan memiliki tulang yang memberikan bentuk dasar pada ikan.

Namun beberapa ikan memiliki struktur yang sedikit unik, misalnya ikan pari, kuda laut, ikan hiu, dan lain-lain.

Amphibia (Amfibi)

pixabay.com

Amfibi adalah salah satu hewan yang dapat hidup di darat maupun di air. Hal ini dikarenakan mereka mempunyai dua sistem pernapasan yaitu paru-paru dan kulit, sehingga mereka dapat tinggal di darat maupun di air.

Katak juga merupakan salah satu hewan amfibi mereka dapat hidup di dua alam. Walaupun begitu katak harus dekat dengan air untuk menjaga agar kulinya tetap lembab.

Katak juga merupakan hewan vertebrata, karena tubuhnya tersusun dari kerangka yang disana terdapat tulang belakang. Struktur tulang katak juga unik. Mereka diciptakan mempunyai tulang kaki yang panjang sehingga dapat digunakan untuk melompat hingga jauh.

Reptilia (Reptil)

pixabay.com

Reptil merupakan salah satu hewan vertebrata yang berdarah dingin dan mempunyai sisik yang menutupi tubuhnya. Sebagian besar reptil berkembang biak dengan bertelur.

Reptil ini juga sama seperti mamalia yang bernapas dengan paru-paru yang mempunyai empat ruang yang ada di jantungnya, namun yang membedakan reptil dengan mamalia adalah sekat pada reptil yang masih belum sempurna dibandingkan dengan mamalia.

Salah satu reptil yang masih hidup di dunia ini adalah komodo. Komodo merupakan salah satu kadal terbesar di dunia. Reptil ini mempunyai habitat di pulau komodo yang terletak di Indonesia. Hewan ini merupakan hewan berdarah dingin yang memakan daging atau karnivora.

Aves (Burung)

tjteachbio.blogspot.com

Aves atau burung merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki bulu dan sayap. Sebagian besar dari aves ini bisa terbang, namun ada pula yang tidak bisa terbang, seperti ayam, burung unta, penguin.

Bicara tentang penguin, kita tahu penguin tidak bisa terbang. Mereka memiliki sayap namun tidak digunakan untuk terbang tetapi digunakannya di dalam air. Itulah salah satu keistimewaan dari penguin.

Selain itu hewan tercepat yang ada di bumi berasal dari aves, yaitu peregrine falcon atau yang bisa disebut alap-alap kawah. kecepatan alap-alap kawah dapat mencapai kecepatan 389 km/jam.

Mamalia (Hewan Menyusui)

Vemale.com

Mamalia merupakan hewan yang dicirikan memiliki kelenjar susu yang digunakan untuk menyusui anaknya. dalam hal alat pernapasan mamalia ini menggunakan paru-paru. Mamalia juga merupakan hewan yang memiliki tulang belakang. Selain itu jantung mamalia memiliki empat ruang.

Kalau dilihat dari fisik mamalia biasanya mempunyai tubuh yang ditutupi oleh rambut. Mereka juga berdarah panas. Contoh hewan mamalia ada banyak, seperti sapi, kambing, kuda, paus, lemba-lumba, dan lain-lain.

Hewan Avertebrata (Tidak Bertulang Belakang)

pixabay.com

Hewan avertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Kelompok hewan ini mencakup 97 persen dari makhluk hidup yang ada di bumi. Dulu hewan avertebrata hanya dibagi menjadi dua kelompok, namun sekarang sudah berkembang dan dibagi sampai menjadi delapan kelompok.

Porifera (Hewan Berpori)

www.inaturalist.org

Hewan porifera adalah hewan yang tidak mempunyai tulang belakang. hewan ini memiliki ciri-ciri seperti namanya, yaitu memiliki pori-pori. Selain itu biasanya hewan ini disebut spons. Hewan ini memiliki pori-pori digunakan untuk regulasi pada tubuh.

Beberapa contoh hewan yang merupakan hewan porifera adalah domospongiae, hexactinellida, stromatoporen, dan lain-lain.

Coelenterata (Hewan Berongga)

pixabay.com

Coelenterata adalah hewan yang memiliki rongga dengan bentuk seperti tabung dan mulut dikelilingi tentakel. kelompok ini dikenal dengan sebutan cnidaria. Salah satu contoh dari hewan ini adalah ubur-ubur.

Untuk makanan ubur-ubur mengumpulkan medusa, plankton, dan mollusca. Mereka membawa makannya ke tubuh untuk dicerna. Ubur-ubur ini memiliki gerakan yang terbatas, mereka biasanya hanyut oleh arus.

Platyhelmynthes (Cacing Pipih)

eriszzzz.blogspot.com

Platyhelminthes atau yang biasa disebut cacing pipih merupakan hewan invertebrata yang bertubuh lunak dan tidak memiliki rongga tubuh. Panjang cacing pipih tidak kurang dari satu milimeter.

Cacing ini biasanya mempunyai habitat di tempat yang lembab, air laut, air tawar. Termasuk parasit baik internal dan eksternal.

Nemathelminthes (Cacing Gilig)

hiveminer.com

Nemathelmynthes atau cacing gilik merupakan salah satu hewan kelompok avertebrata. Cacing ini disebut cacing gilik karena memiliki ujung yang meruncing.Ukuran tubuh cacing jenis ini mikroskopis, namun ada juga yang memiliki ukuran 1 mm. Hewan ini merupakan Parasit di tubuh manusia, seperti cacing tambang.

Annelida (Cacing Gelang)

rootofscience.com

Kelompok hewan vertebrata ini memiliki ciri tubuh berupa cincin di tubuhnya ataupun bersegmen. Annelida merupakan cacing yang bersegmen. Biasanya habitat dari cacing ini adalah di tanah, air, dan udara, walaupun ada beberapa yang hidup parasit pada makhluk hidup lain.

Beberapa hewan yang termasuk dalam kelompok ini adalah cacing tanah, lintah, cacing laut, dan lain-lain.

Arthropoda (Hewan Berbuku-Buku)

pixabay.com

Hewan ini memiliki ciri yang berbeda dari makhluk hidup yang lain, yaitu kaki yang beruas-ruas, berukuku, dan bersegmen. Habitat dari hewan ini adalah di tanah dan air. Hewan yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah udang-udangan, hewan berkaki banyak, laba-laba, dan lain-lain.

Mollusca (Hewan Lunak)

blog.plater.id

Mollusca merupakan hewan yang memiliki tubuh lunak, baik yang memiliki cangkang maupun tidak punya cangkang. Habitat dari mollusca diantaranya adalah tanah, air tawar, air laut dan lain-lain. Contoh dari mollusca adalah siput. Siput memiliki tubuh yang lunak dan cangkang yang keras.

Selain siput masih banyak hewan yang merupakan kelompok mollusca, seperti kerang, cumi-cumi, dan lain-lain.

Echinodermata (Hewan Berkulit Duri)

www.sciencesource.com

Kelompok hewan avertebrata yang satu ini memiliki duri yang menutupi bagian tubuhnya, yaitu kelompok hewan echinodermata. Habitat dari hewan echinodermata adalah di air laut atau air payau.

Yang menyababkan hewan ini disebut hewan berduri adalah karena kulitnya yang memang memiliki duri, walaupun beberapa hanya memiliki tonjolan yang menyerupai duri. Contoh echinodermata adalah bulu babi, mespilia globulus, dan lain-lain.

Terkait

Gallery Ciri Ciri Hewan Vertebrata

Uas Media Teknologi Ppt Vertebrata

Mamalia Vertebrata Bertulang Belakang Pengertian Dan

Karakteristik Hewan Vertebrata Ekor9 Com

Dari Semua Hewan Yang Diamati Apakah Ada Hewan Yang Memiliki

19 Ciri Ciri Vertebrata Hewan Bertulang Belakang Lengkap

Ini Dia Ciri Ciri Hewan Vertebrata Beserta Pembahasan

Kingdom Animalia Klasifikasi Ciri Ciri Dan Contohnya

Ciri Ciri Dan Pola Perkembangan Tubuh Hewan Vertebrata Pdf

Ringkasan Materi Biologi Vertebrata Amphibi Pintar Biologi

Ciri Ciri Hewan Vertebrata Pengertian Klasifikasi Hewan

Macam Macam Hewan Vertebrata

Digital Learning

Ciri Ciri Hewan Vertebrata Pengertian Klasifikasi Hewan

Pengertian Vertebrata Ciri Habitat Klasifikasi Beserta

Apa Sajakah Ciri Ciri Hewan Vertebrata Sebutkan Pembagian

Ciri Ciri Hewan Vertebrata Pada Coordata

54 Gambar Hewan Vertebrata Dan Keterangannya Hd Terbaik

Hewan Vertebrata Ciri Ciri Gambar Beserta Penjelasanya

Soal Dan Pembahasan Hewan Vertebrata Usaha321 Net

Dunia Hewan 3 3 Markijar Com

19 Ciri Ciri Vertebrata Hewan Bertulang Belakang Lengkap

900 Gambar Hewan Vertebrata Kelinci Hd Terbaru Infobaru

Ciri Ciri Umum Serta Klasifikasi Subfilum Vertebrata Terlengkap

Kelas 07 Smp Ilmu Pengetahuan Alam Ipa S1 Siswa 2017 By P E

80 Koleksi Gambar Alat Reproduksi Hewan Vertebrata Hd

Document

Ciri Ciri Ikan Klasifikasi Dan Habitatnya Ketahui Secara


0 Response to "Ciri Ciri Hewan Vertebrata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel